SOTO DAGING

08:37:00




Horeeee...akhirnya aku bisa masak Soto Daging, hmm ...selama ini selalu minta tolong Umik untuk bikin bumbu soto nya. Nih yaaa...klo dirumahkuuuu...Umikku, Bude-bulikku klo bikin Soto Daging itu selalu pake bumbu jangkep, maksudnya semua bumbu masuk, itulah yang bikin aku males bikin bumbunya. Tapi klo kali ini nekat bikin sendiri rasanya daleeeeem banget, sampe ke hatiiiii hihiii :p
Ditambaaaah...masfitri dan adek doyan banget. Klo masfitri sih apa-apa doyan jadi udah basilah klo mo diomong-omong disini hihiii tapi kalo adek yang doyan itu baru cerita baru secara adek tuh pilih-pilih banget sama makanan, bahkan kue-kue yang aku bikin aza hanya sebagian kecil aza yang dia mau.
Ok...kembali ke soto ya, menurutku ini udah miriiiip banget dengan bikinan Umik, lebih tepatnya 11-12 lah haahaa...

SOTO DAGING

Bahan :
1/2kg     Daging sapi
2btg       Sere, geprek
3lbr        Daun jeruk
2tangkai daun bawang potong-potong

Bumbu yang dihaluskan :
7btr       Bawang merah
4btr       Bawang putih
3cm       Kunyit
2cm       Lengkuas
1cm       Kencur
2cm       Jahe
1 1/5sdt       Ketumbar
1/4sdt    Jinten
5btr       Kemiri goreng
1/2sdt    Merica bubuk
Garam secukupnya
2sdm     Minyak goreng untuk menumis

Pelengkap : bawang merah dan putih goreng, jeruk nipis, telur rebus, seledri

Cara membuat :

1. Rebus daging, potong-potong dan sisihkan air kaldunya kurang lebih 1000cc (merebus daging jgn terlalu empuk ya supaya ketika dipotong daging tidak hancur)

2. Tumis bumbu halus, daun jeruk dan sere hingga harum tambahkan daging yang sudah dipotong-potong. Aduk rata. Tuang air kaldu dan tambahkan garam, masak hingga bumbu meresap dan daging empuk. Terakhir masukan potongan daun bawang dan bawang putih goreng.

3. Sajikan soto dengan pelengkapnya.





Hujan-hujan gini jadi pengen masak soto lagi...hmmm ^^

You Might Also Like

0 komentar