Friday, 29 May 2015

CHIFFON PANDAN ROLL



Bismillah...

Selamat pagiiii.... sugeng injing .... ^^
Apa kabar pagi iniii...? baik-baik semua kaaaan ?
Lagi rajin nih aku....pagi-pagi udah disini hehee...blom terpikir mo masak apa, kayaknya hari ini ga blanja deh, mo ngeluarin stok yang dikulkas aja. Masaknya juga ntr sorean aja, karena siang ga pada makan dirumah. Jadiiii...vivi itu klo masak pagi dan sore, sekali makan habis kecuali masakan model soto dll agak banyak masaknya...^^ klo soto bikin dikit mending beli laaah, rempong dipersiapannya hihiii ... :D :P
Dan ini foto-fotonya udah kemarin siiiih... tadi pagi masih ada sepotong...hmm enak banget, plus teh tawar anget tambah nikmat ^^
Chiffon rollcake...udah pada pernah bikin kan ? Ini pake resepnya Sedap, resep asli pake loyang 28x28cm tapi yang aku bikin ini pake loyang 22x22cm (jadi 2 loyang ya )...
Hmm...Chiffon adalah cake yang lembut banget. Beda dengan Sponge dan Pound cake. Dilihat dari cara pembuatannya masing-masing aja udah beda. Bisa diliat disini ya ...^^
Sesuai dengan namanya cake ini mempunya tekstur yang lembut banget...dan ringaaaan. Dibikin bolu gulung pun rasanya tetep  lembut dan ringan.

CHIFFON PANDAN ROLL

Bahan :
100gr Tepung terigu protein rendah
25gr Gula pasir halus
60gr Minyak goreng
80cc Susu cair
1/4sdt Pasta pandan
4 Kuning telur
4 Putih telur
1/4sdt Garam
1sdt Air jeruk nipis
75gr Gula pasir

Selai strawbery untuk olesan secukupnya

Cara membuat :

1. Ayak tepung terigu, tambahkan gula pasir. Aduk rata, sisihkan.

2. Campur minyak goreng, susu cair dan pasta pandan.  Aduk rata.

3. Tuang sedikit demi sedkit ke campuran tepung terigu sambil diaduk rata. Tambahkan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan.

4. Kocok putih telur dan garam hingga setengah mengembang. Tambahkan air jeruk nipis. Kemudian masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai mengembang.

5. Tuang putih telur sedikit demi sedikit kecampuran tepung sambil secara bertahap, aduk rata.

6. Tuang diloyang ukuran 28x28cm yang sudah dialas dan dioles margarin (bagian pinggirnya ga perlu dioles margarin)

7. Oven dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.

8. Oles dengan selai strawbery, gulung dan padatkan.








Baru sempet publish, hikzhikz....padahal nulisnya lho udah dari tadi pagi sebelum adek brangkat sekolah. Huwaaaa...kemana aja akuuu.....
Klo diatas udah selamat pagi, sekarang selamat siang semuaaa ....:D :D
Happy baking ^^

Wednesday, 27 May 2015

MUFFIN STRAWBERY



Bismillah ...

Muffin dan Cupcake adalah 2 jenis kue yang mirip namun berbeda. Dari segi takaran bahan-bahannya, muffin terbuat dari 200gr tepung, 2-4 sdm gula, 2,5 sdt baking powder, 1/2sdt garam, 1 btr telur, 60cc minyak atau mentega, 250cc susu. Jika perbandingan jumlah lemak, gula dan telur diresep tersebut dilipatgandakan 2 kali atau lebih maka akan terbentuk cake bukan muffin.
Cara membuat muffin juga berbeda dengan cupcake. Muffin adalah kue yang paling mudah dan paling cepat dibuat. Anda bisa mencampurkan semua bahan kering kemudian mencampurkan dengan bahan basah. Namun untuk cupcake, bahan-bahan dimasukkan satu per satu dengan urutan yang tepat.
Secara penyajian, cupcake biasanya dihias dengan berbagai macam topping dari krim hingga gula icing aneka bentuk. Sedangkan muffin biasa disajikan apa adanya dengan puncak yang merekah dan potongan-potongan isi yang terlihat menggoda. Kesamaan cupcake dan muffin adalah menggunakan cup dan cetakan yang sama. (Sumber : Bogasari)

Jadiii...untuk yang lagi males tapi pengen bikin cemilan yang gampang, yang tinggal aduk-aduk...ya bikin muffin aja :D miriip cake siiih tapi padet...jadi bisa bikin kenyang hihiii. Bisa di variasikan juga, menjadi muffin pandan, muffin coklat dll...isiannya juga bisa kacang-kacangan, chocochip, selai strawbery dll


MUFFIN STRAWBERY (Sedap)

Bahan :
200gr Tepung terigu protein sedang
2sdt Baking powder
60gr Gula pasir halus
30gr Mentega/margarin
1btr Telur, kocok lepas
150cc Susu cair
1/4sdt Pasta vanilla
Selai strawbery secukupnya

Cara membuat :
1. Ayak tepung terigiu, baking powder dan garam. Tambahkan gula pasir, aduk rata. Tambahkan mentega. Aduk sampai berbutir. Sisihkan.

2. Kocok lepas telur, susu cair dan pasta vanilla.

3. Tuang sedikit-sedikit kecampuran tepung terigu sambil diaduk rata. Siapkan cetakan muffin yang dialas cup kertas. Tuang separuhnya kemudian tambahkan selai strawbery, tambah adonan hingga 3/4 cetakan.

4. Oven dengan suhu 190 derajat celcius hingga matang.






Ssssttttt...nulis resep ini udah dari tadi sore tapiiii tak tinggal nemuin tamu, trus beli ikan, trus masak buat makan malam... sampe saat ini baru nulis lagi hihiii... indahnya hari ini, alhamdulillah ^^
Udaaaaah...siap-siap mo keluar rumah nih, ada sesuatu yang perlu dikerjakan diluar sana :D
Happy baking yaa ...^^

Tuesday, 26 May 2015

PUKIS MINI OREO



Bismillah...

Judulnya masih biar adek ga bosen dirumah, dibikinin kue Pukis tapi plus oreo, sengaja dikasih oreo karena biar dia mau makan dan oreo adalah biskuit kesukaannya...^^
Resepnya masih seperti Kue Pukis pada umumnya hanya di tambah oreo gitu ajah...
Begitu kuenya jadi dia malah bilang "kok gelap banget kuenya" hihiii...rupa-rupanya oreonya terlalu halus jadi kayak ada tambahan warnanya hahaa...sebenarnya yang ada dipikiranku warna kuenya tetep hanya aja ada "kriwil-kriwilannya" oreo gitu. Karena waktu itu aku pake jurus "ga pake lama" jadi oreonya tak blend...kayaknya ngeblendnya  kelamaan jadinya halus hehee ...>,<

PUKIS MINI OREO

Bahan :

250gr Tepung terigu protein sedang
125gr Gula pasir
2 Kuning telur
1sdt Ragi
50gr Margarin. cairkan
1sdm Susu kental manis putih
400cc Santan hangat
1/2sdt Garam
1sdt Vanilla pasta
5 keping oreo, buang krimnya, hancurkan (kasar-kasar aja)

Cara membuat :

Campurkan semua bahan kecuali margarin dan oreo. Mikser dengan kecepatan rendah hingga adonan tercampur rata dan halus. Matikan mikser, kemudian tambahkan margarin cair dan oreo, aduk rata. Diamkan kurang lebih 30 menit. Tuang adonan (jangan sampai penuh) di cetakan kue pukis yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, tutup cetakan dan biarkan hingga matang. Lakukan hingga adonan habis.

** Ini adalah cara sesat ala vivi yang males...tapi sebelum semua bahan tercampur pastikan dulu bahwa tepung sudah diayak dan ragi masih dalam kondisi baik.




Jadi mirip Pukis coklat ya hihiii...
Oiya...ini bikinnya udah dari beberapa hari yang lalu, sementara yang libur udah masuk sekolah dari kemarin hahaa... males nulis disini...itulah yang sering terjadi :P :D
Ya sudahlah... selamat beraktifitas yaa...aku juga mau melanjutkan aktifitasku, melanjutkan sesuatu yang tertunda gara-gara nulis disini...#jiahh!! hahaa...
Yuk mariii....^^

Sunday, 24 May 2015

SARIKAYA PISANG



Bismillah...

