Sunday, 29 March 2015

BOLU GULUNG



Bismillah ...

Udah lama buanget ga makan bolu gulung bikinan sendiri, kangen gulung menggulung juga... bolgul ini bikinnya udah kemarin sih. Biasanya Sabtu Minggu itu males bebikinan karena rumah lengkap, ada masfitri dan adek, tapi karena beberapa hari ini, sejak dari Madura kemarin ga enak badan (plu berat...) pengennya tiduran aja...tapi ntah kenapa kok tiba-tiba pengen mainan tepung dan temen-temennya...pusing siih tapi yo nekat aja bikin :D
Resepnya pake punya mbak Ricke...tapi cara bikinnya pake all in one methode, biar cepet slese :D

BOLU GULUNG EKONOMIS

Bahan :
6btr Telur
90gr Gula pasir halus
1sdm Sp
70gr Tepung terigu protein sedang
10gr Maizena
10gr Susu bubuk
1sdt Vanilla essence
125gr Margarin, cairkan
Butter cream secukupnya untuk olesan

Cara membuat :

1. Siapkan loyang ukuran 30x30x3cm. Alas kertas roti dan oles margarin. Sisihkan.

2. Mikser semua bahan kecuali margarin cair hingga kental berjejak. Matikan mikser, tambahkan margarin cair, aduk balik sampai rata.

3. Tuang diloyang kemudian panggan di oven yang sudah dipanaskan kurang lebih 15 menit dengan suhu 200 derajat celcius.

4. Keluarkan dari loyang, tunggu agak dingin kemudian oles buttercream (aku tambah keju), gulung dan padatkan.




Selamat menikmati hari minggu bersama keluarga ya temans, happy baking ^^

"Dan sesungguhnya amal yang paling Allah sukai ialah yang terus-menerus dikerjakan walaupun sedikit" (HR Abu Dawud)

Friday, 27 March 2015

BAKPAU




Bismillah ...

Melanjutkan sisa kacang ijo yang kemarin hihiii...bikin bakpau aja karena udah lama juga ga bikin bakpau ^^ Resepnya liat di Sajian Sedap...eh tau hasilnya kayak gitu mending pake resep yang ini aja, hikz... 

Kulit Bakpau

Bahan :
300gr Tepung terigu protein rendah
60gr Maizena
2sdt Ragi instan
100gr Tepung gula
1/2sdt Baking powder
175cc Air es
30gr Mentega putih
1/2sdt garam

Cara membuat :

1. Campur semua bahan kering, aduk rata. Masukkan air es. Uleni hingga kalis. Kemudian tambahkan mentega putih dan garam, uleni hingga elastis. Diamkan 30 menit.

2. Timbang adonan sesuai selera. Bulatkan, diamkan 10 menit. Kempiskan dan pipihkan, isi dengan bahan isian. Bentuk bulat dan rapikan. Letakkan diatas kertas roti. Diamkan hingga mengembang.

3. Kukus dengan api sedang selama kurang lebih 10 menit. 





Lagi rajin update tapi nulisnya ga mau banyak-banyak, hihiiii....pamit mundur dulu...yuhuuu ^^

Thursday, 26 March 2015

ROTI SOBEK



Bismillah ...
Ada sisa kacang ijo yang berkulit nih, cuma dikiiit...itupun tadi lupa ga ditimbang. Kurang lebih 100gr lah. Direndem terus dimasak...tambahin gula, garam dan vanilla. Jadi deh...hmm bingung mo dibikin apa, sampai akhirnya bikin roti sajah...yah buat isian roti aja... *_*
Resep rotinya masih pake softbreat nya NCC...karena takarannya mudah diingat hihiii, yuk ah langsung resep aja ya...#mo kemana lagi viviii :P

SOFT BREAD NCC

Bahan :
500gr Tepung terigu protein tinggi
25gr Susu bubuk
100gr Gula pasir
100gr Margarin
11gr Ragi instan
1/2sdt Bread improver
4 Kuning Telur
-/+200cc Air es
1/2sdt Garam

Cara membuat :ven

1. Campur semua bahan kering kecuali garam, aduk rata.

2. Masukkan air dan telur, aduk dan uleni hingga rata.

3. Masukkan margarin dan garam, uleni hingga kalis elastis. Bulatkan adonan, diamkan selama 30 menit atau hingga mengembang.

4. Kempiskan adonan, bagi adonan sesuai selera. Pipihkan dan isi sesuai selera. Bulatkan.

5. Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali lipat dalam keadaan tertutup plastik. Jika sudah mengembang oles dengan bahan olesan lalu panggang dalam oven hingga matang dengan suhu 180 derajat celcius.




Untuk isiannya suka-suka aja ya, yang isian kacang ijo kali ini ga disertakan resepnya karena kacang ijonya lupa ga ditimbang. Masih dikit lagi isian kacang ijonya, mo dibikin apa ya ___ " 
Udah ah...selamat sore semuanya, assalamu'alaikum ^^ happy baking ....

Tuesday, 24 March 2015

PUDDING COKLAT VLA VANILLA



Bismillah ...
Cepet-cepet dipasang disini sebelum pudingnya basi, hehee... puding favorit keluarga ga pernah bosyen pokoe, bikinnya udah dari beberapa hari yang lalu sebelum berangkat ke Madura dan baru uplod sekarang :D antara males dan sibuk...ato ga bisa bagi waktu, ckckckckk itulah aku >_<
wes langsung resep aja ya... lho..lho mo kemana viviii...?

PUDDING COKLAT VLA VANILLA

Bahan :
1 bungkus Agar-agar warna putih
1000cc Susu cair
120gr Gula pasir
10gr Coklat bubuk
100gr Coklat blok
50gr Whipe cream
Sedikit garam

Cara membuat :
Rebus susu cair, coklat bubuk, agar-agar, gula dan garam, aduk-aduk terus hingga mendidih. Matikan api, tambahkan coklat blok dan whipe cream, aduk-aduk hingga coklat cair dan menyatu. Cetak sesuai selera. Dinginkan.

