Saturday, 14 March 2015

CAKE KUKUS COKLAT



Bismillah...
Dari beberapa hari yang lalu adek minta dibikinin bronis kukus, seperti biasa klo lagi banyak kerjaan (sok sibuk :P) ya ga segera aku bikinin, sampe tiap hari ditagih, tiap pulang sekolah nanyain udh bikin bronis blom...duh-duh _"
Kebetulan nih ada Sedap Pemula edisi baru salah satu kuenya adalah Cake Kukus Coklat yang bahan nya kayak bronis, ya udah pake resep itu aja. Dan...hohoo adek doyan banget :D sampe ada sepotong dia bilang "buat besok ya Nda" hihiii.... tapi klo dia tahu judulnya bukan bronis pasti dia akan protes :D

CAKE KUKUS COKLAT

BAHAN :
80 gram mentega
50 gram coklat masak pekat, dipotong-potong
1/2 sendok coklat pasta
5 butir telur
2 kuning telur
150 gram gula pasir
1 1/2 sendok teh emulsifier (sp/tbm)
100 gram tepung terigu protein sedang
25 gram coklat bubuk
20 gram maizena
20 gram susu bubuk
1/2 sendok teh bakin powder
1/4 sendok teh garam
25 gram meises untuk isi

CARA MEMBUAT:
1. Panaskan mentega. Matikan api. Masukkan potongan coklat masak pekat. Aduk sampai larut. Tambahkan coklat pasta. Aduk rata. Sisihkan.
2. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu, coklat bubuk, maizena, susu bubuk, baking powder dan garam sambil di ayak dan di aduk rata.
3. Masukkan campuran mentega sedikit sedikit sambil diaduk perlahan. Bagi dua adonan. Satu bagian tuang di loyang 24x10x7 cm yang dialas kertas roti tanpa dioles margarin. Kukus di dalam pengukus yang sudah dipanaskan di atas api sedang 15 menit.
4. Taburkan meises, tuang sisa adonan. Kukus di atas api sedang 20 menit sampai matang. Dinginkan. Oles bagian atas kue tipis tipis dengan buttercream. Taburkan keju cheddar parut secukupnya.
(Sumber: Sedap Pemula)




No comments:

Post a Comment