Akhirnyaaa...sisa pisangnya jadi iniiii... Sarikaya Pisang. Pake resepnya NCC tapi yang ini lebih heboh karena aku tambah kenari cincang dan choco chip, pake gula pasir juga... maksud hati biar adek suka eh ternyata ga mau, dipaksa ngincipi aja ga mau hihiii... :P

SARIKAYA PISANG

5bh Pisang kepok iiris melintang
100gr Gula pasir
4btr Telur
250cc Santan kental
2lbr Daun pandan
Kayu manis secukupnya
1/2sdt Garam

Cara membuat :

1. Kocok telur, gula dan santan hingga tercapur rata dan gula larut.

2. Letakkan potongan pisang di pinggan tahan panas, siram dengan adonan telur. Selipkan kayu manis dan pandan. Tabur kenari cincang yang sudah disangrai dan chocochip.

3. Kukus dalam dandang yang sudah dipanaskan kurang lebih 30 menit. Angkat dan dinginkan.




Ini bikinnya kemarin klo sekarang udah disini berarti rajin banget ya akuu...hehee. Dan bikinnya nyambi bikin amris, amris bukan untuk dijual tapi mo tak kirim ke kakak. Critanya Mbak Luki mo Ar-Tri aku di bbm mo nitip ga buat Ara...bingung juga mo nitip apa ya secara minggu depan udah kesana...akhirnya kepikir untuk bikin amris aja karena ingat waktu beberapa minggu yang lalu kesana bawa amris untuk temen-temen sekamar laris manis ga bersisa ...#ouh senengnya. Sempet denger crita kakak waktu itu kalo di cafetaria nya Ar-Tri ada yang jual tapi dia dan temen-temennya juarang banget beli, kenapa kaaaak.... "mihil banget Nda" ...hohooo melas men ya :'(
Aku mengira Mbak Luki pasti akan brangkat kesana agak siangan, seperti biasanya blio kalo kesana... (ga seperti aku yang mruput jam 5 pagi harus udah cus brangkat) dan aku punya banyak waktu untuk menggoreng si amris itu, ga harus pagi-pagi buta maksudku. Ternyata kemarin bbm ngabari klo mo berangkat jam 5 pagi karena harus sampe di Ar-Tri jam 8 pagi. Hahh! terpaksa aku harus bangun pagi-pagi sekali untuk menggorengnya huhuuu... dan tadi pagiiiii jam 2 aku banguuun trus nggoreng, abis digoreng didiemin dulu biar dingin. Abis sholat subuh udah siap dan nunggu Mas Fitri dari mushola trus kerumah mbak Luki minta anter Mas Fitri, seperti janjiku ke Mbak Luki abis adzan subuh tak anterin :) Alhamdulillah, slese ...namanya juga nitip malu kan klo sampe telat, hikz... Oiya putrinya Mbak Luki itu sekolah disana juga jadi titip-menitip itu udah biasa buat kami ^^
Sekarang tinggal nyiapin yang mo dibawa minggu depan, tunggu telpon dan sms kakak mo minta apa aja dia. Yang pasti minggu depan dia minta bawain macaroni skutel untuk dia dan temen-temen kamarnya. Pokoknya amris dan makutel itu kakak bangeeeeet....
Udah dulu yaaa....ssstttt ada yang lagi siap-siap makan siang nih, telat maksinya gara-gara nasinya baru mateng, hihiii... #lho!.. iyaaaa listrik mati dari tadi pagi terpaksa masak nasi pake dandang hihiii...
Maksi bareng yuuuk ...hari ini aku masak soto ayam ^^

Saturday, 23 May 2015

ROTI PISANG



Bismillah...

Dapat kiriman pisang dari tetangga depan rumah... alhamdulillan banget dikelilingi dengan ibu-ibu cantik... tetangga depan, samping kanan dan kiri rumah. Selalu aja aku dikirim-kirim, sementara aku ga pernah kirim-kirim, hikz...semoga mereka betah bertetangga dengan ku ^^ ... Oiya ada 5 rumah termasuk rumahku yang kami deket banget...kenapa hanya 5 rumah ? karena sebelah timur udah berbatas perempatan dan baratnya tanah kosong dan fasum hihiii.... 4 rumah itu semua ibu-ibu muda jadi ya nyambung aja klo ngomong bareng dan aku berasa selalu muda, ihiiiyyy :P dan lagiiiiii...4 rumah itu punya anak cowok semua jadi aku berrrrasaa punya anak cowok hihiii...^^

Dan pisangnyaaaa... hmm ga seru dong klo cuma direbus ato dibikin pisang goreng. Harus dibikin sesuatu yang lebih menarik lagi...hahaa
Karena kami penggemar rerotian...#teteeep huhuuu...akhirnya aku bikin roti isi pisaaaang. Ini yang kesekian kalinya bikin roti isi pisang :D dan resepnya yang ini pake dari buku ROTI, PASTRY BERLAPIS, PAI DAN SUS by Sedap, udah lama beli buku iniiiii, sampe lupa gara -gara ada ditumpukan buku-buku, hikz... baca judulnya aja bener-bener menarik untuk dibeli ...
Resep ini judul aslinya adalah Soft Roll dan tanpa isi, penyajian akhirnya kayaknya dioles dengan butter karena ditulisan bahan ada butter dan di fotonya juga ada butter yang di roll cantik gitu. Tertarik pengen nyoba karena ada tulisan soft, hmm kayaknya lembut nih, hahaa ...tapiiiii aku bikin dengan isian pisang dan coklat. Yuk mari ke dapurku ...^^

ROTI ISI PISANG

Bahan :
300gr Tepung terigu protein tinggi
150gr Tepung terigu protein sedang
2sdt Ragi instan
1sdt Bread improve
50gr Gula pasir
1btr Telur
210cc Susu hangat
75gr Mentega tawar (blh pake margarin)
1/2sdt Garam

Pisang yang udah direbus dan meses secukupnya
1 Kuning telur untuk olesan

Cara membuat :

1. Campur tepung terigu, ragi, bread improve dan gula. Aduk rata.

2. Masukkan telur dan susu sedikit-sedikit sambil diuleni hingga kalis. Tambahkan mentega dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan selama 30 menit. Kempiskan.

3. Bagi adonan sesuai selera. Bulatkan dan diamkan selama 10 menit. Pipihkan dan letakan pisang ditengah dan tabur meses, kemudian rapikan. Letakkan diloyang yang sudah dioles margarin. Lakukan hingga adonan habis.

4. Diamkan selama 40 menit atau hingga mengembang dan ringan. Oles dengan kuning telur

5. Oven dengan suhu 190 derajat celsius hingga matang.




Bener-bener ga pernah bosyen dengan rerotian, dasarnya emang doyan...klo ga bikin ya beli hahaa :P
Oiya...beneran lho ...rotinya lembut banget (Y)
Bu Amir...makasih ya pisangnya...jangan sungkan lho klo mo kasih-kasih lagi hahaa...#tetangga kurang ajar, udah ga pernah kirim-kirim tapi ngarep-ngarep terus ...:D :P
Oiya...pisang nya masih ada lho, mo dibikin apa lagi  ...?? #tiktok tiktok
Udah ah, segini aja yaa... selamat menikmati gambar roti pisang karena seperti biasa hanya tinggal gambarnya hehee...

Friday, 22 May 2015

ROLADE AYAM



Bismillah ...

Selamat pagiiiii...
Ibu-ibu mo masak apakah hari ini...? aku blom tau mo masak apa hari ini hehee ... tadi pagi-pagi sekali adek udah nanya "Nda, kita hari ini mo bikin apa...?" ga ada jawaban dari ku karena aku ga tau juga mo bikin apa. Oiyaaa....rolade ini masakan beberapa hari yang laluuu...poto-potonya juga udah dari waktu itu, males edit-edit euy critanya hikz...
Ternyata ya...  klo dipikir rempong juga lho membuat sebuah gambar makanan rapi dan tayang disini...dari nyiapin bahan, kemudian menjadikan sesuatu yang bisa dimakan, kemudian mikiri/nyiapin poto-poto dan pernik-perniknya, kemudian edit poto dan nulis ini itu, kemudian publish...dan kemudiaaaan...beberapa hari ato bulan kemudian potonya di pake orang ato ada di blognya orang ...duh! yang kayak gini nih sakitnya dalem bangeeeeet T.T masih mending klo dicantumin sumbernya dari mana tapi klo udah dihapus...huwaaa tambah mbrebes mili dan ngelus dada, kok yo tego men, hikz... pasti temen-temen yang lain juga ngerasain yang sama. Sebenarnya kejadian kayak gini udah jadi lagu lama dikalangan food blogger...semoga yang suka melakukan itu segera diberi kesadaran ya ... ^^

Kembali ke rolade yuuk...jadi ceritanya aku akhir-akhir ini jadi sering bikin rolade karena bisa dibekukan. Jadi klo lagi males masak aku tinggal bongkar-bongkar freezer mencari sesuatu disana. Ketika lauk udah ada aku tinggal nyiapin sayurnya kaaan...yang kayak gini nih jadi ketauan malesnya hikz...

