Thursday, 19 March 2015

HOMEMADE TORTILLA N' CHIC PATTIES



Bismillah...
Bermula karena anak-anak ku yang suka banget sama tortilla, udah pernah bikin, 2 kali tapi ga sreg dengan hasilnya...yaitu bisa digulung tapi agak kres gitu klo digigit sedangkan aku seneng yang empuk. Sebenarnya yang ini pun hanya coba-coba...jadi syukur ..klo ga jadi yasudahlah, lain waktu dicoba lagi :D:D
Waktu itu, awalnya aku masih menggunakan takaran yang sama dengan resep yang ini hanya saja olive oil/minyak kelapanya aku ganti mentega putih itupun setelah mempelajari bedanya pemakaian minyak ato mentega dalam adonan. Dengan takaran yang sama kok aku rasa masih terlalu keras akhirnya aku tambah mentega putihnya dan pemakaian airnya...aku tambah sesendok demi sesendok dari yang tertulis diresep  hihiii ...hasilnya emang lentur, setelah masuk kulkas pun tetep lentur, yeayy!! tapi yang bikin sedih adalah kenapa bentuknya ga rapi gitu ya, ga bulet-bulet :D...jujur waktu itu aku sambi-sambi emang hahaa...lagu lama ya vii :P sempet kepikir untuk tak cetak bulet aja kayak yang dulu aku bikin tapi kok yo ribet banget...ntr malah ga slese-slese pake acara cetak-mencetak, ya sudahlah...kapan-kapan bikin yang lebih rapi ya vii  ^^
Untuk patty nya nyari resep di gugel, ketemunya patty yang pake panir, adek ga suka yang berpanir maunya yang mirip daging burger gitu...ketemu resep lain yang ga dipanir tapi pake bumbu ngohyong...ada lagi yang pake saos tiram...hmmm akhirnya aku bumbui sendiri hanya pake lada hitam hihiii ^^ sengaja aku bikin kecil-kecil karena tortillanya juga kecil. Seresep adonan patty jadi 11 biji, banyak kaan ? :D :D

TORTILLA

Bahan:
250gr Tepung terigu (aku pake segitiga)
35gr Mentega putih
1/4sdt BPDA
1/4sdt Garam
Kurang lebih 160cc Air hangat

Cara membuat :

Campurkan tepung terigu, garam dan BPDA aduk rata. Kemudian tambahkan mentega putih, aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Bulatkan adonan dan diamkan selama kurang lebih satu jam. Bagi adonan menjadi beberapa bulatan kemudian tipiskan. Panggang adonan yang sudah ditipiskan diwajan datar, balik adonan jika bagian sisi bawah sudah menggelembung dan warna sudah agak kecoklatan (wajan harus bener-bener panas, klo ga panas gelembungnya ga keluar, jadi manggangnya cuma sebentar aja). Lakukan hingga adonan habis.

HOMEMADE CHIC PATTIES

300gr Daging ayam yang sudah dihaluskan
20gr Bawang merah, cincang halus
1 siung Bawang putih, cincang halus
1btr Telur
2sdm Tepung roti
1/2sdt Lada hitam bubuk
1/4sdt Pala bubuk
Kurang lebih 1sdt Garam

Margarin secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata. Ambil adonan patty secukupnya, bentuk bulat dan pipihkan kemudian goreng diwajan datar dengan sedikit margarin. Lakukan hingga adonan patty habis.

Pelengkap : keju slice, saos tomat/saos cabe, mayones (sayang ga ada selada ...)

Penyelesaian : Ambil selembar tortilla, oles dengan saos dan tambahkan mayones, kemudian tambahkan keju dan patty. Yeayy!! jadi..^^





Bikin seresep tortilla jadinya banyak banget, sampai besoknya masih ada dan buat cemilan adek sepulang sekolah... patty nya udah abis tortilla nya dioles saos pedas manis hihiii...begitulah modelnya klo doyan, klo ga doyan dilirikpun tidak, hikz... terus adek bilang gini "Nda, ntr bikinin kakak ya, dibawa klo pas ke sana. Kakak pasti suka nih" huhuuu...jadi sedih klo ingat yang jauh disana, "udah maem blom kak ? jgn telat maem ya, jgn telat mik susu " T,T


Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda : " Tidaklah aku tinggalkan sepeninggalku fitnah (cobaan) yang lebih berbahaya bagi kaum laki-laki yaitu (fitnah) wanita ".

No comments:

Post a Comment