CHEDDAR CHEESE CAKE

13:47:00




Bismillah ...
Bikin ciz cake yuk, heheee...ini adalah permintaan adek beberapa hari yang lalu. Berkali-kali dia minta dibikinin puding oreo atau ciz cake tapi blom sempet bikin juga, sampai beberapa hari yang lalu dia bilang "Nda ...bikinin ciz cake sama puding oreo lah, klo ga dibikinin awas lho..." Hahh!! ancamannya bikin gemes ...

Sebenarnya ini kali kedua bikin ciz cake, dan setelah itu ga kepikiran untuk bikin lagi klo adek ga minta hihiii, pertama kali bikin yang ini , waktu itu th 2009 aku masih lugu banget...baru beberapa bulan gabung di NCC, blom begitu mengerti sama yang namanya baking...gambarnya juga lugu banget ya, pake kamera henpun pula hihiii  tapi hebat juga lho ga begitu ngerti baking tapi nekat bikin ciz cake, hihiii memuji diri sendiri ahahaa..
Masih dengan resep yang sama dari blog nya Cik Shirley "Dapur Solia"

CHEDDAR CHEESE CAKE

Bahan I :
200cc Susu cair UHT
60gr Mentega
180gr Keju cheedar

Bahan II :
30gr Tepung terigu
25gr Tepung maizena
3 Kuning telur
2sdt Air jeruk nipis

Bahan III :
5 Putih telur
120gr Gula pasir
2sdt Air jeruk nipis

Bahan VI :
Selai strowbery yang diencerkan dengan air kemudian dihangatkan (1sdm selai strowbery ditambah 1sdm air mateng)

Cara membuat :

1. Siapkan loyang 22cm, oles dengan margarin, alas dengan kertas roti, oles sekali lagi dengan margarin hingga rata. Lapisi bagian luar loyang dengan alumunium foil supaya air tidak meresap ketika di panggang (au bain marie). Siapkan air untuk air rendaman ketika di panggang, isi dengan air 1/4nya saja.

2. Campur mentega, susu cair dan keju cheddar yang sudah diparut halus dalam panci kecil kemudian letakkan di panci tim yang sudah berisi air panas agak banyak. Aduk-aduk hingga keju larut dan tercampur rata.

3. Dalam keadaan krim keju masih hangat, ayak terigu dan maizena kedalamnya. Aduk hingga rata. Masukkan kuning telur dan air jeruk, pastikan semua bahan tercampur rata

4. Nyalakan oven dengan suhu 160 derajat celcius kemudian masukkan loyang yang berisi air kedalamnya.

5. Kocok putih telur, gula pasir dan air jeruk nipis hingga soft peak (cukup sampai soft peak jangan terlalu kaku). Masukkan kocokan putih telur kedalam adonan sambil di aduk balik hingga bener-bener rata. Tuang adonan diloyang dan letakkan di loyang yang berisi air rendaman, kemudian oven. Air rendaman yang didalam oven tidak perlu sampai mendidih, cukup kliatan gelembung-gelembung kecil aja.

6. Panggang kurang lebih 80 menit hingga matang. Ketika ciz cake udah matang keluarkan dari loyang dalam keadaan sudah hangat. Pelan-pelan dan hati-hati karena ciz cake ini lembut banget.

7. Terakhir, panaskan selai dan air, aduk-aduk hingga selai menyatu dengan air (ga perlu mendidih) kemudian oles permukaan ciz cake dengan selai strowbery.





Dan adek doyan banget...tiba-tiba dia bilang..." Nda bikinin yang ada oreo nya ya ..." huhuuu... antara seneng dan heran...seneng karena dia suka, heran karena biasanya dia ga mau sama cake-cake kayak gini hahaa
Beneran lembuuuut banget...wajarlah klo pada suka :D
Siap-siap bikin lagi yang ada oreo nya...ato bikin puding oreo...tapi ga sekaraaaang, hihiii kapan-kapan aja klo pas nyantai, semoga adek ga nagih-nagih ^^
Eh...jadi inget seseorang nih, yang lagi kemping gmn kabarnyaaa...baik-baik disana ya kakaaak, miss u so much dear :* :*

You Might Also Like

0 komentar