BOTOK AMPELA ATI

19:14:00



Botok Ampela Ati... ini adalah masakan kemarin. Kalo ada yang nanya apakah aku penggemar ampela ati.. ? jawabnya "hanya suka ga sampe doyan...klo ada ya dimakan..." oleh karena itu dalam sebulan blom tentu sekali masak ampela ati. Dan karena aku juarang banget masak ampela ati AraTia juga ga doyan, secuilpun mereka ga mau. Jadi klo pas pengen masak  hanya cukup untuk berdua pak suami...
Botok ...sapa sih yang blom kenal botok dan ga doyan botok. Masakan yang biasa dibuat lauk, yang dibungkus daun, yang isinya dominan kelapa setengah tua yang dibumbui, sedangkan untuk campurannya bisa tempe, tahu, teri ato udang dan kemangi. Tapi bisa bervariasi juga sih tergantung selera aza.

Kali ini aku bikin botok ampela ati dan aku blom pernah bikin sebelumnya. Untuk resepnya pake yang ada dibuku resep jadul yang isinya resep masakan Umikku yang aku tulis waktu abis nikah DOELOE, pernah ikut ke Bekasi nemani aku di dapur rumah kontrakan huhuuu... jd ingat indah dan cupunya masa lalu... >,<

Untuk ukuran bumbunya pake "ilmu kira-kira" aza ya karena aku beli ampela atinya cuma 3 biji, hihiii...
Bumbu yag dihaluskan terdiri dari : bawang merah, bawang putih, kencur, lengkuas, ketumbar, garam dan gula. Bahan yang harus disiapkan adalah  kelapa setengah tua parut kasar, daun kemangi dan daun pisang untuk membungkus. Oiya jangan lupa cabe rawit utuh. Untuk cara membuatnya...campur semua bahan kemudian bungkus dengan daun pisang dan kukus hingga matang. Gitu aza sih... gampang kaan ^^





Daun pisangnya bawa dari Tempeh beberapa hari yang lalu, dikasih bulikku sisa bikin lemper katanya. Klo dari Tempeh tuh ada aza yang dicangking hihiii...ya dikasih-kasih gitu karena sodara-sodaraku pada tau klo aku seneng bebikinan hahaa...
Udah ah...mari kita menikmati botoknya...gambarnya botok ya hahaa...^^

You Might Also Like

0 komentar