VLA VANILLA

Bahan :
300cc Susu cair
2sdm Maizena
60gr Gula pasir
Sedikit garam
1sdt Pasta vanilla

Cara membuat :
Rebus susu, maizena, garam dan gula. Aduk-aduk hingga mendidih. Matikan api. Kemudian tambahkan pasta vanilla, aduk rata. Sajikan puding coklat dengan vla vanilla.





Puding yang paling sering dibikin adalah puding coklat, kadang males mo potonya...apalagi klo anak-anak udah pada nunggu, yang ini kenapa di poto ? karena pas puding nya mateng dirumah lagi sepi :D :D jadi ga ada yang mo ngriwuki klo mo poto-poto ^^
Wes segini aja ya, udah adzan isya ^^
Selamat mencoba, semoga bermanfaat...
Selamat malam ...^^

Friday, 20 March 2015

ini BOTOK TEMPE ala vivi :D :D



Bismillah ...
Judulnya aja botok tempe ala vivi...hihiii ini adalah botok tempenya ornag males bungkus-bungkus. Dimana-mana yang namanya botok itu dibungkus daun :D ...udah ditawari daun pisang sama mbak Yuni tetangga sebelah, tapi ya namanya orang males...bawaannya males aja mo jalan ke gang Kelapa Gading sana hihiiii...
Sebenarnya sih pake pinggan tahan panas ini pun rasanya tetep botok menurutku  hanya saja aku kehilangan bau khas daun pisangnya sebagai pembungkus itu...karena emang botok dikukus ketika udah dibungkus daun jadi melalui proses pemanasan itu aroma daunnya keluar...tapi klo ga mo ribet kayak aku cara kayak gini dianjurkan sekali hihiiii...toh pak fitri sebagai pelanggan setia masakanku ok-ok aja tuh ... :D

BOTOK TEMPE

Bahan :
150gr Tempe, kukus kemudian potong-potong kecil ato hancurkan kasar
200gr Kelapa setengah tua, parut
Segenggam teri, cuci bersih
Kemangi, suka-suka aja
2sdm Air
Cabe rawit utuh secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
6 butir Bawang merah
3 siung Bawang putih
1 buah cabe merah besar
1cm Lengkuas
1sdt Ketumbar
1/4sdt Jinten
1sdt Garam, klo kurang boleh ditambah
2sdm Gula

Cara membuat :

Campur semua bahan termasuk air, aduk rata. Tuang dipinggan tahan panas dan tambahkan beberapa buah cabe kemudian kukus kurang lebih setengah jam ato hingga matang.




Daaan....ini dia hasilnya.... *_* ga ribet kaaaan...?! Hihii...:p
Happy cooking ^^

KUE SERABI



Bismillah ...
Tepung beras, wanginya pandan, gurihnya kelapa, legitnya gula merah...hwaaa aku kangeeeen. Udah lama ya ga bikin kue tradisional, sekarang mari kita bikin kue serabi. Ada banyak macam serabi, dari berbagai daerah tentunya. Ada serabi yang dikasih taburan oncom, ada juga yang pake irisan gula merah, ada yang pake topping kinca kelapa dll. Tapi kalo di daerah asalku yang namanya kue serabi itu terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan kelapa parut setengah tua ditambah garam jadi rasanya gurih gitu...kemudian disiram dengan kuah santan yang rasa manisnya dari gula merah, ada wangi pandan tentunya. Untuk cetakan serabinya menggunakan wajan kecil dari besi (beraaaaat....) ato bisa juga dari wajan tanah liat. Kebetulan si Bapak sayur 2 hari ini bawa kelapa setengah tua, wah...senengnya ketemu kelapa setengah tua...karena tiap kali klo dikasih Umik tuh kelapa yang udah tua, oiya mo crita dikit nih tenteng kelapa...haha :D karena di Tempeh tuh ada pohon kelapa yang klo lagi panen tuh lumayanlah lah jumlahnya jadi aku selalu dapat jatah kelapa dari Umik. Tiap kali pulang pasti dikasih, ato dititipin klo pas ada yang mo ke Probolinggo...duh perhatian banget umikkku tuh. Jadi hampir selalu ada kelapa dirumahku, cuma masalahnya males ngupasnya booo...masfitri jelaaaaas ga bisa :P ...klo aku...hmm banyak mikirnya...ujung-ujungnya beli ditukang sayur hihiiii...jadi kelapa-kelapa itu sering keluar tunas gara-gara kelamaan ga dikupas. Tuh udah 2 tunas kelapa yang ditanam masfitri di pot, dia bilang mo bikin bonsai kelapa...#gubrak!! aneh-aneh ae pokoe wong iku....dan sekarang di garasi ada 2 kelapa lagi, yang satu udah keluar tunas juga hahaaa...itupun waktu aku pulang beberapa hari yang lalu mo dibawain lagi sama Umik nyuruh si embak nyiapin tapi aku ga mau hihiii ... :D udah ah critanya...nulis resep serabi aja yuk...

KUE SERABI

Bahan :
100 cc Air
25gr Tepung beras

100gr Tepung beras
25gr Tepung terigu
50gr Kelapa setengah tua parut
1/2sdt Garam
250cc Air hangat

Bahan kuah santan :
500cc Santan
75gr Gula merah
1/4sdt Garam
2lbr Daun pandan

Cara membuat :

1. Campurkan 100cc air dan 25gr tepung beras, masak dengan api kecil hingga jadi bubur.

2. Campur tepung beras, tepung terigu, garam, kelapa dengan bubur tadi. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan licin. Istirahatkan setengah jam.

