ROTI

ROTI KRIM MESES

05:13:00



Bismillah ...

Jaman dulu nih yang namanya roti tuh bentuknya itu-itu aja. Selain roti tawar nih ya, ada roti sobek, roti kasur dan roti yang dioles krim, roti sisir. Rasanya juga hmm...yah gitulah. Belinya juga ga harus ke bakery, ditoko-toko deket rumah ada. Dan vivi kecil suka banget sama roti yang dioles krim dan roti sisir. Ingat banget bau wangi krim nya itu hihiii, eh ada juga yang krimnya warna kekuningan... nah klo yang itu ada aroma durennya :D ... apapun rasa krimnya waktu itu vivi kecil doyan banget ga mikir rotinya lembut ato keras hihii... tapi sekaraaaang, mentang-mentang udah bisa bikin kue jadi sok pilih-pilih...hahaa ...yang namanya bakery tuuh weeyyy...banyak bangeeet...tapi emang dasarnya penggemar rerotian biarpun udah bisa bikin  tetep aja coba-coba beli disana-sini sekitaran proling...hmm ada yang sreg tapi ada juga yang ga sreg...ada yang parah (ga aku sebutin tokonya ya ) rotinya kueras banget booo ! jian asli keras ckckckk...sekali-kalinya beli jadi kapok :P hmm...yasudahlah mungkin bakule seleranya roti yang modelnya keras kayak gitu, klo ga suka ga mungkin dijual kan ? ^^
Kembali kesini ya...jadi critanya aku pengen banget maem roti isi krim, kebetulan punya sedikiiiit krim sisa bikin bdck. Resepnya liat di buklet Saji edisi  ROTI OVEN, KUKUS DAN GORENG LAYAK JUAL.

ROTI KRIM MESES

Bahan :
200gr Tepung terigu protein tinggi
50gr Tepung terigu protein sedang
15gr Susu bubuk
1sdt Ragi instan
35gr Gula pasir
1btr Telur
125cc Air
35gr Margarin
1/2sdt Garam
Buttercream dan meses secukupnya

Cara membuat :

1. Campur tepung terigu, susu bubuk, ragi, dan gula pasir. Aduk rata. Masukkan telur dan air. Uleni sampai kalis. Masukkan margarin dan garam, uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit atau hingga mengembang. 

2. Kempiskan adonan, bagi adonan dengan berat yang sama. Bulatkan dan biarkan hingga mengembang 2 kali lipat.

3. Kemudian panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 190 derajat celcius kurang lebih 10 menit.

4. Penyelesaian : belah roti melintang ke samping ato melintang dari atas, oles dengan bc dan tabur meses. 




Daaaaan beginilah penampakannya....dibikin ala-ala bakery gitu hihiii...ga sekedar dioles bc :D
Udah dulu ya...aku tak bermain-main sama adek dulu, hahh! sepagi ini main-main ? iyaaaa, hihiii karena adek libur dan si ayah lagi ke serbejeh...jadi judulnya pagi yang santai ^^
Mari ngeteh sambil menikmati roti,  sugeng enjing...^^


Dari Ummu Athiyah ra, ia berkata : Nabi saw, bersabda kepada para wanita yang memandikan putrinya ( Zainab ra) : "Dahulukan anggota tubuh sebelah kanan dan anggota-anggota wudhunya". (HR. Bukhari Dan Muslim)

DESSERT KUE SNACK

TAHU BAKSO AYAM

04:15:00



Bismillah ...

Ini bikinnya udah lamaaaaa, sebelum bikin cake tepung ketan deh. Resepnya masih pake yang ini hanya klo yang ini adonan bakso dimasukkan kedalam tahu goreng. Disini penjual tahu yang suka lewat tuh rata-rata tahunya sekecil itu, itupun bentuk nya ga sama, ada yang kecil dan ada yang gede :D

TAHU BAKSO AYAM

Bahan :
250gr Daging dada ayam, iris kecil
2siung Bawang putih, iris tipis, goreng kering
1/2sdt Merica bubuk
1btr Telur
50gr Tepung tepioka
Garam secukupnya
Tahu goreng secukupnya

Cara membuat :

Masukkan daging ayam kedalam food processor, haluskan. Kemudian tambahkan bahan-bahan yang lain, proses kembali hingga tercampur rata. Isikan adonan bakso kedalam tahu, kemudian kukus hingga matang. Sampai disini bakso tahu sudah bisa dinikmati tapiii ada yang masih digoreng lagi. Jadi bakso yang sudah dikukus dicelup ke kocokan telur kemudian digoreng. Tergantung selera saja mau yang dikukus aja ato digoreng :)

