Saturday, 12 December 2015

BAKPIA BASAH ISI KACANG HIJAU



Bismillah ...
Curcol dikit yaa...ketika temen-temen diluar sana pada cerita tentang hujan disini baru ada cerita tentang mendung dan sedikit gerimis. Gerah ...?? Pastinyaaaa...pun ketika aku nulis ini masih seperti hari-hari kemarin...hari-hari yang selalu gembrobyos keringet. Alhamdulillah masih dikasih kesempatan menikmati gembrobyosnya keringet hihiii...^^ dan disaat seperti ini mainan air...mandi... pokoknya segala sesuatu yang berhubungan dengan air adalah sesuatu yang luwarbiyasa!!
Udah...segini aja curcolnya :P

Dan bakpiaaaaa....hayoo sapa yang blom tau kue ini ?? Disini masih ada yang jual lho, harganya seribuan hahaa isinya kacang ijo yang ada kulitnya. Aku sering beli... dalam hati berkata "suatu hari nanti aku ingin membuatnya sendiri..."
Dan yeay!! Kesampaian deh... resep kulitnya "copas tulus" dari blog nya mbakyu Rina Audy dan untuk isiannya aku ingin yang ga begitu manis karena aku merasa udah terlalu manis jadi kayaknya udah ga butuh kue yang manis-manis deh... #haiss prut!! Hahaa
Isiannya pake resepnya Dedi Rustandi  yang pernah aku tulis disini untuk isian bakpia (setoran LBT klo ga salah)
Langsung resep aja yaa..

BAKPIA BASAH ISI KACANG HIJAU

Bahan kulit :
250gr tepung terigu serba guna
3sdm gula pasir
1/2bks ragi instan
130cc air hangat
2sdm margarin
1/4sdt garam

Cara membuat :
1. Campur bahan kering, aduk rata.
Tuang air sedikit demi sedikit kedalam campuran tepung sambil diuleni hingga tercampur rata. Tambahkan margarin, uleni hingga kalis.

2. Fermentasikan adonan selama 45 menit. Kempiskan adonan dan bagi menjadi 30 bagian atau sesuai selera, bulatkan.

3. Ambil satu bulatan kemudian pipihkan dan isi dengan isian. Rapikan dan tekan supaya pipih. Tata diatas loyang yang telah dioles margarin. Pakukan hingga adonan habis. Kemudian diamkan selama 15 menit.

4. Panggang kue dengan suhu kurang lebih 200 derajat celcius selama 10 menit atau hingga sisinya berwarna kecoklatan. Kemudian balik kue dan panggang lagi untuk sisi yang lain. Jika sisi lainnya sudah kecoklatan angkat dan dinginkan.

5. Simpan kue diwadah yang tertutup rapat.

ISIAN KACANG HIJAU

Bahan :
125gr kacang hijau rendam semalam, kukus dan haluskan.
25gr gula halus
25gr margarin
50gr susu bubuk
50gr keju cheddar parut

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk hingga rata.




Dan hasilnyaa....wow ga kalah sama yang dijual-jual itu. Hmm....kayaknya lebih enak bikinanku deh hahaa...
Akhirnyaa...mbak Rina makacihh yoo ^^
Karenaa...bakpia ini bikinnya juga udah beberapa hari yang lalu jadi yaa yang tertinggal hanya gambarnya...ahh viiii lagu lama itu seeeh ><

Happy bakiiiiing ^^

Tuesday, 8 December 2015

MARMER CAKE



Bismillah ...
Ahaayy... Marmer Cake lagi huihihii... dan yang ini bikin dengan resep yang beda.
Oiya...ini resep yang dikasih Shelly, dan aku janji bikin dan post disini ya ^^
Sebenarnya bikinnya udah dari bulan kemarin tapi karena ribet yang ga slese-slese jadi baru nongol disini, duh maap maaaap yaaa... oiya itu juga gara-gara Mbak Dwek tadi nanya'in di bbm hihiii... eh iyaa mbak Dwek ini penggemar cake yang klo digigit tuh basah, ga nyereti di tenggorokan dan nyes gitu klo dimakan, jangan coba2 kasih dia cake yang beremah-remah kasar gitu ...pasti deh cake nya akan diumpetin jauuuuuh didalam tasnya kemudian sampe rumah tau deh apa yang terjadi selanjutnya hahaaaa...
Ssssttt.... Langsung resep aja yaa...

MARMER CAKE

Bahan :

5btr telur utuh
3 kuning telur
1/2sdt emulsifier (aku pk SP)
200gr gula pasir
150gr tepung terigu serba guna (ayak)
2sdm susu bubuk fullcream (tambhn dr aku)
300gr margarin (cairkan)
1/2sdt coklat bubuk
1/2sdt pasta coklat

Cara membuat :
1. Siapkan loyang tulban. Oles rata margarin. Sisihkan.

2. Dalam satu wadah kocok telur, sp, gula, tepung terigu dan susu bubuk (all in one methode) hingga mengembang, berjejak. Matikan mikser tambahkan margarin cair, aduk balik hingga rata.

3. Ambil 3 sendok sayur adonan tambahkan coklat bubuk dan pasta coklat, aduk rata.

4. Tuang adonan dalam loyang tulban kemudian tuang adonan coklat. Bentuk marmer dengan garpu atau lidi.

5. Panggang adonan dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.

**aku pake loyang loaf, 1 resep adonan untuk 2 loyamg loaf.



Hasilnyaaa...pemakaian margarin yang banyak dan sebagian putih telur yang ga dipake ngaruh banget ke tekstur cake. Cake nya jadi lembab seperti yang Shelly bilang ^^ tapi aku ga begitu suka dengan permukaan cake yang jadi cekung gitu... apa karena margarin yang banyak bisa membuat permukaan cake jadi cekung gitu ya.. ?? Aku rasa sih gitu (ilmu sesat nih) Jujur nih...susu bubuk yang aku tambahkan maksud hati supaya permukaan cake ga cekung gitu.
Tapi untuk rasa tidak mengecewakanlah...
Okay....yang penasaran dengan resep iniiiii... nih udah aku tulis yaaa. Ayo dimainkan miksernya biar ga penasaran, jangan lupa kirim-kirim ke aku...yuhuuu^^
Happy baking smuwah !!
Selamat soreee...ayo mandii hihiii :P

Saturday, 5 December 2015

SIMPLE SHORTBREAD "tanpa gula"


Bismillah ...
Hmm...di suatu malam tiba-tiba ada temen sekolah bbm
Dia : "pi bikinin aku kukis tanpa gula.."
Aku : "maksudnya ? Kastengel kah ?"
Dia : " bukan piiii...pokoe adonan thok. Tanpa isi  dan tanpa rasa "

Hmm...kukis tanpa rasa, aneh banget yaa.. Tadinya aku bikinin butter cookies ambil resep punya temen di salah satu blog favorit ntah salah dimananya kukisnya lembab gitu sementara luarnya udah kres garing. Menurutku sih gegara pasta vanila yang aku tambahkan tapi temenku bilang ga ngaruh sih karena dia pernah pake vanilla pasta diadonan kukisnya dan kukisnya baik-baik aja. Karena waktu itu nyambi ngerotmar juga akhirnya aku lupakan deh kukis yang lembab itu...konsentrasi ke rotmar dulu ya...aaahh seandainya punya tangan sebanyak gurita yaa..hahaa ga mungkin banget itu viviiii...
Daaaan karena temenku tuh bilang mo mampir rumah sepulang dari Surabaya akhirnyaaa...aku "maksain" untuk bikin, dan ganti resep pastinya...ga bikin butter cookies lagi. Selanjutnya aku cari resep yang simpel ajah...simpel tapi dari baca resep udah kebayang enaknya.
Dan resep itu adalah Shortbread dari Femina, hmm...kayaknya kok enak banget padahal baru liat gambarnya...hahaaa lebay ga sih aku :p
Aku tulis resep aslinya yaa...dan yang aku bikin minus gula. Oiyaa...aku tambahin susu fullcream hehee

SIMPLE SHORTBREAD

Bahan :
300gr mentega asin (aku mix butter dan margarin)
125gr gula bubuk (aku g pake)
350gr tepung terigu serbaguna
2sdm susu bubuk fullcream (tambahan dari aku )

Cara membuat :
1. Aduk mentega dan margarin dengan spatula hingga rata. Tambahkan gula,,aduk hingga berbutir.

2. Tambahkan terigu sedikit demi sedikit, uleni dengan telapak tangan hingga tidak lengket di tangan. Bulatkan adonan kemudian bungkus dengan plastik dan simpan dalam lemari es selama 1 jam. Keluarkan.

3. Pipihkan adonan setebal 1.5cm. Potong-potong sesuai selera kemudian tusuk-tusuk dengan garpu. Panggang dalam oven dengan suhu 160 derajat celcius hingga matang. Keluarkan dan dinginkan. Setelah dingin simpan kue dalam toples atau wadah kedap udara.
Atau bisa juga dihias dengan coklat blok dengan cara dicelupkan kedalam coklat yang sudah dilelehkan.