3. Panaskan cetakan, tuang adonan, panggang hingga matang. Lakukan hingga adonan habis.

4. Kuah santan : rebus santan, daun pandan dan gula merah hingga mendidih.




Rasanya....enak banget!...ada gurih dari kelapa parut di kue serabinya..plus kuah santan dengan gula merahnya, hmmm....(Y) Ini adalah kue tradisional yang aku suuukaaa banget...dulu almarhum Mbah sering bikin, klo ga ya beli di almarhum Mbah Amah...
Udah ah...Jumat barokah untuk semuanya...aku tak siap-siap mo jalan-jalan besok ^^ semoga ada sesuatu yang bisa dibeli...#lirak-lirik be'e ketemu props ndk kono hahaa...>,<

Thursday, 19 March 2015

HOMEMADE TORTILLA N' CHIC PATTIES



Bismillah...
Bermula karena anak-anak ku yang suka banget sama tortilla, udah pernah bikin, 2 kali tapi ga sreg dengan hasilnya...yaitu bisa digulung tapi agak kres gitu klo digigit sedangkan aku seneng yang empuk. Sebenarnya yang ini pun hanya coba-coba...jadi syukur ..klo ga jadi yasudahlah, lain waktu dicoba lagi :D:D
Waktu itu, awalnya aku masih menggunakan takaran yang sama dengan resep yang ini hanya saja olive oil/minyak kelapanya aku ganti mentega putih itupun setelah mempelajari bedanya pemakaian minyak ato mentega dalam adonan. Dengan takaran yang sama kok aku rasa masih terlalu keras akhirnya aku tambah mentega putihnya dan pemakaian airnya...aku tambah sesendok demi sesendok dari yang tertulis diresep  hihiii ...hasilnya emang lentur, setelah masuk kulkas pun tetep lentur, yeayy!! tapi yang bikin sedih adalah kenapa bentuknya ga rapi gitu ya, ga bulet-bulet :D...jujur waktu itu aku sambi-sambi emang hahaa...lagu lama ya vii :P sempet kepikir untuk tak cetak bulet aja kayak yang dulu aku bikin tapi kok yo ribet banget...ntr malah ga slese-slese pake acara cetak-mencetak, ya sudahlah...kapan-kapan bikin yang lebih rapi ya vii  ^^
Untuk patty nya nyari resep di gugel, ketemunya patty yang pake panir, adek ga suka yang berpanir maunya yang mirip daging burger gitu...ketemu resep lain yang ga dipanir tapi pake bumbu ngohyong...ada lagi yang pake saos tiram...hmmm akhirnya aku bumbui sendiri hanya pake lada hitam hihiii ^^ sengaja aku bikin kecil-kecil karena tortillanya juga kecil. Seresep adonan patty jadi 11 biji, banyak kaan ? :D :D

TORTILLA

Bahan:
250gr Tepung terigu (aku pake segitiga)
35gr Mentega putih
1/4sdt BPDA
1/4sdt Garam
Kurang lebih 160cc Air hangat

Cara membuat :

Campurkan tepung terigu, garam dan BPDA aduk rata. Kemudian tambahkan mentega putih, aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Bulatkan adonan dan diamkan selama kurang lebih satu jam. Bagi adonan menjadi beberapa bulatan kemudian tipiskan. Panggang adonan yang sudah ditipiskan diwajan datar, balik adonan jika bagian sisi bawah sudah menggelembung dan warna sudah agak kecoklatan (wajan harus bener-bener panas, klo ga panas gelembungnya ga keluar, jadi manggangnya cuma sebentar aja). Lakukan hingga adonan habis.

HOMEMADE CHIC PATTIES

300gr Daging ayam yang sudah dihaluskan
20gr Bawang merah, cincang halus
1 siung Bawang putih, cincang halus
1btr Telur
2sdm Tepung roti
1/2sdt Lada hitam bubuk
1/4sdt Pala bubuk
Kurang lebih 1sdt Garam

Margarin secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata. Ambil adonan patty secukupnya, bentuk bulat dan pipihkan kemudian goreng diwajan datar dengan sedikit margarin. Lakukan hingga adonan patty habis.

Pelengkap : keju slice, saos tomat/saos cabe, mayones (sayang ga ada selada ...)

Penyelesaian : Ambil selembar tortilla, oles dengan saos dan tambahkan mayones, kemudian tambahkan keju dan patty. Yeayy!! jadi..^^





Bikin seresep tortilla jadinya banyak banget, sampai besoknya masih ada dan buat cemilan adek sepulang sekolah... patty nya udah abis tortilla nya dioles saos pedas manis hihiii...begitulah modelnya klo doyan, klo ga doyan dilirikpun tidak, hikz... terus adek bilang gini "Nda, ntr bikinin kakak ya, dibawa klo pas ke sana. Kakak pasti suka nih" huhuuu...jadi sedih klo ingat yang jauh disana, "udah maem blom kak ? jgn telat maem ya, jgn telat mik susu " T,T


Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda : " Tidaklah aku tinggalkan sepeninggalku fitnah (cobaan) yang lebih berbahaya bagi kaum laki-laki yaitu (fitnah) wanita ".

Tuesday, 17 March 2015

ONDE-ONDE KETAWA



Bismillah ...

