Thursday, 30 January 2014

PUTRI SALJU COKLAT




Udah ga asing lagi kan dengan kue kering Putri Salju yang selalu menjadi idola ketika lebaran tiba bersama temennya Nastar dan Kastengel....
Kali ini aku bikin yang rasa coklat, aiiihh baru tahu Putri Salju Coklat...
Asli aku penasaran banget sama Putri Salju Coklat setelah baca resepnya di majalah Sedap Pemula. Pengen cepet-cepet bikin tapi baru kemarin kesampaian. Karena lagi ga punya stok kacang mede dan punya kacang tanah sisa bikin bronis kacang-kacangan kemarin maka kacang medenya aku ganti kacang tanah.

PUTRI SALJU COKLAT

Bahan :
100gr Kacang tanah sangrai, haluskan
50gr Margarin
125gr Mentega asin dingin
1/4sdt Garam
75gr Gula tepung
1btr Kuning telur
200gr Tepung terigu protein rendah
20gr Coklat bubuk
20gr Maizena
1/2sdt Paasta coklat
1/2sdt Baking powder
125gr Gula donat untuk taburan

Cara membuat :

1. Kocok margarin, mentega, pasta coklat, garam dan gula tepung selama 2 menit. Tambahkan kuning telur. Kocok rata.

2. Masukkan tepung terigu, maizena, coklat bubuk dan baking powdersambil diayak dan diaduk rata. Tambahkan kacang tanah , aduk rata.

3. Pulung adonan dan bentuk bulan sabit. Letakkan di loyang yang telah dioles margarin. Oven dengan api bawah suhu 140 derajat celcius selama 30 menit hingga matang.

4. Selagi panas gulingkan kue ke gula donat hingga rata dan berbalut gula.







Kalo menurut resep asli setelah kue dingin dicelupin ke DCC leleh setelah DCC beku baru ditabur gula donat tapi karena aku pernah bikin kue yang tak celupin ke DCC yang akhirnya susah beku maka kali ini aku jadi males nyelupin ke DCC, khawatir ga beku lagi hihiii...
Untuk pecinta Putri Salju ini layak dicoba....
Putsal ini bikin kemarin, rencananya mo tak bawa ke Malang hari Minggu besok jenguk kakak di pondok, pasti dia seneng deh...dia kan suka banget sama kue berbedak putih ini ^^
Oiya sekarang dia udah ga minta bikinin pastel kering lagi, mungkin dia udah sadar klo bikin pastel kering itu telah membuat Nda nya rempong banget, bikinnya cm setengah kilo tepung tapi nyubitinnya bisa seharian booo' .... :D






KETAN KINCO





Udah pada tau beras ketan kan... ? Beras ketan beda dengan beras "biasa" klo beras ketan berwarna putih, tidak transparan sedangkan beras "biasa" berwarna putih agak transparan. Beras ketan banyak dijumpai pada pembuatan jajanan tradisonal. Hampir setiap daerah punya resep jajanan yang menggunakan beras ketan.

Yang sekarang aku bikin adalah jajanan kesukaanku waktu masih kecil dan bahan dasarnya ketan putih. Jajanan kayak gini kalo ditempatku namanya Ketan Kinco, kinconya terbuat dari parutan kelapa setengah tua yang dimasak dengan gula merah dan daun pandan biasa juga disebut unti sama kayak isian kue Dadar Gulung.
Masak ketannya sama kayak bikin ketan mo buat lemper, hanya saja aku ga bisa kasih resep untuk bikin ketannya karena aku ga pernah pake takaran untuk pemakaian santan aronnya, pake kira-kira aza karena seringnya bikin lemper jadi udah asal tuang-tuang aza. Yang perlu diingat adalah klo terlalu lama merendam ketannya berarti udah ga butuh santan banyak-banyak untuk aronnya karena klo kebanyakan ketan akan menjadi lembek. Klo untinya sama kayak unti pada umumnya lah yaa...
Rasanya enak banget, buat aku ini salah jajanan tradisional yang selalu bikin kangen...





TAHU "frustrasi"





Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang difermentasi. Tahu berasal dari Cina,  seperti halnya kecap, tauco, bakpau dan bakso. Nama "tahu" merupakan serapan dari  bahasa Hokkian  (tauhu) (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu), yang secara harfiah berarti "kedelai terfermentasi". Tahu telah dikenal di Tiongkok sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: 劉安) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan dinasti Han.
Versi tahu yang dikenal di Jepang adalah tofu. Tofu lebih lunak dan kurang tahan terhadap pengolahan. Tofu dan tahu dibawa para perantau Cina ke seluruh penjuru dunia sehingga menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia (wikipedia)

Kenapa ini aku namalam Tahu "frustrasi" ... critanya gini, hari jumat kemarin mbak Susi nelpon udah crita kemana-mana ujung-ujungnya sampelah ke Ekaddo, dengerin crita mbak Susi yang sukses bikin Ekaddo (yang seresep hasil akhirnya 30an biji) wow! aku tergoda untuk bikin...langsung membayangkan ada 30an biji ekaddo didepan mata sementara klo pas makan di h*kb*n kan hanya cuma berapa biji aza dipiring. Mulai deh nyiapin bahan-bahan, nunggu hari senin bikinnya karena klo hari kerja tuh hampir ga ada gangguan, hihiii....