Ternyata kukis tanpa gula itu enak juga lho, suer deh...rasanya guriiih gitu. Butternya nendang banget padahal cuma separuh :p Jadi pengen bikin lagi buat cemal-cemil aja hahaa...
Besoknya temenku bilang suka banget sama rasanya...hahaa siplah ;) ;) walopun agak  heran dengan seleranya yang rada aneh __~

Dia adalah...Maria si empunya Maria Salon. Heeeyy...tengkyuu yaaaa tengah malam mampir rumahku hihiii

Akhirnyaa...happy satnight yaa^^ aku tak priper2 mo ke Malang besok.
Malam semuaaaa...♡♡

Thursday, 3 December 2015

SOSIS SOLO



Bismillah...
Bahwa ngobras di bbm itu ga harus ngerumpi lho...banyak hal yang lebih menarik dari sekedar ngerumpi. Dan yang paling seru adalah menodong si lawan bicara untuk bagi resep hahaaa. Sosis solo ini salah satunya, kisahnya beberapa bulan lalu ngobras sama mbak Susi dan berujung dengan minta resep... sebelum bikin yang ini dulu udah sempet bikin  tapi ga ke poto dan isinya pake daging ayam. Untuk kali ini aku pake daging sapi untuk isiannya. Kebetulan beberapa hari yang lalu abis bikin semur, daging aku sisain sepotong... asal potong aja ga pake ditimbang eh ketika ditimbang 200gr kurang dikiiiiit banget hihiii... dan rencana awal ga buat isian sosis solo tapi ada kue lain yang juga pengen aku bikin tapi yasudahlah nge sosis solo dulu aja udah lama juga ga bikin gorengan...
Mbak Susi bilang untuk bikin kulitnya adalah 1 bagian tepung ditambah 1 bagian telur kemudian ditambah air ato santan sampe adonan bisa dibuat dadar tipis. Duh...susahnya klo ga ada ukuran yang pas buat bahan cairnya, akhirnya keluarin deh ilmu sesat hihiii...maklumlah masih calon pemula nih akunya jadi resep tuh harus jelas takarannya.
Tulis resep dulu yuuk ...mumpung blom ilang nih hihiii

SOSIS SOLO

Bahan kulit :
2btr telur (kira2 aja beratnya 100gr)
100gr tepung terigu segitiga
250cc air ato santan encer (aku pk air)
Sedikit garam
1sdt minyak goreng

Cara membuat :
Aduk semua bahan kemudian buat dadar tipis, lakukan hingga adonan habis. Sisihkan.

Bahan isi ala vivi :
200gr daging sapi, giling halus
2siung bawang putih haluskan
3btr bawang merah haluskan
1/2sdt merica bubuk
Garam dan gula secukupnya
100cc santan encer
2sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Kemudian tambahkan daging sapi aduk rata hingga berubah warna. Tambahkan garam gula dan merica bubuk, aduk rata. Terakhir tambahkan santan encer. Masak hingga santan terserap habis.

Penyelesaian : ambil selembar kulit dadar kemudian tambahkan isi secukupnya. Gulung dan padatkan. Lakukan hingga kulit dadar terisi semua.
Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Celupkan sosis solo ke dalam kocokan telur kemudian goreng. Sajikan sosis solo dengan cabe rawit.



Doeloe sekali pernah bikin juga yang goreng dan yang basah tapi ga pake resep ini klo ga salah waktu itu pake resep dari dawis deh. Biasalah klo pas dawis gitu suka ada yang baik hati bagi-bagi resep. Waktu aku bikin yang basah tuh seingatku penyelesaian akhir dikukus deh... ihh lupaaa, resepnya juga ntah kemana.
Sudahlah...klo mo coba bikin pake resep ini aja kulitnya. Recomended !!  Tapi untuk isiannyaaaa...klo ada resep yang lebih mantap silahkan lupakan resep ini ahaahayy... :D :D
Selamat malaaaam... ^^

Tuesday, 24 November 2015

DONAT


Bismillah...
Yang kesekian kalinya bikin donat... hmm ntah kenapa kok yo kangen banget pengen makan donat. Tapi yang bikinan sendiri bukan yang beli... klo dipikir-pikir kok ribet banget yaa. Pengen makan sebuah donat tapi harus berantakin isi dapur hmm...kalo mau niiih tinggal beli aja, gampang kaan ?...dapur rapi dan ga bikin capek juga. Tapiiiii...proses bikinnya itu lho yang bikin kangen...ketika berakhir dengan donat seksyeh yang menul-menul... hehh!! Ilang deh capeknya... hihiii

DONAT

Bahan :
200gr tepung terigu protein tinggi (cakra)
50gr tepung terigu serba guna (segitiga)
1/2sdt ragi instan
40gr gula pasir
1sdm susu bubuk
1btr telur
100cc air (kurang lebih)
50gr margarin
Sedikit garam
Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya.

Cara membuat :
1. Campur bahan kering, aduk rata. Tambahkan telur dan air sedikit demi sedikit. Aduk rata dan uleni. Tbahkan margarin, uleni hingga menjadi adonan yang kalis elastis. Bulatkan, tutup dengan plastik dan lap basah supaya permukaan tidak kering. Diamkan selama 30 menit.

2. Setelah mengembang kempiskan adonan. Bagi adonan dengan berat yang sama, bulatkan dan rapikan kemudian lubangi bagian tengah atau bisa juga menggunakan cetakan donat dengan menipiskan adonan terlebih dahulu.

3. Diamkan adonan hingga mengembang. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng adonan donat hingga matang. Angkat dan dinginkan

4. Donat siap dihias sesuai selera.




Tadinya...pengen pake coklat blok kemudian atasnya tabur meses...hmm masih mau melelehkan coklat, akhirnya ga sabar pake gula sajaaaa...karena ada yang ga sabar juga dibelakangku hihiii...
Selamat pagiiiii...selamat beraktifitas yaaaa ^^

Sunday, 22 November 2015

MARMER CAKE



Bismillah...
Bikin marmer cake itu ga pernah membosankan apalagi yang lembut ga nyereti ketika dimaem dan resep marmer cakenya pak Sahak adalah yang paling sering dibikin.
Tapi untuk kali ini maunya bikin yang beda, pengen nyobain resep lain maksudnya. Kebetulan abis dikasih resep sama Shelly, semangat banget mo bikin...setelah nyiapin semua bahan eh ternyata telurnya tinggal 5 butir. Mo beli males banget keluar rumah..puanas pol. Akhirnya bikin marmer cake pak Sahak karena udah terlanjur semangat hihiii...

MARMER CAKE PAK SAHAK

Bahan :
5btr telur
125gr gula pasir
1sdt emulsifier (aku pk sp)
1sdt pasta pandan
150gr tepung terigu serba guna
15gr tepung maizena
15gr susu bubuk
100gr margarin (cairkan)
50gr minyak sayur
1-2sdt pasta coklat

Cara membuat :
1. Siapkan loyang bulat diameter 20 tinggi 7cm. Alas kertas roti dan oles margarin. Sisihkan.

2. Ayak tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk.

3. Kocok semua bahan kecuali margarin dan minyak goreng hingga kental berjejak (all in one methode). Matikan mikser, tambahkan margarin dan minyak goreng. Aduk balik dengan spatula.

4. Ambil 3 sendok sayur adonan kemudian tambahkan pasta coklat. Aduk rata.

5. Tuang adonan ke dalam loyang tambahkan adonan coklat dibeberapa tempat. Bentuk motif marmer dengan menggunakan garpu atau lidi.

6. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.

Sampe saat ini masih suka banget sama resep ini..pokoknya klo mo pergi kemana gitu ato ada sodara mo datang marmer cake selalu jadi andalan..hihii... tapi aku masih kebayang-bayang marmer cake nya shely yg lembab itu...huhh!!
Eh iyaaa...ini sengaja aku kasih sedikit pasta pandan biar kliatan agak hijau gitu ...tapi ga hijau banget yaa...

Mau mencoba ? Heeeyy...udah sering kali yaaa hahaa
Ok dweh....selamat hari minggu semwah... ^^



Saturday, 21 November 2015

CENDOL KEJU



Bismillah ...
Kue yang aku bikin kali ini adalah makanan ringan yang digoreng, pas banget buat isian toples. Rasanya gurih..pokoknya sekali makan pengennya ga mau brenti..hihiii..
Karena rasanya yang gurih itu jadi disini banyak yang suka...sering beli dong ..? Pastilaaaah... tapi kali ini aku ingin mencobanya untuk bikin sendiri.
Sebenarnya sih udah dari dulu pengen bikin tapi karena denger kabar bikinnya harus pake 2 minyak goreng yaitu dingin dan panas jadi kayak awang-awangen gitu mo mencobanya. Setelah baca-baca resep dan cara bikinnya ternyata yang dimaksud adalah adonan yang sudah dipilin dijatuhkan diwajan yang berisi minyak goreng dingin setelah proses memilin adonan udah selesai semua  (masih menggunakan wajan yang sama ) wajan langsung dipanaskan dengan api sedang untuk proses pematangan
Eh langsung resep aja yah...ini resepnya dapat dari cookpad punya mbak sapa ya lupaaa...