Sering banget bikin tahu bakso ini secara kakak dan si ayah suka banget, klo buat kakak ketika berkunjung bawanya, dan belakangan adek juga suka hihiii...jadi tambah seneng aja bikinnya ^^


Dari Aisyah ra, ia berkata : "Rasulullah saw selalu mendahulukan anggota tubuh sebelah kanan dalam segala hal. Seperti bersuci, bersisir dan memakai sandal." (HR. Bukhari dan Muslim)

CAKE

CAKE TEPUNG KETAN ISI AYAM

07:15:00



Bismillah ...

Masih penasaran dengan cake yang menggunakan tepung ketan. Setelah kemarin bikin bronis kukus sekarang bikin cake yang dipanggang tapi yang jenis cake padat...dan ternyata  pemakaian tepung ketan juga ga membuat cake semakin padat.
Untuk isinya ...hmm itu asal bikin aja. Kebetulan ada sepotong ayam yang ga tau beratnya berapa, aku rebus kemudian tak potong kecil-kecil, isian yang lain yaitu worteeeel, hanya sebuah :D sisa bikin capcay huhuuu...jadi resep isinya ga aku tulis ya...yang diluaran sana pasti lebih pinter dari aku untuk bikin isiannya ^^
Untuk cake nya juga hasil modifikasi dari sana-sini, hmm pada tau kaaan...aku ga pernah skolah bikin kue jadi ya klo lagi coba-coba gini gagal udah biasa hahaa...dan klo jadi ya alhamdulillah bisa berbagi disini hihiii ...

CAKE TEPUNG KETAN ISI AYAM

Bahan :
120gr Margarin atau mentega
150gr Gula pasir halus
2btr Telur ayam
100gr Tepung terigu (aku pake segitiga)
100gr Tepung ketan
1/2sdt BPDA
100cc Susu cair

Cara membuat :

1. Siapkan loyang muffin, alasi dengan cup case. Ayak tepung terigu, tepung ketan dan BPDA, sisihkan.

2. Kocok gula dan margarain hingga lembut, tambahkan telur satu persatu. Kocok rata. Tambahkan campuran tepung bergantian dengan susu sambil dikocok rata.

3. Tuang satu sendok adonan di cetakan muffin tambahkan isian, kemudian tambah adona lagi hingga 3/4 penuh. Lakukan hingga adonan habis.

4. Panggang di oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.





Tadinya mo tak kasih seledri cincang diadonan cakenya tapi ternyata ga ada stok seledri, hikz...
Rasanya enak...tetep lembut walopun pake tepung ketan...tapi ya padet juga karena emang butter cake type ^^
Okay deh...happy weekend buat semuanya. Hari ini aku mo ke TBK, mo ke salon juga ngerapiin rambut adek ... ^^


vi2 saiki iso masak...

SAMBEL GORENG TEMPE TAHU

09:00:00



Bismillah ...
Udah luama banget ga masak sambel goreng santan kayak gini, karena emang  jarang banget bikin model masakan kayak gini, ribet dan males "kora-kora" setelahnya.... ngerti kora-kora ga ? (kora-kora itu nyuci perabotan yang abis dipake masak atau makan, seperti piring, panci dll) Ini masakan kemarin, pagi-pagi udah nguprek didapur nyiapin sarapan dan bekalnya si ayah. Mereka berdua klo siang ga pada makan dirumah jadi acara masak-memasaknya pagi dan sore hari. Dan masaknya juga ga banyak biasanya hanya untuk sekali makan aja kecuali lauk atau sayur yang bisa dipanaskan untuk sorenya jadi ga lama-lama lah didapurnya... ^^ dan sorenya juga masaknya yang gampang-gampang aja, seperti bakar ato goreng ikan, bikin tumisan... pokoknya gimana caranya bikin makanan enak tanpa ribet, vivi bangeeeeet ^^ :P :P
Mari nulis resep ....#mau kemana lg viviii kok cepet-cepetan ...?