Senin pagi jam setengah 4 aku rendem kembang tahunya, ketika udah lentur aku coba lebarkan, hahh!! ga bisa dilebarkan...dipaksa malah sobek. Salahku juga sih...kenapa aku beli kembang tahu yang gulungan, tapi emang waktu itu adanya cuma itu di SPM, aku pikir setelah direndem akan dengan mudah dilebarkan. Hmm...udh kliatan nih klo gagal di kembang tahu, karena hari udah beranjak terang...nyiapin sarapan...daaaan kembang tahunya aku oseng dengan taoge dan teri, hihiiii ...suer enak lho (Y) sisanya aku masukin kulkas karena sebungkus aku rendem semua ...untungnya daging ayam blom aku apa-apain, dasar wong jowo wis gagal sik untung ae, huhuuu. Dan untuk telur puyuhnya  karena udah beli banyak jadilah makanan yang difoto itu... hihihiii . Bener-bener frustrasi karena gagal bikin ekado, dan dalam waktu dengan ini belom ada rencana mo bikin ekaddo lagi, maleees :D

TAHU FRUSTRASI ala vivi

Bahan :
350gr Tahu putih, haluskan
1bks Bihun jagung (72gr), rebus
1bh Daun bawang, iris halus
100gr Kornet
3bh Bawang putih haluskan
3btr Telur
1sdt Merica
Garam secukupnya (boleh pk penyedap rasa)
Telur puyuh rebus secukupnay
Putih telur secukupnya untuk menggoreng (kebetulan lg punya banyak putel**)

Cara membuat :

1. Siapkan cetakan kue mangkok ato cetakan muffin, oles minyak goreng tipis-tipis. Sisihkan.

2. Campur tahu, bihun, daun bawang, kornet, telur, merica, bawang putih dan garam, aduk rata. Ambil cetakan letakan setengah sendok adonan tahu, tambahkan telur puyuh dan tutup dengan adonan tahu. Lakukan hingga adonan tahu habis. 

3. Kukus adonan tahu di kukusan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit hingga matang. Dinginkan.

4. Setelah dingin celupkan ke kocokan putel kemudian goreng.








Enak banget buat cemilan dihari hujan, dicocol saos sambel hmmm....eh tadinya aku mo foto dengan saos sambel botolan juga tapi kok ga nyambung dengan propertinya akhirnya aku ganti cabe, dan lihatlaaaah cabenya menantang sekali...merah-merah hahaaa...
Oiya sisa kembang tahu yang dikulkas besoknya aku tumis lagi dengan kekian dan sosis, hihiii... dan hasilnya enak juga ^^

Monday, 27 January 2014

PUDDING SUSU VANILLA OREO






Horreee...si adek mulai suka puding, yeayy!!
Dari beberapa hari yang lalu minta di bikinin puding yang ada oreonya, baru kemarin dibikinin sama Nda ya deeek... itu aza karena nagiiiih terus...huhuuu, susu fullcream nya udah beberapa yang lalu juga belinya, nitip Pak suami beli di koperasi kandang :D oiya...klo nitip tuh harus ada uangnya ya, klo aku ini nitip ga pake uang jadi lebih tepatnya minta belikan gratis tis ...hahaa
Gara-gara adek suka puding akhir-akhir ini jadi sering bikin puding, beberapa hari yang lalu bikin puding coklat tapi ga ke poto, udah bosen kan liat gambar puding coklat teyuus... ^^ pokoke paling sering bikin puding coklat...:D

PUDDING SUSU VANILLA OREO

Bahan :
900cc  Susu fullcream
100gr  Gula pasir (boleh ditambah klo kurang manis)
1bks  Agar-agar bubuk warna putih
3sdm  Whippi cream bubuk
50gr  WCC, potong2 kecil ato serut kasar
Pasta vanilla secukupnya
Biskuit oreo secukupnya, buang creamnya, hancurkan kasar.

Cara membuat :

1. Rebus susu, gula, agar-agar dan whippi cream sambil diaduk-aduk hingga mendidih.

2. Biarkan hangat, kemudian masukkan WCC dan vanilla pasta. Aduk-aduk hingga WCC tercampur rata.

3. Tata potongan oreo didasar cetakan, tuang sedikit adonan puding biarkan sampai permukaaannya agak beku. Tuang lagi adonan puding taburkan potongan oreo biarkan hingga agak beku, lakukan hingga adonan habis.