CENDOL KEJU

Bahan :
125 tepung tapioka
1btr telur
50gr keju ( aku mix cheddar dan edam)
25gr mentega
Sedikit garam
Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat :
1. Kocok telur, keju parut, mentega dan garam hingga lembut.

2. Tambahkan tepung tapioka, aduk rata dengan spatula. Kemudian uleni hingga bisa dibentuk.

3. Ambil sedikit adonan kemudian pilin hingga membentuk menyerupai cendol. Jatuhkan ke dalam minyak dingin, lakukan hingga adonan habis dan terendam minyak semua.

4. Nyalakan kompor dengan api sedang, biarkan minyak panas dan adonan mengeras kemudian goreng dan aduk-aduk hingga matang.

5. Jika sudah matang angkat dan tiriskan kemudian simpan dalam toples.

Menurut ku ini rasanya enak banget. Mungkin karena aku campur dengan edam jadi rasanya ngeju banget. Waktu bikin udah kebayang adek pasti doyan nih tapi ternyata tidak, dia bilang "nda rasanya keju banget deh..." emang siih dibanding dengan yang sering aku beli rasanya beda tapi ga ngeh juga bedanya dimana yang pasti kurang ngeju gitu. Karena penasaran akhirnya aku nyari resep lain di gugel...dan ternyata ada beberapa resep yang menggunakan kaldu bubuk...hmm terjawab sudah hihiii...
Yang penasaran dan pengen melatih kesabaran ayok bikin ini.... hahaa
Kriuk..kriuk...asiiikk...




Wednesday, 21 October 2015

ROTI ISI PISANG


Bismillah ...

Ini adalah yang kesekian kalinya bikin roti isi pisang, dari beberapa post yang ada disini resepnya ada yang sama dan ada yang beda. Dasarnya emang doyan rerotian jadi klo bikin adonan roti selalu semangat aja. Ketika ketemu pisang selalu deh kepikiran untuk bikin roti.

Kali ini aku pake pisang agung, kebetulan ada sodara yang kasih waktu ke Lumajang beberapa waktu lalu. Udah pada tau pisang agung kan ? Yg blom tau silahkan cari di gugel hehee...
Pisang agungnya tuh ga begitu banyak siih isinya tapi tetep guede-guede dan untuk ukuranku itu udah buanyak sekali. Bayangkan sebiji pisang bisa untuk bikin sepiring pisang goreng, hihiii... pokoknya udah kepake buat isian pastry 2 kali bikin, isian roti pisang ini dan direbus juga hehee...
Langsung tulis resep aja yaaa...

ROTI ISI PISANG

Bahan :
350gr tepung terigu protein tinggi
150gr tepung terigu protein sedang
125gr gula pasir
2 kuning telur
1sdt ragi instan
1/2sdt garam
275cc air
100gr margarin

Cara membuat :

1. Campur tepung terigu yang telah diayak, gula, ragi, kuning telur dan garam. Uleni.

2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.

3. Tambahkan margarin, uleni lagi hingga kalis elastis.

4. Diamkan adonan selama 30menit. Kempiskan adonan yang sudah mengembang kemudian bagi-bagi sesuai selera. Bulatkan masing-masing bagian. Adonan siap digunakan.
Setelah adonan diisi tata diloyang yang sudah dioles margarin kemudian fermentasi kan selama 60menit ato hingga mengembang 2 kali lipat.

5. Oven disuhu 200derajat celcius hingga matang.

**Klo mau diisi pisang, pisang harus direbus dulu.
** Oles roti dengan kuning telur yang sudah dicampur susu cair.




Punyaku nih atasnya tanpa olesan tapi tetep cantiik kan.. ^^ fan rotinya lembut banget.
Syuka..syuka banget sama yang namanya rerotian. Ga akan pernah bosen deh.
Segini aja yaa...selamat nyiapin maksi buat semuanya...
Happy baking ya Mom ^^

Sunday, 18 October 2015

SUPER FUDGY BROWNIES


Bismillah ...

Hallo hari Minggu...
Ku mulai Minggu pagi dengan jalan pagi bertiga tadi abis subuh, tumben adek mau ikut biasanya sih dia lebih seneng dirumah nonton tv. Kemudian pulangnya adek udah kelaparan mulai deh muteri rumah cari cemilan hihiii...sementara aku dan masfitri bersih-bersih rumah, nyiram tanaman. Selanjutnyaaa nyiapin sarapan ....pecel khas Madiun (dikasih tuh... :D), sayur mayur dan lauknya tempe tahu goreng, telur dadar. Rencana mo nggoreng ikan laut ga jadi karena ikan yang aku beli kemarin sore tak bekukan lupa baru dikeluarin.

Lagi-lagi...brownies ini bikinnya udah beberapa hari yang lalu. Disini tuh ga ada yang bisa menolak untuk sepotong brownies, satu aja ga bisa nolak gimana klo banyak ya...huihiii...^^

Kali ini aku bikin brownies nya pake resep Ibu Martha Stewart. Hallow ...kemana aja akuu ? resep udah dari dulu wira-wiri di gugel aku baru bikin, huhuuu. Langsung nulis resep yuk.... Resep ini aku intip di blog Mbak Ricke.


SUPER FUDGY BROWNIES

Bahan :
120gr butter (boleh pake margarin yaa)
225gr DCC, potong-potong
250gr gula pasir halus
3btr telur ukuran besar
130gr tepung terigu serba guna
30gr coklat bubuk
1/2sdt baking powder
1/2sdt garam
Segenggam chocochip
Almond slice untuk taburan secukupnya

Cara membuat :

1. Ayak tepung terigu, baking powder, coklat bubuk dan garam. Sisihkan.

2. Siapkan loyang ukuran 22x22x4cm. Alas kertas roti (lebihkan bagian sisi-sisinya) kemudian oles margarin. Sisihkan.

3. Cairkan butter/margarin dan dcc dengan cara di tim. Setelah mencair semua tambahkan gula pasir aduk rata cukup dengan whisker dan jangan terlalu lama

4. Tambahkan telur satu persatu, aduk rata. Kemudian tambahkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Terakhir tambahkan chocochip, aduk rata.

5. Tuang diloyang, tabur dengan almond slice dan chocochip. Panggang dioven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 50 menit atau hingga matang.

6. Keluarkan dari oven dan biarkan di dalam loyang selama 30 menit. Setelah 30 menit keluarkan dari loyang dengan mengangkat sisa kertas roti di pinggir loyang kemudian letakkan di rak hingga benar-benar dingin. Brownies siap dipotong-potong.




Diliat dari bentuknya aja udah bikin ngiler banget-banget... dan beberapa saat setelah mateng ada yang kerumah beli rotmar, ketika masuk dapur liat bronis dimeja dapur langsung pengen deh....maaaaaap blom dipotong hikz....pertama karena masih anget klo maksa dipotong pasti ga rapi, kedua adek blom pulang sekolah karena brownies ini dia yang minta bikinin. Biasanya siih...klo ada yang kerumah beli rotmar ato cuma sekedar main trs ngepasi aku bikin-bikin sesuatu pasti deh tk suruh icip-icip tapi waktu itu maaap ya...

Daaan....aku masih jatuh cinta dengan kue-kue yang rasanya nyuoklat banget, pengen bikin lagi karena adek udah minta yang melty, hmm ntar deh...nunggu klo mo ke kakak aja sekalian bawain dia.
Selamat hari Minggu semuanya....have a nice day yaaa...
****bake like a pro ^^

Saturday, 17 October 2015

OSENG KERANG


Bismillah ...

Selamat malaaaam...malam minggu nih, lagi pada ngapain yaa ? Apa kayak aku dirumah saja bertiga nonton film Tangled, ini udah yang sekian kalinya nonton film ini dan adek g ada bosen-bosennya hihiii... aku sama ayahnya ngikut dia aja dia mo nonton apa...tp dari tadi film kartun terus deh hihii..

Selanjutnyaa...kembali kesini ya, nonton tvnya nyambi nulis-nulis disini, maklumlah aku ga begitu suka nonton tv, rasanya bosen aja klo lama-lama di depan tv. Dan oseng kerang ini adalah masakan beberapa hari yang lalu. Kebetulan tukang ikan bawa kerang yang gede-gede... hmm jadi pengen makan oseng kerang. Biasanya klo umikku bikin ditambah cabe rawit jadi rasanya cetar gitu deh tapi kali ini aku bikin dengan rasa yang lebih bersahabat, ga pake cabe rawit gitu maksudnya, hehee..

