ROLADE AYAM

19:15:00




Klo pas ke acara nikahan pernah liat kan di salah satu serving dish ada rolade yang berjejer menggoda...? Pengeeeeen banget makan rolade yang kayak di acara nikahan itu, jadi kayak adek aza puasa-puasa banyak yang dipengen. Nyari-nyari resep yang pernah dikasih sama Bulikku ga ketemu, sampai semua catatan resep tak turunin tetep ga ketemu. Tapi agak-agak ingat seeeh karena waktu itu sempat bikin bareng untuk acara apa gitu...lupa deh. Waktu itu bikin banyak sih, tapi intinya sekilo daging itu rotinya sebungkus. Istilah sebungkus roti itu klo untukku yang hanya seorang calon pemula ini bisa meyesatkan lho karena yang namanya roti tawar itu sebungkusnya ada yang segede guling tapi untungnya aku tau pas bikinnya jadi tau tau ukuran sebungkus roti itu yang segede gimana hehee. Oiya...Bulikku klo bikin dikasih SKM lho, alasannya biar ga nambah gula lagi karena SKM nya udah manis..hmm masuk akal juga ya tapi yang aku bikin kali ini SKM aku ganti dengan susu bubuk dan aku tambah sedikit gula. Untuk sausnya aku nyontek di majalah Sedap Pemula.






ROLADE AYAM

Bahan :

250gr daging ayam tanpa kulit
2lbr roti tawar tanpa kulit
------------------------------------ haluskan dengan menggunakan food processor

1 siung bawang putih, cincang halus
25gr bawang bombay, cincang kasar
1sdm margarin
------------------------------------  tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum

1/2 sdm kecap inggris
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1/4sdt pala bubuk
1/2 sdt garam
1sdm susu bubuk
1 btr telur

1 atau 2 btr telur tambahkan sedikit garam untuk bikin kulit dadarnya
Sosis sapi secukupnya

Cara membuat :

1. Kocok telur, tambahkan sedikit garam. Buat dadar tipis, sisihkan.

2. Campur semua bahan dan bumbu-bumbu, aduk rata. Ambil selembar kulit dadar, ratakan adonan rolade merata di permukaan kulit dadar. Letakkan sosis di sisi yang akan digulung. Gulung dan rapatkan rolade. Kemudian bungkus dengan plastik ato daun pisang.

3. Kukus kurang lebih 30 menit. Ketika akan dihidangkan goreng dengan sedikit minyak goreng hingga sisi-sisinya berwarna kecoklatan.

** waktu aku bikin ini ...2 lembar kulit telur dadar aku jadikan satu memanjang (aku pake pan  diameter 24, hasilnya satu bulatan rolade yang gede dan gendut hihiii :D
** kalo dibungkus dengan plastik sebelum dikukus permukaan plastik ditusuk-tusuk dulu dengan jarum supaya ketika dikukus plastik tidak menggelembung.



SAUS ROLADE

Bahan :

1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 sdm margarin untuk menumis
2 sdm tepung terigu
500cc air kaldu
2 sdm kecap inggris
1/2sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica
gula secukupnya

Cara membuat :

1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan tepung terigu. Aduk rata.

2. Tuangkan kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga licin.

3. Tambahkan kecap inggris, kecap manis, garam, gula dan merica, aduk sampai meletup-letup

4. Sajikan rolade bersama saus nya





Rasanya tidak mengecewakan, bener deh...yang pengen kayak aku silahkan dicoba yaaa...dan aku kayaknya pengen bikin lagi karena Kakak yang bantuin ngetik ini udah merayuku untuk bikin lagi buat dia...:D

You Might Also Like

4 komentar

  1. Waah.. kakak rajin bgt nih... ngikut jejak bundanya nih kayanya... hahaha...

    Salam untuk kakaknya ya mbak...
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai tante Lina...^^
      pas lg rajin aja tante... ;)

      Delete
  2. salam kenal mbak vivi

    pas lagi nyari2 resep rolade ayam, pas ketemu resepnya mbak vivi. makasih sharing resepnya mbak.
    izin dicatet dan dipraktekin ya👍😊

    ReplyDelete
  3. Sy sudah coba, enaaaaak, Makasih mbaaaa

    ReplyDelete