Wednesday, 27 May 2015

MUFFIN STRAWBERY



Bismillah ...

Muffin dan Cupcake adalah 2 jenis kue yang mirip namun berbeda. Dari segi takaran bahan-bahannya, muffin terbuat dari 200gr tepung, 2-4 sdm gula, 2,5 sdt baking powder, 1/2sdt garam, 1 btr telur, 60cc minyak atau mentega, 250cc susu. Jika perbandingan jumlah lemak, gula dan telur diresep tersebut dilipatgandakan 2 kali atau lebih maka akan terbentuk cake bukan muffin.
Cara membuat muffin juga berbeda dengan cupcake. Muffin adalah kue yang paling mudah dan paling cepat dibuat. Anda bisa mencampurkan semua bahan kering kemudian mencampurkan dengan bahan basah. Namun untuk cupcake, bahan-bahan dimasukkan satu per satu dengan urutan yang tepat.
Secara penyajian, cupcake biasanya dihias dengan berbagai macam topping dari krim hingga gula icing aneka bentuk. Sedangkan muffin biasa disajikan apa adanya dengan puncak yang merekah dan potongan-potongan isi yang terlihat menggoda. Kesamaan cupcake dan muffin adalah menggunakan cup dan cetakan yang sama. (Sumber : Bogasari)

Jadiii...untuk yang lagi males tapi pengen bikin cemilan yang gampang, yang tinggal aduk-aduk...ya bikin muffin aja :D miriip cake siiih tapi padet...jadi bisa bikin kenyang hihiii. Bisa di variasikan juga, menjadi muffin pandan, muffin coklat dll...isiannya juga bisa kacang-kacangan, chocochip, selai strawbery dll


MUFFIN STRAWBERY (Sedap)

Bahan :
200gr Tepung terigu protein sedang
2sdt Baking powder
60gr Gula pasir halus
30gr Mentega/margarin
1btr Telur, kocok lepas
150cc Susu cair
1/4sdt Pasta vanilla
Selai strawbery secukupnya

Cara membuat :
1. Ayak tepung terigiu, baking powder dan garam. Tambahkan gula pasir, aduk rata. Tambahkan mentega. Aduk sampai berbutir. Sisihkan.

2. Kocok lepas telur, susu cair dan pasta vanilla.

3. Tuang sedikit-sedikit kecampuran tepung terigu sambil diaduk rata. Siapkan cetakan muffin yang dialas cup kertas. Tuang separuhnya kemudian tambahkan selai strawbery, tambah adonan hingga 3/4 cetakan.

4. Oven dengan suhu 190 derajat celcius hingga matang.






Ssssttttt...nulis resep ini udah dari tadi sore tapiiii tak tinggal nemuin tamu, trus beli ikan, trus masak buat makan malam... sampe saat ini baru nulis lagi hihiii... indahnya hari ini, alhamdulillah ^^
Udaaaaah...siap-siap mo keluar rumah nih, ada sesuatu yang perlu dikerjakan diluar sana :D
Happy baking yaa ...^^

2 comments:

  1. aku kapan hari nemu ranting kayu tua di dekat rumah dan aku ambil aja. Udah dicat gelap tapi belum kepake sampe sekarang. Liat pic ini jadi ingat mau memberdayakan si ranting, tapi lupa mulu hihi...oot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Rina :) ...doeloe aku udh pernah punya mbak, udh sempet dipk poto2 jg tp krn abis beres-beres rumah jadi dibuang karena dianggap sampah sm org2 hikz...
      Yg ini baru menu dijalan mbak, waktu jalan-jalan pagi bareng suami bbrp hari yg ll. Lumayan gede, suami tak suruh bw, aku maluuuuu >,< ...ga di cat tuh mbak, rantingnya udah keriiiiiiing dan bentuknya cantiiik gitu.

      Ayo dipake mbak... ^^

      Delete