ROLADE AYAM

250gr Daging ayam, potong-potong
2siung Bawang putih, cincang halus
4btr Bawang merah cincang halus
1btr Telur
2sdm Bread crum
1/2sdt Merica bubuk
1sdt Kecap inggris
Sedikit pala
3sdm Susu cair
Garam dan gula secukupnya

Bahan pelengkap :
4bh Sosis
2btr Telur, kocok lepas buat dadar tipis.
Telur dan tepung panir orange untuk memanir secukupnya


Cara membuat :

Haluskan daging ayam dengan food processor, masih didalam food proccesor masukkan bahan lainnya, proses lagi hingga semua bahan tercampur rata.
Ambil selembar telur dadar, sendokkan adonan ayam secukupnya dan ratakan di telur dadar. Letakkan sosis di bagian ujung yang akan digulung, kemudian gulung pelan-pelan. Lakukan hingga adonan habis (vi pake pan dadar kotak  telur 2 jadi 4 lembar dadar). Bungkus rolade yang sudah digulung (pake plastik ato daun pisang) Kemudian kukus kurang lebih 30 menit. Panir rolade ketika sudah dingin.

** Resep sausnya sama dengan yang disini tapi aku hanya bikin separuhnya aja.





Udah dulu ya...selamat beraktifitas, tetep semangat, tetep sehat untuk semuanya...^^
Selamat hari Jumat,,,,eh udah masuk bulan Sya'ban yaa...bulan diangkatnya amal kita kepada Allah Ta'ala.... yuk persiapkan diri untuk melakukan amalan terbaik...hari ini, besok, lusa dan seterusnya ^^
Happy cooking ... ___"

Thursday, 21 May 2015

CUMI SAUS PADANG



Bismillah ...

Gara-gara abis makan sama Cumi Saus Padang di BJBR beberapa waktu yang lalu jadi penasaraan bangeet pengen masak sendiri...sampai akhirnya sore itu dapat cumi seger, horeee... besok paginya, pagi-pagi sekali udah nyipain bumbu-bumbu yang dibutuhkan...mari memasaaak ^^
Resepnya nyontek di Sajian Sedap, karena baru pertama kali masak ini jadi tidak ada yang dirubah dari resep aslinya hanya aku tambah sedikit gula pasir menyesuaikan selera kami ^^
Untuk menghemat waktu (jiyah! asline males vivi) aku dibantu food procesor untuk mencincang bawang-bawangan dan cabe merah besar.
Yuk ah intip resepnya yaaa....

CUMI SAUS PADANG

Bahan/bumbu-bumbu :
500gr Cumi, hilanghkan kulit tipisnya, cuci bersih dan potong 1cm.
1sdt Air jeruk nipis
1bh Bawang bombay
3siung Bawang putih
2bh Cabe merah besar, buang bijinya
1sdm Saus tiram
2sdm Saus tomat
1sdm Saus sambal
1/4sdt Merica bubuk
50cc Air
1sdt Tepung sagu larutkan dengan 1sdt air, untuk mengentalkan
1batang Daun bawang, potong serong
Garam dan gula secukupnya
2sdm Margarin untuk menumis

Cara membuat :

1. Lumuri cumi dengan air jeruk nipis.

2. Cincang kasar bawang bombay, bawang putih dan cabe merah.

3. Tumis bawang bombay, bawang putih dan cabe merah sampai harum. Masukkan cumi, aduk rata.

4. Masukkan saus tiram, saus tomat, saus sambal, merica bubuk garam dan gula, aduk rata. Tuang air. Masak sampai mendidih.

5. Kentalkan dengan larutan tepung sagu. Masak sampai mengental.

6. Tambahkan daun bawang, aduk rata.





Rasanya enak bangeet dan habis dalam waktu sekejap. Ambil gambarnya juga keburu-buru karena udah ditungguin hahaa,,,maruk banget ya...
Ini bikinnya udah beberapa hari yang lalu...karena blom puas akhirnya tadi pagi bikin lagi tapi udah ga pake poto-poto lagi dan ga aku kentalkan dengan tepung sagu, tetep enaaak (Y) dan tetep habis dalam waktu sekejap hahaa... hmm kayaknya bakal masuk dalam menu favorit keluarga nih ^^
Mau mencoba...?? hehee... there is no taste like home, happy cooking moms ^^

Wednesday, 20 May 2015

PIE POPS (PINEAPPLE PIE)



Bismillah ...

Bahwa...klo adek dirumah ato libur itu berarti kerjaanku nambah, tambahan kerjaan itu adalah nyariin dia kegiatan supaya dia ga jenuh dirumah ato nonton tv terus-terusan... klo dia libur emang aturan nonton tv jadi longgar, yang klo hari biasa (Senin - Jumat) nonton tv hanya dari pulang sekolah (jam 3 an dia sampe rumah) sampai menjelang maghrib, pokokmya begitu denger suara adzan langsung tv mati, kecuali hari Jumat boleh sampe malam karena besoknya libur. Sabtu boleh nonton tv siang dan malam tapi hari  Minggu hanya siang aja karena besoknya sekolah...tetep acara yang ditonton diseleksi dulu...harus dengan persetujuanku atau ayahnya. Klo hari biasa juga hanya boleh nonton kartun, sinetron dan sejenisnya "dilarang keras"...larangan itu berlaku untuk hari sekolah dan hari libur juga. Dan dari semua aturan itu, kami (aku dan mas fitri) selaku pembuat aturan harus taat peraturan juga dooong...jadi jangan tanya tentang sinetron atau apalah ke aku, bisa dipastikan aku ga akan tau hihiii... kebetulan kami bukan penggemar sinetron jadi amat sangat tidak memberatkan buat kami. Siangpun ketika mereka beraktifitas semua hampir tidak ada suara tv dirumah, kecuali klo ada tamu ^^..Oiya ..lebih sering suara mikser kayaknya klo siang hari itu hahaa...#teteeeep, lbh asyik baking daripada nonton tv :D:D

Dan pop pie ini adalah dalam rangka nyariin kegiatan buat adek...hampir semuanya dia yang ngerjakan dan dia menikmati sekali. Dia mencetak sampe mengoles kuning telurnya, berdua sama aku siiih tapi aku cukup mengarahkan dia udah ngerti apa yang harus dilakukan. Oiya ...awalnya tuh aku mo bikin pie yang diisi sama selai nanas aja, ga kepikir untuk dikasih stik es krim ...selainya udah disiapkan dari beberapa hari yang lalu, kenaapa tiba-tiba ada stik es krimnya ? itu idenya adek hihiii...untungnya masih ada stok stik es krim...dan jadilah Pop Pie.
Kulit pie nya dari majalah Sedap Pemula.

POP PIE

Bahan :
100gr Butter/margarin
1 Kuning telur
200gr Tepung terigu protein sedang
2sdm Air es
1 kuning telur untuk olesan

Isi : selai nanas homemade secukupnya

Cara membuat :
1. Aduk rata semua bahan dengan menggunakan pisau pastry atau garpu sampai berbutir-butir. Bulatkan adonan, bungkus palstik dan simpan dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.

2. Kemudian tipiskan adonan, cetak bulat dengan cookies cutter. Lakukan hingga adonan habis.

3, Tata adonan yang sudah dicetak diatas loyang (beri jarak), tempelkan stik es krim disalah satu sisinya (oles stik es krim terlebih dahulu dengan putih telur biar lengket) beri isian secukupnya kemudian tutup dengan adonan yang lain. Rapikan bagian pinggirnya kemudian tekan-tekan dengan ujung garpu. Lakukan hingga adonan habis.

