NASTAR, CHOCOLATE CHIPS COOKIES, CERRY COOKIES

05:34:00

FoodBlogger udah pada kenal sama Mbak Susiasih Handayani kaaan...ternyata diam-diam dia bikin buku lhoo, huwaaa hebaaaat... (Y) dan yang lebih hebat lagi aku dapat kiriman buku dari dia plus with love dan tanda tanda tangan diaaaa, ga harus pake setor PR dulu ya mbakyuuuu hahaaa... sukses terus untukmu ya mbaaak, semoga menjadi berkah untukmu dan keluarga, juga bisa menjadi sumber inspirasi untuk kita semua... ^^ muakasih buanyak untuk bukunyaaaa... pernik-perniknyaaaa...muach muach...Gusti Allah sing mbales yo mbaaak ^^


Sejak dapat kiriman buku  Adek selalu buka-buka buku itu minta bikinin kue ini itu, ya sudah nyiapin bahan-bahan tapi kenapa nyari gula halus di SPM dan TBK susyeh banget...akhirnya kuputuskan untuk blender gula sendiri karena Adek udah mulai jenuh di rumah dan mulai nyari-nyari apa yang bisa dikerjakan, maklumlah yang biasanya seharian di sekolah bareng temen-temennya, lha sekarang selama liburan puasa hanya dirumah saja...

Yang dibikin adalah Nastar, Chocochips Cookies dan Cookies Bola Ceri, itu semua pilihan Adek karena dia suka banget dengan selai nanas, coklat juga daaaaan...ceri jugaaaaa... jadiiii semua kukis itu Adek bangeeeet hihiiiii :D
Oiya waktu bikin nastar nih...ketika bahan gula udah ditimbang, ditambah butter/margarin, kasih kuning telur juga udah...lanjut nimbang bahan kering...eeeh..maizenanya abis, toko yang deket rumah jelas tutup klo abis dhuhur jadinya bikin nastarnya dilanjutkan abis sholat tarawih, hihiiii karena tanggung banget, tokonya buka abis Ashar...dilanjutin abis Ashar udah ga mungkin karena udah nyiapin untuk buka. Yang lebih seru lagi Adek masih  tetep semangat biarpun dilanjutkan abis tarawih :D semua dia yang ngerjain aku hanya bikin adonannya, selai udah tak siapin 2 hari sebelumnya dan siangnya udah dibuletin...hihiiii
Hmm...klo Adek minta bikin sesuatu dia maunya dikerjakan abis dhuhur karena begitu selesai waktunya udah deket banget sama maghrib, dia seneng karena ga lama-lama nunggu waktu untuk berbuka :D








CHOCOLATE CHIPS COOKIES

Bahan :
275gr Tepung terigu protein rendah
40gr Tepung maizena
140gr Mentega
150gr Gula halus
3btr Kuning telur
100gr Chocochips
30gr Coklat bubuk
1sdt Pasta Coklat

Cara membuat :
1. Ayak tepung terigu dan coklat bubuk, sisihkan.

2. Kocok mentega, gula halus, pasta coklat dan kuning telur menggunakan mikser hingga lembut.

3. Tambahkan campuran tepung terigu dan chocochips. Aduk menggunakan spatula plastik hingga tercampur rata.

4. Siapkan loyang beroles margarin. Ambil 1sdm adonan, letakkan diatas loyang. Tekan dan rapikan bentuknya dengan sendok hingga bentuknya membulat.

5. Panggang adonan dalam oven dengan temperatur 150 derajat celcius selama 25 menit atau hingga kue kering dan matang. Angkat dan dinginkan.

6. Simpan kue dalam toples.











NASTAR

Bahan Kulit :

300 gr tepung terigu protein rendah
40 gr tepung maizena
120 gr margarin
120 gr mentega
60 gr gula halus
40 gr susu bubuk
2 btr kuning telur

Bahan Selai Nanas :

1 kg nanas, parut
200 gr gula pasir
4 cm kayu manis
5 buah cengkih
1/2 sdt garam halus
1 sdt air jeruk nipis

Bahan olesan, aduk rata :

5 kuning telur
1sdt gula halus
1 sdm susu tawar cair

Cara Membuat :

1. Selai nanas : Campur nanas, gula pasir, cengkih, kayu manis, garam, dan air jeruk nipis, masak sambil diaduk terus hingga berbentuk selai yang kering.

2. Kulit nastar : Kocok margarin, mentega, kuning telur, dan gula halus menggunakan mikser selama 2 menit.

3. Masukan bahan kering sambil diaduk dengan mengguanakan spatula hingga tercampur rata.

4. Ambil 1 sendok teh adonan kulit kemudian isi dengan selai nanas.

5. Susun adonan yang telah di bentuk diatas loyang yang beroles margarin. Olesi atasnya dengan bahan olesan.

6. Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 160 derajat celcius selama 25 menit atau hingga kue matang. Angkat, dinginkan.

7. Simpan kue dalam toples.








Yang ini ternyata resepnya sama dengan Nastar hanya isinya diganti ceri hijau, yang dibuku sih ada ceri merahnya berhubung aku hanya punya ceri hijau ya sudahlah pake yang hijau...klo Adek sih wes pokoe ceri...mbuh ijo po abang hihiiii... ^^
Untuk ceri nya usahakan sebelum diisikan ke adonan dikeringkan dulu dengan menggunakan tisu sampai bener-bener ga basah, karena klo masih basah kukis yang udah matang akan cepet menjamur.

Shely....koyo iku lho Shel kaine sing tk maksud...
Arik...dadine koyok ngono say lek ga dioles kutel... --"




Sampai aku nulis ini dari 3 kukis ini yang tersisa adalah chocochip cookis tinggal 4 biji, nastar tinggal 7 biji dan yang isi ceri udah tinggal toplesnya hahaaa... gara-gara laptop ngambek hampir 2 minggu jadi begini deh...hikz. Semoga ga ngambek-ngambek lagi, dari semalam udh bisa mindahin foto-foto dari kamera dan udh bisa edit-edit, yeayy!! Alhamdulillah...

Happy Ramadhan untuk semuanya...udah hari ke 19 kan sekarang, ayo semangat !! Semoga Ramadhan kali ini menjadi sebaik-baik Ramadhan untuk kita semua...
Ketjup sayang untuk Shely yang lagi ngebut bikin kuker, jaga kesehatan ya dear... ^^

You Might Also Like

2 komentar

  1. syeeep say, koyok'e nek gawe sing bentuk'e koyok nang gambare pean mau bengi apik ga gawe polesan....tengkyu dikyu yo...muuuuaaaaahhh....

    ReplyDelete