TAPE BOLEN

17:01:00





Kalo Pisang bolen udah pada tau kan ? sebenarnya tape bolen pun bukan kue yang aneh karena aku udah sering baca namanya hanya aja aku yang baru pertama kali makan itupun karena dikasih oleh-oleh tetangga depan rumah (makasih ya Ummu Ichsan :*)...klo ga dikasih tetangga ga makan ya vii :D :P  kenapa ga kepikir untuk beli dan mencobanya karena kok aku ngerasa aneh ya bolen isi tape karena udah terbiasa dengan bolen pisang, yang ada dipikiran ku tape utuh di kasih kulit bolen tapi ternyata tapenya udah dihaluskan dulu dan rasanya lembuut gitu.
Kali ini untuk kulit bolen nya aku pake resep Chef Dedy Rustandi copas dari grup fb dan isiannya hmm....sedikit pake ilmu sesat ku tapi rasanya tidak mengecewakan hihiiii >,<

Tape Bolen

Bahan kulit :
Tepung terigu protein sedang Beruang Biru 250 gram
Air es 125 ml
Gula halus 10 gram
Garam secukupnya
Susu bubuk 10 gram
Kuning telur 1 butir
Margarin 25 gram
Mentega 15 gram
Pastry Margarine/ Korsfet 125 gram

Isi :
Tape 300gr, bersihkan seratnya dan haluskan
Gula halus 1,5sdm
Susu bubuk 30gr
Keju cheddar parut 30gr (klo banyak2 aku takut lbh berasa ngeju, boleh ditambah sesuai selera)
Margarin 1sdt (klo pk butter lebih enak kyknya)

Olesan :
Kuning telur 1 butir, kocok untuk olesan -

Cara membuat :
1. Campur semua bahan isi jadi satu, aduk rata, sisihkan.
2. Campur semua bahan kulit kecuali pastry margarine/ korsfat, uleni hingga ¾ kalis.
3. Diamkan adonan dalam lemari pendingin selama 10 menit. Tipiskan adonan hingga setebal 0,5 cm.
4. Oleskan 1/3 bagian pastry margarine/ korsfat pada permukaan adonan, lipat 3 bagian. Simpan dalam lemari pendingin selama 15 menit.
5. Ulangi mengoles shortenign dan melipat adonan hingga 3 kali (hingga pastry margarine/ korfat habis). Istirahatkan adonan dalam lemari pendingin selama 30 menit.
6. Keluarkan adonan kulit dari lemari pendingin, tipiskan hingga setebal 0,3 cm. Potong kotak.
7. Letakkan isian di atas adonan kulit, lipat dan rapatkan. Lakukan hingga adonan habis.
8. Atur adonan di atas loyang bersemir margarin secara berdekatan  atau menempel satu dengan lainnya (punyaku ga menempel) . Oles permukaannya dengan kuning telur.
9. Panggang dalam oven bersuhu 160oC hingga matang. Angkat.







Untuk rasa kulitnya entah kenapa aku lebih suka yang ini tapi tergantung selera masing-masing yaa...
Oiya...kue ini bikinnya udah lamaaaa banget karena ada sesuatu hmm...akhirnya baru hari ini bisa tayang disini daaaaaaan sampe saat ini blom ngutek-ngutek resep lagi, hikz...blom bikin pretzel jugaaaa huhuuu T,T

You Might Also Like

6 komentar

  1. Hmmm... unik bgt ya mba...
    Kebayang wanginya wkt msh di oven ya....

    Penasaran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unik karena biasanya pake pisang yg ini pk tape mbak Lina :D

      Delete
  2. Tape aku suka banget mbak Fifi, perlu dicoba niy mumpung masih punya pastry margarine sisa bikin pisang bolen kapan hari.... :) ijin copas yaaa mbak , maturnuwun,,,,

    ReplyDelete
  3. Akhirnya tayang juga Ў∂ªª say.....padahal ws suwe aku di iming2 fotone, wokeeeeeh....tak nyob pisan, suwun resepe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jajane wes entek baru tayang yo say, telat banget huhuuu :D

      Delete