CHICKEN POT PIE

18:44:00



Bismillah...
Beberapa hari kok pengen banget bikin Chicken Pot Pie, mulai deh secing-secing gugel. Kebanyakan resep dari luar negri, dengan bahasa inggris yang pas-pasan "hihiii...mulai deh dibaca resepnya tapi nyari gambarnya yang menarik...:D Jadi intinya ...krim sup yang penyajiannya menggunakan ramekin ato pinggan tahan panas kemudian ditutup dengan kulit pie, mirip dengan Pastel Tutup...beda di penyelesaian akhir aja. Kalo pastel tutup ditutup dengan adonan kentang klo Chicken Pot pake kulit pie, sama-sama di oven. Terus untuk fillingnya ada yang krimi mirip sup krim gitu, ada juga yang padet dan bisa dipotong. Klo liat penampakkannya sih aku kayaknya doyan tuh, keliatan enak gitu...jadi penasaran pengen cepet-cepet bikin ^^  tapi aku ga mau yang krimi, aku pengen bikin yang agak padet...tapi ya ga padet banget...#bingung kan ?




CHICKEN POT PIE

Bahan kulit :
100gr Margarin
1 Kuning telur
200gr Tepung terigu
25gr Keju cheddar parut
2sdm Air es
1/4sdt Garam

Cara membuat :
Aduk rata semua bahan dengan menggunakan pisau pastry ato garpu sampai berbutir-butir. Diamkan dalam lemari es.

Bahan isi :
250gr Daging ayam bagian dada, rebus kemudian potong-potong.
2sdm Margarin untuk menumis
1/2bh Bawang bombay, cincang kasar
1siung Bawang putih, geprek, cincang halus
3sdm Tepung terigu
250cc Susu cair
100gr Wortel, potong dadu dan rebus
100gr Kacang polong
1sdt Garam
3sdt Gula pasir
1/4sdt Merica bubuk
1/4sdt Pala bubuk
1 Kuning telur untuk olesan

Cara membuat :

1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Tambahkan tepung terigu, aduk sampai berbutir. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai kalis.

2. Masukkan ayam, wortel, kacang polong, merica, pala, garam dan gula pasir. Aduk rata.

3. Siapkan pinggan tahan panas, ratakan isi didasarnya hampir penuh.

4. Tipiskan adonan kulit pie, bentuk bulat sesuai dengan lebar pinggan. Hias sesuai selera kemudian oles dengan kuning telur.

5. Oven kurang lebih 30 menit dengan suhu 180derajat celcius (au bain marie).

Klo menurutku sih untuk isiannya tergantung selera ya, suka yang krimi ato padet, boleh pake jamur, kacang-kacangan dll karena judulnya udah chicken jadi daging ayam wajib ada dooong...kayaknya klo mo gampang-gampangan bisa pake sup instan deh terus ditambah isiannya dengan ayam, wortel dll...tapi kalo aku hehee ...maap maap aja aku ga suka banget sama baunya sup instan itu. Pernah dibelikan tuh sama Masfitri waktu tenggorokanku radang beberapa bulan yang lalu sampe sekarang masih ada dilemari :D
Oiya...untuk adonan kulitnya diadaptasi dari majalah Sedap Pemula th 2008, 7 th yang lalu hihiii





Huwiii...ternyata enak bangeeet (Y) kenapa ga dari dulu bikinnya ya :D :D ...dan karena adek ga suka sebagai gantinya aku bikinin ayam pok-pok, hmm klo ayam pok-pok ga pernah nolak dia. Duh ...jadi ingat kakak dia pasti suka banget makanan kayak gini...membayangkan klo dia lagi makan makanan kesukaannya selalu bersih wadahnya...bersih ga bersisa hihiii :D


"Dan tetaplah memberi peringatan karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman." (QS. Adz-Dzariyat:55)

You Might Also Like

0 komentar