Thursday, 30 January 2014

KETAN KINCO





Udah pada tau beras ketan kan... ? Beras ketan beda dengan beras "biasa" klo beras ketan berwarna putih, tidak transparan sedangkan beras "biasa" berwarna putih agak transparan. Beras ketan banyak dijumpai pada pembuatan jajanan tradisonal. Hampir setiap daerah punya resep jajanan yang menggunakan beras ketan.

Yang sekarang aku bikin adalah jajanan kesukaanku waktu masih kecil dan bahan dasarnya ketan putih. Jajanan kayak gini kalo ditempatku namanya Ketan Kinco, kinconya terbuat dari parutan kelapa setengah tua yang dimasak dengan gula merah dan daun pandan biasa juga disebut unti sama kayak isian kue Dadar Gulung.
Masak ketannya sama kayak bikin ketan mo buat lemper, hanya saja aku ga bisa kasih resep untuk bikin ketannya karena aku ga pernah pake takaran untuk pemakaian santan aronnya, pake kira-kira aza karena seringnya bikin lemper jadi udah asal tuang-tuang aza. Yang perlu diingat adalah klo terlalu lama merendam ketannya berarti udah ga butuh santan banyak-banyak untuk aronnya karena klo kebanyakan ketan akan menjadi lembek. Klo untinya sama kayak unti pada umumnya lah yaa...
Rasanya enak banget, buat aku ini salah jajanan tradisional yang selalu bikin kangen...





1 comment: