JAJAN PASAR/KUE TRADISIONAL

TAPE BOLEN

17:01:00





Kalo Pisang bolen udah pada tau kan ? sebenarnya tape bolen pun bukan kue yang aneh karena aku udah sering baca namanya hanya aja aku yang baru pertama kali makan itupun karena dikasih oleh-oleh tetangga depan rumah (makasih ya Ummu Ichsan :*)...klo ga dikasih tetangga ga makan ya vii :D :P  kenapa ga kepikir untuk beli dan mencobanya karena kok aku ngerasa aneh ya bolen isi tape karena udah terbiasa dengan bolen pisang, yang ada dipikiran ku tape utuh di kasih kulit bolen tapi ternyata tapenya udah dihaluskan dulu dan rasanya lembuut gitu.
Kali ini untuk kulit bolen nya aku pake resep Chef Dedy Rustandi copas dari grup fb dan isiannya hmm....sedikit pake ilmu sesat ku tapi rasanya tidak mengecewakan hihiiii >,<

Tape Bolen

Bahan kulit :
Tepung terigu protein sedang Beruang Biru 250 gram
Air es 125 ml
Gula halus 10 gram
Garam secukupnya
Susu bubuk 10 gram
Kuning telur 1 butir
Margarin 25 gram
Mentega 15 gram
Pastry Margarine/ Korsfet 125 gram

Isi :
Tape 300gr, bersihkan seratnya dan haluskan
Gula halus 1,5sdm
Susu bubuk 30gr
Keju cheddar parut 30gr (klo banyak2 aku takut lbh berasa ngeju, boleh ditambah sesuai selera)
Margarin 1sdt (klo pk butter lebih enak kyknya)

Olesan :
Kuning telur 1 butir, kocok untuk olesan -

Cara membuat :
1. Campur semua bahan isi jadi satu, aduk rata, sisihkan.
2. Campur semua bahan kulit kecuali pastry margarine/ korsfat, uleni hingga ¾ kalis.
3. Diamkan adonan dalam lemari pendingin selama 10 menit. Tipiskan adonan hingga setebal 0,5 cm.
4. Oleskan 1/3 bagian pastry margarine/ korsfat pada permukaan adonan, lipat 3 bagian. Simpan dalam lemari pendingin selama 15 menit.
5. Ulangi mengoles shortenign dan melipat adonan hingga 3 kali (hingga pastry margarine/ korfat habis). Istirahatkan adonan dalam lemari pendingin selama 30 menit.
6. Keluarkan adonan kulit dari lemari pendingin, tipiskan hingga setebal 0,3 cm. Potong kotak.
7. Letakkan isian di atas adonan kulit, lipat dan rapatkan. Lakukan hingga adonan habis.
8. Atur adonan di atas loyang bersemir margarin secara berdekatan  atau menempel satu dengan lainnya (punyaku ga menempel) . Oles permukaannya dengan kuning telur.
9. Panggang dalam oven bersuhu 160oC hingga matang. Angkat.







Untuk rasa kulitnya entah kenapa aku lebih suka yang ini tapi tergantung selera masing-masing yaa...
Oiya...kue ini bikinnya udah lamaaaa banget karena ada sesuatu hmm...akhirnya baru hari ini bisa tayang disini daaaaaaan sampe saat ini blom ngutek-ngutek resep lagi, hikz...blom bikin pretzel jugaaaa huhuuu T,T

PUDDING

PUDING ROTI

07:15:00

 



Horree...akhirnya bisaaaa, makasih mbak dwek udah tak repoti semalam, hihiiii

Bikin puding roti ini kelanjutan dari roti tawar yang lalu, jadiiii sebagian dr roti tawarnya aku jadiin puding roti ini, resepnya masih sama dengan yang ini tapi karena ada sisa cery hijau jadi ada warna hijaunya. Bisa bikin puding roti tanpa harus beli roti tawar dulu itu sesuatu banget lho ^^
Sebenarnya ini adalah postingan terakhir bulan Mei tapi karena kemarin ada sedikit kesalahan jadinya tayang di bulan ini.
Okay...alhamdulillan udah bisa melewati bulan April dengan baik, semoga bulan ini masih ada waktu dan tepat untuk bikin kue dan foto-fotonya juga, hahaa