Bentuknya bulet, mirip banget sama onde-onde tapi ga ada isinya daaan pecah sana-sini, apa hayoo... hehee...
Udah sering banget makan tapi baru kali ini bikin. Dan sering makan tuh disini, Umikku sih ga pernah bikin jajanan kayak gini kecuali onde-onde. Onde-onde ketawa ini sering ada dihajatan orang kampung sini, kok tau vii ? hiyaaa karena tiap kali dapat assisten selalu dapat orang kampung sini so aku sering dapat kiriman kue hajatan hahaa :D Pernah tuh waktu masih ada  si embak yang seksoy aku dibawain kue-kue kering salah satunya kue ini, pas waktu itu dirumahnya lagi sibuk persiapan hajatan, lagi bikin-bikin banyak kue-kue kering...dia bilang biar aku tau rasanya :D dan rasanya ya wes gitu-gitulah...ga perlu dibahas disini hehee :P tapi klo yang disini onde-ondenya tuh emang dibikin pecah...entah digunting ato diiris...pokonya setelah digoreng jadi mekar rapi kayak kelopak bunga dan gede-gede...ditaruh di cup trs dimika. hmm cantik wes ^^
Dan yang ini aku bikin pake resepnya NCC...

ONDE-ONDE KETAWA

Bahan :
500gr Tepung terigu protein rendah
1sdt BPDA
150gr Gula Pasir
50gr Margarin
1sdt Vanilli
4btr Telur

Bahan lain :

500cc Air
100gr Wijen putih
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :

1. Campur tepung terigu dan BPDA aduk rata, sisihkan.
2. Kocok margarin dan gula pasir hingga lembut, masukkan telur satu persatu sambil tetep dikocok sampai mengembang. Matikan mikser.
3. Tuang terigu ke dalam adonan telur, aduk rata dan uleni perlahan sampai bisa dipulung.
4. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat, celupkan kedalam air sebentar langsung gulingkan diatas wijen.
5. Goreng dengan api sedang hingga mekar dan berwarna kuning kecoklatan.
6. Angkat dan tiriskan. Dinginkan dan simpan dalam toples.





Sekarang lagi ada anak yang suka ngemil dirumah, klo dulu suka rewel pilih-pilih makanan sekarang udah ga rewel hihiii...biasanya klo tak suruh maem cemilan kayak gini ga mau lha kemarin mau dia hihiii...

Udah adzan dzuhur nih, oiya rumahku deket banget dengan musholla jadi aku tau suara siapa-siapa yang adzan dan dzuhur ini bukan orang yang biasanya... Yuk ah sholat dulu...__"



Saturday, 14 March 2015

CAKE KUKUS COKLAT



Bismillah...
Dari beberapa hari yang lalu adek minta dibikinin bronis kukus, seperti biasa klo lagi banyak kerjaan (sok sibuk :P) ya ga segera aku bikinin, sampe tiap hari ditagih, tiap pulang sekolah nanyain udh bikin bronis blom...duh-duh _"
Kebetulan nih ada Sedap Pemula edisi baru salah satu kuenya adalah Cake Kukus Coklat yang bahan nya kayak bronis, ya udah pake resep itu aja. Dan...hohoo adek doyan banget :D sampe ada sepotong dia bilang "buat besok ya Nda" hihiii.... tapi klo dia tahu judulnya bukan bronis pasti dia akan protes :D

CAKE KUKUS COKLAT

BAHAN :
80 gram mentega
50 gram coklat masak pekat, dipotong-potong
1/2 sendok coklat pasta
5 butir telur
2 kuning telur
150 gram gula pasir
1 1/2 sendok teh emulsifier (sp/tbm)
100 gram tepung terigu protein sedang
25 gram coklat bubuk
20 gram maizena
20 gram susu bubuk
1/2 sendok teh bakin powder
1/4 sendok teh garam
25 gram meises untuk isi

CARA MEMBUAT:
1. Panaskan mentega. Matikan api. Masukkan potongan coklat masak pekat. Aduk sampai larut. Tambahkan coklat pasta. Aduk rata. Sisihkan.
2. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu, coklat bubuk, maizena, susu bubuk, baking powder dan garam sambil di ayak dan di aduk rata.
3. Masukkan campuran mentega sedikit sedikit sambil diaduk perlahan. Bagi dua adonan. Satu bagian tuang di loyang 24x10x7 cm yang dialas kertas roti tanpa dioles margarin. Kukus di dalam pengukus yang sudah dipanaskan di atas api sedang 15 menit.
4. Taburkan meises, tuang sisa adonan. Kukus di atas api sedang 20 menit sampai matang. Dinginkan. Oles bagian atas kue tipis tipis dengan buttercream. Taburkan keju cheddar parut secukupnya.
(Sumber: Sedap Pemula)




SAMBEL TEMPE




Bismillah...

Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporusRh. oryzaeRh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe".
Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.
Secara umum, tempe berwarna putih karena pertumbuhan miselia kapang yang merekatkan biji-biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yang memadat. Degradasi komponen-komponen kedelai pada fermentasi membuat tempe memiliki rasa dan aroma khas. Berbeda dengan tahu, tempe terasa agak masam. (SUMBER : WIKIPEDIA)
Dan kami sekeluarga adalah penggemar tempe, yang paling disukai adalah tempe kemul. Sering bikin karena masfitri suka kangen dengan cemilan dari tanah kelahirannya, Wonosobo :D dan kakak&adek juga suka. Rasanya sedikit beda sih dengan yang di Wonosobo karena tempe kemul bikinanku ga pakai kucai tapi dia suka banget walopun ga ada kucainya hehee...
Olahan tempe yang lain yang kami suka adalah mendhol, hmm...mendhol adalah tempe yang dihaluskan kemudian dikasih bumbu-bumbu setelah bumbu rata dikepal-kepal dan selanjutnya digoreng. Dan sambel tempe ini adalah bentuk lain dari mendhol. Hanya saja klo mendhol menggunakan tempe mentah tapi klo sambel tempe ini pake tempe yang sudah dibakar. Bumbunya sama yaitu bawang putih, bawang merah, kencur, cabe merah (boleh pake cabe rawit klo pengen pedes), daun jeruk, garam dan gula. Klo bikin sambel tempe ini bumbu yang sudah dihaluskan ditumis kemudian tambahkan tempe panggang yang sudah dihaluskan, tambahkan sedikit air biar lembab. Aku tambah kemangi juga biar wangi. Kemarin aku bikin cabenya cuma dikit sih, itupun hanya cabe merah besar karena klo dibanyakin cabenya kuatir pedes...klo udah pedes pasti ga dimakan deh sama pak suami ...maklumlah dia bukan penggemar makanan pedes-pedes.
Dan kami berdua suka pake banget sama lauk model begini...sederhana tapi ngangeni hihiiii ^^ Yang penasaran sama rasanya silahkan masak kayak gini...bumbunya pake kira-kira aja, aku yakin kalian pasti lebih jago masak daripada aku ...^^ Eits...jangan lupa nasi angetnya yaa..._*