OSENG KERANG

Bahan :
500gr kerang, cuci bersih
4siung bawang putih, iris halus
7btr bawang merah, iris halus
1bh cabe merah besar,iris serong
1bh tomat, potong-potong
1cm lengkuas, geprek
2lbr daun salam
1/2sdt merica bubuk
2sdm kecap manis
Garam dan gula secukupnya
Air secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :

Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harus. Tambahkan lengkuas, daun salam, cabe merah, merica bubuk, tomat. Aduk rata.
Masukkan kerang, aduk hingga tercamour rata dengan bumbu. Tambahkan air secukupnya, kecap, garam dan gula. Biarkan sebentar hingga air agak menyusut. Jika sudah matang, angkat. Sajikan dengan nasi hangat.




Gampang banget kan bikinnya dan rasanya ga mengecewakan. Eh... bisa juga dicampur tahu ato tempe...atoooo bisa juga di tambah pete tapi aku ga suka pete hihiii...
Akhirnya...sekian dulu yaa, semoga bermanfaat... happy cooking ^^

Friday, 16 October 2015

ZUPPA "CHICKEN CHEESE SOUP"


Bismillah...
Udah suering banget liat zuppa di blog temen-temen tapi ga tergerak sama sekali untuk bikin...biarpun si kakak udah sering minta bikinin tapi tetep aja males mo bikin.
Suatu hari di kota Malang, gerimis dan mendung disiang hari...hmm jadi sendu banget. Muter-muter berempat, suasana gerimis jadi kebawa kedinginan karena ac mobil. Terpikir untuk memghangatkan diri disuatu tempat... dan pizza h**... terdamparlah kami disituu, hihiii karena kedinginan itu kayaknya menghangatkan diri dengan zuppa pas banget deh tapi pizza teteeeeep dong yaa... dan itulaaah kali pertama seorang vivi makan zuppa, hahaa... setelah itu udah, ga terpikir untuk bikin deh. Hari-hari selanjutnya jika ada yang pengen mending tak belikan aja hehee...masih blom tergerak untuk bikin hihiii...
Dan ketika saat ini ada zuppa di sini itu karena beberapa hari yang lalu bikin pisang bolen pake kulit pastry... pisangnya abis tapi kulitnya masih ada. Seketika ingat masih punya sup instan di lemari makanan semangatlah aku ambil ramekin kemudian kulit pastry nya aku potong sesuai lebar ramekin, sisihkan dulu. Selanjutnya bikin sup nya...eh ternyataaaa udah ekspired mbakyuuuu, huwaaaa...
Akhirnya dengan sedikit  terpaksa aku bikin sup krim, memanfaatkn bahan yang ada dan bener-bener sup krim ala vivi hahaa...

SUP KRIM AYAM KEJU

Bahan :
1bh sosis, potong-potong
100gr daging ayam rebus, potong dadu kecil
50gr wortel potong dadu kecil
1sdm margarin untuk menumis
1/2bh bawang bombay, cincang kasar
1siung bawang putih cincang halus
1sdm tepung terigu
250cc susu cair
1/2sdt merica bubuk
Sedikit pala bubuk
30gr keju cheddar parut
Garam dan gula secukupnya

Cara membuat :
1. Panaskan margarin, tumis bawang outih dan bawang bombay hingga harum. Tambahkan tepung terigu, aduk rata.

2. Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.

3. Tambahkan daging ayam rebus, wortel dan sosis. Aduk rata.

4. Tambahkan merica bubuk, pala, garam dan gula, aduk rata.

5. Terakhir tambahkan keju parut, aduk rata dan biarkan mendidih sebentar. Setelah mendidih, angkat.

6. Penyelesaian : ambil pinggan tahan panas tuang sup krimnya ( jangan terlalu penuh ya),  oles dengan air bagian tepi pinggan tahan panas kemudian letakkan kulit pastry nya. Oles bagian atasnya dengan kuning telur. Kemudian oven hingga bagian atasnya matang. Sajikan hangat.

Untuk kulit pastrynya aku pake resep bu Sisca yang udah aku tulis disini.



Akhirnyaa...sup krim ala vv "banget" udh slese hihii...pesenku klo punya resep yang sekiranya jauuuh lebih enak dari silahkan abaikan resep ini yaaa... ^_^
Daaaan....syuka banget sama rasanya. Jadi pengen bikin lagi hihiii...
Okay...semoga berkenan dengan gambar ini. Aku pamit dulu yaaaaa....
Sugeng dalu...selamat malaaam... ^^

Thursday, 15 October 2015

PANGSIT GORENG


Bismillah ...
Apa kabar semuaaaa...? Lamanya ga nulis disini ya, hikz... kali ini ga aku tuliskan ya kenapa kok blog dianggurin segini lamanya...karena pasti alasannya itu-itu aja, udah basi kaan ? Hihiii

Untuk mengawali postingan dibulan Oktober yang udah jalan 15 hari niiih aku mo bagi-bagi pangsit goreng aja buat kalian tapiii resepnya masih sama kayak yang dulu. Dan kulitnyaa...dikasih tetangga depan rumah buanyak banget, kurang lebih setengah kilo kulit pangsit deh... seneng liat tumpukan rapih kulit pangsit tapi bingung juga mo diapain kulit sebanyak itu.
Waktu itu karena kebetulan lagi punya dada ayam separuh yasudahlah bikin pangsit goreng aja...yakin nih pasti pada suka secara disini doyan banget sama gorengan yang rasanya gurih.
Hayuk tulis resep lagii...

PANGSIT GORENG

Bahan :
150gr Daging ayam, haluskan
2siung Bawang putih, haluskan
1sdm Tepung tapioka
1/2sdt Garam
Sedikit gula pasir
1/4sdt Merica bubuk
1sdt Minyak wijen
1tangkai daun bawang, iris halus
Kulit pangsing secukupnya
Minyak untuk menggoreng secukupnya
1/2sdm tepung terigu tambahkan sedikit air untuk merekatkan.

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata. Ambil selembar kulit pangsit. Tambahkan adonan ayam pada salah satu sisi kulit pangsit kemudian gulung. Pada sisi yang paling ujung rekatkan dengan adonan tepung terigu. Lakukan hingga adonan habis.
Siapkan wajan dan minyak goreng, goreng pangsit hingga matang dengan api sedang.
Sajikan pangsit goreng dengan saus botolan.

**jika suka boleh ditambahkan kaldu bubuk pada adonan ayam.




Rasanya asik banget kriuk-kriuk, dicocol saus cabe tambah asik. Hasil akhirnya buanyak banget...sampe bisa dibawa ke Malang buat kakak.
Buat semuanya yang lagi bingung bikin cemilan dirumah bisa cobain pangsit goreng ini... ^^
Siapa sih yang bisa nolak klo didepan mata ada sepiring gorengan hohoo...
Akhirnya...semoga bermanfaat, semoga besok dan besok nya lagi aku ga males nulis disini, aamiin... hihii ^^


Monday, 28 September 2015

BRONGKOS


Bismillah ...

Pertama kali tau ada masakan namanya Brongkos waktu dirumah mertua tapi karena waktu itu masih awal-awal nikah jadi ga begitu kepikiran ini masakan apa dan bagaimana bikinnya. Dan kedua kalinya makan masakan ini waktu liburan kami ke Jogja awal taun 2015, setelah itu kok rasanya aku pengen bikin sendiri ya... dengan modal percaya diri yang kuat bahwa aku bisa mulai deh nyari-nyari resep, waktu itu cuma nyari resep thok...masaknya masih blom tau kapan hahaa...karena liat bumbunya yang kumplit banget kayaknya harus bener-bener cari waktu luang deh untuk bikinnya, seperti biasalah aku ini orang yang sok sibuk pake banget :D :D :D

BRONGKOS

Bahan-bahan/bumbu-bumbu: 
300 gram daging sapi, potong-potong
6potong tahu goreng
100 gram kacang merah, rebus
1.500 ml air
1 batang serai, diambil putihnya, memarkan
3 lembar daun jeruk, buang tulangnya
2 lembar daun salam
1 cm lengkuas, dimemarkan
Garam dan gula secukupnya
250 ml santan yang agak kental
10 buah cabai rawit merah utuh
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
3 buah cabai merah
5 siung bawang putih
8 butir bawang merah
3 butir kemiri, disangrai
1 sendok teh ketumbar, disangrai
1 cm kencur
1 cm jahe
4 buah keluak, ambil daging buahnya, seduh air panas


Cara membuat:
  1. Rebus daging tetelan dan air sampai matang dan empuk. Ukur air kaldunya 1.250 ml. Angkat dagingnya, dipotong kotak. Sisihkan air kaldunya.
  2. Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas sampai harum.
  3. Tambahkan air kaldu. Didihkan. Masukkan daging tetelan, tahu goreng dan kacang merah, garam, dan gula. Masak sampai mendidih.
  4. Masukkan santan dan cabai rawit merah utuh. Masak sampai matang dan bumbu meresap Angkat, sajikan.
 **Lebih mantap jika dimasak hari ini dan dihidangkan keesokan harinya (Y)




Klo diliat-liat nih...dari hasil browsing sana-sini kayaknya pakemnya harus pake kacang tolo ya tapi berhubung aku ga punya kacang tolo jadi aku ganti dengan kacang merah yang kebetulan ada stok. Masak sih gara-gara ga ada kacang tolo trus ga jadi bikin Brongkos kan ga bangeet seeeh...hihiii
Bisa juga ditambah sayur-sayuran, misal : wortel ato labu siam.
Dan rasanya enak pake banget...dapat pujian pula dari doi, huhuuu terharuuu ^^
Eh...rasanya mirip banget sama rawon, bedanya klo rawon ga pake santen dan brongkos pake santen.
Mari makaaaaan....eh salah...mari menikmati gambarnya brongkos hahaa....
Happy Cooking....