SAMBEL GORENG TEMPE TAHU

Bahan :
6 buah Tahu ukuran kecil, potong-potong, goreng.
200gr Tempe, potong-potong
Segenggam udang ukuran kecil, buang kepalanya
500cc Santan
1buah Tomat, potong-potong
1 Daun bawang, potong kasar
2lbr Daun salam
2cm lengkuas, geprek
Garam-gula secukupnya
Minyak goreng untuk menumis secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan :
4 siung Bawang putih
8btr Bawang merah
1/2sdt Terasi bakar
3 buah Kemiri, goreng
2 buah Cabe merah besar
3cm Kunyit

Cara membuat :

Tumis bumbu halus, daun salam dan lengkuas hingga harum. Tambahkan udang, masak hingga berubah warna. kemudian tambahkan tempe-tahu, aduk rata. Tuang santan, biarkan hingga mendidih. Terakhir tambahkan garam, gula, tomat dan daun bawang. Masak hingga matang dan kuah santan agak menyusut.





Inilaaaah...sambel goreng tempe tahu ala vivi...untuk sorenya tinggal dipanasi aja kan.
Okay...segini aja dulu, selamat memasak ibu-ibu ^^ jadikan anak-anak dan suami bangga dengan masakan rumahan ...^^


"Sesungguhnya diantara dosa-dosa itu, terdapat satu dosa yang tidak dapat dihapuskan dengan sholat, puasa, haji dan umroh. 'Sahabat bertanya, 'Apa yang dapat menghapuskannya wahai Rasulullah ?' Beliau menjawab, 'Semangat dalam mencari rizki." (HR. Thabrani)

JAJAN PASAR/KUE TRADISIONAL

KUE LUMPUR

09:05:00



Bismillah ...
Beberapa hari ini ngebet banget bikin Kue Lumpur tapi maunya pake resep sodara. Akhirnya kesampaian juga...ini pake resep bakulannya sodara, semoga blio ga marah resepnya ada disini hahaa :D
Seperti biasa... resep-resep kampung itu bahannya mudah diingat...seperti pemakaian sekilo tepung, sekilo gula dll... mungkin ribet kali ya pake nimbang-nimbang bahan jadi sebungkus gula atau tepung dituang semua dan bahan lain menyesuaikan. Pemakaian santan juga ga pernah pake ukuran, dikira-kira dan pake perasaan...dan hasilnya selalu ok bangget....canggih ya, hihii :D
Resep kue lumpur yang ini juga begitu tapi santannya udah aku ukur supaya klo bikin lagi hasilnya sama.

KUE LUMPUR

Bahan :
1kg Kentang, kukus, haluskan.
1kg Tepung terigu Segitiga
1kaleng Susu kental manis putih
800gr Gula pasir (resep asli 1kg gula, tp ini udah maniiiis bgt menurutku)
4 Kuning telur
4 Telur utuh
250gr Margarin, cairkan
1sdt Garam
1sdt Vanilla pasta (pake yang bubuk juga gpp)
2lt Santan
Kismis secukupnya untuk taburan

Cara membuat :

1. Rebus santan dengan daun pandan, aduk-aduk hingga mendidih. Biarkan hangat

2. Kocok gula dan telur hingga gula larut. Tambahkan kentang, tepung terigu, vanilla pasta, garam dan susu kental manis, tuang santan sedikit demi sedikit sambil di kocok dengan kecepana rendah. Terakhir tambahkan margarin, aduk rata.

3. Panaskan cetakan kue lumpur, oles dengan margarin. Tuang adonan, tutup biarkan hingga setengah matang. Tambahkan kismis, tutup kembali dan biarkan matang. Lakukan hingga adonan habis.





Jangan berpikir aku bikin seresep itu ya..karena aku hanya bikin seperempatnya saja hihiii... dan rasanya tidak mengecewakan, enaak ... (Y) hmm...sesuai yang mereka semua bilang :D
Aaaahhh...berharap blio mau kasih aku resep lagi biar bisa berbagi disini hihiii ^^


Dari Ibnu Abbas ra, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Janganlah kalian minum sekaligus seperti minumnya unta dengan 2 atau 3 kali nafas. Bacalah basmalah sewaktu kalian mulai minum dan bacalah hamdalah sehabis minum". (HR. Tirmidzi)

BROWNIES

BROWNIES KUKUS KETAN

20:50:00



Bismillah ...

Penasaran sama sama brownies kukus yang pake tepung ketan. Pertama kali baca resepnya yang ada dipikiranku adalah brownies yang padet karena ada tepung ketannya tapi ternyata empuk dan lembut banget tapi ga kayak tepung ketan hitam yang punya rasa khas, tepung ketan putih yang dicampur di cake rasanya biasa aja.


