Wednesday, 23 April 2014

CAPCAY "JOWO"





Yeayy!! akhirnya bikin juga...
Sebenarnya kenal capcay jowo di rumah mertua di Wonosobo dan dirumah Alm. mbak iparku, awalnya agak heran kok ada capcay seperti ini, ternyata disana udah biasa dan ada yang jual :D
Doeloe...pernah bikin tapi merasa ga pas aza dengan adonan tepungnya.
Dan kali ini bikiiiiiin hasil meguru ke mbak Susi *ketjup-ketjup* hihiii...ketika lagi asyik bbm tentang makanan tau-tau ngobrolin capcay ini. Abis minta diajari cara bikinnya langusng janji ke pak suami "eh, ntr tk bikinin capcay wonosobo yo.." :D sayangnya yang punya dapur ga bikin-bikin, pernah ditagih juga sih sama pak suami, hihiiii dan baru kemarin sempet bikin, ouh senangnyaaa ^^

Ini pelajaran dari mbak Susi : untuk adonan tepungnya, satu bagian tepung + satu bagian telur, jadi klo tepungnya 100gr, telurnya juga 100gr terus dikasih bumbu merica dan garam secukupnya aza. Oiya tambahkan sedikit air biar adonan tidak terlalu kental dan bisa disendok. Kemudian goreng adonan (sesendok demi sesendok ya, jgn semua adonan dituang semua hihiii), goreng hingga matang dan setelah matang, dinginkan kemudian potong-potong memanjang.
Untuk bumbu yang dihaluskan sama kayak klo mo bikin bakmi jowo yaitu kemiri, bawang putih, merica. Jangan lupa tambahkan irisan daun bawang. Untuk pelengkap yang lain yaitu sayur sawi hijau, wortel (potong korek api), daging ayam yang sudah direbus (disuwir-suwir). Cara bikinnya...sama kayak bikin mie goreng, bisa dibayangkan kaan ? Untuk rasanya ...sesuaikan sama selera masing2 aza ya.. ;)
Hasilnya bener2 tidak mengecewakan, enak bangeeeet... (Y) dan yang bikin bahagia adalah tia dan mas fitri suka banget, asiiiik *dancing*


Untuk suami tertjinta...sego megono udah yaa, capcay jowo juga udaah. sayangnya sego megononya ga kepoto, hikz... Nda bisa masak kaaan ? ayo dong diakui...hhahaa :P

Udah ah segini aza, modemnya macet-macet trs nih... :(





2 comments:

  1. mba fifi jd itu kaya telur dadar pake tepung yaa? belum pernah nyoba jadi penasaran aku mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Isna...tp nggorengnya disendoki kyk mo bikin pisgor gt. Ayo bikin deh mbak biar ga penasaran, hihii

      Delete