vi2 saiki iso masak...

SOTO DAGING

08:37:00




Horeeee...akhirnya aku bisa masak Soto Daging, hmm ...selama ini selalu minta tolong Umik untuk bikin bumbu soto nya. Nih yaaa...klo dirumahkuuuu...Umikku, Bude-bulikku klo bikin Soto Daging itu selalu pake bumbu jangkep, maksudnya semua bumbu masuk, itulah yang bikin aku males bikin bumbunya. Tapi klo kali ini nekat bikin sendiri rasanya daleeeeem banget, sampe ke hatiiiii hihiii :p
Ditambaaaah...masfitri dan adek doyan banget. Klo masfitri sih apa-apa doyan jadi udah basilah klo mo diomong-omong disini hihiii tapi kalo adek yang doyan itu baru cerita baru secara adek tuh pilih-pilih banget sama makanan, bahkan kue-kue yang aku bikin aza hanya sebagian kecil aza yang dia mau.
Ok...kembali ke soto ya, menurutku ini udah miriiiip banget dengan bikinan Umik, lebih tepatnya 11-12 lah haahaa...

SOTO DAGING

Bahan :
1/2kg     Daging sapi
2btg       Sere, geprek
3lbr        Daun jeruk
2tangkai daun bawang potong-potong

Bumbu yang dihaluskan :
7btr       Bawang merah
4btr       Bawang putih
3cm       Kunyit
2cm       Lengkuas
1cm       Kencur
2cm       Jahe
1 1/5sdt       Ketumbar
1/4sdt    Jinten
5btr       Kemiri goreng
1/2sdt    Merica bubuk
Garam secukupnya
2sdm     Minyak goreng untuk menumis

Pelengkap : bawang merah dan putih goreng, jeruk nipis, telur rebus, seledri

Cara membuat :

1. Rebus daging, potong-potong dan sisihkan air kaldunya kurang lebih 1000cc (merebus daging jgn terlalu empuk ya supaya ketika dipotong daging tidak hancur)

2. Tumis bumbu halus, daun jeruk dan sere hingga harum tambahkan daging yang sudah dipotong-potong. Aduk rata. Tuang air kaldu dan tambahkan garam, masak hingga bumbu meresap dan daging empuk. Terakhir masukan potongan daun bawang dan bawang putih goreng.

3. Sajikan soto dengan pelengkapnya.





Hujan-hujan gini jadi pengen masak soto lagi...hmmm ^^

LET'S GET BAKING TOGETHER

BIKA AMBON

08:20:00







Bismillah...
Rasanya udah berbulan-bulan ga menyentuh blog, emang iya siih udah berbulan-bulan hehee. Kenapa ? jawabnya lagi sibuk... hihiii jawaban yang klasik ituuu. Hmm...yang pasti emang bener-bener sibuk lah.
Dan kali mo ikutan setor untuk LBT setelah beberapa kali juga ga setor, sampai lupa ini setoran yang keberapa huhuuu... Tema bulan ini Bika Ambon. Sebenarnya ini udah yang ketiga kalinya aku Bika Ambon, yang pertama pake resep Bu Fatmah Bahalwan karena bikinnya malam-malam maka ga sempet ke poto karena penasaran banget sama seratnya begitu keluar dari oven langsung potong-potong hap! daaaaaan hasilnya sukses nyerat cantik. Yang berikutnya pake resep Chef Deddy Rustandi, hasilnya ga begitu cantik, ntah salah dimananya... yang pasti waktu istirahat adonan waktu itu aku kurangi... mungkin itu salah satu yang menyebabkan ga nyerat cantik.
Dan kali ini, yang ketiga kalinya pake resep Bu Fatmah lagi. Karena Oven blom berfungsi karena waktu itu blom ada tempat maka aku mencoba (nekat) pake cetakan kue lumpur dengan pertimbangan Kue Cara Bikang aza yang ga pake ragi ato Martabak Manis bisa nyerat cantik hanya dengan cetakan yang nangkring di atas kompor masak Bika Ambon yang udah beragi ga bisa. Bikin hanya separoh resep, secara klo seresep kutelnya 16 biji boooo^^
Hasilnya....suwer !! cantik banget... nyerat pol pokoe. Rasanya bahagia bangeeeeeet...walopun pada cetakan pertama agak gosong karena apinya terlalu gede kayaknya, tapi untuk cetakan selanjutnya udah ga gosong lagi...lha bikin cuma separoh resep hanya ada 2 kali cetakan hihiii... :p
Untuk resepnya silahkan gugling ya... Bika Ambon NCC tanpa modifikasi sedikitpun.





Catatan dari aku klo mo pake cetakan lumpur... *panaskan cetakan sampai bener-bener panas tapi dengan api yang kecil aza. *setelah adonan dituang biarkan cetakan terbuka tanpa tutup hingga seratnya sempurna, baru setelah serat keluar semua tutup sebentar untuk mematangkan bagian atasnya.

Okay, berani mencoba ??... Salam Bika Ambon ^^