KUE SERABI

10:55:00



Bismillah ...
Tepung beras, wanginya pandan, gurihnya kelapa, legitnya gula merah...hwaaa aku kangeeeen. Udah lama ya ga bikin kue tradisional, sekarang mari kita bikin kue serabi. Ada banyak macam serabi, dari berbagai daerah tentunya. Ada serabi yang dikasih taburan oncom, ada juga yang pake irisan gula merah, ada yang pake topping kinca kelapa dll. Tapi kalo di daerah asalku yang namanya kue serabi itu terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan kelapa parut setengah tua ditambah garam jadi rasanya gurih gitu...kemudian disiram dengan kuah santan yang rasa manisnya dari gula merah, ada wangi pandan tentunya. Untuk cetakan serabinya menggunakan wajan kecil dari besi (beraaaaat....) ato bisa juga dari wajan tanah liat. Kebetulan si Bapak sayur 2 hari ini bawa kelapa setengah tua, wah...senengnya ketemu kelapa setengah tua...karena tiap kali klo dikasih Umik tuh kelapa yang udah tua, oiya mo crita dikit nih tenteng kelapa...haha :D karena di Tempeh tuh ada pohon kelapa yang klo lagi panen tuh lumayanlah lah jumlahnya jadi aku selalu dapat jatah kelapa dari Umik. Tiap kali pulang pasti dikasih, ato dititipin klo pas ada yang mo ke Probolinggo...duh perhatian banget umikkku tuh. Jadi hampir selalu ada kelapa dirumahku, cuma masalahnya males ngupasnya booo...masfitri jelaaaaas ga bisa :P ...klo aku...hmm banyak mikirnya...ujung-ujungnya beli ditukang sayur hihiiii...jadi kelapa-kelapa itu sering keluar tunas gara-gara kelamaan ga dikupas. Tuh udah 2 tunas kelapa yang ditanam masfitri di pot, dia bilang mo bikin bonsai kelapa...#gubrak!! aneh-aneh ae pokoe wong iku....dan sekarang di garasi ada 2 kelapa lagi, yang satu udah keluar tunas juga hahaaa...itupun waktu aku pulang beberapa hari yang lalu mo dibawain lagi sama Umik nyuruh si embak nyiapin tapi aku ga mau hihiii ... :D udah ah critanya...nulis resep serabi aja yuk...

KUE SERABI

Bahan :
100 cc Air
25gr Tepung beras

100gr Tepung beras
25gr Tepung terigu
50gr Kelapa setengah tua parut
1/2sdt Garam
250cc Air hangat

Bahan kuah santan :
500cc Santan
75gr Gula merah
1/4sdt Garam
2lbr Daun pandan

Cara membuat :

1. Campurkan 100cc air dan 25gr tepung beras, masak dengan api kecil hingga jadi bubur.

2. Campur tepung beras, tepung terigu, garam, kelapa dengan bubur tadi. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan licin. Istirahatkan setengah jam.

3. Panaskan cetakan, tuang adonan, panggang hingga matang. Lakukan hingga adonan habis.

4. Kuah santan : rebus santan, daun pandan dan gula merah hingga mendidih.




Rasanya....enak banget!...ada gurih dari kelapa parut di kue serabinya..plus kuah santan dengan gula merahnya, hmmm....(Y) Ini adalah kue tradisional yang aku suuukaaa banget...dulu almarhum Mbah sering bikin, klo ga ya beli di almarhum Mbah Amah...
Udah ah...Jumat barokah untuk semuanya...aku tak siap-siap mo jalan-jalan besok ^^ semoga ada sesuatu yang bisa dibeli...#lirak-lirik be'e ketemu props ndk kono hahaa...>,<

You Might Also Like

3 komentar

  1. Mau coba mbak tp sy mau tanya apakah setelah 100cc air ditambah 25gr tepung dimsk sampai jd bubur kemudian api dimatikan dulu ya mbak baru dicampur panas2 dg bahan yg lain.. maksudnya begitukan mbak.. apa harus menunggu bubur tepungx dingin dulu baru dicampur dg bhn yg lain.. trimakasih sebelumnya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Andriany ...
      panas-panas langsung diuleni mbak...
      sama2 ^^

      Delete
  2. Ok mbak.. segera d praktekkan.. sdh lama cari resep tradisonal ini.. senenngnya ketemu blognya mbak..

    ReplyDelete