RISOLLES ISI RAGOUT AYAM

07:47:00




 Gara-gara beberapa hari yang lalu jalan-jalan ke tempat orang-orang jual menu buka dan takjil sama Adek....wiiiihhh Adek kayak lapar mata deh, apa-apa pengen dibeli dan mo dimaem pas buka katanya :D padahal sehari-hari dia itu adalah anak yang paling suka pilih-pilih makanan, efek puasa kali yaa... sampai liat krupuk precet aza dia kayak sampai ngiler-ngiler gitu hihiii... mo ketawa aza sih ngeliatnya. Dan kali ini dia minta belikan empek-empek, dia minta 2, yang lenjer satu dan kapal selam satu. Dengan ukuran masing-masing yang super jumbo gitu aku ga yakin dia bisa ngabisin dua-duanya tapi dia berusaha meyakinkan aku bahwa dia bisa menghabiskan semuanya, hihiii...okelah, kita liat aza waktu buka ntr ya deeek :D
Selanjutnya akuuu...hmm dari semua jajanan dari ujung ke ujung aku hanya tertarik sama risoles dan kue lapis beras warna hijau pandan dan hitam (dari air merang)... seleraku ndeso banget yaa :D
Yeayy!! tibalah saat berbuka... mari buka-buka apa yang tadi udah dibeli. Ada yang ga sabar sama empek-empeknya nih...beneran deh begitu denger adzan Adek langsung ngambil empek-empeknya itu :D sampai harus diingatkan untuk minum dulu hihiii... pertama liat dia makan hwiiih semangat sekali dan lama-lama mulai merengek "Yah, bantuin dong yah..." dan "Nda, ga pengen ngincipi tah ?" tuh kaaaan mulai nyerah deh, udah bisa ditebak dia ga mungkin bisa ngabisin segede ituuu...hahaa...

Oiya...tentang kue yang aku beli tadi...untuk kue lapisnya aku suka banget tapi tidak untuk risolesnya. Rasa riloselnya biasa sajjah, terlalu biasa untuk harga segitu... >,<
Karena kecewa itulah akhirnya bikin iniiiii.... :D
Resepnya ambil dari Sajian Sedap tapi udah aku sesuaikan dengan rasaku...

RISOLLES ISI RAGOUT AYAM


Bahan Kulit:
150 gram tepung terigu
350 ml susu cair
1 butir telur, dikocok lepas
1/4 sendok teh garam
1 sendok makan margarin, dilelehkan
minyak untuk menggoreng

Bahan Isi:
150 gram daging ayam, rebus, disuwir-suwir
2 sendok makan margarin untuk menumis
1/2 buah bawang bombay, dicincang halus
4 sendok makan tepung terigu protein sedang
350 ml susu cair
75 gram wortel, dipotong kotak kecil, direbus
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
1 1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok makan seledri, dicincang halus

Bahan Pencelup:
2 butir telur, dikocok lepas

Bahan Pelapis:
150 gram tepung panir orange


Cara membuat:
  1. Kocok lepas telur dan susu sampai rata. Tuang sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung terigu dan garam sambil diaduk rata.
  2. Tambahkan margarin leleh. Aduk rata. Buat dadar tipis di dalam wajan antilengket diameter 12 cm. Biarkan sampai matang
  3. Isi, panaskan margarin. Masukkan bawang bombay. Tumis sampai harum. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai bergumpal.
  4. Tuangkan kaldu sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin. Tambahkan ayam, wortel, garam, merica bubuk, pala bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Masukkan seledri. Aduk rata.
  5. Ambil selembar kulit. Beri isi. Lipat sisi kiri dan kanannya. Gulung.
  6. Gulingkan  di atas tepung panir. Celup ke dalam telur. Gulingkan lagi di atas tepung panir.
  7. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai kekuningan.





Yang ini enak banget hihiii...
Ssssttt...mumpung ada kakak jadi ada yang bantuin ngeblog :D masih ada beberapa foto lagi, terakhir pake laptop tanggal 4 yang entri Chicken drumstcik dan Muffin Tape blom sempet publis tiba-tiba tiba-tiba laptopnya ngambek itu, sejak itu udah ga bisa buka laptop hihiii tapi kayaknya juga harus pelan-pelan sih karena laptopnya gantian sama kakak -- "

You Might Also Like

2 komentar

  1. hmmm... aku doyan banget ini mba... mauu.... (jadi ngiler nih)

    "Selamat berpuasa yo mba..."

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat berpuasa jg mbak Lina ...
      samaaa...aku jg doyan :D eh..eh.. puasa ga blh ngiler ...hihiii

      Delete