BOLEN ISI KACANG HIJAU

21:11:00




Ada kacang hijau kupas sisa bikin isian bakpia untuk pr LBT beberapa waktu lalu, hmm ...udah lama banget yaaa ..untung ga kutuan tuh kacang ijonya, hihiiii...aku lupaaa, bener-bener lupa klo masih punya kacang ijo kupas itu. Bikin kue ini adalah coba-coba... klo enak ya ada disini dan sebaliknya klo ga enak ya cukuplah ada di dapurku aza xixii...^^

Sebenarnya aku bingung mo aku kasih judul apa ini...antara Bolen Isi Kacang Hijau atau Bakpia dengan Kulit Bolen hahaa... Kue ini terbuat dari adonan kulit bolen yang aku isi dengan kacang hijau mirip atau bahkan sama kayak isian bakpia. Karena bentuknya mirip Bolen maka aku putuskan judulnya Bolen Isi Kacang Hijau :D Mungkin kalo aku bentuk bulet-bulet udah bakpia banget penampakannya. Hmm...  terlintas bahwa nama itu ga penting dan rasa lah yang lebih utama tapi disini kan yang dilihat gambar dan judulnay bukan merasakan kuenya, itulah ,,,kenapa harus milih nama yang tepat hihiii :P

Untuk resepnya aku masih menggunakan resep kulit Bolen Pisang tapi di bahan B nya aku tambah susu bubuk.

BOLEN ISI KACANG HIJAU

Bahan-bahan

Bahan A:
100 gram tepung terigu protein tinggi
1 sendok makan minyak goreng
75 gram margarin

Bahan B:
200 gram tepung terigu protein tinggi
30 gram gula tepung
15 gram susu bubuk
80 ml air
75 gram margarin

1/2 Resep Bahan Dasar Olesan

Bahan Dasar Olesan (aduk Rata):
2 kuning telur
1 sendok makan air
1 sendok teh madu

Bahan Isi:
Bahan Isi :
125gr Kacang hijau kupas, rendam semalam, kukus, haluskan
40gr Gula halus
25gr Margarin
50gr Susu bubuk
Vanilla bubuk secukupnya
------------------------------------------------ campur semua bahan, aduk rata.


Cara Pengolahan :
  1. Bagi adonan isi menjadi 10 bagian, bentuk bulat atau lonjong.
  2. Aduk rata bahan A. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
  3. Aduk bahan B sampai setengah elastis. Diamkan 15 menit.
  4. Bagi adonan A menjadi 10 bagian, bulatkan. Bagi adonan B 10 bagian, bulatkan.
  5. Giling adonan B memanjang. Letakkan adonan A di atas adonan B. Lipat seperti amplop.
  6. Giling tipis adonan memanjang, gulung kemudian tipiskan lagi. Ulangi sebanyak 2 kali. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan 15 menit.
  7. Giling adonan molen melebar. Letakkan kacang hijau di tengah, kemudian bungkus dengan kulit. Rapikan. Oles dengan bahan olesan.
  8. Letakkan di loyang yang sudah dioles margarin. Oven 25 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. Keluarkan dari oven.
  9. Oles lagi dengan bahan olesan dan oven lagi 5 menit.




Rasanyaaaa....enaaaak, antara kulit bolen dan bakpia hihiii. Eh aku mo crita dikit tentang rasa kue ini... sama-sama pake resep ini untuk kulitnya, hanya beda isi, pisang dan kacang hijau. Yang isi pisang tuh ketika mateng kulitnya jadi lembab dan basah gitu, dan untuk yang isi kacang hijau kulitnya lebih kres kalo digigit, ga kres banget sih tapi ga selembab yang isi pisang, lebih mirip bakpia, klo suatu hari nanti aku bikin dengan adonan kulit yang sama dengan ini dan di isi kacang hijau kemudian aku bentuk bulet maka akan aku kasih nama Bakpia Isi Kacang Hijau hihiii...:D tapi bakpia yang kotak juga ada kok ya @_@
Akhirnyaaa... apapun namanya coba-coba kali ini tidak mengecewakan...:D

You Might Also Like

0 komentar