Udah ah ya...mo kembali ke dunia nyata nih, lg rempong...eh mo nyari kabel buat inet juga biar enak klo OL, ga mati hidup kyk gini :D

Happy baking ya ^^




ROTI

ROTI TAWAR

07:02:00



 
Alhamdulillah ya Allah...ternyata aku bisa bikin roti tawar, terharuuuuu, huhuuu...hahaa lebay ya... sebenarnya keinginan untuk bikin roti tawar ini udah lama banget sayangnya baru sempet bikin walopun ga sesuai dengan rencana semula, rencana semula yaitu dioles coklat sebelum digulung jadi ketika udah mateng dan diiris ada coklat yang melingkar ditengah. Beli coklat oles udah lama banget karena ga bikin-bikin ditaruh dimeja makan tau-tau abis aza, lha wong bentar-bentar ambil sendok nyolek coklat hehee... akhirnya ketika udah "karep" bikin roti tawar coklatnya udah habis :D



Aku rasa roti tawar udah bukan barang aneh lagi ya karena hampir setiap bakery dari yang udah punya nama sampek yang lokalan selalu ada. Yang biasa sarapan dengan roti tawar biasanya roti tawar dipanggang dulu dan untuk penyajian selanjutnya bisa dioles dengan berbagai macam selai dan madu atau bisa juga dibikin sanwidh. Seiring perkembangannya roti tawar ada dalam beberapa resep puding, cake dan gorengan berpanir ato tanpa panir. Bisa juga sebagai campuran untuk membuat nugget dan juga sebagai pelengkap kolak dan angsle, hmm...banyak  lah pokoknya.
Untuk roti tawar pertamaku ini aku bikin pake resep NCC, hasilnya tidak mengecewakan dan seneng banget bisa bikin roti tawar sendiri #yeay! ... Kok jadi pengen bikin lagi ya, hahaa dasar!!





vi2 saiki iso masak...

AYAM SERUNDENG

10:34:00





Yuhhuu...ketemu lagi dengan vivi yang lagi belajar masak :D ini adalah salah satu caraku agar disayang suami dan anak-anak, hahaa lebay lagi >< ya sudahlah apapun itu aku hanya berusaha menjadi yang terbaik bagi mereka, pengen menjadi seperti ibu-ibu yang lainnya, yang selalu menyajikan masakan yang sehat dan enak untuk keluarganya, ehheemm lebay lagiiii^^
Kali ini bikin Ayam Serundeng, seperti biasa masakanku tidak pake pedes yaa... karena disini tidak pada suka makanan yang pedes-pedes. Sebenarnya ini masakan yang biasa aza seeh hanya aza aku yang biasanya tinggal makan sekarang jadi pengen masak sendiri.

AYAM SERUNDENG

Bahan :

300gr Dada ayam, potong kecil
2cm Jahe, geprek
2lbr Daun salam
1tangkai Serai, geprek
2cm Lengkuas, geprek
1bh Cabe merah besar iris-iris
100gr Kelapa parut
Garam, gula secukupnya
Minyak goreng untuk menumis
150cc Air

Bumbu halus :

6btr Bawang merah
3siung Bawang putih
1/2sdt Ketumbar

Cara membuat :

Tumis bumbu halus, daun salam, jahe, cabe merah iris, lengkuas dan serai sampai harum. Masukkan ayam, aduk sampai berubah warna. Tuang air, masak hingga meresap dan matang. Tambahkan kelapa parut, garam, gula. Aduk-aduk hingga air menyusut dan kelapa agak kering. Ayam serundeng siap dihidangkan.


Gampang kan bikinnyaaa... Tinggal nyiapin nasi angetnya, hehee Oiya kemarin waktu bikin ini ada pecel dan sayur-mayurnya juga plus tempe goyeng. Yang bikin ilang capeknya ketika abis masak adalah ketika si ayah dan adek doyan dan bilang enak...Yess!!
Eh..eh...bagi yang suka pake banget masakan pedes-pedes silahkan menambah cabe rawit di bumbu halusnya ato boleh juga diiris-iris aza :D
Okay sampai ketemu di vivi belajar masak berikutnya hihiiii :P