4. Belah sedikit  bagian atas pie dengan pisau, setelah itu oles dengan kuning telur.

5. Oven pie dengan suhu 180 derajat celsius hingga matang.




Karena aku tau adek suka bangat sama nastar makanya aku bikinin ini, selai nanasnya itu yang bikin rasanya jadi mirip banget sama nastar, Syukaaaa sama rasanya, berasa lebaran euy hihiiii...
Dan untuk hari blom ada rencana mo bikin apa, kayaknya ga aku ajak bikin-bikin deh tapi beres-beres aja...ngerapiin buku critanya.
Ok deh...sekian dulu ya, selamat hari Rabu, semoga berkah, semoga ntar malam kakak nelpon, aamiiiin ^^

Monday, 18 May 2015

KROKET KENTANG



Bismillah ...

Hahayy... Senin, hari ke 18 Mei yaaa...selamat melaksanakan ujian nasional untuk anak-anakku kelas 6, semoga mendapat nilai yang diinginkan, tetep semangat ya sayang... #jadi inget kakak 2 tahun yang lalu ^^ karena kakak kelas lagi ujian maka adek kelas belajar dirumah atau libuuuur...pokoknya klo menjelang kakak kelas mo ujian adek kelas tuh banyak liburnya, seperti adek yang saat ini lagi dibelakangku nonton Upin Ipin :D :D

Bikin kroket yuuuk... sebenarnya ini kroket kegalauan, hikz...
Buat aku adakalanya galau itu ketika ada yang nyoba resepku sampe 2 kali dan berakhir dengan kegagalan. Wah...ada apa dengan resepku...apakah aku salah nulis resep ato gimana nih...klo cuma dipikirkan ga mungkin ada jawaban ya sementara aku merasa tulisan resepku ga salah...
Mari kita bikin krokeeeet....resepnya masih sama dengan ini, sama persis...dan sama dengan yang katanya 2 kali gagal itu.
Dan hasilnya...baik-baik sajah, ga ada yang pecah satupun. Asiiiik ternyata aku ga salah ^^
Yess!! terjawab sudah ya... Alhamdulillah ^^





Dari Abu Hurairah ra, ia berkata : " Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda : " Bersegeralah kalian untuk beramal sebelum datangnya 7 perkara. Apakah kamu menantikan kemisikinan yang dapat melupakan, kekayaan yang dapat menimbulkan kesombongan, sakit yang dapat mengendorkan, tua renta yang dapat melemahkan, mati yang dapat menyudahi segala-galanya atau menunggu datangnya dajjal, padahal ia adalah sejelek-jelek sesuatu yang ditunggu, atau menunggu datangnya hari kiamat padahal kiamat adalah sesuatu yang amat berat dan amat menakutkan." (HR. TIRMIDZI)

Saturday, 16 May 2015

PUDING VANILLA OREO



Bismillah ...

Jumat tanggal 15, semua pada bilang libur panjang secara Sabtu Minggu nya udah libur bagi yang 5 hari kerja. Tapi tidak buatku semua hari sama aja, mo tanggal merah, Sabtu, Minggu, hari kecepit...semua sama. Buat aku semua angka dikalender warnanya hitam hihiii... Dan kemarin ada yang bbm aku "Jeng...jalan-jalan kemana nih, long weekend lho... " Hahh! aku masih dirumah ini, ga kemana-mana hihiii... Jumatnya kan adek sama Mas Fitri masuk jadi ya gitu deh... :D
Dan hari ini Sabtu sore aku juga masih dirumah...hihiii  lagi-lagi tadi siang ada bbm aku "ga jalan-jalan mbak, long weekend lho" ckckckkk...temen-temenku nih perhatian banget sama aku hahaa.... sebenarnya adek udah bingung aja pengen jalan-jalan tapi tak cuekin karena aku sibuk bikin rotmar hahaaa...
Biasanya Sabtu Minggu itu hari yang malas...terutama males masak, seringnya klo Sabtu Minggu gini kami suka pindah dapur alias njajan diluar ntah kenapa aku hari ini rajin banget, hahaa.... Dimulai dari sebelum subuh tadi beresin pesenan sus yang diambil abis subuh terus ngerotmar, untuk sarapan pagi kami bertiga bikin tahu bumbu kacang, agak siangan bikin rolade ayam (maunya buat maksi dan makmal). Abis dhuhur slese semuanya... dan aku tepar "zZzzzZZzzz" boci bareng adek hahaa...

Puding Vanilla Oreo ini bikinnya kemarin, sorenya baru dipoto bareng dengan mendung gelap dan hujan derreesss.... hwow!!

PUDING VANILLA OREO

Bahan Puding :
1000cc Susu cair fullcream
1bks Agar-agar warna putih
120gr Gula Pasir
10keping Biskuit Oreo, buang krimnya (hancurkan)
1sdt Vanilla pasta
50gr Whipping cream bubuk

Bahan Vla Vanilla :
300cc Susu cair fullcream
2sdm Maizena
60gr Gula
Sedikit garam
1sdt Vanilla pasta

Cara membuat :

1. Puding : Rebus susu, agar-agar dan gula  sambil diaduk hingga mendidih. Matikan api, masukkan oreo, whipping cream dan vanilla pasta, aduk rata. Hilangkan uap panasnya kemudian cetak menurut selera.

2. Vla vanilla : Rebus semua bahan, aduk-aduk dengan whisker hingga mengental dan mendidih.

3. Sajikan puding oreo dengan vla vanilla.





Horeee...yess!! akhirnya aku udah berhasil meluluskan permintaan adek, ciz cake dan puding oreo. Puding oreo nya sukses enaaak hihiii... Dan seminggu kedepan dia libur, ntah apalagi yang dia minta untuk dibikinin hihiii...semoga bukan cilok dan cireng, aamiiin hahaaa ... ___"
Happy weekend yaaaa....^^

Thursday, 14 May 2015

OPOR AYAM SUWIR



Bismillah ...

Opor ayam suwir ini adalah masakan ku kemarin. Aku yakin teman-teman semua pasti udah sering masak ini dan pasti rasanya jaaauuh lebih enak dari punyaku...^^
Klo disuruh milih antara masak daging ayam/sapi ato ikan-ikanan pasti aku akan memilih masak ikaaaaan...karena klo masak ikan-ikanan adek ga pake rewel maemnya, alasannya adek cuma satu "maem daging ayam ato sapi tuh suka nyangkut di gigi" hikz...dari dulu selalu seperti itu alasannya tapi klo ga ada lagi ya dia mau-mau aja selain ikan... Tapi klo kakak dan ayah...apaaaa aja masuk, menyenangkan sekali mereka berdua tuh hihiii... Jadi kangen kakak nih...semoga dia baik-baik aja ^^
Walopun aku jarang masak masakan yang bersantan tapi opor dan kare ayam adalah masakan yang paling sering aku bikin, artinya sering klo buat aku adalah belum tentu sebulan sekali...#LHO! belum tentu sebulan sekali kok disebut sering hihiii...daripada masak yang lain ini termasuk sering gitu lah ... :D :D
Yuk ah langsung resep sajjah ...

OPOR AYAM SUWIR

Bahan :
Separuh dada ayam, rebus kemudian suwir-suwir (dadanya gede banget, separuh thok uudah banyak)
2lmb Daun salam
2cm Lengkuas, geprek
1btg Serai, geprek
2lbr Daun jeruk
Garam dan gula secukupnya
Kurang lebih 500cc santan
Minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
7btr Bawang merah
4siung Bawang putih
3btr Kemiri, goreng sebentar
Sedikit jinten bubuk
1sdt Ketumbar bubuk

Cara membuat :

1. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas hingga harum.

2. Tambahkan ayam, aduk rata dengan bumbu. Tuang santan, aduk rata.

3. Tambahkan garam dan gula, aduk rata.

4. Biarkan mendidih dan bumbu meresap.





Boleh ditambah irisan cabe merah besat. Untuk kuahnya, ada yang seneng berkuah banyak, ada juga yang seneng kuahnya sedikit dan ada juga yang seneng ga berkuah (nyaris kering gitu) Jadi suka-suka aja, tergantung selera masing-masing.

Eh ini hari libur kaaaaan... kenapa aku masih disiniiii ? hihiii... hmm mau kemana yaaa...
Okay deh...selamat hari libur, yang besok juga libur...selamat libur panjang hehehee...

Monday, 11 May 2015

BROWNIES



Bismillah ...