AMPARAN TATAK


Bismillah ....
Amparan Tatak adalah kue tradisional khas Kalimantan, dengan bahan utama tepung beras, santan dan pisang. Udah lama masuk dalam daftar kue yang pengen aku coba secara sering ada pisang dan kelapa dirumahku hehee... tapi klo baru bikin yaa itulah aku...eits ini juga foto beberapa waktu lalu ya hahaa...
Yang ada dipikiranku rasanya mirip banget dengan kue talam dengan lapisan yang agak padet kemudian lapisan atasnya lembut bangeeeet dengan rasa gurih santan yang nendang banget. 
Okay...langsung nyiapin bahan-bahan dan untuk resepnya aku ambil dari Sajian Sedap tanpa dirubah sedikitpun.

AMPARAN TATAK

Bahan I:
800 ml santan dari 1 butir kelapa
3 lembar daun pandan, diikat
200 gram tepung beras
100 gram tepung sagu
100 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
2 buah pisang tanduk, dikukus, dikupas, dibelah dua, dan dipotong-potong

Bahan II:
350 ml santan dari 1/2 butir kelapa
3 lembar daun pandan, diikat
100 gram tepung beras
25 gram tepung sagu
75 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam


Cara membuat:
  1. Bahan I, rebus santan dan daun pandan sampai harum. Dinginkan. Tuang sedikit demi sedikit di atas campuran  tepung beras, tepung sagu, gula pasir, garam, sambil diaduk rata. Sisihkan.
  2. Bahan II, rebus santan dan daun pandan sampai harum. Dinginkan. Tuang sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung beras, tepung sagu, gula pasir, garam, dan santan sambil diaduk rata. Sisihkan.
  3. Tuang adonan bahan I ke dalam loyang loaf ukuran 30x12x8 cm yang dioles minyak dan dialas plastik. Kukus di atas api sedang 30 menit sampai matang.
  4. Tata potongan pisang. Tuang adonan bahan II di atasnya.
  5. Kukus lagi di atas api sedang 30 menit sampai matang.




Dan ternyata ga seperti yang aku bayangkan karena lapisan atas dan bawah sama padetnya, kepikir juga aku salah baca resep...tapi semua udah sesuai resep.
Sekarang yang jadi pertanyaan, sebenarnya rasa dan teksturnya seperti apa ya ...?? hihiii

Okelah...kapan-kapan bikin lagi yaaa, nyari resep lain...ini juga udah ga bersisa kok hahaa.

Sunday, 27 September 2015

PASTEL



Bismillah ...
Yang ini juga bikinnya entah kapan dan dihari yang mana...aku lupaaaa karena emang udah lama banget siih huhuuu...seingatku bikin ini gara-gara sering dipameri pastel sama temen-temen jadi ngiler deh hikz...
Hasilnya tidak begitu rapi tapi not bad lah untuk seorang vivi, hahaa ^^

PASTEL

Bahan kulit :
250gr Tepung terigu serba guna
50gr Margarin
1 Kuning telur
Garam secukupnya
75-100cc Air

Cara membuat :

1. Campur semua bahan, tuang air sedikit demi sedikit (jika dirasa cukup hentikan pemakaian air) kemuadian uleni hingga kalis. Diamkan sebentar.

2. Tipiskan adonan kemudian cetak bulat, tambahkan isian dan potongan telur rebus. Rapatkan dan pilin pinggirnya. Lakukan hingga adonan habis.

3. Panaskan minyak goreng, goreng pastel dengan api sedang hingga matang.

4. Sajikan dengan cabe rawit.

Untuk isiannya karena waktu bikin ini ga pake ukuran jadi silahkan pake resep isian pastel andalan masing-masing yaa hihiii




Vivi itu tidak akan pernah menolak untuk sebuah pastel, bilangnya menghindari gorengan tapi selalu tergoda klo liat pastel...aahh vivi tuh selalu seperti itu, hihiii

PUDING ROTI KELAPA MUDA



Bismillah ..
Saking lamanya ga main-main disini aku sampe lupa ini foto kapan. Pokoknya udah beberapa waktu lalu deh. Kebetulan punya kelapa muda dan roti tawar jadinya kok kebayang-bayang pengen bikin puding roti yang ada kelapa mudanya. Roti tawarnya klo ga salah beliin adek untuk dibawa kesekolah karena ke sekolah nya cuma bawa beberapa biji aja jadi sisanya masih banyak...kayaknya lebih banyak sisanya deh daripada yang dibawa ke sekolah hihiii...
Bikin sesuatu yang simpel dari roti tawar...yang ga sekedar roti tawar yang dioles margarin kemudian ditabur meses ato roti tawar yang lapisan atasnya penuh dengan susu kental manis coklat ...#yang ini kakak dan adek banget ^^
Langsung nulis resep aja yuuk ...

PUDING ROTI KELAPA MUDA

Bahan :
6lbr Roti tawar, potong-potong
150cc Susu kental manis putih tambahkan air hingga menjadi 500cc
100gr Kelapa muda yang sudah dikerok
4btr Telur
1sdt Pasta vanilla
Segenggam kismis, rendam sebentar di air hangat
Sedikit garam
60gr Margarain, cairkan
Almond slice dan kismis secukupnya untuk taburan

Cara membuat :

1. Kocok lepas telur kemudian tanbahkan susu, pasta vanilla dan margarin cair, aduk hingga rata.

2. Masukkan roti tawar yang sudah dipotong dan daging kelapa  muda yang sudah dikerok kedalam campuran susu. Aduk rata dan biarkan susu meresap.

3. Tuang dipinggan tahan panas, tambahkan bagian atasnya dengan almond slice dan kismis. Panggang dengan au bain marie suhu 160 derajat celcius selama 30 menit atau hingga matang.

4. Puding roti siap dihidangkan.

** Karena menggunakan susu kental manis maka tidak aku tambahkan gula tapi jika dirasa kurang manis silahkan ditambah gula sesuai selera.





Gampang banget kaan bikinnya...??
Lagi ga ada stok susu cair ?? pake susu kental manis juga bisa kook ^^
Hayuk bikiiiiin....

Saturday, 26 September 2015

YUK GABUNG DI KOMUNITAS LOCK&LOCK DAN DAPATKAN KEUNTUNGAN MENARIKNYA

 


Hayhay...pa kabar semua ...?? lamanya nih ga nulis-nulis disini. Masih pada semangat bermain ddapur kan ? Masih dong yaaa... hmm klo masih suka bermain didapur jangan lupa produk LOCK & LOCK nya ya...
Nah biar ga pada lupa kali ini aku mo bikin sesuatu pake produk LOCK & LOCK, eits ga bikin kue lho ya tapi bikin yang seger-seger aja. Hmm ...aku yakin kalian semua pasti pada tau milkshake ato iceblend, itu tuh minuman yang dikocok ato diblender dulu sebelum dihidangkan. Biasanya ngocoknya pake shaker ato bisa juga sih pake blender klo ga punya shaker. Wah... kebayang deh rempongnya klo harus ngeluarin blender kemudian membersihkannya kembali. Tapi jangan jad galau ya karena kita bisa bikin pake produk LOCK & LOCK MIXER Container. Dengan LOCK & LOCK MIXER Container kita bisa membuat milkshake ato ice blended dengan mudah dalam sekejap dan ga pake rempong harus nyuci ini itu.
Okay sebelum lanjut ngomongnya kita nge milkshake dulu yuk... Untuk bikin minuman yang seger ini ga banyak bahan yang dibutuhkan dan bahannya pun ada disekitar kita... tulis bahan dulu yuk ...

MILKSHAKE VANILLA OREO

Bahan :
4 Keping biskuit oreo, buang krimnya
3 skup es krim
1 cup susu cair
1-2sdm sirup vanilla
1/2cup es batu yg sudah dihancurkan

Cara membuat :
Masukkan semua bahan kedalam container mikser kemudian kocok-kocok hingga semua bahan tercamur rata. Tarraaa....milkshake homemade siap dihidangkan.
Amat sangat mudah kaaan ? dan yang pasti ga banyak barang yang harus dibersihkan.

Hmm...sekarang lupakan sejenak milkshake ini, yuk-yuk merapat sini...sssstt ada kabar hangat dari LOCK & LOCK. Buat kalian yang mencintai LOCK & LOCK sekarang LOCK & LOCK memiliki komunitas yang bernama LOCK & LOCK Supporter Indonesia. 

