Thursday, 30 January 2014

TAHU "frustrasi"





Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang difermentasi. Tahu berasal dari Cina,  seperti halnya kecap, tauco, bakpau dan bakso. Nama "tahu" merupakan serapan dari  bahasa Hokkian  (tauhu) (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu), yang secara harfiah berarti "kedelai terfermentasi". Tahu telah dikenal di Tiongkok sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: 劉安) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan dinasti Han.
Versi tahu yang dikenal di Jepang adalah tofu. Tofu lebih lunak dan kurang tahan terhadap pengolahan. Tofu dan tahu dibawa para perantau Cina ke seluruh penjuru dunia sehingga menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia (wikipedia)

Kenapa ini aku namalam Tahu "frustrasi" ... critanya gini, hari jumat kemarin mbak Susi nelpon udah crita kemana-mana ujung-ujungnya sampelah ke Ekaddo, dengerin crita mbak Susi yang sukses bikin Ekaddo (yang seresep hasil akhirnya 30an biji) wow! aku tergoda untuk bikin...langsung membayangkan ada 30an biji ekaddo didepan mata sementara klo pas makan di h*kb*n kan hanya cuma berapa biji aza dipiring. Mulai deh nyiapin bahan-bahan, nunggu hari senin bikinnya karena klo hari kerja tuh hampir ga ada gangguan, hihiii....



Senin pagi jam setengah 4 aku rendem kembang tahunya, ketika udah lentur aku coba lebarkan, hahh!! ga bisa dilebarkan...dipaksa malah sobek. Salahku juga sih...kenapa aku beli kembang tahu yang gulungan, tapi emang waktu itu adanya cuma itu di SPM, aku pikir setelah direndem akan dengan mudah dilebarkan. Hmm...udh kliatan nih klo gagal di kembang tahu, karena hari udah beranjak terang...nyiapin sarapan...daaaan kembang tahunya aku oseng dengan taoge dan teri, hihiiii ...suer enak lho (Y) sisanya aku masukin kulkas karena sebungkus aku rendem semua ...untungnya daging ayam blom aku apa-apain, dasar wong jowo wis gagal sik untung ae, huhuuu. Dan untuk telur puyuhnya  karena udah beli banyak jadilah makanan yang difoto itu... hihihiii . Bener-bener frustrasi karena gagal bikin ekado, dan dalam waktu dengan ini belom ada rencana mo bikin ekaddo lagi, maleees :D

TAHU FRUSTRASI ala vivi

Bahan :
350gr Tahu putih, haluskan
1bks Bihun jagung (72gr), rebus
1bh Daun bawang, iris halus
100gr Kornet
3bh Bawang putih haluskan
3btr Telur
1sdt Merica
Garam secukupnya (boleh pk penyedap rasa)
Telur puyuh rebus secukupnay
Putih telur secukupnya untuk menggoreng (kebetulan lg punya banyak putel**)

Cara membuat :

1. Siapkan cetakan kue mangkok ato cetakan muffin, oles minyak goreng tipis-tipis. Sisihkan.

2. Campur tahu, bihun, daun bawang, kornet, telur, merica, bawang putih dan garam, aduk rata. Ambil cetakan letakan setengah sendok adonan tahu, tambahkan telur puyuh dan tutup dengan adonan tahu. Lakukan hingga adonan tahu habis. 

3. Kukus adonan tahu di kukusan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit hingga matang. Dinginkan.

4. Setelah dingin celupkan ke kocokan putel kemudian goreng.








Enak banget buat cemilan dihari hujan, dicocol saos sambel hmmm....eh tadinya aku mo foto dengan saos sambel botolan juga tapi kok ga nyambung dengan propertinya akhirnya aku ganti cabe, dan lihatlaaaah cabenya menantang sekali...merah-merah hahaaa...
Oiya sisa kembang tahu yang dikulkas besoknya aku tumis lagi dengan kekian dan sosis, hihiii... dan hasilnya enak juga ^^

No comments:

Post a Comment