Vivi ituuuu...tidak akan pernah menolak untuk sepotong brownies panggang ato kukus, tapi jujur dari hati yang paling dalam niiieh (cyiee...bahasae rek ^^) antara brownies panggang dan brownies kukus aku paling syuka (syuka pake "Y", dalem banget ya) brownies panggang hehee...
Ini yang kesekian kali nyoba resep brownies panggang, ada yang ke poto dan ada yang ga kepoto... selalu beakhir dengan kata "ENAK ...!" hihiiii...dasarnya emang chocolover ^^ tapi baca dulu bahan-bahannya, klo emang bahannya sreg dihati pasti berakhir dengan kata "ENAK" hihiiii
Ntah ketularan aku ato emang mereka pada syuka juga ...Ayah, Kakak dan Adek juga suka banget sama yang namanya brownies ini, hihiii... brownies panggang dan brownies kukus mereka tuh hayuk aja deh... Tapi anehnya klo yang beli mereka malah ga suka lho hohooo, selalu ada aja komentarnya, iih sensi banget sih indra perasanya, bikin gemes aja :P :D

Gara-gara ga sengaja baca postingan temen tentang bakulan bropangnya pake resep Chef Bara hmm jadi pengen bikin deh. Okay... kali ini nyobain resep Chef Bara yuk...

BROWNIES PANGGANG KLASIK

Bahan :
120gr Mentega (boleh diganti margarin)
100gr Dark chocolate, potong kecil-kecil
200gr Gula halus
3sdt Essens vanilla (vi pk 1sdt vanilla cream essens)
Sedikit garam
2btr Telur ukuran besar
120gr Tepung terigu
30gr Coklat bubuk
1/2sdt Baking powder
70gr Kacang walnut (vi pake 30gr almond dan 50gr keju cheddar)

Cara membuat :

1. Siapkan loyang ukuran 10x30 ato 10x15 (2 loyang), oles dengan margarin kemudian alas dengan kertas roti. Sisihkan.

2. Lelehkan mentega dan coklat dengan api kecil sambil terus diaduk (hati-hati, jangan menggunakan api besar karena bisa mengakibatkan coklat hangus).

3. Angkat dari api kemudian masukkan gula halus, esssens vanilla dan garam. Aduk hingga tercampur rata.

4. Masukkan telur satu persatu, aduk rata. Kemudian masukkan tepung, coklat bubuk dan baking powder yang sudah diayak, aduk rata. Terakhir tambahkan kacang-kacangan.

5. Tuang diloyang dan panggang dengan suhu 170 derajat celcius selama 35-40 menit atau sampai brownies matang. (vi panggang selama 35 menit, karena ga suka yang terlalu kering)





Yang menyenangkan klo bikin broewnies panggang adalah bikinnya ga ribet, cuma aduk-aduk aja. Karena emang dasarnya brownies itu bentuk cake yang bantet. Ini pas banget untuk para calon pemula kayak aku... ga kuatir cake ga ngembang, ga kuatir salah proses, siip deh ^^

Dan akhirnya ...hmm enak banget...ga mengecewakan  dan layak untuk dicoba lagi ...^^
Kali ini aku mo colek tetangga sebelah kiri rumahku, yang sekarang lagi rajin-rajinnya coba-coba resep ihiiiyyy. Bagaimana dengan resep brownies ini buuk...berani mencoba ...?? Klo bikin cake tape aja bisa masak bikin kayak gini ga bisa hahaa...
Happy baking ^^


Sunday, 10 May 2015

LONTONG SAYUR



Bismillah ...

Ga ada sesuatu yang istimewa sih ketika bikin Lontong sayur ini, hanya kebetulan ada lontong dan sayur santen. Isinya sayurnya juga apa yang ada di kulkas aja. Ingat klo dikulkas masih wortel, kacang panjang, tempa dan tahu. ...ternyata wortelnya udah ga ada, abis dikasihkan kelinci...critanya kami selalu berbagi dengan binatang cantik itu hihiii

SAYUR TEMPE TAHU

Bahan :
200gr Tempe, potong dadu
6buah Tahu, potong dadu dan goreng setengah matang
1 ikat Kacang panjang, potong-potong
3btr Telur rebus, goreng hingga berkulit
2lbr Daun salam
2lbr Daun jeruk
1cm Lengkuas, geprek
2bh Tomat, potong-potong
1tangkai Daun Bawang potong kasar
750cc Santan
Garam, gula secukupnya
Minyak untuk menumis

Bumbu halus :
7btr Bawang merah
4siung Bawang putih
2cm Kunyit
3btr Kemiri, goreng sebentar
1bh Cabe merah besar

Cara membuat :

Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan lengkuas, daun salam dan daun jeruk, aduk rata. Tambahkan tempe, tahu, telur dan kacang panjang, aduk rata. Tuang santan, gula dan garam, biarkan mendidih dan matang. Terakhir tambahkan tomat dan irisan daun bawang, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat dan siap dihidangkan.




Rencana semula, pas poto-potonya mo dikasih krupuk...daripada nggoreng butuh waktu banget akhirnya beli di toko deket rumah. Jadi sebelum poto-poto nyempetin nyari toples dulu terus lari ke toko deket rumah. Sampe rumah mulai deh studio dibuka hihiiii...nata ini-itu...satu dua tiga klik...klik... slese !! karena tukang potonya ngiler banget liat si lontong sayur itu, begitu slese poto-poto langsung duduk manis dimeja makan, makaaaaaan lontong sayur...dan tiba-tiba aku liat ada tas kresek dimeja tempat aku makan....ternyataaaaa....krupuknya ketinggalan ga kepoto sodaraaa hikz...hikz... hadooooh viviiiiii, hihiiiii...yasudahlah gapapa, namanya lupa  mo diapain lagi :D ... poto-poto lagi pake krupuk ? huhuuu...udah males bangeeeet ...

Karena lontong sayur ini bikinnya udah 3 hari yang lalu jadiiii udah abislah, seperti biasa silahkan dinikmati gambarnya ...hehehee...
Pamit dulu ya ....pareeeeeng...^^

Saturday, 9 May 2015

KUE LUMPUR




Bismillah ...

Kue Lumpur kah...?? iyaaa...ini kue lumpur ^^
Kali ke 2 pake resepnya Cheff Deddy Rustandi, yang pertama udah lamaaaa sekali dan hasilnya berantakan, nah loh...hanya Kue Lumpur aja bisa berantakan. Karena beda dicara bikinnya aku penasaran untuk bikin lagi. Waktu itu kuenya terlalu rapuh sampe susah banget dikeluarin dari cetakannya, pikirku kayaknya aku salah nulis resep deh. Kemarin sebelum bikin aku cek lagi resepnya dan intip juga resep aslinya, ternyata sama. Okay...lanjut nyiapin bahan.
Tapi yang kali ini sengaja ga aku panggang di cetakan lumpur semua, sebagian mo aku oven.
Dan hasilnyaaa....yang aku panggang pake cetakan lumpur teteeeeep rapuh banget dan susyah ngeluarin dari cetakannya. Sisa adonan aku tuang diramekin, trs aku oven au bain marie. Lama bangeeeet karena emang adonannya encer banget yaaa...
Hasil akhirnyaaa...yang pake cetakan lumpur, berasa kue lumpur pada umumnya tapi kentangnya nendang banget secara perbandingannya jauh bangeeeet antara kentang dan tepung terigunya. Dan yang diramekin...hohooo enak banget, suer deh. Hmm...rasanya gimana yaa, wes pokoke enak deh, beda sama kue lumpur pada umumnya...dan pemakaian gulanya dikit jadi pas banget buat aku yang ga begitu suka manis.
Aku tulis resepnya ya, asli tanpa modifikasi ^^

KUE LUMPUR

75gr Margarin
250cc Air
1/2sdt Garam
50gr Tepung terigu
1kg Kentang kukus, haluskan
6btr Telur utuh
5sdm Susu kental manis
75gr Gula pasir
450cc Santan kental

Cara membuat :

1. Rebus air, garam dan margarin hingga mendidih, kecilkan api. Masukkan tepung terigu, kentang yang sudah dihaluskan dan gula pasir, aduk sampai rata, angkat dan dinginkan.