Brownies Kukus Ketan
Sajian sedap


Bahan-bahan
6 kuning telur
3 putih telur
80 gram gula pasir
1 sendok teh emulsifier (sp/tbm)
40 gram tepung terigu protein sedang
30 gram tepung ketan putih
15 gram coklat bubuk
1/2 sendok teh baking powder
60 gram margarin
50 gram coklat masak pekat, dipotong-potong
1/4 sendok teh cokelat pasta

Cara Membuat:
1. Panaskan margarin. Tambahkan potongan cokelat panas pekat dan cokelat pasta. Aduk sampai larut

2. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu, tepung ketan putih, cokelat bubuk, dan baking powder sambil diayak, diaduk rata.

3. Masukkan campuran margarin sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.

4. Tuang di 2 loyang 10x15x4 atau 1 loyang 10x30 yang dioles margarin dan diatas kertas roti. Kukus 20 menit dengan api sedang sampai matang.







Ini layak dicoba...beneran empuk banget ^^

JUALAN

50th ANNIVERSARY CAKE, BAPAK IBU AHMAD DK

20:50:00



Ini orderan yang kesekian kalinya dari mbak Sri (Gresik) tapi pesanan kali bener-bener bikin deg-deg'an, bener-bener bikin kepikiran berhari-hari...secara untuk acara yang special banget.
Semoga berkenan dengan mawar-mawar pink nya...muakasih banyak untuk kepercayaannya ke jajanevivi sampai saat ini ^^




**lagi-lagi...maapkaan klo potonya ala kadarnya (untung kepoto hihiii) ...janji mo dianterin pagi ternyata jam 11 baru kelar hihiiii, poto-poto sebentar, beres2...terus sholat dhuhur abis itu kabur nganterin ini...trs belanjain pesenan kakak karena besoknya ke Malang, sampe rumah jam setengah 3. Istirahat bentar trs arisan dawis....huuffftt hari yg sibuk >< tapi alhamdulillah dimudahkan^^

JUALAN

BDCK DAVINO

20:50:00



Repeat order dari Mbak Tini untuk ultah Davino, tengkyuuu ^^

** jualan yang sempet kepoto, hikz...maap klo gambarnya ala kadarnya >o<

vi2 saiki iso masak...

CHICKEN DRUM STICK

19:29:00



Bismillah ...

Ngelanjutin crita tentang si chicken drum stick...tadi pagi keburu-buru. Abis posting Marble Cake beresin rotmar trus kabur kerumah temen, ambil pesenan sprei dan minyak zaitun, pulangnya dikasih sabun greentea dan sabun madu....aaaahhh baik banget dia itu hihiii, Semoga Allah yang membalasnya ya mbakyu...^^

Ini yang kesekian kalinya bikin chic drum stick, saking sukanya anak-anakku sampe sering bikin. Rayyan ponakanku juga suka banget, waktu kesini aku bikinin ...eh dia lap-lep aja kayak cemilan. Bilang ke Buyanya ..."Buya ambil lagi boleh ya ..." hihiiii senengnya...
Resepnya masih sama dengan yang pertama kali bikin, waktu itu bikin masih berantakan. sampe ada yang mekar kayak bunga hihiii...selanjutnya udah bisa membulet gitu. Dan yang ini aku coba sebagian tak goreng langsung dan sebagian lagi aku kukus dulu. Yang di foto ini penampakan yang sudah dikukus dulu. Klo mo disimpen di kulkas emang disarankan untuk dikukus dulu, tapi antara yang dikukus dulu dengan yang ga dikukus menurutku hasilnya setelah digoreng lebih cantik yang ga dikukus. Kalo rasanya sih sama aja menurutku...

CHICKEN DRUM STICK

Bahan :
10bh Sayap ayam
Minyak untuk menggoreng secukupnya

Bumbu:
1sdt Garam halus
1/2sdt Merica bubuk
2siung Bawang putih, haluskan
1/2sdt Kaldu bubuk instan (aku ga pake)
2sdt Minyak wijen
1/2sdt Gula pasir
1sdm Air jeruk nipis
-------------------------------------------------- aduk rata
Putih telur secukupnya untuk pencelup
Tepung panir secukupnya

Cara membuat :
1. Potong sayap ayam, ambil bagian yang banyak dagingnya, kerat urat ujungnya, kumpulkan daging ayam pada bagian bonggol sendinya sehingga bentuknya menjadi seperti paha ayam.

2. Campur bumbu dan sayap ayam, aduk rata. Diamkan minimal 15 menit.

3. Celupkan sayap ayam kedalam kocokan putih telur kemudian gulingkan ke tepung roti sambil dikepal-kepal biar bentuk menjadi bulat. Lakukan hingga 2 kali.

