ONDE-ONDE

10:24:00




Bismillah ...

Kali ke dua  bikin onde-onde sendiri, yang pertamaaa duluuuu waktu ada Emak Rustik trs ga pernah bikin lagi. Sekarang bikin pake resepnya Bu Sisca.
Ceritanya bikin onde-onde ini karena ada kacang ijo kupas kuatir keburu jamuran trs lagi kemaruk punya air kapur, haddeeeeh....sebenarnya ini air kapur yang ke dua yang pernah aku punya. Yang pertama sepanci tak buang sama pancinya gara-gara kliatan kotor banget kena debu-debu waktu ada mister tukang beberapa waktu lalu.

ONDE-ONDE

Bahan :
200gr Kacang ijo kupas
125gr Gula halus
1/2sdt Vanilla bubuk
1lbr Daun pandan
2sdm Margarin

Kulit :
150gr Tepung Ketang
25gr Tepung sagu
25gr Gula pasir
1sdt Garam
100cc Air hangat
1sdm Air kapur
1sdt Margarin (tambahan dr aku)
150gr Wijen
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

1. Isi : rendam kacang hijau semala 2 jam (tk rendam semalaman hihiii, antara lupa dan sengaja hihii).Cuci dan tiriskan, kemudian kukus hingga lunak dan haluskan. Didihkan air dan gula pasir fan daun pandan masukkan kacang hijau dan vanilla bubuk, aduk rata. Tambahkan Margarin, masak sampai menjadi kalis. Bulatkan dengan ukuran sesuai selera. Sisihkan.

2. Kulit : campur semua bahan, aduk rata. Uleni hingga kalis.

3. Ambil adonan kulit, pipihkan kemudian tambahkan adonan isi. Bulatkan dan rapikan. Celupkan kedalam air sebentar saja, kemudian lumuri dengan wijen. Lakukan hingga adonan habis.

4. Panaskan minyak goreng, goreng onde-onde hingga matang.







Dulu seingatku jadinya tuh banyak banget...ini jadi dikit ya dan isinya masih sisa... ternyata eh ternyata kulitnya tebel banget mbakyuuuu.... :D


" Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan mentaati suaminya, niscaya akan dikatakan padanya : "Masuklah kedalam surga dari pintu manapun yang kau mau ". (HR. Ahmad)

You Might Also Like

0 komentar