Wednesday, 6 May 2015

JALAN-JALAN, MENIKMATI RIMBUNNYA HUTAN BAKAU



Probolinggo adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, terletak sekitar 100 km sebelah tenggara kota Surabaya. Probolinggo berbatasan langsung dengan kota Lumajang, Pasuruan dan Situbondo dan disebelah utara berbatasan langsung dengan Selat Madura. Kota ini juga terdapat pelabuhan perikanan yang cukup besar lho, namanya pelabuhan Tanjung Tembaga. Masyarakatnya campuran antara suku Jawa, suku Madura dan etnis Tionghoa...tapiiiii kayaknya mayoritas suku Madura deh. Untuk bahasa sehari-hari menggunakan Bahasa Madura dan bahasa Jawa yang agak Madura, nah loh! bingung kan ...? hihiii
Probolinggo memiliki iklim panas berangin, kalo lagi musim angin niiih ( disini biasa menyebutnya angin Gending ) jangan coba-coba keluar rumah disiang hari naik motor tanpa kacamata karena bisa "kelilipan" parah tuh mata :D ato keluar rumah malam hari tanpa jaket, yang blom terbiasa bisa meriang kena angin Gending :D
Selain terkenal dengan Gunung Bromonya yang udah mendunia, pelabuhan perikanan dan angin Gendingnya Probolinggo juga terkenal dengan buah mangganya yaitu mangga manalagi yang legiiiit dan harumanis yang maniiiiis. Klo lagi musim mangga penjual mangga ada dimana-mana, sepanjang jalan dipenuhi penjual mangga.
Dan disinilah, aku dan keluarga kecilku menetap sejak tahun 2007  semoga ga pindah-pindah lagi, aamiiin ^^





Yuhhuuuu...hari yang indah untuk jalan-jalan, pengennya setiap perjalanan aku tuliskan disini jadi tidak hanya untuk memanjakan mata dan melepaskan penat kami sekeluarga tapi setidaknya bisa berbagi crita lewat media ini... dan kenyataannya selalu aja ada yang ga sempurna hihiii, seperti contohnya ketinggalan kamera hahaa, yang seharusnya ga terjadi untuk orang yang suka jalan-jalan kayak aku :D :D

Pelabuhan Probolinggo, inilah salah satu  tempat favorit yang sering aku kunjungi bersama keluarga, biasanya kesananya pagi hari, sekedar nongkrong dan photo-photo kegiatan nelayan disana. Buat kalian yang punya hobby photo-photo laut dengan segala kegiatan nelayannya pelabuhan ini bisa jadi tempat yang asyik untuk bermain dengan kamera kalian. Dan ada tempat pelelangan ikannya juga (yah sekali-sekali beli 1 - 2 kilo sekedar buat bakar-bakar dirumah) klo mo ke pasar ikan harus siang hari karena pasar itu mulai ada kegiatan diatas jam 12 siang. Pesenkuuu...kalo mo blanja ikan di sanaaa harus punya modal "percaya diri dan pinter nawar" hihiii karena disana kita berhadapan langsung dengan para pedagang yang semuanya orang Madura, hohooo...yang ga ngerti bahasa Madura denger ngomongnya dengan gaya bicara yang khas aja udah bikin mumet hikzhikz...
Eits...hampir lupa nih, di Probolinggo juga ada pulau Gili. Yang udah pernah ke pelabuhan Probolinggo pasti udah pernah tau dan denger tentang Pulau Gili. Pulau Gili adalah sebuah pulau kecil diselat Madura tepatnya 8km di lepas pantai utara Probolinggo, kalo mo kesana jalur satu-satunya adalah dari pelabuhan Probolinggo dengan menggunakan perahu motor. Penduduknya mayoritas suku Madura dengan pekerjaan sehari-hari sebagai nelayan, sebagian orang menyebut Pulau Gili ini sebagai miniatur Pulau Madura :) Beberapa tahun yang lalu aku udah pernah kesana, waktu itu aku melihat air lautnya yang masih jernih, banyak kambing berkeliaran tapi ga ada rumput, menurut cerita penduduk sana kambing-kambing itu udah terbiasa makan kertas...#wah! kambing yang malang. Dan satu lagi ada Gua Kucing, yang menurut cerita pada dahulu kala disitu terdapat banyak kucing tapi waktu aku kesitu ga ketemu kucing satupun :D
Tentang nama Gili pada pulau Gili... konon critanya pulau Gili menyatu dengan daratan desa Ketapang, kemudian secara segara gaib berpisah dan bergerak ke tengah laut. Nama Gili berasal dari bahasa Madura yang artinya mengalir.