4. Simpan dalam lemari es selama 30 menit, kemudian goreng dengan minyak goreng yang sudah dipanaskan hingga matang. Angkat dan tiriskan.

** Goreng dengan minyak banyak supaya sayap ayam matang sempurna.





Yuhuuu...inilah chicken drumstick ala vivi ^^ silahkan menikmati gambarnya :D :D ... #lagu lama vii
Klo anak-anak suka itu seneng aja bikinnya, sampe disaat ruwet pun disempet-sempetin untuk bikin ^^
Udah dulu ya, semoga bermanfaat __" ... Sugeng dalu...selamat malam semuanya ....^^

CAKE

MARBLE CAKE

08:13:00



Bismillah ...

Setelah 3 hari kemarin berdua sama adek, sekarang dia udah masuk sekolah dan aku kembali seperti biasanya ^^ hari ini ga ada rencana bikin kue apapun hanya ngerotmar aja. Dan Marble Cake ini bikinnya kemarin, foto-fotonya juga udah dari kemarin. Critanya...adek minta bikinin chicken drum stick, ga ada stok putih telur akhirnya pake telur utuh dipisahkan kuningnya. Ada 4 kuning telur dan 1 telur utuh, yang utuh itu  waktu tak pisahin kuningnya eh mlorot dan pecah, ya sudah lah...  biasanya klo bikin chicken drum stick ga pernah korban telur kayak gini karena selalu memanfaatkan putih telur yang ada.
Awalnya bingung mo dibikin apa ini...4 kutel dan 1 telur utuh. sempat disimpen dikulkas sangking bingungnya mo bikin apa :D :D akhirnya kepikir untuk bikin cake, nyari resep yang sesuai jumlah telur juga ga ada...hmmm pake ilmu sesat deh hihiii alhamdulillah jadiiii ^^

MARBLE CAKE

Bahan :
4 Kuning telur
1 Telur utuh
150gr Gula halus
150gr Margarin
130gr Tepung terigu
20gr Susu bubuk fullcream
1/4sdt BPDA
1sdt Pasta vanilla
1sdt Coklat bubuk

Cara membuat :

1. Alasi loyang loaf dengan kertas roti dan oles dengan margarin. Sisihkan. Ayak tepung terigu, BPDA dan susu bubuk, sisihkan.

2. Kocok margarin dan gula halus hingga lembut, masukkan telur satu persatu. Tambahkan pasta vanilla, aduk rata. Tambahkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil dimikser dengan kecepatan rendah.

3. Tuang adonan ke loyang, sisakan sedikit adonan (lupa ga tak timbang, kira-kira aja) tambahkan coklat bubuk, aduk rata. Tuang adonan coklat diatas adonan putih, bentuk marmer dengan garpu atau tusuk sate.

4. Panggang di oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180 derajat celcius kurang lebih 45 menit atau hingga matang.





Rasanya lembut banget, kayaknya gara-gara banyak kutel nya deh...dan waranya juga cantik...
Terus yang acak-acak coklatnya bikin motif marmer itu adek pake garpu, hmmm baguslah (Y) Akhirnya...selamat hari kamis, selamat beraktifitas untuk semuanya, semoga berkah ^^ aamiiin... aku tak kembali ke dapur ^^


Dari Abu Hurairah ra, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah saw bersabda : "Demi Allah, sesungguhnya saya membaca istighfar dan bertobat kepada-Nya lebih dari 70 kali setiap hari." (HR. Muslim)

vi2 saiki iso masak...

EKADO

19:55:00



Bismillah ...
Yang suka makan-makan di hokben pasti udah ga asing sama makanan yang satu ini. Ekado adalah gorengan khas Jepang, aku kenalnya ya di hokben itu :D klo mo makan-makan di hokben harus ke Surabaya ato ke Malang dulu karena disini makanan model fastfood gitu hanya ada KFC, huwaaa...tinggal dimana sebenarnya vivi ini kok kotanya kayaknya kecil banget :P
Ketika bisa bikin sepiring penuh ekado itu rasanya sesuatu bangeeeet...*_* lebay ya hihiiii
Dan ini bikinnya udah lama sekali hanya baru digoreng aja karena waktu abis bikin goreng 2 biji ternyata adek ga suka, hihiii...karena ada udangnya, dia kan ga suka udang akhirnya aku simpan aja di frezer maksud hati ntar klo mo ke kakak tak bawa. Klo kakak sih pasti doyannya :D
Satu resep adonan isi itu jadi sekitar 27 biji, hohooo...banyak niaaan, sebenarnya masih ada sisa adonan isinya karena kembang tahunya udah abis so sisanya aku bikin rolade :D... Dan tadi aku goreng sebagian aja untuk poto-poto sisanya masih di freezer.
Resep nyontek di Dapurnya Ummu Lathifa, wes nyontek plek tanpa dikurang dan ditambahi hihiii :D

