Saturday, 8 February 2014

APEM SELONG





Tidak akan pernah ada kata bosan untuk kue-kue tradisional, kali ini aku bikin Apem Selong dan ada juga yang bilang apem renda. Resepnya pake punya Umik sajah... Apem Selong ini menggunakan bahan dasar tepung beras dan santan, menggunakan cetakan khusus untuk apem selong...yaitu berupa wajan kecil. Sebenarnya apem selong udah menjadi kue yang biasa dirumahku saking seringnya umikku bikin,  hanya saja karena aku baru pertama bikin maka menjadi luar biasa untukku, hehee
Resep asli pemakaian santan pake ukuran gelas belimbing (1 gelas belimbing = 250cc santas/air) jadi yang punya gelas belimbing dirumah silahkan dipake, klo yang ga punya silahkan pake gelas ukur aza ^^

APEM SELONG

Bahan :

1 kg Tepung beras Rosebrand
400 gr Gula
2 btr Telur, kocok lepas
1 sdm Fermipan
5 gls Santan (yg udah direbus dengan daun pandan)
1 gls Air kelapa

Garam secukupnya

Cara membuat :

1. Campur semua bahan, aduk-aduk sampai tercampur rata dan licin. Diamkan kurang lebih 1 jam.

2. Panaskan cetakan. Tuang 1 sendok sayur adonan, tekan adonan yang sudah di cetakan dengan sendok sayur sampai pinggirnya membentuk renda. Tutup dan biarkan matang.

3. Lakukan hingga adonan habis.

Untuk pemakaian air kelapa aku masih blom tahu itu gunanya untuk apa, tp ada yang bilang biar kue tetep lembut walopun udah lama...hmm bener ga ya ??
Tapi yang pasti aku bahagia banget karena apemnya jadi dengan cantik dan menul-menul pula, hihiiii





2 comments:

  1. oooh, baru nyadar kalo ini yang namanya apem selong.. hihihi...
    mba pake cetakannya kuali yang kecil gitu yah?

    ReplyDelete