DRAGON FRUIT PIE

06:57:00




Bismillah...
Buah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan,Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan.Hylocereus hanya mekar pada malam hari.
Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).
Buah naga merah sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk membantu mengatasi dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari batang buah naga, daging buah naga, sampai dengan kulit buah naga juga memiliki banyak kandungan vitamin dan zat yang sangat bermanfaat. Dokter juga sangat merekomendasikan buah naga merah, sebagai buah konsumsi yang bisa di gunakan untuk terapi dalam penyembuhan suatu penyakit.
Berikut ini beberapa manfaat dari buah naga:
  • Buah naga merah membantu menyembuhkan penyakit kanker, kandungan vitamin kompleksnya, sudah direkomendasikan oleh dokter sebagai buah terapi penyembuhan kanker.
  • Mempercantik penampilan, dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi, buah naga merah membantu menjaga kesehatan kulit, bahkan buah dan kulitnya juga bisa digunakan sebagai bahan lulur.
  • Karena rasa manis buah naga merah bukan berasal dari glukosa, maka buah naga merah juga bisa untuk membantu menyembuhkan penyakit diabetes.
  • Menjaga kesehatan dan stamina, dengan kandungan antioksidan dan vitaminnya.
  • Mencegah penyakit osteoporosis atau pengapuran tulang, karena buah naga merah mengandung banyak kalsium organik.
  • mengandung vitamin B3 yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan untuk menyembuhkan penyakit batuk dan asma hingga dapat mengatasi tekanan darah tinggi.
  • Merawat kesehatan mata, karena beta-Karoten yang terkandung dalam buah naga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.
  • Menjaga kesehatan jantung, karena kandungan vitamin C, B1, B2, dan B3 yang terkandung dalam buah naga dapat menjaga kesehatan jantung. (SUMBER : WIKIPEDIA)

Wuihh, banyak banget ya manfaatnya...ga salah dong klo aku doyan pake banget hihiii... Aiyo kalian-kalian yang kemarin bbm aku bilang ga sreg dengan rasanya, yang ga doyan klo ga dijus bareng buah lain, yang bilang harus diguyur SKM klo mo maem....baccaa tuh manfaatnya ...hihiiii :D :D

Karena lagi musim buah naga nih hampir tiap hari aku makan buah naga, masfitri tuh yang rajin belikan sepulang kerja. Tapi akhir-akhir ini udah agak jarang sih hanya ditoko buah langganan aja yang masih ada. Sebenarnya dari dulu ga kepikir mo bikin sesuatu dari buah naga karena aku lebih suka makan buah segarnya daripada buah yang sudah diolah, Apple Pie pun aku blom pernah bikiiiin hihiiii...kok kayaknya sayang gitu mo diolah-olah... kecuali nangka :D
Dan kemarin aku coba bikin Pie Buah Naga...karena masih punya stok 3 buah naga di kulkas.

PIE BUAH NAGA / DRAGON FRUIT PIE

Bahan kulit :
100gr Margarin
1 Kuning telur
200gr Tepung terigu
2sdm Air es
1/4sdt Garam

Cara membuat :
Aduk rata semua bahan dengan menggunakan pisau pastry ato garpu sampai berbutir-butir. Diamkan dalam lemari es.

Bahan isian :
500gr Buah Naga, potong-potong
4sdm Gula pasir (menurut selera aja ya)

Cara membuat :
Masak buah naga dengan api kecil hingga keluar air dan hancur. Aduk terus hingga agak mengental, tambahkan gula pasir. Masak hingga menyerupai pasta.

Bahan taburan:
100gr Tepung terigu
80gr Mentega
50gr Gula pasir
25gr Keju cheddar parut
-----------------------------------aduk semua bahan hingga berbutir-butir

Penyelesaian :
1. Siapkan loyang pie. Tipiskan adonan pie kemudian cetak diloyang pie, rapikan. Tusuk-tusuk bagian dasar adonan supaya ketika adonan di panggang tidak menggelembung. Oven kurang lebih 15 menit dengan suhu 180 derajat celcius.

2. Tambahkan bahan isian dan tabur bahan taburan diatasnya, ratakan. Oven kembali kurang lebih 20 menit atau hingga matang.

Untuk kulit pie nya masih sama dengan yang kemarin bikin Chic Pot Pie tapi tanpa keju.





Hasilnya enak kok, menurutku rasa selai buah naga nya ga aneh gitu jadi ya oke-oke aja klo dijadikan filling pie. Dan warnanya itu lhooooo....seksi bangeeeeet. suka...suka ...banget... :D

Udah ah segini aja...Jumat barokah untuk semuanya...hari ini aku ada janji ke klinik bekamnya Ibu Lukita ^^

"Jika kamu bersyukur (akan nikmat-Ku) niscaya akan aku tambah". (QS. Ibrahim:7)

You Might Also Like

0 komentar