Tuesday, 16 December 2014

TAHU KERANG MASAK SANTAN




Bismillah... hari ke 16 bulan Desember, hmm ga terasa ya udh hampir di penghujung tahun 2014 perasaan baru kemarin aja ngganti WM dari 2013 ke 2014... begitu cepat waktu berlalu ^^

Sekaraaaang...ayo menemani vi2 yang lagi belajar memasak hihiii... kali ini bikin masakan yang dari kerang. Ceritanya lagi seneng-senengnya beli ikan karena hampir tiap sore ada tukang ikan yang lewat depat rumah dengan membawa ikan yang seger-seger daaaaan harganya murmer booo, saking murahnya sampe ga tega mo nawar hihii... kemarin sore beli tongkol yang seger banget gitu, kerang dan udang. Tongkolnya udah langsung tak masak kemarin sore buat makan malam. Dan hari ini masak kerang. Biasanya klo Umikku masak kerang tuh dioseng pake kecap dan cabe gitu klo ga ya di bumbu rujak. Sejak nikah jarang banget sih masak kerang2an karena pak suami ga begitu doyan tapi akhir-akhir ini sering bikin karena adek suka... gara-gara sering dikasih menu dengan lauk kerang kali ya di sekolahnya hihiii...
Kali ini aku mencoba yang beda, yang biasanya hanya dioseng ato bumbu rujak kayak Umik bikin kali ini bikin yang dikasih santan. Bikinnya cuma dikit sih...karenaaaa..."sekali lagi pak suami ga begitu doyan ^^

TAHU KERANG MASAK SANTAN

Bahan :
Kerang yang udah direbus kira-kira 150gr lah
Tahu 2 buah (uk. sedang), potong-potong dan goreng stengah mateng
Daun Salam 2lmbr
Jahe 2cm, geprek
Lengkuas 2cm, geprek
Tomat 1bh, potong-potong
Santan 250cc
Air 150cc
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :

3siung Bawang putih
6siung Bawang merah
2cm Kunyit
2bh Cabe merah, buang bijinya
Sedikit merica bubuk
Garam, Gula secukupnya

Cara membuat :
1. Panaskan minyak yang untuk menumis dalam wajan, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tambahkan lengkuas, jahe dan daun salam, aduk-aduk. masak hingga harum.

2. Tambahkan tahu dan kerang, aduk rata. Tambahkan air, aduk rata. Diamkan sebentar hingga kerang empuk dan bumbu meresap.

3. Kemudian tambahkan santan dan tomat. Biarkan mendidih. Tambahkan garam dan gula. Biarkan mendidih sekali lagi. Angkat, siap disajikan.
 

 


Berikut ini adalah kandungan gizi yang terdapat pada kerang beserta manfaatnya bagi kesehatan:

1. Kerang mengandung vitamin B12 yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung, menstabilkan suhu tubuh, menstabilkan pH dalam tubuh, menjinakkan zat kimia homosistein yang bisa merusak dinding pembuluh darah, dan mencegah kanker.
2. Asam lemak Omega-3 yang terkandung pada kerang dapat menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan daya kecerdasan otak.
3. Kerang kaya akan zat besi yang berguna bagi pembentukan komponen utama sel-sel darah merah dalam tubuh, menurunkan risiko darah rendah, dan mencegah anemia.
4. Selenium yang terkandung dalam kerang dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker dan lain-lain.
5. Kerang kaya sekali akan kandungan protein yang berperan penting dalam pembentukan enzim dalam tubuh, pembentukan sel organ dan otot, pembentukan hormon, memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh, mengatur metabolisme, membentuk sistem kekebalan tubuh, dan sebagai sumber energi.
6. Kalsium yang terkandung dalam kerang dapat mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan gigi.
7. Kandungan fosfor dalam kerang sangat berguna bagi pembentukan tulang dan gigi serta membantu memaksimalkan fungsi kerja vitamin.
8. Vitamin A, D, E, K yang terkandung pada kerang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, kulit, tulang, gigi, dan organ lainnya. (sumber : ROYCO)


Cukup banyak gizi dan manfaat kerang ya.. ^^ dan pesenkuuuu... bijaksanalah dalam mengkonsumsi makanan, apapun itu secukupnya aja jangan sampai berlebihan ya ;)
Ternyata enak juga lho dimasak pake santan, rasa kerangnya kerasa banget...semoga adek suka ya...
Ummu Ichsan ini masakanku hari ini...dirimu masak apa ...?? :D

No comments:

Post a Comment