2. Campur santan dan SKM, aduk rata, sisihkan. Masukkan telur satu persatu bergantian dengan santan+SKM, aduk rata.

3. Siapkan loyang yang berisi air, masukkan dalam oven dengan suhu 160 derajat celcius hingga keluar busa kecil.

4. Tuang adonan ke dalam pinggan tahan panas atau alumunium cup. Kemudian oven hingga matang (ga tau berapa lama, karena ditinggal kesana kemari...#lagu lama)

Oiya...aku tambah dengan potongan keju cheddar dan kismis ^^




Rasanya beda bener deh sama Kue Lumpur biasanya, apa karena au bain marrie itu ya ? aahh, sudahlah ...kayaknya aku mo bikin lagi mumpung lagi punya banyak kentang dikasih tetangga sebelah rumah, hihiii stok kelapa juga masih banyak hahaa... bikin kue modal gratisan ini namanya hahaaa... Silahkan mencobanya dirumah masing-masing ^^
Oiya...ga aku liatkan bagian dalamnya karena waktu itu tukang potonya lagi kenyaaaang hihiii
Happy baking ...^^
Happy weekend ... ^^

Friday, 8 May 2015

SAYAP BAKAR KECAP




Bismillah ...

Waktu ke Malang tanggal 26 April kemarin aku bawain kakak ayam bakar kecap. Tiap kali mo kesana dia selalu request menu yang akan dibawa untuk sarapan... aku, mas Fitri dan adek ngikut aja apa yang dia minta. Biasanya jauh-jauh hari ketika nelpon dia bilang minta bawain ini-itu dan minta masakin apa yang dia pengen. Terus malam sebelum berangkat dia sms "Nda berangkat pagi ya, jangan lupa sarapannya" ...dan aku dengan senang hati nyiapain. Klo dia minta masakan yang agak ribet biasanya aku masak dari malamnya kemudian besok paginya tinggal nyiapin aja. Pokoknya klo mo ke kakak yang paling rempong tuh aku deh...mulai dari malam sebelumnya sampe besok paginya harus bangun pagi-pagi sekali (mruput, hihiii), jam 5 harus udah berangkat karena suka ga tega klo liat kakak nunggu lama-lama, apalagi blom sarapan. Seperti biasaaaa, dengan segala keruwetan itu didalam mobil pagi-pagi mata rasanya pedeees banget hihiii...critanya aku ngantuk sodara hahaa...tapi begitu tiba disana ketemu kakak, makan bareng didalam mobil (saat yang paling indah makan berempat, hikz), liat mereka makan dengan lahab trs salah satu ada yang bilang "hmm...enak banget Nda " ...ihiiiyy lupa deh segala keruwetan semalam dan tadi pagi hihiii... Untuk kunjungan berikutnya kakak udh request masakan lagi..." Nda klo kesini kakak masakin semur tahu sama daging ya..." ...aku sih hanya bilang "siyaap kakaaaak" :D:D

Dan kali ini aku bikin Sayap Bakar Kecap...maunyaaa bikin ayam bakar bukan sayap bakar tapi karena ayam nya Pak Sugik abis diborong Bu Amir, tetangga depan rumah...akhirnya aku hanya kebagian sayap hikz... ya sudahlah gapopo.

SAYAP BAKAR KECAP

Bahan :
8buah Sayap ayam
2sdm Air jeruk nipis
2lbr Daun salam
2lbr Daun jeruk
2cm Lengkuas, geprek
1bh Serai, ambil bagian putihnya, geprek
3sdm Kecap manis
1sdm Air asam jawa
500cc Air
Garam dan gula secukupnya
2sdm Minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
8btr Bawang merah
4siung Bawang putih
1/2sdm Ketumbar
2cm Kunyit bakar
3buah Cabe merah besar

Cara membuat :

Lumuri sayap dengan air jeruk nipis, sisihkan. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan lengkuas, daun salam, daun jeruk dan sere, Aduk rata. Tambahkan sayap ayam, aduk merata dengan bumbu dan ayam berubah warna. Kemudian tambahkan kecap manis, air asam, garam dan gula, aduk rata. Tuang air, masak hingga daging sayap empuk dan bumbu meresap (tambahkan air jika sayap blom empuk). Terakhir bakar sayap hingga harum sambil diolesi dengan bumbu.





Sambel udah ada, kemangi tinggal metik...tinggal nyiapin nasi anget. Yuk mareee...hehee ^^
Hmm... klo liat masakannya vivi...ga nyangka ya ...ternyata vivi bisa masak lhooo hahaa
Udah ah...aku pamit dulu yaaa, kayaknya lebih asyik ngobrol sama mas Fitri daripada lama-lama disini,.. --- "
Selamat malam semua ....^^

Thursday, 7 May 2015

CHEDDAR CHEESE CAKE




Bismillah ...
Bikin ciz cake yuk, heheee...ini adalah permintaan adek beberapa hari yang lalu. Berkali-kali dia minta dibikinin puding oreo atau ciz cake tapi blom sempet bikin juga, sampai beberapa hari yang lalu dia bilang "Nda ...bikinin ciz cake sama puding oreo lah, klo ga dibikinin awas lho..." Hahh!! ancamannya bikin gemes ...

Sebenarnya ini kali kedua bikin ciz cake, dan setelah itu ga kepikiran untuk bikin lagi klo adek ga minta hihiii, pertama kali bikin yang ini , waktu itu th 2009 aku masih lugu banget...baru beberapa bulan gabung di NCC, blom begitu mengerti sama yang namanya baking...gambarnya juga lugu banget ya, pake kamera henpun pula hihiii  tapi hebat juga lho ga begitu ngerti baking tapi nekat bikin ciz cake, hihiii memuji diri sendiri ahahaa..
Masih dengan resep yang sama dari blog nya Cik Shirley "Dapur Solia"

CHEDDAR CHEESE CAKE

Bahan I :
200cc Susu cair UHT
60gr Mentega
180gr Keju cheedar

Bahan II :
30gr Tepung terigu
25gr Tepung maizena
3 Kuning telur
2sdt Air jeruk nipis

Bahan III :
5 Putih telur
120gr Gula pasir
2sdt Air jeruk nipis

Bahan VI :
Selai strowbery yang diencerkan dengan air kemudian dihangatkan (1sdm selai strowbery ditambah 1sdm air mateng)

Cara membuat :

1. Siapkan loyang 22cm, oles dengan margarin, alas dengan kertas roti, oles sekali lagi dengan margarin hingga rata. Lapisi bagian luar loyang dengan alumunium foil supaya air tidak meresap ketika di panggang (au bain marie). Siapkan air untuk air rendaman ketika di panggang, isi dengan air 1/4nya saja.

2. Campur mentega, susu cair dan keju cheddar yang sudah diparut halus dalam panci kecil kemudian letakkan di panci tim yang sudah berisi air panas agak banyak. Aduk-aduk hingga keju larut dan tercampur rata.

3. Dalam keadaan krim keju masih hangat, ayak terigu dan maizena kedalamnya. Aduk hingga rata. Masukkan kuning telur dan air jeruk, pastikan semua bahan tercampur rata

4. Nyalakan oven dengan suhu 160 derajat celcius kemudian masukkan loyang yang berisi air kedalamnya.

5. Kocok putih telur, gula pasir dan air jeruk nipis hingga soft peak (cukup sampai soft peak jangan terlalu kaku). Masukkan kocokan putih telur kedalam adonan sambil di aduk balik hingga bener-bener rata. Tuang adonan diloyang dan letakkan di loyang yang berisi air rendaman, kemudian oven. Air rendaman yang didalam oven tidak perlu sampai mendidih, cukup kliatan gelembung-gelembung kecil aja.

6. Panggang kurang lebih 80 menit hingga matang. Ketika ciz cake udah matang keluarkan dari loyang dalam keadaan sudah hangat. Pelan-pelan dan hati-hati karena ciz cake ini lembut banget.

7. Terakhir, panaskan selai dan air, aduk-aduk hingga selai menyatu dengan air (ga perlu mendidih) kemudian oles permukaan ciz cake dengan selai strowbery.