Dari Aisyah, dia berkata : "Aku memberikan minyak wangi kepada Rasulullah dengan sebaik-baik minyak wangi yang aku dapati (yang ada) sehingga aku dapati mengkilatnya minyak wangi tersebut dibagian kepala dan janggut beliau".

Friday, 13 March 2015

DONAT KORNET




Bismillah...
Bikin donat lagi hehee...tapi donat yang kali ini ga manis...sengaja dibikin coba-coba. Klo donat yang aku tambah irisan daun bawang udah sering bikin tapi kali ini aku tambah juga dengan kornet, hohoo gimana rasanya yaa ...? yang suka kue guirh-gurih pasti suka nih...

DONAT KORNET

Bahan:
250gr Tepung terigu (segitiga)
1sdt Fermipan
2 Kuning telur
50gr Kornet
50gr Margarin
20gr Susu bubuk fullcream
1sdm Daun bawang uang sudah diiris halus
1/2sdt Garam
2sdt Gula
1/2sdt Merica
50cc Air

Cara membuat :

Campur semua bahan, uleni hingga kalis elastis. Diamkan adonan selama 30 menit ato hingga mengembang. Kempiskan dan bagi adonan menjadi beberapa bagian, bulatkan dan lubangi tengahnya. Atau bisa juga menggunakan cetakan donat. Diamkan kembali adonan donat yang sudah dicetak kurang lebih 30 menit ato sampai mengembang. Goreng diminyak yang sudah dipanaskan hingga matang.





Hmm...coba-coba yang tidak mengecewakan, aku tambah bubuk keju tambah enak lho...
Yang ga enak adalah ketika lagi konsentrsai disini ada yang ngejak ngobrol ngomongin rencana mo ke Madura minggu depan...aduh-aduh bingung nih nulisnya mending udah aja... tak ngomongin ke madura dulu ...

"Berbuat baiklah kepada wanita karena sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk dan sesungguhnya tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas. Maka sikapilah para wanita dengan baik." (HR. Bukhari Kitab no 5186)

Thursday, 12 March 2015

PISANG BOLEN KEJU




Bismillah...
Lagi punya pisang nih...dan bikin bolen aja setelah kemarin udah dipanggang sama pak suami. Resepnya masih sama dengan yang ini tapi cara bikinnya yang beda, kali ini adonan kulit aku bikin kayak mo bikin kulit pastry yaitu adonan B ditipiskan kemudian letakkan adonan A pas ditengah, tutup dan rapikan sampai adonan A yang sekiranya tidak keluar ketika digilas. Tipiskan adonan, pelan-pelan ya...kemudian lipat menjadi tiga (1,2,3 lipatan), tipiskan lagi. Potong kotak kira-kira 10x10cm, adonan siap digunakan. Dan hasilnya ga serapih pake cara yang biasanya, hehee... maksudnya ga rapi adalah...kulit luarnya ga mulus...tapi pisang ga da yang keluar cuma ga mulus aja :D :D ...wes cukup sekali ini aja pake cara kayak gitu hehee...

Tapi masih tetep enak meskipun ga cantik...^^ tapi ya ga enak aja liatnya klo ga rapi gitu, bingung @,@ ....udah ah segini aja nulisnya. Ada yang nunggu dibelakangku huhuuu...




Tuesday, 10 March 2015

CAKE COKLAT




Bismillah ...
Terakhir update tanggal 5 dan sekarang tanggal 10, hehee...belom seminggu ya^^
Ada yang bilang..."mbak vi, mbok update blog'e ojo suwe2, bendino ngono lho"... hmm, maunya... tapi kadang tuh rempong banget didapur kayak kemarin... maklumlah nyambi2 hihii, kadang malesnya kambuh, kadang udah bikin-bikin tapi setelah kuenya jadi bingung "ini mo difoto kayak apa...?" akhirnya ya ga kefoto, kadang klo pas lagi rajin biarpun udah sibuk ya sik sempet nyuri-nyuri waktu untuk bikin-bikin... dan yang selalu terjadi dan tidak ada hubungannya dengan update blog adalah bikinnya semangat, poto-potonya semangat... pas tiba saatnya untuk beresin pernik-pernik poto-potonya nih yang muales banget...klo ga diberesin kok yo berantakan dimana-mana, ga enak banget ketok'e ...akhirnya ya diberesin satu-satu...pengennya sekali kedip langsung semua barang yang kepake kembali ketempatnya...hihiii itu ga mungkin banget :P

Ini lagi ada sisa ganas abis bikin BDCK kemarin, cuma dikit siiih tapi cukuplah buat diguyur diatas cake sampe meleleh-meleleh gitu :D
Cake coklat yang aku bikin kali adalah jenis cake padat ato Butter Cake. Udah pada tau kan bedanya Sponge Cake, Butter Cake dan Chiffon Cake ? klo blom tahu bisa liat disini. Dari cara yang berbeda hasil akhirnya juga beda. Klo aku sih semua jenis cake suka, mau chiffon, sponge ato butter...hehee

BUTTER TYPE COKLAT CAKE
Sedap Pemula

Bahan :
250gr Margarin (aku mix mentega dan margarin 50:50)
200gr Gula pasir
5butir Telur
250gr Tepung terigu
30gr Coklat bubuk
10gr Susu Bubuk fullcream (tambahan dr aku)
1/2sdt BPDA
1/2sdt Vanilla pasta

Cara membuat :
1. Kocok margarin/mentega dan gula sampai lembut dan pucat. Tambahkan telur satu-persatu bergantian dengan sebagian tepung sambil diayak dan dikocok rata.

