CAKE KARAMEL

10:18:00



Bismillah ...

DOELOE, vivi kecil sering banget liat Umik bikin cake karamel ini dan cake yang dicetak dengan loyang tulban gede, sampe sekarang kami suka menyebutnya dengan roti karamel dan roti ban untuk cake yang dicetak dengan loyang tulban, juga dengan jenis rerotian juga menyebutnya dengan roti, hihiii...bingung ya. Dan sampe sekarang klo ada sodara mantu ato hajatan apa pun Umik masih suka bikinin cake karamel ini. Aku tau rasa cake karamel ya seperti ini. Apakah aku sering bikin kayak Umik...? GA, karena aku ga begitu suka, hanya klo pas pengeeeen banget, seperti waktu bikin ini. Oiya ...bikin cake karamel ini sekalian mo nyabain klo dicetak pake snackmaker, dan ternyata hasilnya cantik, seratnya keluar alus banget. Resepnya masih sama dengan yang ini, untuk gula karamel yang dicairkan, ini cara umikku...gula yang udah jadi karamel kemudian ditambahkan air panas (air panasnya ga pake ukuran) aduk-aduk hingga gula larut, dinginkan. Setelah dingin baru ditakar pake gelas belimbing (tertulis diresep "tambah air panas menjadi 3 gelas belimbing) klo ternyata air gulanya kurang dari  3 gelas maka ditambah air mateng hingga menjadi 3 gelas, hmm...bener-bener model resep orang jaman dulu yang ga mau ribet :D :D
Dari 2 kali bikin pake resep ini aku selalu takut menggunakan soda kue banyak-banyak, dan alhadulillah kuenya berserat, karena sukses ga nya cake karamel ya terletak pada seratnya ^^
Resepnya masih sama dengan yang ini ya ...




Okay...segini dulu ya, happy weekend buat semua. Aku  mo menikmati hari ini dirumah aja sambil menikmati kripik gayam oleh-oleh dari Madura kemarin... oiyaaaa hari ini mo tbk juga ding, lupaaaa, hihiiii ^^

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata : Rasulullah bersabda " Sungguh, seandainya salah seorang diantara kalian mencari kayu bakar dan memikul ikatan kayu itu, maka itu lebih baik daripada ia meminta-minta kepada seseorang, baik orang itu memberinya ataupun tidak ". (BUKHARI MUSLIM)

You Might Also Like

0 komentar