Tuesday, 18 February 2014

ROTI PISANG




Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.
Perlu disadari, istilah "pisang" juga dipakai untuk sejumlah jenis yang tidak menghasilkan buah konsumsi, seperti pisang abaka, pisang hias, dan pisang kipas. Artikel ini hanya membahas pisang penghasil buah konsumsi serta kerabatnya yang berkaitan (wikipedia)

Konon ceritanya ini adalah salah satu jajanan tradisional khas Banjar. Hmm...klo dibaca namanya tuh ga ada mirip-miripnya sama roti secara roti pasti beragi ya, ato lebih tepatnya lebih mirip Kue Lumpur karena dicetak menggunakan cetakan kue Lumpur...wes buat aku apapun namanya dan bentuknya yang penting rasanya enak pake banget, hihiii..
Pas banget buat cemilan ato temen ngeteh sore hari, ato yang biasa sarapan pagi sama kue-kue kayak keluarga besarku di Banyuwangi dan Lumajang ini juga pas banget. Buat yang baru-baru utak-atik resep kayak tetangga depan rumahku yang lagi cemungut-cemungutnya bikinin kue-kue buat anak dan suaminya ini juga pas banget hihiiii karena ga pake ribet dan jauh dari kata gagal hahaa...^^

Roti Pisang

Bahan :

250 Gr Terigu Protein sedang
125 - 150 Gr Gula, menyesuaikan kemanisan pisang
2 gelas/kurleb 450 ml santan, rebus dg 1/4 sdt garam dan 2 lembar daun pandan, dinginkan
1/2 sdt vanili bubuk
50 Gr susu bubuk fullcream
2 Butir telur, kocok lepas
75 Gr margarin lelehkan
5 - 7 buah pisang, belah memanjang menjadi 4, lalu potong2 kecil
Bila suka bisa memakai kismis yg dipotong2 kecil

Cara Membuat :

* Ayak tepung dan susu, lalu campur dg gula pasir dan vanili, aduk rata, sisihkan
* Campur santan, telur dan margarin leleh sampai rata, tuang kedalam campuran tepung, aduk rata sampai halus memakai whisk atau mixer kec rendah
* Masukkan potongan pisang, aduk rata, diamkan 30 menit.
* Panaskan cetakan kue lumpur, beri sedikit margarin, lalu tuang adonan 3/4 tinggi catakan, lalu tutup
* Bila sudah 3/4 matang beri kismis, tutup lagi sampai matang
* Kalau sudah matang lalu balik kue, sehingga bagian atas juga ikut kering atau ada efek kecoklatan.
* Angkat, lalu sajikan






Special thanks to Mbak Dida yang punya resep, muachh ^^ ... Arik untuk ori goninya, muachh juga ^^ ...makacih..makaciiiih...kalian tiada bosan-bosannya berbaik hati padaku, smg Allah yg akan membalasnya ^^

Sssttt...aku suka banget sama kue ini, rasanya pas banget menurutku. Klo ga ingat aku lagi dalam proses pelangsingan (huihihiii...tutup muka pake loyang >,<) mungkin dalam sekejap aku udah abis 2 ato 3 kue gitu deh, hahaa ^^

No comments:

Post a Comment