Wednesday, 12 February 2014

LBT#30 POTATO CHIC MAYO CREAMY PIE







Ga terasa ya pr LBT udah nyampe diangka 30 aza... dan untuk tema pr kali ini adalah Savoury Pie atau gampangnya pie asin... untuk isiannya boleh suka-suka, disesuaikan dengan selera masing-masing...yang penting harus memakai kulit pie (crust).
Kali ini aku bikin Potato Chic Mayo Creamy Pie dari buku Sedap dengan judul Roti, Pastry berlapis, Pie dan Sus. Aslinya dalam resep pake ikan tuna kaleng tapi karena aku khawatir disini ga pada suka, untuk cari amannya ikan aku ganti dengan daging ayam. Lain-lain tidak aku rubah sih kecuali krim kental di adonan kentang aku ganti susu.

POTATO CHIC MAYO CREAMY PIE



Bahan kulit :
400gr tepung terigu protein sedang
275gr mentega tawar dingin
1btr telur
1btr kuning telur
1/2sdt garam

Bahan topping :
500gr kentang, kukus dan haluskan
1sdt garam
1/4sdt merica bubuk
1/2sdt pala bubuk
4sdm susu cair
2 kuning telur

Bahan isi :
1/4bh bawang bombay, cincang halus
3sdm tepung terigu protein sedang
250ml susu cair
150gr fillet dada ayam, rebus, potong kasar
1/2bh paprika hijau, potong kotak
1/2sdt garam
1/4sdt merica bubuk
75gr keju cheddar parut
100gr mayones
1sdm saus tomat
1sdm saus sambal
2sdm margarin untuk menumis

Cara membuat :

1. Kulit, campur semua bahan. Aduk rata hingga menggumpal. Simpan di lemari es selama 30 menit. Giling adonan kulit setebal 1/2cm. Cetak dalam loyang pie. Tusuk-tusuk dengan garpu. Oven dengan api bawah suhu 170 derajat celcius selama 15 menit sampai setengah matang. Sisihkan.

2. Isi. Panaskan margarin. Tumis bawang bombay sampai harum. Tambahkan tepung terigu, aduk sampai berbutir. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai licin.

3. Masukkan daging ayam, paprika hijau, garam dan merica bubuk. Aduk rata. Menjelang dingkat tambahkan keju cheddar parut, saus tomat, saus sambal dan mayones. Aduk rata.

4. Topping. Campur kentang, garam, merica, pala bubuk, susu dan telur sampai rata. Masukkan dalam plastik segitiga yang diebri spuit.

5. Tuang isi dalam loyang yang berisi kulit pie setinggi ¾ bagian. Semprotkan topping melingkar ke atas. Oven dengan api bawah suhu 170 derajat celcius 20 menit hingga matang dan berwarna kecoklatan.

** Oles kuning telur setlah dioven setengah matang agar hasilnya lebih cantik.







Rasanya...enak banget (Y) , suka banget sama isi nya, kulitnya dan toppingnya...hmmm...
Oiya..dari awal pr keluar udah janji mo setor pas tanggal 11, ternyata janji palsuuuu, hihiiii. Masih tanggal 12 kok ya...ehem menghibur diri...lha daripada bulan kemarin malah setor tanggal 22.
Udah ah...segini aza ya...rasanya senewen dari tadi gara-gara lapy rodok error, yang mo bikin silahkan dicoba resepnya...ga nyesel deh pokonya. klo yang males bikin dan mo icip-icip silahkan datang kerumahku, masih banyak nih... ahhaaay....^^


No comments:

Post a Comment