2. Masukkan sisa tepung terigu, susu bubuk, coklat bubuk, baking powder sambil diayak dan diaduk rata. Terakhir masukkan vanilla pasta, aduk rata.

3. Tuang diloyang bulat diameter 24x4cm yang sudah dioles margarin dan dialas kertas roti.

4. Oven dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.





Dan akhirnya kembali keselera maring-masing...mo butter, sponge ato chiffon...sekali lagi klo aku semuanya suka jadi hayuk aja klo ada yang kirim-kirim ke aku, silahkan ...jgn sungkan hihiii :P

"Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah mudahkan jalannya menuju Surga". (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi)

Friday, 6 March 2015

DRAGON FRUIT PIE




Bismillah...
Buah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan,Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan.Hylocereus hanya mekar pada malam hari.
Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).
Buah naga merah sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk membantu mengatasi dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari batang buah naga, daging buah naga, sampai dengan kulit buah naga juga memiliki banyak kandungan vitamin dan zat yang sangat bermanfaat. Dokter juga sangat merekomendasikan buah naga merah, sebagai buah konsumsi yang bisa di gunakan untuk terapi dalam penyembuhan suatu penyakit.
Berikut ini beberapa manfaat dari buah naga:
  • Buah naga merah membantu menyembuhkan penyakit kanker, kandungan vitamin kompleksnya, sudah direkomendasikan oleh dokter sebagai buah terapi penyembuhan kanker.
  • Mempercantik penampilan, dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi, buah naga merah membantu menjaga kesehatan kulit, bahkan buah dan kulitnya juga bisa digunakan sebagai bahan lulur.
  • Karena rasa manis buah naga merah bukan berasal dari glukosa, maka buah naga merah juga bisa untuk membantu menyembuhkan penyakit diabetes.
  • Menjaga kesehatan dan stamina, dengan kandungan antioksidan dan vitaminnya.
  • Mencegah penyakit osteoporosis atau pengapuran tulang, karena buah naga merah mengandung banyak kalsium organik.
  • mengandung vitamin B3 yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan untuk menyembuhkan penyakit batuk dan asma hingga dapat mengatasi tekanan darah tinggi.
  • Merawat kesehatan mata, karena beta-Karoten yang terkandung dalam buah naga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.
  • Menjaga kesehatan jantung, karena kandungan vitamin C, B1, B2, dan B3 yang terkandung dalam buah naga dapat menjaga kesehatan jantung. (SUMBER : WIKIPEDIA)

Wuihh, banyak banget ya manfaatnya...ga salah dong klo aku doyan pake banget hihiii... Aiyo kalian-kalian yang kemarin bbm aku bilang ga sreg dengan rasanya, yang ga doyan klo ga dijus bareng buah lain, yang bilang harus diguyur SKM klo mo maem....baccaa tuh manfaatnya ...hihiiii :D :D

Karena lagi musim buah naga nih hampir tiap hari aku makan buah naga, masfitri tuh yang rajin belikan sepulang kerja. Tapi akhir-akhir ini udah agak jarang sih hanya ditoko buah langganan aja yang masih ada. Sebenarnya dari dulu ga kepikir mo bikin sesuatu dari buah naga karena aku lebih suka makan buah segarnya daripada buah yang sudah diolah, Apple Pie pun aku blom pernah bikiiiin hihiiii...kok kayaknya sayang gitu mo diolah-olah... kecuali nangka :D
Dan kemarin aku coba bikin Pie Buah Naga...karena masih punya stok 3 buah naga di kulkas.

PIE BUAH NAGA / DRAGON FRUIT PIE

Bahan kulit :
100gr Margarin
1 Kuning telur
200gr Tepung terigu
2sdm Air es
1/4sdt Garam

Cara membuat :
Aduk rata semua bahan dengan menggunakan pisau pastry ato garpu sampai berbutir-butir. Diamkan dalam lemari es.

Bahan isian :
500gr Buah Naga, potong-potong
4sdm Gula pasir (menurut selera aja ya)

Cara membuat :
Masak buah naga dengan api kecil hingga keluar air dan hancur. Aduk terus hingga agak mengental, tambahkan gula pasir. Masak hingga menyerupai pasta.

Bahan taburan:
100gr Tepung terigu
80gr Mentega
50gr Gula pasir
25gr Keju cheddar parut
-----------------------------------aduk semua bahan hingga berbutir-butir

Penyelesaian :
1. Siapkan loyang pie. Tipiskan adonan pie kemudian cetak diloyang pie, rapikan. Tusuk-tusuk bagian dasar adonan supaya ketika adonan di panggang tidak menggelembung. Oven kurang lebih 15 menit dengan suhu 180 derajat celcius.

2. Tambahkan bahan isian dan tabur bahan taburan diatasnya, ratakan. Oven kembali kurang lebih 20 menit atau hingga matang.

Untuk kulit pie nya masih sama dengan yang kemarin bikin Chic Pot Pie tapi tanpa keju.





