Saturday, 28 June 2014

BANANA BREAD MBAK R




Sssstttt...masih tentang pisang, jangan bosyen yaa... ""
Penasaran banget dengan rasanya setelah Shely bilang "mbak, ban-bread'e mbak R enak lho ..."
Dan beneran enaaaaaak, suka banget dengan rasanya. Ini resepnya hasil googling, dengan kata kunci Banana Bread Mbak R blognya mbak Hesti yang nongol di urutan pertama hohooo... ijin link ya mbak hestiiii, tengkyuuuu :* aku lg males ketak-ketik resep ...#lagulama :P
Hmm...kayaknya bakal bikin lagi deh ...**





SARIKAYA PISANG




Lagi kebanjiran pisang...pengen bikin sesuatu tapi yang gampang-gampang aza, ga pake ribet dan enak...hehee^^ Nemu resep Sarikaya Pisang di majalah Sedap pemula edisi 68 :D
Sarikaya adalah campuran santan dan telur yang dikukus sehingga rasanya lembut.
Cara bikinnya gampang banget dan sepertinya enak...bahan ada semua, mari masuk dapur keburu pisangnya mateng banget...


SARIKAYA PISANG

Bahan :
250gr Pisang ambon, haluskan (vi pk pisang barlin)
300cc Santan dari setengah butir kelapa
100gr Gula merah, sisir (menurut vi terlalu manis)
2lbr Daun pandan
1/2sdt Garam
5btr Telur

Cara membuat  :

1. Rebus gula merah, santan, garam dan daun pandan diatas api kecil sambil diaduk hingga gula larut, angkat dan dinginkan.

2. Blender pisang dan rebusan santan sampai lembut. Sisihkan.

3. Kocok lepas telur. Masukkan campuran sedikit demi sedikit  sambil diaduk perlahan hingga rata.

4. Tuang dipinggan tahan panas, kukus dalam kukusan yang sudah dipanaskan dengan api kecil kurang lebih 50 menit.

Pisang, santan dan gula merah itu pas jika dipadukan, rasanya enak banget. Dinikmati dingin lebih enak, cocok sebagai hidangan berbuka.
Menurut catatan Sedap Pemula pengukusan dengan api kecil dimaksudkan supaya ketika matang sarikaya tidak mengkerut.






Ariiiiiiiik...wes tayang yo saaaay, sik ono kan gedange ? ayo ndang nggawe, selak ditumbasno gedang neh karo Ibuk hihiiii _ _"

Friday, 20 June 2014

PIZZA 'OMAHAN'




Masih dalam rangka berduaan sama kkk dirumah karena adek masih masuk sekolah dan ayah seperti biasa, ke kandang :D
Bikin pizzaaaa, untuk dough nya pake yang untuk setoran LBT, saosnya beli saos bolognese yang udah jadi, hanya pake sosis asap dan taburan keju cheddar :D sooooo simple dan pada suka...menyenangkan heheew... Yang lebih menyenangkan lagi adalah kakak ikut umek dari awal bikin xmp selesai, sesuatu yang jarang dilakukan doeloe waktu masih SD --"





BAKSO AYAM PANIR




Bakso ayam ini bikinnya bareng dengan nugget ayam, sebenarnya udah sering banget bikin bakso ayam ini tapi selalu diisikan ke tahu, hmm... critanya ngambek bikin bakso daging sapi ga pernah jadi makanya beralih ke bakso ayam hihiii. Untuk yang pake tusuk-tusuk ini baru dua kali bikin, ketika bikin bakso tahu ada sisa adonan dan ingat beberapa waktu lalu pernah beli tusuk es krim tapi belom kepake jadinya sisa adonan bakso yang cm dikit itu di "pakein" tusuk es krim...hanya jadi 3 biji, suka banget liat bentuknya, anak-anak banget hihiii...
Kali ini bikin lagi, masih dengan resep yang sama dengan bakso tahu hanya aza yang ini dipanir dan digoreng.


BAKSO AYAM PANIR

Bahan :
250gr Daging dada ayam, cincang
2siung Bawang putih, iris tipis, goreng kering
1/2sdt Merica bubuk
1btr Telur
50gr Tepung tapioka
Garam secukupnya
 
Putih telur, tepung terigu protein sedang dan te[ung panir secukupnya.
Tusuk es krim secukupnya, potong jadi 2

Cara membuat :

1. Masukkan semua bahan ke dalam food prosessor, haluskan.
2. Didihkan air dalam panci.
3. Ambil satu sendok adonan bakso, bulatkan di tusuk es krim kemudian masukkan ke dalam air yang sudah mendidih. Masak bakso sampai mengapung. Lakukan hingga adonan habis.
4. Setelah bakso dingin, lanjut ke proses memanir (sama kyk memanir nugget)






Bikin satu resep jadi 14 tusuk, hihiii lucu yaa... ara-tia doyan banget hohoo... **
Ummu Ichsan ....ayo bikin iniiiiii, pasti Ichsan sukaaa ....:D

