ASEM-ASEM TENGIRI

21:23:00



Bismillah ...

Panas banget di Probolinggo beberapa hari ini... klo udah keluar rumah siang hari huwiii...terik banget deh. Cuaca kayak gini nih yang ditunggu-tunggu bakulers ice blend yang akhir-akhir ini menjamur di Probolinggo, hmm...lagi panen ya mas...mbak ...^^
Dan sore itu...ketika lagi ngobrol sama tetangga-tetangga cantik di depan rumah ketemu pak tukang ikan...aku sih sore itu keluar  niatnya emang nunggu pak tukang ikan hihiii...ga punya lauk buat makan malam adek dan kebetulan pak suami lagi ke Jakarta. Akhirnya dapat ikan tengiri 4 ekor yang ga terlalu gede sihh...digoreng untuk makan malam adek 2 ekor. Sisanya bubuk dulu di frezer ya :D
Besoknya baru dimasak asem-asem tengiri, menyesuaikan dengan cuaca yang panas... pengennya maem yang seger-seger.

ASEM-ASEM TENGIRI

Bahan :
2ekor Ikan tengiri ukuran kecil
1sdt Garam
1sdm Air jeruk nipis
1btg Sere, memarkan
3lbr Daun jeruk
2lbr Daun salam
2cm Lengkuas, memarkan
1cm Jahe, memarkan
2bh Belimbing wuluh, potong-potong
1bh Tomat, potong-potong
Cabe rawit merah utuh secukupnya
1/2sdt Garam
350cc Air
2sdm Minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
5btr Bawang merah
3siung Bawang putih
1buah Cabe merah besar
2cm Kunyit bakar

Cara membuat :

Potong ikan tengiri menjadi 3 bagian, kemudian lumuri garam dan jeruk nipis. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, sere, daun jeruk, daun salam, lengkuas dan jahe hingga harum. Tambahkan air, tomat, belimbing dan cabe rawit. Biarkan mendidih. Masukkan ikan dan garam. Biarkan mendidih dan ikan matang.





Ini pas banget untuk cuaca yang terik kayak gini, klo pengen pedes tinggal penyet-penyet rawitnya. Happy cooking ....^^


"Sungguh akan dibayar upah (pahala) orang-orang yang sabar dengan tiada batas hitungan." (QS. Az-Zumar 10)

You Might Also Like

0 komentar