LOCK & LOCK ingin mengajak wanita Indonesia untuk bergabung dalam komunitas LOCK & LOCK Supporters Indonesia. LOCK & LOCK Supporters adalah sebuah komunitas bagi penggemar produk LOCK & LOCK yang menjadi wadah untuk berkomunikasi atau sharing melalui berbagai event dan menjadi duta yang akan memperkenalkan produk LOCK & LOCK kepada masyarakat. Apa saja keuntungan yang bisa kalian dapatkan apabila menjadi anggota LOCK & LOCK Supporters?

Keuntungan :
1. Dapat mengiluti berbagai program kegiatan offline dan online dari LOCK&LOCK.
2. Mendapatkan kesempatan untuk memberikan testimonial produk terbaru di facebook group LOCK&LOCK Supporters.
3. Mendapatkan diskon 10% di seluruh Flagship Store LOCK&LOCK Jakarta.

Banyak kan keuntungan yang bisa kalian peroleh dengan menjadi anggota LOCK&LOCK Supporters. Yuk tunggu apa lagi segera daftar untuk gabung dalam komunitas LOCK&LOCK  dengan mengirimkan data diri (nama, alamat, nomor hp, usia, scan atau foto KTP) ke alamat email locknlockindonesia@hotmail.com



Tuesday, 8 September 2015

ROTI BAKAR SUKA-SUKA


Bismillah ...
Masih dengan makanan yang udah beberapa hari yang lalu dan ambil gambarnya pun udah waktu itu, hikz... sibuk bgt yo viii, foto lama baru disentuh huhuu
Jadiii....bikin roti yang untuk burger itu sebagian diisi patty dan sisanya aku bikin roti bakar dengan isian pisang, coklat dan keju. Ini yang versi manis critanya hihiii, biar buat yang maem ada pilihan, mo yang manis ya milih yang isi pisang dan temen-temennya ato yang asin dengan patty dan pelengkapnya. Dan ternyata anakku lebih milih yang isi patty hahaa...tapiiii tomatnya dilepas :D
Cara bikinnya yaitu siapkan pisang yang sudah dipotong-potong kemudian ditumis dengan mentega ato margarin hingga layu. Siapkan juga meses, keju dan susu kental manis sebagai olesan.
Belah roti kemudian oles dengan margarin, panaskan diatas teflon. Selanjutnya adalah oles dengan susu kental manis (putih/coklat..suka2 aja), tabus meses, tata potongan pisang dan tambahkan parutan keju, tutupkan potongan bagian atas roti dan sajikan. Gampang kaaaan ?? Jadi deh roti bakar suka-suka hihii ^^


Dasarnya emang penggemar rerotian jadi apapun bentuk dan rasanya asal rotinya lembut dan empuk aku suka aja :D:D
Ok deh...selamat pagiiiii, selamat beraktifitas semuanya.... ___"

Saturday, 5 September 2015

HOMEMADE BURGER



Bismillah...
Ahaayyy...ada yang suka makan burger hohooo, sekarang jadi sering banget minta beliin burger. Ntah kenapa kok jadi suka burger, biasanya ga doyan...klo ditawari suka gamau-gamau gitu, kecuali kakak lho yaaaa...dia seeh doyan bangeeeet hihii 
Burger ini bikinnya udah beberapa hari yang lalu. Untuk pattynya resepnya sama dengan patty yang pernah aku buat untuk kulit tortilla beberapa waktu lalu dan roti burgernya resep dari buklet Saji.

ROTI BURGER

Bahan : 
200gr Tepung terigu protein tinggi
50gr Tepung terigu serbaguna
1sdt Ragi instan
1sdm Susu bubuk
35gr Gula
1btr Telur
100-125cc Air
30gr Margarin
1/2sdt Garam

Pelengkap : timun, daun selada, keju slice, tomat, mayones, saus tomat/sambel.

Cara membuat :
1. Campur tepung terigu, ragi, susu bubuk dan gula aduk rata. Tambahkan telur dan air. Uleni hingga kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni lagi hingga elastis. Diamkan 30 menit.

2. Kempiskan adonan. Bagi adonan sesuai selera, bulat dan rapikan. Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali lipat.

3. Oven dengan suhu 200 derajat celcius selama kurang lebih 7 menit.

4. Penyelesaian : belah roti kemudian oles dengan margarin. Panggang di teflon hingga berwarna kecoklatan. Setelah dipanggang oles belahan roti bagian bawah dengan saus tomat/cabe kemudian tata timun, patty, selada, tomat dan keju. Sajikan.



Apapuuuun...akhirnya kesampaian juga bikin homemade burger lengkap dengan pattynya hihii...dan yang penting adalah semua sukaa...horay ^^
Dan hari inii aku bikin american risoles permintaan si Kakak karena aku besok mo kesanaaa... semoga Malang ga macet... Aamiiin walopun udah kebayang macetnya hmm....
Happy weekend ya semuaa ___"

Tuesday, 1 September 2015

ROTI KUKUS COKLAT KACANG



Bismillah ...

Roti Kukus Coklat Kacang, lebih populer dengan nama Pou Coklat Kacang. Kalo sebagian orang menyebutnya dengan nama Roti Kukus itu karena pada dasarnya adonan dasar pou sama dengan adonan roti. Yaitu campuran antara tepung, gula, ragi dan lemak yang difermentasikan. Biasanya dalam pembuatan pou atau roti kukus menggunakan mentega putih jadi terlihat warnanya lebih putih dibanding rerotian yang di oven.

Beberapa hari yang lalu sepulang sekolah anakku tanya "Nda bikin apa hari ini ?" dan aku bilang ga bikin apa-apa, kemudian dia bilang "Nda...adek minta brownies ga dibikinin, minta bakpo ga dibikinin, minta puding juga ga dibikinin..." makjleb rasane...huhuuu
Dan besoknya...pagi-pagi sekali aku nguprek didapur bikin adonan pou hihiiii... untungnya cuaca mendukung jadi ga butuh waktu lama untuk fermentasi. Untuk isinya pake coklat kacang aja...itupun kemarinnya aku udah tanyain dulu mo isi apa, takut salah euy ntr malah ga kemakan.
Karena bikinnya udah mruput jadi jam 8 an pounya udah mateng.
Resepnya dari buklet tabloid Saji.

ROTI KUKUS COKLAT KACANG

Bahan kulit :
300gr Tepung terigu protein rendah
50gr Maizena
8gr Ragi instan
1/2sdt Baking powder
100gr Gula tepung
175cc Air es
30gr Mentega putih
1/2sdt Garam

Cara membuat :

1. Campur semua bahan kering, aduk rata. Masukkan air es, nguleni hingga kalis.

2. Tambahkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis.

3. Bagi adonan menjadi beberapa bulatan. Istirahatkan hingga mengembang. Jika sudah mengembang tambahkan isi, kemudian rapikan dan letakkan di cup kertas. Lakukan hingga adonan habis.

4. Selanjutnya kukus kue kurang lebih 10 menit dengan api sedang dalam kukusan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu atau  hingga matang.


Bahan untuk isian "
50gr Kacang tanah, sangrai/goreng
1sdm Gula pasir
2sdm Meses

Cara membuat : Haluskan kacang tanah dan gula menggunakan blender (ga perlu sampai halus). Tambahkan meses, aduk rata.





Simpan Roti Kukus dalam wadah yang tertutup rapat supaya permukaan Roti tidak kering, dalam wadah yang tertutup pou ini sampe besoknya tetep empuk.
Daaan...maksud hati mo bikin yang kayak bunga-bunga tapi kenapa kayak gitu jadinya...huhuuu, kayaknya kebanyaakan deh isinya.
Kapan-kapan dicoba lagi yaaa...pengen banget bisa bikin yang kayak bunga itu, padahal udh liat di youtube juga cara bikinnya tapi tetep ga bisa hihiii...
Pou udah...hmm tinggal apa lagi yaa @_@
Udah ah....kenapa jam segini udah ngantuk diriku nih...
Selamat malam semua ...^^

Monday, 31 August 2015

KRENGSENGAN ATI AMPELA


Bismillah ...
Hmm...akhir-akhir ini jadi jarang nulis disini, itu karena lagi ada yang bikin sibuk jadi waktunya dikit banget untuk nulis-nulis disini, juga laptop sempet ngambek beberapa hari yang lalu... aku ga tau kenapa dia kok ngambek-ngambek gitu, kalo aja dia bisa ngomong alasannya dia ngambek, kali aja minta beliin apa gitu...pasti deh akan aku aku beliin biar dia ga ngambek-ngambek lagi, hihiii :P

Dan ini adalah masakan beberapa hari yang lalu, setelah dipikir-pikir udah lama juga ga makan ati ampela maka diputuskan untuk beli hanya 3 biji aja, karena yang suka hanya aku dan masfitri aja dan kami berdua udah sepakat untuk mengurangi makan jerohan jadi ga perlu beli banyak-banyak hehe..
Bikin krengsengan ati ampela plus kacang merah, hmm...membayangkan aja kayaknya udah enak deh. Tapi ini adalah pertama kalinya masak krengsengan ditambah kacang merah. Kebetulaaan ada stok seplastik kacang merah kering, beli di alun-alun pagi pas jalan-jalan beberapa hari yang lalu. Sebenarnya waktu sempet ragu sih...mo beli apa ga, secara ga pernah bikin masakan dengan kacang merah kering biasanya beli yang basah di tukang sayur...tapi setelah tanya gimana cara mengolahnya ke bapaknya ...eeh bapaknya bilang cuma direbus aja sampe empuk. Oke lah klo begitu...beli kacang merah 1 dan kentang 2kg.
Dan seperti saran bapaknya ketika aku akan bikin krengsengan ini kacang merah aku rebus dulu, huwaaa...ternyata butuh waktu lamaaaa supaya kacang merah jadi empuk. Langsung terpikir bahwa yang aku lakukan salah...harusnya kacang merah kering direndem dulu ya...kayak kacang kacang ijo yang mo dibikin isian kue tuh kan direndem dulu.
Yasudahlah, setelah sekian lama akhirnya empuk juga kok...walopun sampe air rebusan habis untungnya ga sampe gosong huhuuu...lha sangking lamanya akhirnya aku tinggal kesana-kemari hihiii...#lagu lama :P

Untuk bumbu krengsengannya sama kayak yang aku bikin krengsengan daging sapi beberapa hari yang lalu.