Hmm yahh! masih diseputaran Pelabuhan Probolinggo, kali ini aku pengen ngenalin sebuah tempat asyik di salah satu sudut Pelabuhan Probolinggo. Pengennyaaa... kesananya tuh malam hari, menurut cerita temen-temen yang udah pada kesana klo malam hari tuh indah banget,  karena cuaca yang ga menentu beberapa hari ini...mendung, gerimis dan hujan datang berganti-gantian akhirnya aku putuskan untuk kesana disiang hari aja, nyari aman hahaa...^^
Okay...namanya Bee Jay Bakau Resort terletak di kawasan pelabuhan Probolinggo, jadi klo mo ke BJBR kita masuk dulu ke area pelabuhan. Disana kita bisa menikmati hijau dan rimbunnya hutan bakau dengan pasang surutnya air laut ato melihat serombongan burung bangau yang sesekali turun kelaut (sayang ga kepoto waktu itu, hiks). Sayangnya...waktu kesana air laut lagi surut tapi masih tetep indah kok...

Yuk ah, ikuti aku....kita masuk, kita liat ada apa aja didalam...




Sepanjang jalan, menikmati rimbunnya hutan bakau... waktu itu banyak sekali pengunjung, ambil gambarnya nunggu bener-bener sepiiii biar kliatan hijau dan rimbunnya. Disini...disepanjang jalan ini disetiap sudutnya ada tempat duduk buat santai-santai, ehh ...ada photografer dan modelnya yang sedang melakukan sesi photo-photo juga lho,  (lupa ga kepoto, hikz...) mereka berdua asyik banget, mengabaikan orang-orang yang lalu lalang disebelahnya :)





Ga sekedar jalan-jalan, disana juga ada restonya dengan berbagai macam menu seafood. Dasarnya emang kami suka jalan dan suka makan...ketika jalan-jalan selalu ada acara makan-makannya hihiiii ^^ Eh...ada sapa tuuuuh...? nunggu pesanan datang ya deeek, hihiii ^^
Bagi yang seneng main billyard...didalam resto disediain meja billyard juga. 
Hmm... Dari tempat aku duduk ini aku bisa melihat hutan bakau sebelah kiriku dan laut lepas di sebelah kananku. Eh...sempet liat burung bangau juga yang lagi turun kelaut. Bisa dibayangkan kan ?? tapi lagi-lagi...sayang sekali air laut lagi surut, hikz-hikz




Ini makanan yang kami pesan, mie goreng seafood, nasgor seafood favorit adek dan cumi saus padang, semua enak tapi aku djatuh tjinta dengan Cumi Saus Padang nya, "hmmm rasanya maknyus ... *bergaya ala Pak Bondan, nuwunsewu pak, heeheee... eeehhh, nasi goreng nya adek lupa ga kepoto, hihiii...ada berbagai macam menu seafood disana yang layak untuk dicoba. Dan minumnya...es kelapa muda dengan penyajian kelapa muda utuh, pas banget dengan suasana lautnya ^^



Ini adalah salah satu sudut di sepanjang jalan hutan bakau, asyik ya buat rame-rame, seseruan dan selfie-selfiean  ^^



Sayangnya pas kesana air laut lagi surut, jadi beginilah keadaannya, huhuuu. Gambar sebelah kiri itu adalah bungalownya karena yang ga berkepentingan ga boleh masuk maka aku hanya bisa liat dari jauh aja, kayaknya sih bangunannya terbuat dari kayu. Membayangkan asyiknya nginep disana, merasakan hangatnya matahari pagi, sorenya bisa melihat indahnya matahari yang kembali ke peraduannya dibatas laut dan langit yang menyatu, melihat pasang surutnya air laut, mencium aroma khas laut dan menikmati hijaunya bakau. Oiya...katanya  nih klo malam tempat ini semakin indah karena selain air laut yang pasang juga ada lampu-lampu disana-sini. Sebenarnya adek maksa minta kesananya malam hari tapi ya itu tadi alasannya "takut hujan" hikz