EKADO

Bahan :
250gr Daging ayam (bagian dada dan paha)
100gr Udang kupas

Selembar kembang tahu potong 10x10cm.
Telur puyuh matang secukupnya
Benang kasur untuk mengikat

Bumbu-bumbu :
1sdm Jeruk nipis
1sdt Kecap manis
1/2sdt Garam
3sdm Tepung tapioka
1sdt Wijen
1/4sdt Merica bubuk
1sdt Gula pasir
1btr Telur kocok lepas
2sdt Kecap ikan

Cara membuat :
1. Giling daging ayam dan udang hingga halus, kemudian tambahkan bumbu-bumbu. Asuk hingga tercampur rata.

2. Ambil selembar potongan kembang tahu, isi dengan adonan isi (secukupnya saja), letakkan telur puyuh ditengah lalu satukan ujung-ujung kembang tahu dan ikat dengan benang kasur. Lakukan hingga adonan isi habis.

3. Kukus dalam kukusan yang sudah dipanaskan kurang lebih 30 menit hingga matang.

4. Goreng ketika akan disajikan.




YEAYY!!...inilah hasilnya *_* "berbinar" ....seneng sekali liatnya...
Mbak Susiiiiii...masih ingat ini ga ?? tengkyu so maaat ya kirimannya :* :* Semoga Allah yang membalasnya ;)
Akhirnya ...udah malam, selamat malam semuanya ^^


Dari Abu Hurairah ra, ia berkata : Rasullulah saw, bersabda : "Siapa saja bertobat sebelum matahari terbit dari barat, niscaya Allah menerima tobatnya."

PIZZA

ROLL PIZZA

19:09:00




Bismillah ...

Hari Senin tanggal 6 April, hmm...ga terasa ya udah 6 hari di bulan April. Berarti udah 3 bulan terlewati tahun 2015 ini...semoga kita bisa melewati waktu dengan baik. Aamiiin ^^

Dan hari iniiii...ada adek dirumahkuuu, yang biasanya sekolah sekarang libur sampe hari Rabu besok karena ada tryout kakak kelasnya. Seneeeng...siang-siang ada temennya, ada yang dijak ngobrol tapi kadang cerewet juga dia, suka minta ini itu hiks...
Bikin pizza ini juga dalam rangka bikinin dia. Hanya pizza biasa aja siiih, pizza yang tanpa moza dan kali ini bikinnya digulung. Resep dough nya masih sama dengan yang ini. Untuk isinya hanya pake sosis, sausnya pake yang siap pakai...hihiii sebegitu gampangnya yaa bikin pizza itu kalo kayak gini :D :D
Kalo udah bikinnya gampang terus pada suka itu indah sekali hihiii...

Resep Daugh Pizza
Sedap Pemula edisi 43

Bahan :
250gr Tepung Terigu protein tinggi
1sdt Ragi instan
165cc Air hangat
25gr Minyak zaitun
1sdt Garam

Bahan : sosis, saus bolognese siap pakai, keju cheddar (klo mo pake moza lbh mantap), bawang bombay cincang kasar

Cara membuat :

1. Campur tepung, ragi dan garam. Aduk rata, Tambahkan minyak zaitun, aduk rata. Kemudian  tambahkan air sedikit demi sedikit. Uleni hingga kalis elastis. Diamkan selama 30 menit atau hingga mengembang.

2. Kempiskan adonan kemudian bagi 2. Tipiskan kurang lebih 1/2cm, oles dengan saus bolognes, tabur sosis yang sudah dipotong bulat, tabur bawang bombay. Terakhir tambahkan parutan keju. Gulung adonan, letakkan diloyang yang sudah di oles margarin. Diamkan 30 menit atau sampai adonan mengembang.