KRENGSENGAN ATI AMPELA

Bahan :
3pasang Ati ampela, rebus dan potong-potong
100gr Kacang merah, rebus hingga empuk
1bh Tomat, potong-potong
1bh Cabe merah beras, iris serong
Air secukupnya
Garam dan gula secukupnya
2sdm Kecap manis
2lbr Daun salam
2sdm Minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
8butir Bawang merah
4siung Bawang putih
1sdt Merica bubuk
1sdt Ketumbar bubuk
1/8sdt Jinten
1cm Jahe

Cara membuat :

Tumis bumbu halus dan daun salam hingga harum. Tambahkan ati ampela, kacang merah, tomat dan cabe merah, Aduk rata. Kemudian tambahkan kecap manis aduk rata. Tuang air secukupnya, tambahkan gula dan garam, aduk-aduk kemudian diamkan hingga bumbu meresap. Siap dihidangkan.



Nikmati dengan nasi hangat dan timun, lebih nikmat lagi klo ada sambelnya kali ya...hehee...
Semoga bisa menjadi pilihan masakan hari ini, selamat memasak ^^

Saturday, 29 August 2015

GADO-GADO


Bismillah ...
Hayooo...siapa yang blom tau Gado-Gado ? hehee...aku yakin semua pasti tau dong ya...bukan makanan yang asing kaan, hampir disemua daerah ada deh. Tapi seperti sebuah peribahasa bahwa lain lubuk lain belalang, lain daerah pasti lain pula racikan gado-gadonya.
Seperti gado-gado pada umumnya...yang sering aku tau adalah sayur-sayuran, lontong, kentang dll yang disajikan dengan bumbu kacang kemudian ada tambahan krupuk udang ato krupuk kanji dan emping mlinjo dan tak lupa taburan bawang merah goreng.

Beberapa hari yang lalu ...ketika pulang ke Lumajang kebetulan Umik lagi bikin gado-gado, wah senengnya ...kami bertiga jadi makan gado-gado. Karena abis makan dirumah Umik itu aku jadi pengen bikin gado-gado hehee... dulu sih pernah bikin tapi udah lamaaaaa...
Tapi akhir-akhir ini lebih sering beli siiih...hmm apa salahnya ya klo coba bikin lagi ^^

GADO-GADO ala vivi

Bahan :
100gr Kacang tanah, goreng
400cc Santan
3siung Bawang putih
1cm Lengkuas
2bh Cabe merah besar
2lbr Daun salam
Garam dan gula secukupnya

Pelengkap
Daun selada
Sayuran yang direbus (kacang panjang, wortel, kol)
Telur rebus
Kentang rebus
Tahu dan tempe goreng
Timun
Krupuk dan emping
Bawang merah goreng

Cara membuat :

Blender hingga halus kacang tanah dengan santan, bawang putih, cabe merah dan lengkuas.
Kemudian tuang diwajan dan masak dengan api kecil. Tambahkan daun salam, garam dan gula. Masak sambil diaduk hingga mengental.
Penyajian : tata dipiring semua pelengkap gado-gado kemudian siram dengan bumbu dan tabur dengan bawang merah goreng. Sajikan dengan krupuk dan emping.
Bumbu untuk 3 porsi.



Karena aku penggemar berat sayuran soooo ~~ aku suka banget dengan gado-gado...seperti rasa sukaku dengan pecel. Hmm...tapi gado-gado bikinanku kali ini minus emping karena aku ga pernah punya stok emping siiih, beli ditoko terdekat juga ga ada, jadi yasudahlah tanpa emping. Oiya...untuk bumbu pecel, pernah bikin siiiih tapi lebih sering beli bumbu jadi karena aku udah ketemu rasa yang pas dengan seleraku daaaan yang penting ga pedes hehee...
Okay...segini aja ya, lets cooking ^^

LATHOK




Bismillah...

Ini adalah jajanan jaman dulu banget, terbuat dari tepung tapioka ato kanji, gula yang kemudian diadoni dengan air, so simpel kaaan ? bentuknya berlapis-lapis mirip dengan lapis kanji dan selalu disajikan dengan parutan kelapa. Klo dirumahku sering dijual dengan warna merah, putih dan hijau kali ini pun membuatnya dengan warna yang sama dengan yang sering aku beli dulu, walopun ada juga menggunakan 2 warna aja yaitu merah dan putih. Dan ini yang kesekian kalinya aku bikin lathok, karena bikinnya gampang jadi sering bikin selain itu bahannya juga ga ribet. Sekarang makanan ini udah jarang dijual, ketika aku bisa itu sangat membahagiakan sekali.
Resepnya masih sama dengan yang dulu, dikasih si embak asisten duluuuu waktu di masih kerja disini. Masih ingat waktu itu gimana aku berusaha mengerti bahasanya tentang sebuah resep. Orang kampung tidak mengenal gelas ukur...dan lebih sering kalo bikin kue selalu menggunakan ukuran gelas belimbing. Mungkin klo waktu itu resep lathok tertulis pake ukuran gelas kayaknya aku masih mengerti tapi waktu itu hanya gula yang menggunakan ukuran gelas...sedangkan airnya menggunakan ukuran gayung...oh nooo~~ jadi menurut dia ada gayung khusus yang emang digunakan untuk ukuran bahan cair dalam pembuatan adonan kue "hanya untuk membuat kue", aku ga tau gayungnya segede apa. Aku hanya mengira-ngira bahwa gayungnya segede gelas ukur.
Sampe kemudian tertulis resep versi aku yang meggunakan gelas ukur dan gula yang sudah aku sesuaikan dengan seleraku.

LATHOK

Bahan :
250gr Tepung tapioka
150gr Gula
2sdm Air kapur
450cc Air
Pewarna merah dan hijau secukupnya
Kepala parut secukupnya

Cara membuat :

1. Siapkan loyang ukuran 15x15x4cm, oles dengan minyak goreng. Sisihkan.

2. Campur semua bahan menjadi kemudian aduk-aduk hingga gula larut. Bagi tiga bagian, 2 bagian tambahkan pewarna merah dan hijau, satu bagian lagi biarkan putih.

3. Letakkan loyang didalam kukusan yang sudah dipanaskan hingga beruap. Tutup kukusan, biarkan loyang panas sebentar.

4. Tuang satu sendok sayur adonan warna hijau kedalam loyang, kukus selama 5 menit. Tuang adonan hijau lagi untuk lapisan berikutnya. Lakukan untuk semua warna, selapis selapis hingga adonan habis.

5. Terakhir kukus selama 15 menit hingga matang.

6. Potong kue menggunakan gunting ketika kue sudah benar-benar dingin kemudian gulingkan di kelapa parut hingga kue tertutup kelapa. Sajikan.

#kukus kelapa parut supaya lebih tahan lama/tidak mudah basi.



Bahan dasarnya sama dengan cenil tapi rasa dan cara pembuatanya beda. Bikin yuuuuk, proses pembuatannnya mudah banget lho... dan rasakan sensasi rasanya, hehee ^^


Sunday, 23 August 2015

BUBUR SUMSUM PANDAN



Bismillah ...