Aku berharap waktu itu bisa selfi di ikon itu tanpa ada siapa pun disitu tapiiiiii dari jauh aku menunggu lamaaaa sekali dan mereka ga pergi-pergi, asyik selfie sana-sini, akhirnya inilah suasana yang bisa aku ambil, cepet-cepetan karena mendung udah mulai datang. Aaaahhh...rame sekali waktu itu. Kayaknya ini tempat favorit untuk ber selfie ria ya, hmmm ^^



Yang ini juga salah satu sudut sepanjang jalan di hutan bakau...



Ada tempat bermain anak-anak dengan pasir putih buatan dan permainan airnya. Ada atraksi pemberian makan ikan tapi aku ga tau jam berapa ada atraksi itu. Aku merasa BJBR masih akan terus berkembang, menambah wahana bermain dll ... memantaskan diri menjadi tujuan wisata di Probolinggo.

Hari semakin gelap karena mendung begitu cepatnya menghampiri, akhirnya kami menyudahi jalan-jalan hari itu, udah kenyang juga hihiii...
Sampe di tempat parkir udah gerimis kecil-kecil...blom terlalu jauh keluar dari BJBR...bress!! hujan turun deres pake banget, wah! ....


Oiya nih...untuk yang lagi perjalanan ke Bali lewat darat ini bisa jadi alternatif tempat istirahat lho dengan suasana laut pasang surut dan hutan bakaunya, asyik kaaaan ato yang abis berkunjung ke Gunung Bromo bisa juga mampir kesini...
Nah...buat kalian-kalian yang pengen berkunjung ke BJBR ato mo jalan-jalan kemana aja... tentu butuh kendaraan yang ok dooong, nyaman dikendara, bisa digeber kemanapun dan ga menguras isi kantong, secara hari giniii BBM naik terus gitu lho, dan menurutku Agya adalah pilihan tepat untuk saat seperti ini. Apakah Agya hemat ? hmm...so pasti laaah karena Agya kan udah  LCGC yang tentunya efisien dalam pemakaian bahan bakar. Dan satu lagi niiiih...tampilan Agya yang modis dan keren abiiiis  ga malu-maluin lah dijalan. Fitur exterior dan interiornya juga lengkap, wow! ... pokoknya pas banget buat first jobber yang mo beli mobil baru ato yang pengen ganti mobil. Dan untuk keamanannya, don't worry ...karena udah dilengkapi dengan Dual SRS Air Bag (untuk semua type lhooo), hwiiiih keren kaaaan dijamin aman deh... oiya simak baik-baik nih...penting buat kalian-kalian yang punya balita hihiii...bahwa mobil ini udah dilengkapi dengan ISOFIX, fitur keamanan optimal untuk pemasangan child seat (ini juga untuk semua type lhooo) hohooo keren-kereeen....
Hmm...bener-bener deh, Agya emang dirancang khusus untuk menjadi teman aktifitas sehari-hari.
Dan satu lagi...jangan pernah lupa...bahwa Agya itu Toyota punya lhhooo...
Okay...segini dulu yaaa, sampai ketemu dijalan-jalan ku berikutnya. See ya^^




BeeJay Bakau Resort
Pelabuhan PPP Mayangan, Kota Probolinggo 
Jawa Timur, Indonesia

8 comments:

  1. Replies
    1. ohhhh..... aq tau, ini mbl baru yaaa...........
      ngaku z deh.....................

      Delete
    2. Itu bola dunia yg dimaksud kan ?
      kpn mo kesitu ?

      Delete
    3. iya itu yg aq mkst, jd skrg aq uda lht. tinggal tunggu wktu ksananya, tp aq g pake mbl baru agya....
      qiqiqiqi..................

      Delete
  2. Replies
    1. Arieeelll...sini tak cium nak
      hihiii... :p

      Delete
  3. waaahh baru tau kalo di Probolinggo ada hutan bakau kece, udah lama banget sih emang gak ke Probolinggo. Jadi makin banyak tempat yang mau didatengin niiihh :D

    ReplyDelete