Friday, 18 July 2014

KUE LAPIS BERAS




Siapa sih yang ga kenal Kue Lapis, pecinta kue-kue tradisional pasti udah ga asing lagi dengan kue yang satu ini. Kue Lapis terbuat dari tepung beras, tepung kanji, gula, santan dan pewarna. Penambahan tepung kanji atau tepung tapioka pada adonan supaya adonan menjadi lebih lentur. Untuk rasa gurihnya berasal santan sebagai bahan cairnya. Untuk pewarnanya biasanya menggunakan pewarna alami seperti perasan air pandan atau air merang tapi tidak jarang pula menggunakan pewarna makanan. Diperlukan kesabaran untuk membuat setiap lapisannya karena dibutuhkan waktu untuk mengukus setiap lapisan-lapisannya. Kalau dulu Kue Lapis selalu tampil hanya dengan 2 warna, tapi belakangan penambahan pewarna makanan membuat Kue Lapis tampil berwarna-warni cantik. Oiya untuk perasa manisnya bisa dari gula jawa lho, Kue Lapis yang ditambah dengan gula jawa akan memberikan warna  coklat alami.

Ini adalah yang kedua kalinya aku bikin Kue Lapis, yang pertama menggunakan resep NCC dan yang ini pake resep Sajian Sedap. Kalo dulu pake warna hijau dari pandan suji, yang sekarang pake pewarna makanan pink...hohooo**


KUE LAPIS BERAS

Bahan-bahan :
1.100 ml santan dari 2 butir kelapa
3/4 sendok teh garam
3 lembar daun pandan
250 gram tepung beras
50 gram tepung sagu
250 gram gula pasir
Pewarna makanan secukupnya

Cara membuat :
  1. Rebus santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih. Saring. Biarkan hangat.
  2. Aduk rata tepung beras, tepung sagu, dan gula pasir. Tuang rebusan santan sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
  3. Tuang 150 ml adonan di loyang 16x16x7 cm. Kukus 10 menit dengan api sedang. Lakukan selapis demi selapis bergantian hingga adonan habis
  4. Terakhir kukus selama 30 menit.





Hmm...enak bangeeet, membayangkan klo pake pandan suji atau gula jawa pasti tambah enak deh. Tapi ini bikinnya udah lama banget, jadi sekarang hanya tinggal gambarnya hehee...
Mumpung lagi punya banyak kelapa nih, mo bikin apa lagi yaaa... ;--
Selamat berpuasa, Ramadhan hari ke 20 ^^

No comments:

Post a Comment