Saturday, 9 May 2015

KUE LUMPUR




Bismillah ...

Kue Lumpur kah...?? iyaaa...ini kue lumpur ^^
Kali ke 2 pake resepnya Cheff Deddy Rustandi, yang pertama udah lamaaaa sekali dan hasilnya berantakan, nah loh...hanya Kue Lumpur aja bisa berantakan. Karena beda dicara bikinnya aku penasaran untuk bikin lagi. Waktu itu kuenya terlalu rapuh sampe susah banget dikeluarin dari cetakannya, pikirku kayaknya aku salah nulis resep deh. Kemarin sebelum bikin aku cek lagi resepnya dan intip juga resep aslinya, ternyata sama. Okay...lanjut nyiapin bahan.
Tapi yang kali ini sengaja ga aku panggang di cetakan lumpur semua, sebagian mo aku oven.
Dan hasilnyaaa....yang aku panggang pake cetakan lumpur teteeeeep rapuh banget dan susyah ngeluarin dari cetakannya. Sisa adonan aku tuang diramekin, trs aku oven au bain marie. Lama bangeeeet karena emang adonannya encer banget yaaa...
Hasil akhirnyaaa...yang pake cetakan lumpur, berasa kue lumpur pada umumnya tapi kentangnya nendang banget secara perbandingannya jauh bangeeeet antara kentang dan tepung terigunya. Dan yang diramekin...hohooo enak banget, suer deh. Hmm...rasanya gimana yaa, wes pokoke enak deh, beda sama kue lumpur pada umumnya...dan pemakaian gulanya dikit jadi pas banget buat aku yang ga begitu suka manis.
Aku tulis resepnya ya, asli tanpa modifikasi ^^

KUE LUMPUR

75gr Margarin
250cc Air
1/2sdt Garam
50gr Tepung terigu
1kg Kentang kukus, haluskan
6btr Telur utuh
5sdm Susu kental manis
75gr Gula pasir
450cc Santan kental

Cara membuat :

1. Rebus air, garam dan margarin hingga mendidih, kecilkan api. Masukkan tepung terigu, kentang yang sudah dihaluskan dan gula pasir, aduk sampai rata, angkat dan dinginkan.

2. Campur santan dan SKM, aduk rata, sisihkan. Masukkan telur satu persatu bergantian dengan santan+SKM, aduk rata.

3. Siapkan loyang yang berisi air, masukkan dalam oven dengan suhu 160 derajat celcius hingga keluar busa kecil.

4. Tuang adonan ke dalam pinggan tahan panas atau alumunium cup. Kemudian oven hingga matang (ga tau berapa lama, karena ditinggal kesana kemari...#lagu lama)

Oiya...aku tambah dengan potongan keju cheddar dan kismis ^^




Rasanya beda bener deh sama Kue Lumpur biasanya, apa karena au bain marrie itu ya ? aahh, sudahlah ...kayaknya aku mo bikin lagi mumpung lagi punya banyak kentang dikasih tetangga sebelah rumah, hihiii stok kelapa juga masih banyak hahaa... bikin kue modal gratisan ini namanya hahaaa... Silahkan mencobanya dirumah masing-masing ^^
Oiya...ga aku liatkan bagian dalamnya karena waktu itu tukang potonya lagi kenyaaaang hihiii
Happy baking ...^^
Happy weekend ... ^^

No comments:

Post a Comment