Dan adek doyan banget...tiba-tiba dia bilang..." Nda bikinin yang ada oreo nya ya ..." huhuuu... antara seneng dan heran...seneng karena dia suka, heran karena biasanya dia ga mau sama cake-cake kayak gini hahaa
Beneran lembuuuut banget...wajarlah klo pada suka :D
Siap-siap bikin lagi yang ada oreo nya...ato bikin puding oreo...tapi ga sekaraaaang, hihiii kapan-kapan aja klo pas nyantai, semoga adek ga nagih-nagih ^^
Eh...jadi inget seseorang nih, yang lagi kemping gmn kabarnyaaa...baik-baik disana ya kakaaak, miss u so much dear :* :*

Wednesday, 6 May 2015

JALAN-JALAN, MENIKMATI RIMBUNNYA HUTAN BAKAU



Probolinggo adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, terletak sekitar 100 km sebelah tenggara kota Surabaya. Probolinggo berbatasan langsung dengan kota Lumajang, Pasuruan dan Situbondo dan disebelah utara berbatasan langsung dengan Selat Madura. Kota ini juga terdapat pelabuhan perikanan yang cukup besar lho, namanya pelabuhan Tanjung Tembaga. Masyarakatnya campuran antara suku Jawa, suku Madura dan etnis Tionghoa...tapiiiii kayaknya mayoritas suku Madura deh. Untuk bahasa sehari-hari menggunakan Bahasa Madura dan bahasa Jawa yang agak Madura, nah loh! bingung kan ...? hihiii
Probolinggo memiliki iklim panas berangin, kalo lagi musim angin niiih ( disini biasa menyebutnya angin Gending ) jangan coba-coba keluar rumah disiang hari naik motor tanpa kacamata karena bisa "kelilipan" parah tuh mata :D ato keluar rumah malam hari tanpa jaket, yang blom terbiasa bisa meriang kena angin Gending :D
Selain terkenal dengan Gunung Bromonya yang udah mendunia, pelabuhan perikanan dan angin Gendingnya Probolinggo juga terkenal dengan buah mangganya yaitu mangga manalagi yang legiiiit dan harumanis yang maniiiiis. Klo lagi musim mangga penjual mangga ada dimana-mana, sepanjang jalan dipenuhi penjual mangga.
Dan disinilah, aku dan keluarga kecilku menetap sejak tahun 2007  semoga ga pindah-pindah lagi, aamiiin ^^





Yuhhuuuu...hari yang indah untuk jalan-jalan, pengennya setiap perjalanan aku tuliskan disini jadi tidak hanya untuk memanjakan mata dan melepaskan penat kami sekeluarga tapi setidaknya bisa berbagi crita lewat media ini... dan kenyataannya selalu aja ada yang ga sempurna hihiii, seperti contohnya ketinggalan kamera hahaa, yang seharusnya ga terjadi untuk orang yang suka jalan-jalan kayak aku :D :D

Pelabuhan Probolinggo, inilah salah satu  tempat favorit yang sering aku kunjungi bersama keluarga, biasanya kesananya pagi hari, sekedar nongkrong dan photo-photo kegiatan nelayan disana. Buat kalian yang punya hobby photo-photo laut dengan segala kegiatan nelayannya pelabuhan ini bisa jadi tempat yang asyik untuk bermain dengan kamera kalian. Dan ada tempat pelelangan ikannya juga (yah sekali-sekali beli 1 - 2 kilo sekedar buat bakar-bakar dirumah) klo mo ke pasar ikan harus siang hari karena pasar itu mulai ada kegiatan diatas jam 12 siang. Pesenkuuu...kalo mo blanja ikan di sanaaa harus punya modal "percaya diri dan pinter nawar" hihiii karena disana kita berhadapan langsung dengan para pedagang yang semuanya orang Madura, hohooo...yang ga ngerti bahasa Madura denger ngomongnya dengan gaya bicara yang khas aja udah bikin mumet hikzhikz...
Eits...hampir lupa nih, di Probolinggo juga ada pulau Gili. Yang udah pernah ke pelabuhan Probolinggo pasti udah pernah tau dan denger tentang Pulau Gili. Pulau Gili adalah sebuah pulau kecil diselat Madura tepatnya 8km di lepas pantai utara Probolinggo, kalo mo kesana jalur satu-satunya adalah dari pelabuhan Probolinggo dengan menggunakan perahu motor. Penduduknya mayoritas suku Madura dengan pekerjaan sehari-hari sebagai nelayan, sebagian orang menyebut Pulau Gili ini sebagai miniatur Pulau Madura :) Beberapa tahun yang lalu aku udah pernah kesana, waktu itu aku melihat air lautnya yang masih jernih, banyak kambing berkeliaran tapi ga ada rumput, menurut cerita penduduk sana kambing-kambing itu udah terbiasa makan kertas...#wah! kambing yang malang. Dan satu lagi ada Gua Kucing, yang menurut cerita pada dahulu kala disitu terdapat banyak kucing tapi waktu aku kesitu ga ketemu kucing satupun :D
Tentang nama Gili pada pulau Gili... konon critanya pulau Gili menyatu dengan daratan desa Ketapang, kemudian secara segara gaib berpisah dan bergerak ke tengah laut. Nama Gili berasal dari bahasa Madura yang artinya mengalir.

Hmm yahh! masih diseputaran Pelabuhan Probolinggo, kali ini aku pengen ngenalin sebuah tempat asyik di salah satu sudut Pelabuhan Probolinggo. Pengennyaaa... kesananya tuh malam hari, menurut cerita temen-temen yang udah pada kesana klo malam hari tuh indah banget,  karena cuaca yang ga menentu beberapa hari ini...mendung, gerimis dan hujan datang berganti-gantian akhirnya aku putuskan untuk kesana disiang hari aja, nyari aman hahaa...^^
Okay...namanya Bee Jay Bakau Resort terletak di kawasan pelabuhan Probolinggo, jadi klo mo ke BJBR kita masuk dulu ke area pelabuhan. Disana kita bisa menikmati hijau dan rimbunnya hutan bakau dengan pasang surutnya air laut ato melihat serombongan burung bangau yang sesekali turun kelaut (sayang ga kepoto waktu itu, hiks). Sayangnya...waktu kesana air laut lagi surut tapi masih tetep indah kok...

Yuk ah, ikuti aku....kita masuk, kita liat ada apa aja didalam...




Sepanjang jalan, menikmati rimbunnya hutan bakau... waktu itu banyak sekali pengunjung, ambil gambarnya nunggu bener-bener sepiiii biar kliatan hijau dan rimbunnya. Disini...disepanjang jalan ini disetiap sudutnya ada tempat duduk buat santai-santai, ehh ...ada photografer dan modelnya yang sedang melakukan sesi photo-photo juga lho,  (lupa ga kepoto, hikz...) mereka berdua asyik banget, mengabaikan orang-orang yang lalu lalang disebelahnya :)





Ga sekedar jalan-jalan, disana juga ada restonya dengan berbagai macam menu seafood. Dasarnya emang kami suka jalan dan suka makan...ketika jalan-jalan selalu ada acara makan-makannya hihiiii ^^ Eh...ada sapa tuuuuh...? nunggu pesanan datang ya deeek, hihiii ^^
Bagi yang seneng main billyard...didalam resto disediain meja billyard juga. 
Hmm... Dari tempat aku duduk ini aku bisa melihat hutan bakau sebelah kiriku dan laut lepas di sebelah kananku. Eh...sempet liat burung bangau juga yang lagi turun kelaut. Bisa dibayangkan kan ?? tapi lagi-lagi...sayang sekali air laut lagi surut, hikz-hikz




Ini makanan yang kami pesan, mie goreng seafood, nasgor seafood favorit adek dan cumi saus padang, semua enak tapi aku djatuh tjinta dengan Cumi Saus Padang nya, "hmmm rasanya maknyus ... *bergaya ala Pak Bondan, nuwunsewu pak, heeheee... eeehhh, nasi goreng nya adek lupa ga kepoto, hihiii...ada berbagai macam menu seafood disana yang layak untuk dicoba. Dan minumnya...es kelapa muda dengan penyajian kelapa muda utuh, pas banget dengan suasana lautnya ^^



Ini adalah salah satu sudut di sepanjang jalan hutan bakau, asyik ya buat rame-rame, seseruan dan selfie-selfiean  ^^



Sayangnya pas kesana air laut lagi surut, jadi beginilah keadaannya, huhuuu. Gambar sebelah kiri itu adalah bungalownya karena yang ga berkepentingan ga boleh masuk maka aku hanya bisa liat dari jauh aja, kayaknya sih bangunannya terbuat dari kayu. Membayangkan asyiknya nginep disana, merasakan hangatnya matahari pagi, sorenya bisa melihat indahnya matahari yang kembali ke peraduannya dibatas laut dan langit yang menyatu, melihat pasang surutnya air laut, mencium aroma khas laut dan menikmati hijaunya bakau. Oiya...katanya  nih klo malam tempat ini semakin indah karena selain air laut yang pasang juga ada lampu-lampu disana-sini. Sebenarnya adek maksa minta kesananya malam hari tapi ya itu tadi alasannya "takut hujan" hikz



Aku berharap waktu itu bisa selfi di ikon itu tanpa ada siapa pun disitu tapiiiiii dari jauh aku menunggu lamaaaa sekali dan mereka ga pergi-pergi, asyik selfie sana-sini, akhirnya inilah suasana yang bisa aku ambil, cepet-cepetan karena mendung udah mulai datang. Aaaahhh...rame sekali waktu itu. Kayaknya ini tempat favorit untuk ber selfie ria ya, hmmm ^^



Yang ini juga salah satu sudut sepanjang jalan di hutan bakau...