Akhirnya aku bikin bubur sumsum untuk hari minggu ku. Hmm ...udah lama juga lho ga bikin bubur sumsum. Tadi pagi-pagi sebelum berangkat jalan-jalan aku sempetin untuk bikin dan sengaja aku bikin pake warna hijau "asli hijau pandan lho...!" karena punya pohonnya jadi ga susah-susah nyari daun pandan sujinya. Pohon pandan itu aku bawa dari Tempeh dan aku tanam dipot, hmm...pohonnya miring...sangking rimbun daunnya sampe hampir rubuh aja, jadi nih critanya menyelamatkan pohon pandan suji biar ga rubuh, hehee...
Sebenarnya sering banget sih bikin bubur sumsum ini karena mudah banget kan bikinnya. Dulu udah pernah aku publish disini  yaitu Bubur Sumsum yang warna putih dan aku tambah dengan potongan nangka, untuk yang sekarang aku tambah potongan pisang karena kebetulan ada pisang kepok yang udah mateeeng banget. Antara nangka dan pisang...menurutku sih masih jauh lebih enak yang pake nangka walopun nangka dan pisang udah klik banget dengan gurih santan...tapi ada rasa yang beda aza klo pake nangka. Kalo yang ditambah pisang jadi mirip-mirip kayak makan nagasari secara bahan dasarnya sama ya...hanya yang bubur sumsum lebih lembek.

BUBUR SUMSUM PANDAN 

Bahan : 
400cc Santan kental
100cc Air perasan daun suji dan pandan (20lbr daun suji+2lbr daun pandan)
75gr Tepung beras
1/2sdt Garam
3bh Pisang kepok potong-potong dadu
Saus gula merah : Rebus 100gr gula merah dengan 200cc Air dan 2lbr daun pandan hingga mendidih.

Cara membuat :

Campur semua bahan bubur, aduk rata. Kemudian masak diatas api kecil sambil diaduk terus supaya tidak menggerindil hingga mengental dan meletup-letup.
Sajikan bubur sumsum dengan saus gula merah.



Dan aku suka banget dengan rasanya, masfitri juga...sebenarnya adek juga doyan dengan jajanan kayak gini tapiiiiii karena aku tambah warna pandan dia jadi ga suka, oh noooo ...!!
Yasudahlah, akhirnya...kesimpulannya adalah rasa pandan dengan daun suji jauuuuh lebih nikmat daripada pake pasta pandan dan warna alaminya ...duh! asli bikin jatuh tjintah deh ...
Dan Bubur sumsum ini udah sukses membuat hari mingguku indah...
Okay...yuk ah siap-siap untuk hari Senin besok, eiiitss... tanpa kata I hate monday yaa ..^^

Friday, 21 August 2015

RISOLES ISI SAYUR



Bismillah ...

Siapa sih yang ga suka dengan gorengan ...? Vivi tuh klo pas lagi sadar aja sok-sok menghindari gorengan. Tapi klo boleh jujur niiih...kayaknya lebih banyak ga sadarnya deh daripada sadarnya hehee... sering kali yang jadi pertanyaan adalah kenapa cemilan yang digoreng-goreng kok selalu bikin gemuk ? sedangkan aku amat sangat menyukainya ...#lho! sudahlah, lupakan aja...
Critanya waktu itu lagi potong-potong ayam yang mo dibikin ayam pokpok buat adek, hmm ambil sepotong deh kemudian aku rebus sambil ngelanjutin bikin ayam pokpok. Liat daging ayam yang udah direbus itu kok tiba-tiba pengen bikin risoles yang isi wortel dan tauge...membayangkan aja kok kayaknya enak ya. Masih ada sisa tauge dan wortel dikulkas, langsung bikin isiannya tapi baru besoknya bikin kulit risoles nya karena waktu itu udah kesorean, keburu males mo ngelanjutin hihiii...


RISOLES ISI SAYUR

Bahan kulit :
150gr Tepung terigu (segitiga)
300cc3 Susu cair
1btr Telur
1sdt Margarin cairkan
Garam secukupnya

Bahan isi :
75gr Wortel, potong korek api
50gr Tauge
50gr Daging ayam, rebus dan suwir-suwir
1 Daun bawang, potong kasar
1siung Bawang putih, haluskan
1/2sdt Merica bubuk
1/2sdt Garam
1sdm Gula pasir
Minyak goreng untuk menumis
Telur dan tepung panir secukupnya

Cara membuat :

1. Aduk rata semua bahan untuk kulit hingga licin. Buat dadar tipis, lakukan hingga adonan habis. Sisihkan.

2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan daun bawang hingga harum. Masukkan daging ayam yang sudah disuwir, aduk rata. Selanjutnya tambahkan garam, gula dan merica bubuk, aduk rata. Terakhir masukkan wortel dan tauge. Aduk rata sekali lagi.

3. Penyelesaian : ambil selembar kulit, tambahkan isi (aku tambah irisan telur rebus) agak menepi kebagian atas kemudian lipat bagian atas, kanan dan kiri, gulung sambil dirapatkan supaya rapi. Lakukan hingga semua kulit terisi.

4. Kocok lepas telur, masukkan risoles kedalam kocokan telur kemudian gulingkan di tepung panir hingga rata.

5. Simpan risoles yang sudah dipanir didalam lemari es kurang lebih 1 jam sebelum digoreng.

6. Goreng dengan api sedang diminyak goreng yang sudah dipanaskan.





Dan seperti biasanya...risoles bikinan sendiri itu jauh lebih enak, bukan memuji diri sendiri tapi bener lho...klo bisa bikin sendiri kenapa harus beli, iya kaaan ?
Kayaknya aku nulis ga perlu banyak-banyak deh, karena seharian ini aku terganggu sekali dengan supidi yang timbul tenggelam. Sampe jadwal rutin adek (malam sabtu) nonton tivi jadi terganggu, kemudian dia tanya ke aku "Nda kenapa sih koneksinya kok kayak gini ? ayah blom bayar ya ? .." huwaaa ckckcck...apa ini salah satu ulah angin gending ya ? mengacaukan sinyal sepidi huhuuu ...
Udah yaa...langsung klik publish...keburu ilang lagi koneksinya hihiii...
Selamat malam semua ^^

Thursday, 20 August 2015

OSENG TAHU TAUGE



Bismillah ...
Selamat pagi menjelang siang temen-temen semua, selamat hari Kamis ya...hmm udah hari kamis lagi lho. Hari yang malas karena dari pagi ada masalah dengan perutku, bunyi kruyuk-kruyuk...nyeri...ga jelas. Kayaknya emang harus istirahat ya... daripada diam thok dengerin suara perut mending ke dapur aja membuat sesuatu. Hari ini libur dulu ngerotmarnya, kemarin abis kejar tayang 150pc dan dikulkas juga masih ada stok. Kayaknya masak aja deh...ngeluarin bahan-bahan masakan yang mo dimasak ntar sore. Oiya...karena klo siang ga pada makan dirumah jadi aku klo masak cuma dikit, pagi dan sore. Hari ini masak oseng tahu tauge, semua bahan udah ada... ya udahlah di matengi aja ntr sore tinggal bikin lauknya.
Tauge klo ditempatku namanya kecambah, berasal dari biji kacang hijau yang dibiarkan tumbuh. Rasanya enak dan punya bau yang khas. Kalo dimasakan biasanya ditumis bareng teri atau ikan asin lain, sering hadir juga sebagai sayur pelengkap untuk pecel, urap-urapdan soto.  Kalo di Jawa Timur, rawon biasanya juga dihidangkan dengan tauge mentah. Tauge juga bisa sebagai isian kue bercitarasa asin, seperti Lumpia, Risole dll.

Mulai dari tauge yang dibuat masakan hingga yang dibuat isian kue aku semua suka, kecualiiiii... tauge mentah yang dimaem bareng rawon. Hmm...ga banget deh !! Udah berkali-kali aku belajar maem tauge bareng rawon tapi tetep aja aku ga bisa nerima rasanya. Dulu aku punya temen yang doyan banget maem rawon sama tauge, klo pas maem bareng selalu minta nambah tauge ke Ibu warungnya duh..duh...

OSENG TAHU TAUGE

Bahan :
300gr Tahu, potong-potong kemudian goreng
100gr Daging sapi, iris-iris tipis
50gr Tauge
1bh Tomat, potong-potong
1bh Cabe merah besar, iris serong
3 siung Bawang Putih, iris-iris tipis
5btr Bawang merah iris-iris tipis
1cm Lengkuas, geprek
2lbr Daun salam
1sdt Gula pasir
1/2sdt Garam
1/4sdt Merica bubuk
150cc Air
2sdm Minyak goreng unutk menumis

Cara membuat :

1. Panaskan minyak, tumis bawang merah, baeang putih sampai harum. Tambahkan lengkuas, daun salam, cabe merah, merica dan tomat. Aduk rata.

2. Tambahkan daging sapi dan air, aduk rata dan tutup sebentar hingga daging matang.

3. Tambahkan tauge, tahu, gula dan garam, aduk rata. Biarkan sebentar hingga bumbu meresap dan matang.




Gampang kan bikinnya ? eh ada bawang gorengnya juga lho... oiya aku adalah penggemar bawang goreng, menurutku rasa masakan akan jadi tambah enak klo ditambah dengan bawang goreng tapiiii ...hehe aku males banget bikinnya secara kalo ngiris bawangnya sampe berurai air mata, hiks..., dan jika di foto itu ada bawang goreng itu bikinan Umik hihiii... beberapa hari yang lalu waktu pulang aku dibawain bawang merah/putih goreng, asiiikk...
Udah dulu yaaa... Selamat memasak Ibuu ^^