NUGGET AYAM




Bismillah ngeblog lagi :D

Yang kesekian kalinya nyoba-nyoba bikin nugget buat ara-tia, hmm...yang kemarin-kemarin mereka ada yang suka ...#bahagia^^, ada yang cuma dilirik thok...#sedih, ada juga yang diincipi dikiiit trs ga mau lg...#huhh! dan ujung-ujungnya kembali ke nugget yg ada merknya. Karena emang nugget makanan anak-anak banget, buat temen makan ato hanya sekedar di cocolin ke saos ato juga dimasukin plastik trs dikasih saos (yg ini tia banget) mirip yang dijual diluaran sanah...dan aku selalu wanti-wanti ke ara-tia untuk jangan jajan makanan model begitu di luaran sanah, tak belain capek-capek bikin deh daripada mereka jajan2 kyk gitu, hohooo emak2 lebay
Okay...kali ini bikin nugget pake resep dari tabloid Koki, sepintas aku baca resep kyknya enak nih dan layak dicoba...hmm sok jadi pengamat resep padahal ilmu cuma segitu-gitunya hihiiii
Dan ini yang kedua kalinya aku bikin pake resep ini, alhamdulillah tia doyan. Dan ara....iyaaaaa dia lagi dirumah dan doyan jugaaaaa...xmp dibuat cemilan aza sama dia, bikinnya juga berdua ara karena tia nya masih masuk sekolah... Oiya libur ara kali ini dalam rangka abis rapotan, dan nilai rapotnya alhamdulillah tidak mengecewakan, rata-ratanya masih diatas 8... untuk sekolah baru, temen-temen baru, suasana belajar yang baru dan jauh dari kami ini udah bagus menurutku...tapi tidak buat ara, dia selalu ga puas dengan nilaunya...#lagulama ...xmp waktu abis ujianpun dia nelpon nangis2, dia bilang takut ga naik kelas.... Ya Allah lebaymu ga ilang2 kak ckckckk...

Udah ah critanya, sekarang keresep aza ya... --"


NUGGET AYAM

Bahan :
Daging ayam cincang 1kg (vi pk daging ayam dari dada dan paha)
Roti tawar kupas 125gr, potong dadu
Susu bubuk 25gr
Air 150cc
Minyak sayur 100cc
Putih telur 3btr
Tepung tapioka 100gr
Minyak goreng untuk menggoreng

Bumbu :
Bawang merah 8btr
Bawang putih 4siung
Merica bubuk 1sdt
Merica hitam butiran 1/2sdt
Pala setengah buah
Garam secukupnya

Bahan pelapis :
Putih telur secukupnya
Tepung terigu protein sedang secukupnya
Tepung roti secukupnya

Cara membuat :

1. Masukkan daging ayam cincang, roti tawar, susu bubuk, air dan minyak ke dalam food processor. Proses hingga halus dan tercampur rata.

2. Tambahkan putih telur, bumbu halus dan tepung tapioka. Aduk hingga rata. Bagi menjadi 3 bagian.

3. Siapkan 3 buah loyang ukuran 24x24x4cm alas dengan alumunium foil. Masukkan satu bagian adonan nugget kedalam masing-masing loyang, ratakan dan padatkan. Kukus selama kurang lebih 40 menit, hingga matang. Angkat.

4. Keluarkan nugget dari loyang, dan cetak dengan cetakan sesuai selera.

5. Gulingkan nugget diatas tepung terigu, celupkan kedalam putih telur dan gulingkan lagi di tepung roti, ratakan.

6. Nugget siap digoreng.

**Untuk bikin yang bulat-bulat kayak punya ku, siapkan loyang yang sudah dioles minyak goreng kemudian sendokkan adonan nugget, pipihkan dan bentuk bulat.
**Sebelum digoreng lebih baik nugget disimpan di kulkas dl minimal 1 jam supaya ketika digoreng panir tidak rontok.





Saturday, 7 June 2014

PROL TAPE





Waktu ke Malang hari Minggu kemarin karena hanya berkunjung tidak ada acara keluar panjang jadi jam setengah satu udah pulang dan pulangnya mampir minimarket beliin cemilan adek. Liat di rak buku ada tabloid koki, hmm...tertarik, belilah sekalian. Judul sampulnya Sajian dalam Cup Alumunium...weiiiiy penasaran baca judulnya.
Dan prol tape ini adalah salah satunya... pulang dari Malang itu mampir dulu beli tape, hohooo semangat sekali. besoknya langsung bikin. Tapi aku ga pake alumunium cup... dan hasilnya kenapa mirip cupcake tape ato lebih mirip lagi ke muffin tape hihiiii
Awal baca resepnya aku membayangkan rasanya lebih ke cake tape gitu...
Yuk ah langsung resep yaa... ;)

PROL TAPE

Bahan :
Tepung terigu protein sedang 100gr
Tepung maizena 25gr
Susu bubuk 15gr
Tape singkong 175gr, buang seratnya dan haluskan (vi pk 200gr)
Susu kental manis 50cc
Telur ayam 5btr
Gula pasir 100gr
Margarin 100gr, cairkan\
Minyal sayur 30cc
Keju chedar parut 100gr utk taburan

Cara membuat :

1. Ayak terigu, maizena dan susu bubuk menjadi satu, sisihkan.
2. Campur tape singkong dan susu kental manis, aduk rata sisihkan.
3. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang, masukkan campuran tape sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
4. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit, aduk perlahan.
5. Tuang margarin cair dan minyak sayur sedikit demi sedkit sambil diaduk perlahan dan tercampur rata.
6. Tuang adonan ke dalam cup, taburi keju parut. panggang dalam oven bersuhu 170 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit hingga matang.







Liat tuh bentuknyaaa...kayak muffin kan hihiii dan rasanya lebih ke cake menurutku tapi tetep enak... (Y)... eh ada resep yang lain di koki itu yang pengen aku coba lagi, masih dijudul yang sama yaitu menggunakan cup tapiiiii ga tau kapan bikinnya hihiii...cari waktu senggang dulu #hahaa gayae sok sibuk :P