Hasilnya enak kok, menurutku rasa selai buah naga nya ga aneh gitu jadi ya oke-oke aja klo dijadikan filling pie. Dan warnanya itu lhooooo....seksi bangeeeeet. suka...suka ...banget... :D

Udah ah segini aja...Jumat barokah untuk semuanya...hari ini aku ada janji ke klinik bekamnya Ibu Lukita ^^

"Jika kamu bersyukur (akan nikmat-Ku) niscaya akan aku tambah". (QS. Ibrahim:7)

Wednesday, 4 March 2015

CHICKEN POT PIE



Bismillah...
Beberapa hari kok pengen banget bikin Chicken Pot Pie, mulai deh secing-secing gugel. Kebanyakan resep dari luar negri, dengan bahasa inggris yang pas-pasan "hihiii...mulai deh dibaca resepnya tapi nyari gambarnya yang menarik...:D Jadi intinya ...krim sup yang penyajiannya menggunakan ramekin ato pinggan tahan panas kemudian ditutup dengan kulit pie, mirip dengan Pastel Tutup...beda di penyelesaian akhir aja. Kalo pastel tutup ditutup dengan adonan kentang klo Chicken Pot pake kulit pie, sama-sama di oven. Terus untuk fillingnya ada yang krimi mirip sup krim gitu, ada juga yang padet dan bisa dipotong. Klo liat penampakkannya sih aku kayaknya doyan tuh, keliatan enak gitu...jadi penasaran pengen cepet-cepet bikin ^^  tapi aku ga mau yang krimi, aku pengen bikin yang agak padet...tapi ya ga padet banget...#bingung kan ?




CHICKEN POT PIE

Bahan kulit :
100gr Margarin
1 Kuning telur
200gr Tepung terigu
25gr Keju cheddar parut
2sdm Air es
1/4sdt Garam

Cara membuat :
Aduk rata semua bahan dengan menggunakan pisau pastry ato garpu sampai berbutir-butir. Diamkan dalam lemari es.

Bahan isi :
250gr Daging ayam bagian dada, rebus kemudian potong-potong.
2sdm Margarin untuk menumis
1/2bh Bawang bombay, cincang kasar
1siung Bawang putih, geprek, cincang halus
3sdm Tepung terigu
250cc Susu cair
100gr Wortel, potong dadu dan rebus
100gr Kacang polong
1sdt Garam
3sdt Gula pasir
1/4sdt Merica bubuk
1/4sdt Pala bubuk
1 Kuning telur untuk olesan

Cara membuat :

1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Tambahkan tepung terigu, aduk sampai berbutir. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai kalis.

2. Masukkan ayam, wortel, kacang polong, merica, pala, garam dan gula pasir. Aduk rata.

3. Siapkan pinggan tahan panas, ratakan isi didasarnya hampir penuh.

4. Tipiskan adonan kulit pie, bentuk bulat sesuai dengan lebar pinggan. Hias sesuai selera kemudian oles dengan kuning telur.

5. Oven kurang lebih 30 menit dengan suhu 180derajat celcius (au bain marie).

Klo menurutku sih untuk isiannya tergantung selera ya, suka yang krimi ato padet, boleh pake jamur, kacang-kacangan dll karena judulnya udah chicken jadi daging ayam wajib ada dooong...kayaknya klo mo gampang-gampangan bisa pake sup instan deh terus ditambah isiannya dengan ayam, wortel dll...tapi kalo aku hehee ...maap maap aja aku ga suka banget sama baunya sup instan itu. Pernah dibelikan tuh sama Masfitri waktu tenggorokanku radang beberapa bulan yang lalu sampe sekarang masih ada dilemari :D
Oiya...untuk adonan kulitnya diadaptasi dari majalah Sedap Pemula th 2008, 7 th yang lalu hihiii





Huwiii...ternyata enak bangeeet (Y) kenapa ga dari dulu bikinnya ya :D :D ...dan karena adek ga suka sebagai gantinya aku bikinin ayam pok-pok, hmm klo ayam pok-pok ga pernah nolak dia. Duh ...jadi ingat kakak dia pasti suka banget makanan kayak gini...membayangkan klo dia lagi makan makanan kesukaannya selalu bersih wadahnya...bersih ga bersisa hihiii :D


"Dan tetaplah memberi peringatan karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman." (QS. Adz-Dzariyat:55)

Tuesday, 3 March 2015

KUE BOLA COKLAT



Bismillah ...
Satu lagi...sebelum melanjutkan perkerjaan huhuu ^^
Sejatinya bikin kue ini gara-gara abis dibelikan biskuit coklat sama adek dan ayah kemarin, maksud hati mo tak isi dengan bsikuit coklat, eh ternyata lupaaa...biskuitnya ga dimasukin padahal udah tk siapin disamping adonan lho...hikz... tadinya membayangkan menggigit kue ini terus "kress" kena biskuitnya, hihiii... ya sudahlah :D
Sebenarnya kue ini paling sering dibikin, terutama dulu waktu anak-anak masih kecil-kecil, kenapa ... karena waktu itu sering banget ada susu bubuk yang anak-anakku ga doyan setelah dibelikan akhirnya klo ga jadi kue kayak gini ya berakhir di puding...waktu itu ketika masih jadi kontraktor di Bekasi (ngontrak rumah, hiks) ga ada cetakan takoyaki adanya cetakan telur kecil-kecil yang aku beli di tukang jual loyang keliling yang suka lewat depan rumah...punya cetakan kayak gitu udah syeneeeng banget karena selain bisa bikin kue ini juga bisa buat nyetakin telur dadar hihiii...sampai sekarang masih suka dipake buat nyetakin telur dadar, hanya telur yang dikocok dikasih garam dan merica kemudian dicetak, tambah dengan potongan sosis, hihiiii anakku suka banget tuh :D dulu masih tinggal di Bekasi si Kakak suka bikin sama temen-temennya... mbak Maya, mbak Puput gimana kabar kalian, pasti udah gede-gede ya ...^^

