Tuesday, 24 February 2015

GULAI IKAN KAKAP



Bismillah...
Udah lama nih ga uplod poto masakan...masih belajar masak kok tapi lagi males aja untuk poto-potonya. Kali ini bikin Gulai Ikan Kakap, udah kemarin siiih bikinnya :D Aku tuh jarang-jarang bikin masakan yang bersantan, lebih seneng bikin sayur bening, sayur sop, sayur asem, cah, tumis ato oseng...alasannya teteeeep karena bikinnya ga ribet heheee...alasan klasik ya ^^ Bikin ini juga karena ada kelapa sisa bikin nasi gurih kemarin. Beberapa waktu yang lalu udah pernah bikin Gulai Ikan Kakap, klo waktu itu ikannya ga digoreng dulu kali ini aku bikin yang aku goreng dulu, konon critanya ada rasa beda klo ikannya digoreng dulu. Okay...mari kita coba, siapin bahannya dulu...

GULAI IKAN KAKAP

Bahan :
3ekor Ikan Kakap
1buah Jeruk Nipis ambil airnya
1sdt Garam
--------------------------------------lumuri ikan dengan jeruk nipis dan garam diamkan sebentar kemudian goreng
2lbr Daun salam
4lbr Daun jeruk
1btg Sere, ambil bagian putihnya, geprek
1cm Lengkuas, memarkan
500-750cc Santan (aku lbh suka yang tidak terlalu berkuah)
Garam dan gula secukupnya
2sdm Minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
10btr Bawang merah
4siung Bawang putih
2bh Cabe merah besar
1/2cm Jahe
2cm Kunyit

Cara membuat :


1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, sere, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan garam sampai harum. Tuang santan, masak hingga mendidih.


2. Masukkan ikan, biarkan sebentar ato tunggu hingga santan agak menyusut. Siap dihidangkan



#jika suka boleh ditambah daun kemangi dan rawit utuh.




Berakhir dengan pak suami yang sampe nambah nasi, hihiiii...berarti enak dooong :D alhamdulillah. dan adek sama sekali ga suka, akhirnya bikin telur dadar orak-arik plus sosis buat adek heheee...

 Anas bin Malik radhiyallahu'anhu mengatakan,
"Sesungguhnya kalian mengerjakan amalan (dosa) dihadapan mata kalian tipis seperti rambut, namun kami (para sahabat) yang hidup dimasa Nabi shallallahu'alaihi wa sallam menganggap dosa semacam itu  seperti dosa besar."

4 comments:

  1. Menu olahan ikan kesukaan ichsan n abinya...dimakan pas ujan,syedeeeeep...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ichsaan...ayo umik dijak ke dapur Saaan, bilang Umik ya...jgn jualan trs mik, aiyo macak-macak... hihiiii

      Delete