3. Panggang di oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.






Inniiii udah dari tadi ditulis tiba-tiba "makpet" listrik mati >,<... seketika supidi ikut mati juga haha... baru nyala abis adzan maghrib hohoo... 
Akhirnya ...hari udah gelap, seharian berdua adek itu menyenangkan, tapi tetep aku kangen kakak, hikz T,T ...menghitung hari untuk bisa ketemu kakak, menunggu minggu depan tapi selalu ingat kata Ayah bahwa jangan pernah menunggu waktu, lakukan aja apa yang terbaik saat ini karena kita ga tau apa yang akan terjadi nanti ... T,T


Dari Abu Hurairah ra, ia berkata : "Rasullulah saw, bersabda : "Siapa saja yang dikehendaki Allah menjadi orang baik, maka diberikan cobaan kepadanya. " (HR. Bukhari)

JAJAN PASAR/KUE TRADISIONAL

LAPIS TERIGU

11:48:00



Bismillah ...

Kue ini bikinnya udah beberapa hari yang lalu...
Beberapa kali bikin kue lapis selalu pake tepung beras, konon ada yang bilang kalo lapis tepung terigu juga enak...seperti kue lapis tepung beras yang semakin gurih kalo menggunakan santan kental, kue lapis tepung terigu pun demikian...kebetulan nih ada yang kasih resep. Yuk ah kita cobain...

Kue Lapis Terigu

Bahan :
200gr Tepung terigu segitiga
1sdm Tepung beras
100gr Gula Pasir
1/2sdt Garam
600cc Santan kental

Cara membuat :

1. Siapkan loyang bulat diameter 14x7cm, oles rata dengan minyak goreng. Sisihkan.

2. Campur semua bahan, aduk rata hingga gula larut. Bagi 2 bagian, beri perasa/pewarna sesuai selera.

3. Letakkan loyang di kukusan yang telah dipanaskan. Tuang 1 sendok sayur adonan, kukus selama 3 menit dengan api sedang. Tuang lagi dengan warna yang berbeda. Lakukan hingga adonan habis. Terakhir kukus selama 20 menit hingga matang.

4. Potong kue lapis ketika sudah benar-benar dingin.





Ternyata aku bukan orang telaten ya...terbukti tiap kali bikin kue lapis selalu lapisannya tebel-tebel hihiii...ga bisa rapi tipis seperti yang banyak dijual >,<  dan rasanya tidak mengecewakan lah jadi klo pas pengen bikin kue lapis tapi ga punya tepung beras silahkan bikin pake tepung terigu ^^
Oiya untuk memudahkan memotong kue lapis biar rapi ...bungkus pisau dengan plastik. 
Okay...semoga bermanfaat ^^
Happy weekend ^^

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang dari jula beli hashoh (hasil lemparan kerikil, itulah yang dibeli) dan melarang dari  jual beli ghoror (mengandung unsur ketidak jelasan)". (HR. Muslim no 1513)

DESSERT KUE SNACK

PANGSIT GORENG

04:31:00




Bismillah ...

Belanja bulanan hari Sabtu yang lalu beli kulit pangsit di spm langganan, maksud hati pengen bikin siomay karena jeruk limau di halaman depan lagi buah banyak banget ternyata adek ga mau, dia mintanya bikin pangsit goreng aja. Yasudahlah, kepikir bikin isinya campuran ayam dan udang... sore-sore beli udang di tukang ikan langganan...eh ternayata adek bilang ga pake udang, oalah...oalaah... yoweslah, udangnya dibikin yang lain aja dia emang ga suka udang ...

PANGSIT GORENG

150gr Fillet ayam, haluskan
2siung Bawang putih, haluskan
1sdm Tepung tapioka
1/2sdt Garam
1/4sdt Merica bubuk
1sdt Minyak wijen
1tangkai Daun bawang iris halus
Kulit pangsit secukupnya
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :

Campur semua bahan, kemudian isikan ke kulit pangsit. Lipat bagian tengahnya hingga membentuk segitiga, kemudian pertemukan ujung-ujungnya kebelakang. Rekatkan dengan air. Lakukakn hingga semua adonan isi habis. Goreng hingga matang.





Baru kali ini ketemu kulit pangsit setebel ini, tebel dan asin menurutku... tapi kriuk dan semua suka itu yang penting, hehee... Malamnya kakak nelpon, dia nanya "Nda masak apa...?" ketika aku bilang bikin pangsit goreng dia bilang "Kakak mau nda..." ahh...dia selalu kangen masakanku... tenang aja kakak ntr klo nda kesana nda bawain ya plus semur tahu daging permintaan kakak ... pokoknya klo mo ke Malang tuh bangun sekitar jam 2 ato jam 3 gitu buat masak-masak karena jam 5 harus udah brangkat terus sarapan berempat di sana, hmm indahnya,,,^^


"Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah)." (HR. Ibnu Majah)

vi2 saiki iso masak...

