Friday, 20 June 2014

NUGGET AYAM




Bismillah ngeblog lagi :D

Yang kesekian kalinya nyoba-nyoba bikin nugget buat ara-tia, hmm...yang kemarin-kemarin mereka ada yang suka ...#bahagia^^, ada yang cuma dilirik thok...#sedih, ada juga yang diincipi dikiiit trs ga mau lg...#huhh! dan ujung-ujungnya kembali ke nugget yg ada merknya. Karena emang nugget makanan anak-anak banget, buat temen makan ato hanya sekedar di cocolin ke saos ato juga dimasukin plastik trs dikasih saos (yg ini tia banget) mirip yang dijual diluaran sanah...dan aku selalu wanti-wanti ke ara-tia untuk jangan jajan makanan model begitu di luaran sanah, tak belain capek-capek bikin deh daripada mereka jajan2 kyk gitu, hohooo emak2 lebay
Okay...kali ini bikin nugget pake resep dari tabloid Koki, sepintas aku baca resep kyknya enak nih dan layak dicoba...hmm sok jadi pengamat resep padahal ilmu cuma segitu-gitunya hihiiii
Dan ini yang kedua kalinya aku bikin pake resep ini, alhamdulillah tia doyan. Dan ara....iyaaaaa dia lagi dirumah dan doyan jugaaaaa...xmp dibuat cemilan aza sama dia, bikinnya juga berdua ara karena tia nya masih masuk sekolah... Oiya libur ara kali ini dalam rangka abis rapotan, dan nilai rapotnya alhamdulillah tidak mengecewakan, rata-ratanya masih diatas 8... untuk sekolah baru, temen-temen baru, suasana belajar yang baru dan jauh dari kami ini udah bagus menurutku...tapi tidak buat ara, dia selalu ga puas dengan nilaunya...#lagulama ...xmp waktu abis ujianpun dia nelpon nangis2, dia bilang takut ga naik kelas.... Ya Allah lebaymu ga ilang2 kak ckckckk...

Udah ah critanya, sekarang keresep aza ya... --"


NUGGET AYAM

Bahan :
Daging ayam cincang 1kg (vi pk daging ayam dari dada dan paha)
Roti tawar kupas 125gr, potong dadu
Susu bubuk 25gr
Air 150cc
Minyak sayur 100cc
Putih telur 3btr
Tepung tapioka 100gr
Minyak goreng untuk menggoreng

Bumbu :
Bawang merah 8btr
Bawang putih 4siung
Merica bubuk 1sdt
Merica hitam butiran 1/2sdt
Pala setengah buah
Garam secukupnya

Bahan pelapis :
Putih telur secukupnya
Tepung terigu protein sedang secukupnya
Tepung roti secukupnya

Cara membuat :

1. Masukkan daging ayam cincang, roti tawar, susu bubuk, air dan minyak ke dalam food processor. Proses hingga halus dan tercampur rata.

2. Tambahkan putih telur, bumbu halus dan tepung tapioka. Aduk hingga rata. Bagi menjadi 3 bagian.

3. Siapkan 3 buah loyang ukuran 24x24x4cm alas dengan alumunium foil. Masukkan satu bagian adonan nugget kedalam masing-masing loyang, ratakan dan padatkan. Kukus selama kurang lebih 40 menit, hingga matang. Angkat.

4. Keluarkan nugget dari loyang, dan cetak dengan cetakan sesuai selera.

5. Gulingkan nugget diatas tepung terigu, celupkan kedalam putih telur dan gulingkan lagi di tepung roti, ratakan.

6. Nugget siap digoreng.

**Untuk bikin yang bulat-bulat kayak punya ku, siapkan loyang yang sudah dioles minyak goreng kemudian sendokkan adonan nugget, pipihkan dan bentuk bulat.
**Sebelum digoreng lebih baik nugget disimpan di kulkas dl minimal 1 jam supaya ketika digoreng panir tidak rontok.





No comments:

Post a Comment