SUS KEJU AYAM

20:06:00




Event NCC-CCW ^^

Kue sus (bahasa Belanda: soes) adalah kue berbentuk bundar dengan rongga berisi fla (vla), custard, atau daging. Kue sus dengan isi vla atau custard disajikan setelah didinginkan di lemari es, karena vla atau custard yang berbahan baku susu mudah menjadi basi. Kue sus dalam bahasa Perancis disebut choux à la crème. Bentuk kue yang bundar seperti kubis menjadikan kue ini disebut choux (bahasa Perancis untuk kol).
Berbeda dengan adonan kue bolu dan cake, adonan kue sus bukan didapat dari mengocok telur atau mentega dengan gula. Adonan kue sus (pâte à choux) dibuat dari menambahkan tepung terigu ke dalam campuran air yang dimasak bersama margarin atau mentega hingga mendidih. Telur ayam ditambahkan satu per satu di dalam adonan sambil diaduk hingga adonan tidak lengket di panci. Adonan kue sus tidak menggunakan bahan pengembang seperti soda kue atau baking powder. Alat pengocok kue (mixer) hanya digunakan agar kue mengembang lebih bagus sewaktu dipanggang.
Oven yang digunakan untuk memanggang kue sus harus panas sekali (220 derajat Celsius). Panas oven mengubah kadar air yang tinggi di dalam adonan menjadi uap. Telur di dalam adonan membentuk kerangka kue yang tipis, sedangkan uap yang terperangkap di dalam adonan membuat rongga di bagian dalam kue. Adonan yang hampir serupa dengan kue sus digunakan untuk membuat kue-kue sejenis, misalnya: croquembouche, eclair, beignet, dan gougère.
Beberapa modifikasi kue sus juga terus berkembang, sehingga bentuk kue sus tidak lagi bulat, ada juga kue sus yang sudah dibentuk menjadi bentuk Angsa. Ada sus kering juga ada sus basah, tergantung cara penyajiannya (wikipedia)

Yuhuuu...setelah melewatkan yang coklat-coklatan kemarin sekarang aku hadir dengan keju-kejuan. Dan ini udah yang sekian kalinya ikutan event NCC walopun ga setiap ada event ikut sih... :D Dalam tema keju kali ini aku bikin Sus Keju Ayam... resepnya dari majalah Sedap Pemula yang edisi Rupa-Rupa Sus karena blom pernah bikin yang rasa ngeju kayak gini jadi resep tanpa modifikasi sedikitpun ato “nyonto plek” hehee... Dari kulitnya sampe isinya udah berkeju-keju gitu, jadi bisa dibayangkan lah rasanya.... Yuk ah...langsung resep yaa ;)

Sus Keju Ayam
Bahan :
100gr Margarin
200cc Air
100gr Tepung terigu protein sedang
1/4sdt Garam
3btr Telur
50gr Keju parut
25gr Keju parut untuk taburan
Cara membuat :

1. Rebus margarin dan air sampai mendidih, tambahkan tepung terigu dan garam. Aduk rata sampai kalis. Angkat dan dinginkan.
2. Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok. Masukkan keju parut, aduk sampai menyebar.
3. Semprotkan diloyang dengan menggunakan piping bag, taburkan keju. Oven dengan api bawah suhu 200 derajat celcius sampai kue sus mengembang, kemudian kecilkan api, panggang lagi lagi hingga matang.


Bahan isi :

1 buah paha ayam atas bawah, rebus, suwir
200 cc air kaldu ayam
2 sdm susu bubuk
6 lbr keju slice, potong-potong
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 sdm tepung terigu
3/4 sdt garam (vi pk 1/2sdt)
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1 tangkai seledri, iris halus
2 sdm margarin untuk menumis

Cara membuat :

1. Rebus air kaldu, susu bubuk dan keju sambil diaduk sampai keju larut. Sisihkan

2. Tumis bawang bombay dalam margarin. Masukkan tepung terigu, aduk rata.

3. Tuangkan larutan keju sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga meletup-letup.

4. Masukkan ayam, garam, merica bubuk, pala bubuk dan seledri. Aduk rata.

5. Isikan ke dalam kulit sus.

Baru nyadar setelah sus masuk oven...ternyata blom ditabur keju atasnya, mo dikeluarin lagi jelas ga mungkin, huhuuu...
Oiya...satu resep isian untuk setengah resep kulit sus ya... ^^
Rasanya ngeju banget...yang doyan keju-kejuan layak dicoba nih ...




Salam Kejuuuuu ^^

You Might Also Like

0 komentar