ONDE-ONDE KETAWA

11:52:00



Bismillah ...

Bentuknya bulet, mirip banget sama onde-onde tapi ga ada isinya daaan pecah sana-sini, apa hayoo... hehee...
Udah sering banget makan tapi baru kali ini bikin. Dan sering makan tuh disini, Umikku sih ga pernah bikin jajanan kayak gini kecuali onde-onde. Onde-onde ketawa ini sering ada dihajatan orang kampung sini, kok tau vii ? hiyaaa karena tiap kali dapat assisten selalu dapat orang kampung sini so aku sering dapat kiriman kue hajatan hahaa :D Pernah tuh waktu masih ada  si embak yang seksoy aku dibawain kue-kue kering salah satunya kue ini, pas waktu itu dirumahnya lagi sibuk persiapan hajatan, lagi bikin-bikin banyak kue-kue kering...dia bilang biar aku tau rasanya :D dan rasanya ya wes gitu-gitulah...ga perlu dibahas disini hehee :P tapi klo yang disini onde-ondenya tuh emang dibikin pecah...entah digunting ato diiris...pokonya setelah digoreng jadi mekar rapi kayak kelopak bunga dan gede-gede...ditaruh di cup trs dimika. hmm cantik wes ^^
Dan yang ini aku bikin pake resepnya NCC...

ONDE-ONDE KETAWA

Bahan :
500gr Tepung terigu protein rendah
1sdt BPDA
150gr Gula Pasir
50gr Margarin
1sdt Vanilli
4btr Telur

Bahan lain :

500cc Air
100gr Wijen putih
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :

1. Campur tepung terigu dan BPDA aduk rata, sisihkan.
2. Kocok margarin dan gula pasir hingga lembut, masukkan telur satu persatu sambil tetep dikocok sampai mengembang. Matikan mikser.
3. Tuang terigu ke dalam adonan telur, aduk rata dan uleni perlahan sampai bisa dipulung.
4. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat, celupkan kedalam air sebentar langsung gulingkan diatas wijen.
5. Goreng dengan api sedang hingga mekar dan berwarna kuning kecoklatan.
6. Angkat dan tiriskan. Dinginkan dan simpan dalam toples.





Sekarang lagi ada anak yang suka ngemil dirumah, klo dulu suka rewel pilih-pilih makanan sekarang udah ga rewel hihiii...biasanya klo tak suruh maem cemilan kayak gini ga mau lha kemarin mau dia hihiii...

Udah adzan dzuhur nih, oiya rumahku deket banget dengan musholla jadi aku tau suara siapa-siapa yang adzan dan dzuhur ini bukan orang yang biasanya... Yuk ah sholat dulu...__"



You Might Also Like

4 komentar

  1. Hwaaa,diam diam ada pengagum bapak2 yg adzan,upsss :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ummu Ichsan.... hihiii, bukan mengagumi tapi sebatas mendengarkan dari dalam rumah lho :D :D

      Delete
  2. Salam kenal mba, seneng deh baca2 blog nya mba vivi resepnya bikin ngiler + fto2nya bagus2 :D
    Oia Mau tanya BPDA itu apa mba vivi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jg mbak Rani ^^ makasih udh main kesini .... :)
      BPDA itu Baking Powder Double Acting

      Delete