KUE BOLA COKLAT

Bahan :
150gr Tepeng terigu
1btr Telur ukuran besar
10gr Coklat bubuk
25gr Gula
20gr Margarin
200cc Susu cair
 1/2sdt Fermipan
1/4sdt BPDA
1/2sdt Vanilli bubuk
1/4sdt Garam
Gula halus untuk taburan secukupnya

Cara membuat :
Lelehkan margarin pada panci kecil, setelah margarin meleleh ...masih dipanci yang sama masukkan semua bahan, aduk rata dengan whisker sampai licin. Diamkan selama 30 menit. Kemudian cetak dengan menggunakan cetakan takoyaki. Tabur dengan gula halus ketika adonan sudah matang.
**Cara membuat seperti ini adalah cara sesat yang sering aku lakukan hihiii...ga ribet dan alhamdulillah ga bantet :D






Siang ini...ayah selamat menikmati bekalnya ya^^ kakak dan adek selamat menikmati menu makan siang dari sekolah. Kangen kalian semua :* :* :* ...menunggu sore biar bisa ketemu ayah dan adek...ga sabar menunggu tanggal 8 untuk ketemu kakak...walopun sering diingetin sama ayah bahwa "tidak baik menunggu waktu nda, lakukan aja yang terbaik karena kita ga tau apa yang akan terjadi nanti" hmm...

Udah dulu yaaa, saatnya kembali ke dunia nyata ^^

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu" (QS.2:216)

CAKE TAPE



Bismillah ...
Pagi itu tanggal 1 Maret, sebelum subuh hujan turun deres banget mungkin sebelumnya udah mendung karena masih gelap jadi ga kliatan, tiba-tiba hujan aja. Dan Masfitri bilang klo malamnya juga hujan plus petir dan gluduk, biasanya klo hujan malam-malam plus petir dan gluduk selalu mati lampu tapi waktu itu ga, alhamdulillah. Sampai jam 5 an hujannya masih deres, jarang-jarang sih...biasanya klo pagi hanya gerimis aja. Ditemani hujan waktu bikin kue ini, adeem...
Waktu mo poto-poto hujan udah reda tapi masih gerimis kecil-kecil. Biasanya klo mo poto-poto selalu diteras belakang ato dikamar (2 tempat favorit) kali ini diteras depaaaan...buka "studio" diteras depan hohooo sesuatu yang jarang kulakukan ato hampir ga pernah karena beberapa alasan >,<... dan inilah hasilnya hikz... kebetulan ada teratai yang lagi mekar...eh tapi teratai itu tiap hari mekar satu-satu, ketika kuncup satu mekar...dibawah udah banyak kuncup-kuncup yang antri mo mekar...indahnya ^^

CAKE TAPE

120gr Mentega (blh pake margarin)
200gr Gula halus
2btr Telur
200gr Tepung terigu
10gr Maizena
1/4sdt BPDA
40cc Susu kental manis putih
250gr Tape yang sudah dihaluskan dan dibuang seratnya

Bahan taburan:
100gr Tepung terigu
75gr Mentega
50gr Gula pasir halus
25gr Keju cheddar parut
---------------------------------aduk semua bahan hingga berbutir-butir

Cara membuat :

1. Siapkan loyang ukuran 20x20x3cm, alas kertas roti dan oles margarin, sisihkan.

2. Ayak tepung terigu, maizena dan BPDA. Sisihkan.

3. Kocok mentega dan gula hingga lembut. Tambahkan telur satu persatu, kocok rata. Tambahkan tape dan SKM, kocok rata. Terakhir tambahkan campuran tepung terigu, aduk rata.

4. Tuang diloyang dan tabur dengan bahan taburan, ratakan. Oven dengan suhu 180derajat celcius hingga matang.





Model cake tape ato cake pisang selalu bikin kangen, suer deh...ditambah taburan yang krenyes-krenyes itu,  hmmm (Y)  dan cake tape ini udah sukses menjadi temen yang manis hari minggu waktu itu ...

" Tidak halal seorang muslim membuat takut muslim lain." (HR. Abu Daud:5004, shahih Abu Daud:4184 Al-Albani)

BUBUR KACANG HIJAU




Bismillah...
Nyempetin buka lepi sebentar ya, hikz...
Hanya bubur kacang ijo, bikinin adek yang lagi ga enak badan dan ga mau makan hari Jumat kemarin. Dibela-belain keluar beli kacang ijo setelah mateng dimaem cuma dikit, dia bilang "mulutnya adek pait Nda..." hikz, apa-apa yang dimakan terasa pait katanya...huhuu kasian T,T

BUBUR KACANG HIJAU

Bahan :
150gr Kacang hijau
50gr Beras Ketan 
-----------------------------rendam selama kurang lebih 2 jam
500cc Air
1/2sdt Garam
300cc Santan
2lmb Daun pandan
75gr Gula

150cc Santan kental + 1/2sdt garam + 1lbr daun pandan, rebus hingga mendidih untuk sausnya.

Cara membuat :

Rebus kacang hijau, beras ketan dan daun pandan dengan 500cc air hingga lunak. Kemudian tambahkan gula, santan, garam masak lagi sambil diaduk-aduk  hingga menjadi bubur.
Sajikan bubur kacang hijau dengan saus santannya.



 


Alhamdulillah, adek hari ini udah sehat dan udah masuk sekolah, semoga dia baik-baik aja, semoga Allah selalu melindunginya karena semalam masih rewel-rewel dia, hikz....
hampir lupa...makasih yang udah minjemin tangannya hahaaa ...:D

" Perumpamaan orang-orang mukmin dalam berkasih sayang bagaikan satu tubuh, apabila satu anggota badan merintih kesakitan maka sekujur badan akan merasakan panas dan demam". (HR. Muslim)