ASEM-ASEM TENGIRI

21:23:00



Bismillah ...

Panas banget di Probolinggo beberapa hari ini... klo udah keluar rumah siang hari huwiii...terik banget deh. Cuaca kayak gini nih yang ditunggu-tunggu bakulers ice blend yang akhir-akhir ini menjamur di Probolinggo, hmm...lagi panen ya mas...mbak ...^^
Dan sore itu...ketika lagi ngobrol sama tetangga-tetangga cantik di depan rumah ketemu pak tukang ikan...aku sih sore itu keluar  niatnya emang nunggu pak tukang ikan hihiii...ga punya lauk buat makan malam adek dan kebetulan pak suami lagi ke Jakarta. Akhirnya dapat ikan tengiri 4 ekor yang ga terlalu gede sihh...digoreng untuk makan malam adek 2 ekor. Sisanya bubuk dulu di frezer ya :D
Besoknya baru dimasak asem-asem tengiri, menyesuaikan dengan cuaca yang panas... pengennya maem yang seger-seger.

ASEM-ASEM TENGIRI

Bahan :
2ekor Ikan tengiri ukuran kecil
1sdt Garam
1sdm Air jeruk nipis
1btg Sere, memarkan
3lbr Daun jeruk
2lbr Daun salam
2cm Lengkuas, memarkan
1cm Jahe, memarkan
2bh Belimbing wuluh, potong-potong
1bh Tomat, potong-potong
Cabe rawit merah utuh secukupnya
1/2sdt Garam
350cc Air
2sdm Minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
5btr Bawang merah
3siung Bawang putih
1buah Cabe merah besar
2cm Kunyit bakar

Cara membuat :

Potong ikan tengiri menjadi 3 bagian, kemudian lumuri garam dan jeruk nipis. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, sere, daun jeruk, daun salam, lengkuas dan jahe hingga harum. Tambahkan air, tomat, belimbing dan cabe rawit. Biarkan mendidih. Masukkan ikan dan garam. Biarkan mendidih dan ikan matang.





Ini pas banget untuk cuaca yang terik kayak gini, klo pengen pedes tinggal penyet-penyet rawitnya. Happy cooking ....^^


"Sungguh akan dibayar upah (pahala) orang-orang yang sabar dengan tiada batas hitungan." (QS. Az-Zumar 10)

JAJAN PASAR/KUE TRADISIONAL

KETAN SARIKAYA

06:54:00




Bismillah ...

Satu kelapa terakhir yang sudah lama nongkrong digarasi, yang satunya udah tumbuh... karena diletakkan dalam karung plastik jadi daunnya keluar menembus karungnya hihiii dan udah berakar pula :D untungnya segera diambil kalo ga ya bisa buah tuh digarasiku hahaa...#ga banget :D
Masih ada beras ketan yang dikasih Umik beberapa waktu lalu...gula merahnya pun dikasih tetangga, jadi bikin kue kali ini nyaris tanpa modal hihiiii... Alhamdulillah selalu ^^

KETAN SARIKAYA

Bahan I :
200gr Beras ketan, rendam kurang lebih 2 jam
125cc Santan
1/2sdt Garam
Daun pandan

Bahan II :
125cc Santan
2btr Telur ukuran besar
2sdm Maizena
50gr Gula merah, sisir halus
Sedikit garam

Cara membuat :

1. I : Kukus beras ketan selama 15 menit dengan api sedang. Rebus santan dan daun pandan hingga mendidih, tambahkan beras ketan yang sudah dikukus tadi, aduk rata hingga menjadi ketan aron. Kukus kembali ketan hingga matang. Selagi panas tuang diloyang atau pinggan tahan panas, ratakan dan padatkan. Sisihkan.

2. II : Campur semua bahan, aduk rata hingga gula larut. Kemudian tuang diatas ketan, kukus lagi kurang lebih 30 menit dengan api sedang.





Karena keburu-buru, biasalah nyambi kesana kemari...masih panas dipotong, begitulah jadinya, agak berantakan. Jadi klo mo motong tunggu sampai bener-bener dingin dulu,
Okay...semoga hari ini menjadi hari yang menyenangkan...
** Kue tradisional selalu dihati <3 p="">

"Orang yang mempunyai sifat sombong sedikit saja didalam hatinya tidak akan masuk Surga. Dan sombong itu adalah menolak kebenaran, memandang rendah dan meremehkan orang lain". (HR. Muslim)