LBT#31 BAKPIA

09:45:00








Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Istilah bakpia sendiri adalah berasal dari dialek Hokkian (Hanzi: 肉餅), yaitu dari kata "bak" yang berarti daging dan "pia" yang berarti kue, yang secara harfiah berarti roti berisikan daging. Di beberapa daerah di Indonesia, makanan yang terasa legit ini dikenal dengan nama pia atau kue pia.
Bakpia termasuk salah satu masakan yang populer dari keluarga Cina atau Tionghoa. Bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah Pathok (Pathuk), Yogyakarta. Mengingat masyarakat Jogja cukup banyak yang beragama Islam, pada perkembangannya, isi bakpia yang semula daging babi pun diubah menjadi kacang hijau. Kemudian rasa-rasa dari bakpia dikembangkan menjadi cokelat, keju, kumbu hijau, dan kumbu hitam.
Di desa Pathok, dulunya penduduk tidak mengenal istilah "merek", sehingga bakpia yang dijual hingga saat ini berlabel "nomor rumah produsen", misalnya nomor 75. Kemudian barulah muncul beberapa merek bakpia yang bukan dari nomor rumah, seperti Djava dan lain-lain.
Lezatnya rasa bakpia menjadikan kue ini menjadi salah satu favorit para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Bakpia bisa didapatkan di toko bakpia atau toko yang menjual oleh-oleh khas Jogja. (wikipedia)


Yuhhuuuu...udah sampe di LBT 31 yaaa....yeayy!! kali ini pr nya Bakpia. Sebenarnya aku udah pernah bikin yang ini dan yang ini. Yang aku tau ada 2 jenis Bakpia yaitu yang kering dan yang basah. Bedanya secara gampang klo yang basah itu waktu digigit ga beremah ato morat-marit dan yang kering waktu digigit beremah ato morat-marit (morat-marit bahasa apa ya ...? hihiii) dan dua-duanya aku suka tapi klo ada didepan mata terus disuruh milih maka aku akan milih yang kering aza. Okay...kali ini aku bikin yang kering aza, tapi yang ini beda resepnya dengan yang dulu. Kali ini aku pake resepnya Chef Deddy Rustandi hanya aza pemakaian minyak di bahan A aku ganti dengan margarin, maksudku biar ga terlalu kering gitu...
Okay...langsung resep aza ya...^^

BAKPIA

Bahan A :
 125gr Tepung terigu
60gr Margarin
40cc Air
25gr Gula halus
Sedikit garam

Bahan B :
100gr Tepung terigu
50cc Minyak goreng

Bahan Isi :
125gr Kacang hijau kupas, rendam semalam, kukus, haluskan
25gr Gula halus
25gr Margarin
50gr Susu bubuk
50gr Keju cheddar parut

1 kuning telur untuk olesan.

Cara membuat :

1. Isi, campur semua bahan isi, aduk rata, bulat dan pipihkan menjadi 10 bagian.

2. Campur bahan A, uleni hingga tercampur rata. Bagi adonan menjadi 10 bagian

3. Campur bahan B, uleni hingga tercampur rata. Bagi adonan menjadi 10 bagian.

4. Pipihkan adonan A, letakkan adonan B, lipat dan rapatkan kemudian pipihkan lagi dengan rolling pin, lakukan hingan 2 kali. Kemudian isi kulit adonan dengan isian rapatkan bagian bawahnya dan rapikan.

5. Tata bakpia diloyang, oles dengan kuning telur. Oven dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.


# ini jadinya gede-gede banget sesuai diresep klo pengen yang kecil adonan dan isi dibagi 20 aza.






Rasanya...aku suka banget, bakpia kering yang klo digigit ga morat-marit kemana-mana dan ga perlu pake dua tangan untuk memakannya ( tangan kanan untuk pegang bakpianya dan tangan kiri untuk megang remah-remahnya ketika digigit hihiii :P) dan isinya juga aku suka bangeeeet...pas sama selera orang rumah yang ga suka yang manis-manis. Okay...recomended untuk dicoba... ^^
Happy baking dan salam LBT ... :)

You Might Also Like

2 komentar

  1. Terkesima banget saya...terutama lihat foto2nya....huaaa....top bngt deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda Lia ...msh belajar nih bun, makasih ya ^^

      Delete