Ada tempat bermain anak-anak dengan pasir putih buatan dan permainan airnya. Ada atraksi pemberian makan ikan tapi aku ga tau jam berapa ada atraksi itu. Aku merasa BJBR masih akan terus berkembang, menambah wahana bermain dll ... memantaskan diri menjadi tujuan wisata di Probolinggo.

Hari semakin gelap karena mendung begitu cepatnya menghampiri, akhirnya kami menyudahi jalan-jalan hari itu, udah kenyang juga hihiii...
Sampe di tempat parkir udah gerimis kecil-kecil...blom terlalu jauh keluar dari BJBR...bress!! hujan turun deres pake banget, wah! ....


Oiya nih...untuk yang lagi perjalanan ke Bali lewat darat ini bisa jadi alternatif tempat istirahat lho dengan suasana laut pasang surut dan hutan bakaunya, asyik kaaaan ato yang abis berkunjung ke Gunung Bromo bisa juga mampir kesini...
Nah...buat kalian-kalian yang pengen berkunjung ke BJBR ato mo jalan-jalan kemana aja... tentu butuh kendaraan yang ok dooong, nyaman dikendara, bisa digeber kemanapun dan ga menguras isi kantong, secara hari giniii BBM naik terus gitu lho, dan menurutku Agya adalah pilihan tepat untuk saat seperti ini. Apakah Agya hemat ? hmm...so pasti laaah karena Agya kan udah  LCGC yang tentunya efisien dalam pemakaian bahan bakar. Dan satu lagi niiiih...tampilan Agya yang modis dan keren abiiiis  ga malu-maluin lah dijalan. Fitur exterior dan interiornya juga lengkap, wow! ... pokoknya pas banget buat first jobber yang mo beli mobil baru ato yang pengen ganti mobil. Dan untuk keamanannya, don't worry ...karena udah dilengkapi dengan Dual SRS Air Bag (untuk semua type lhooo), hwiiiih keren kaaaan dijamin aman deh... oiya simak baik-baik nih...penting buat kalian-kalian yang punya balita hihiii...bahwa mobil ini udah dilengkapi dengan ISOFIX, fitur keamanan optimal untuk pemasangan child seat (ini juga untuk semua type lhooo) hohooo keren-kereeen....
Hmm...bener-bener deh, Agya emang dirancang khusus untuk menjadi teman aktifitas sehari-hari.
Dan satu lagi...jangan pernah lupa...bahwa Agya itu Toyota punya lhhooo...
Okay...segini dulu yaaa, sampai ketemu dijalan-jalan ku berikutnya. See ya^^




BeeJay Bakau Resort
Pelabuhan PPP Mayangan, Kota Probolinggo 
Jawa Timur, Indonesia

KUE CUCUR BERUBAH JADI APEM SELONG :D


Bismillah...
Maksud hati mo bikin Kue cucur, secara aku udah lama pengen bikin. klo cuma pengan makan beli aja udah slese, harganya juga ga mahal-mahal amat. Tapi masalahnya aku pengen bikin.
Mulailah nyipain bahan-bahannya, separuh resep dari 250gr tepung beras...lanjut ke ulen-mengulen. Hmm...proses ini nih yang menentukan jadi ato tidak kue cucur ini. Perasaan semua proses udah lakukan sesuai yang tertulis. Saatnya menggoreng nih...oiyah...sebelum di goreng adonan didiamkan minimal 2 jam, lebih lama lebih bagus, begitu tulisannya. Sempet baca resep lain, disitu tertulis diamkan selama setengah jam... hmm adonan cucurku udah satu jam nih...antara setengah jam dan 2 jam...hmm satu jam cukuplah pikirku waktu itu. Nyiapin wajan kecil, mulai goreng satu. Hasilnyaaaa...mirip banget telor ceplok yang minyaknya kurang panas...dataaaaaar tanpa serat. Hmm...baiklah, lupakan adonan yang didiamkan setengah jam, kembali ke resep awal...klo didiamkan 2 jam berati kurang satu jam lagi dooong. Satu jam kemudian, nyiapin wajan lagi....ternyata hasilnya...ga jauh beda dengan yang pertama. Dataaaaar dan tanpa serat, lagi-lagi mirip telor ceplok yang minyaknya kurang panas.
Hmm...mo diapain nih adonannya, dilanjutin udah males aku, bikin sepet mata, hikz mulai emosi. Akhirnya, adonan aku tambah tepung beras, sedikit gula pasir (resep awal pake gula merah), fermipan sebutir telur dan santan. Jangan tanya berapa ukurannya karena semua  tambahan bahan ukurannya pake ilmu sesat alias ngawur, kecuali tepung yang aku timbang hihiii...




Dan inilah hasilnya...sesuai judulnya...Kue cucur yang berubah jadi apem selong, hahaa berusaha untuk ketawa walopun sakiiiit karena hanya kue cucur ternyata aku gagal, hikz...
Bentuk Apem selongnya tidak mengecewakan walopun warnanya agak sedikit mangkak karena pake gula merah hihiiii... ^^
Selamat menikmati Apem Selong ^^

KUE HANTARAN AIDA & BAYU






Selamat menjadi pengantin baru, Semoga Samara ya Aida & Bayu ^^

BDCK MBAK ETIK



Ini dipesen oleh seorang suami untuk ultah istrinya...judulnya surprise bdck hihiii, waktu pesen bilangnya "yang sederhana tapi romantis mbak" hohoooo co cwiiit, bikin ngiri bakule ^^
Pak Amir tengkyu bangeeeet ^^

BDCK KIAN SANTANG



BDCK KIAN SANTANG, dipesen oleh temennya Mbak Tini (lupa ga nanya nama mamanya si Kian). Makasih ya mbaaak ^^

Saturday, 2 May 2015

CAKE KARAMEL



Bismillah ...

DOELOE, vivi kecil sering banget liat Umik bikin cake karamel ini dan cake yang dicetak dengan loyang tulban gede, sampe sekarang kami suka menyebutnya dengan roti karamel dan roti ban untuk cake yang dicetak dengan loyang tulban, juga dengan jenis rerotian juga menyebutnya dengan roti, hihiii...bingung ya. Dan sampe sekarang klo ada sodara mantu ato hajatan apa pun Umik masih suka bikinin cake karamel ini. Aku tau rasa cake karamel ya seperti ini. Apakah aku sering bikin kayak Umik...? GA, karena aku ga begitu suka, hanya klo pas pengeeeen banget, seperti waktu bikin ini. Oiya ...bikin cake karamel ini sekalian mo nyabain klo dicetak pake snackmaker, dan ternyata hasilnya cantik, seratnya keluar alus banget. Resepnya masih sama dengan yang ini, untuk gula karamel yang dicairkan, ini cara umikku...gula yang udah jadi karamel kemudian ditambahkan air panas (air panasnya ga pake ukuran) aduk-aduk hingga gula larut, dinginkan. Setelah dingin baru ditakar pake gelas belimbing (tertulis diresep "tambah air panas menjadi 3 gelas belimbing) klo ternyata air gulanya kurang dari  3 gelas maka ditambah air mateng hingga menjadi 3 gelas, hmm...bener-bener model resep orang jaman dulu yang ga mau ribet :D :D
Dari 2 kali bikin pake resep ini aku selalu takut menggunakan soda kue banyak-banyak, dan alhadulillah kuenya berserat, karena sukses ga nya cake karamel ya terletak pada seratnya ^^
Resepnya masih sama dengan yang ini ya ...




Okay...segini dulu ya, happy weekend buat semua. Aku  mo menikmati hari ini dirumah aja sambil menikmati kripik gayam oleh-oleh dari Madura kemarin... oiyaaaa hari ini mo tbk juga ding, lupaaaa, hihiiii ^^

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata : Rasulullah bersabda " Sungguh, seandainya salah seorang diantara kalian mencari kayu bakar dan memikul ikatan kayu itu, maka itu lebih baik daripada ia meminta-minta kepada seseorang, baik orang itu memberinya ataupun tidak ". (BUKHARI MUSLIM)