Kenapa nuang adonan dan oreonya bertahap ? karena biar potongan oreonya menyebar, klo cetakan langsung dipenuhi oreonya akan naik  kepermukaan puding. Bisa dibayangkan kan ? ... ^^
Karena lagi malas bikin vla maka aku pake vla instan sajjah yang rasa coklat..heheee




 


Rasanya enak banget ...apalagi kalo dingin-dingin, hmmm...

Wednesday, 22 January 2014

LBT#29 3rd ANNIVERSARY LBT



Persembahan untuk hari jadi LBT yang ke 3... Semoga LBT tambah sukses kedepannya yaa ^^
Kali ini aku bikin Rich Brownies Two Layers dari majalah Sedap edisi Brownies Magic. Setornya telat banget ya, hihiiii tapi masih tanggal 22, blom terlambat...#menghiburdiri huhuu

Langsung resep aza ya, lagi males nulis banyak-banyak nih... resepnya udah aku modifikasi ya, untuk cara bikinnya masih sama dengan aslinya yaitu margarin di kocok bersama gula bukan dilelehkan bersama coklat blok seperti membuat brownies panggang pada umumnya tapi untuk lapisan coklatnya rasa khas browniesnya masih kerasa banget dan untuk lapisan atasnya rasanya rame banget, penuh kacang-kacangan...hihiii

RICH BROWNIES TWO LAYERS

Bahan I :
100gr Margarin
100gr Gula pasir
2btr Telur
50gr DCC, lelehkan
60gr Tepung terigu
25gr Coklat bubuk

Bahan II :
150gr Margarin
100gr Gula palem
50gr Gula pasir
100gr WCC, lelehkan
3btr Telur
100gr Tepung terigu protein sedang
100gr Kacang mede, sangrai dan cincang halus
50gr Kacang tanah, sangrai dan cincang halus
20gr Wijen, sangrai

Bahan taburan :
10gr wijen
25gr Kacang mede, cincang agak halus

Cara membuat :

1. Bahan I, kocok margarain ga gula sampai lembut. Masukkan DCC cair, kocok rata. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok rata.

2. Tambahkan tepung terigu dan coklat bubuk sambil diayakl dan diaduk rata. Tuang diloyang ukuran 20x20x4cm yang sudah dioles margarin dan dialas kertas roti. Sisihkan.

3. Bahan II, kocok margarin, gula palem dan gula pasir hingga lembut. Masukkan WCC, kocok rata. Masukkan telur satu per satu sambil dikocok rata.

4. Masukkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata. Tambahkan kacang tanah, kacang mede dan wijen. Aduk rata. Tuang diatas lapisan coklat. Tabur bahan taburan. Oven kurang lebih 45 menit dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang

** Baik DCC maupun WCC jangan dimasukkan dalam kocokan margarain selagi masih panas, biarkan hangat dulu baru dimasukkan.







Maap ya fotonya seadanya banget, ntah kenapa tadi seharian males buanget. Ngerjain apa-apa pengennya cepet-cepet selesai aza...hikz^^


 





Thursday, 16 January 2014

PUMPKIN BREAD




Klo pas perjalanan pulang ke Lumajang begitu masuk Kabupaten Lumajang banyak banget penjual labu dari yang kecil sampe yang gede-gede, pisang tanduk, kelapa dan degan, nangka, pete, durian juga klo pas lagi musim...jadi klo mo bikin kolak udah kumplit tuh bahan-bahannya, minus pete lho ya kolaknya... hihiiiii
Labu ini salah satu yang ada di dalam tas kresek, bawaan umikku waktu aku pulang beberapa hari yang lalu, sebenarnya ada ubi ungunya...sayangnya ubi ungunya keburu busuk padahal udah mo bikin kue-kue dari ubi ungu itu, hikz...
Pumpkin Bread...sebenarnya klo dibilang bread ga mirip banget ya karena karena klo bread pasti rerotian, klo ini lebih mirip ke cake deh. Cake yang padat lebih tepatnya.
Pumpkin Bread ini resepnya dapat dari blognya mbak Hesti ...  labunya yang manis banget ditambah aroma bumbu spekuk, hmm...suer enak banget deh (Y)
Oiya ...bumbu spekuknya asli bikinan amati ku dari Banyuwangi jadi baunya mantap banget...
Yang pengen nyoba bikin ga bakalan nyesel deh ...dan gampang pula bikinnya, tinggal aduk-aduk aza...sama kayak bikin banana bread. Ingat !! ngaduknya jangan terlalu kuat biar adonannya ga ngaret... ^^





Tuesday, 7 January 2014

BANANA BREAD





Hollaaa...hihiii lamanyooo tidak "inguk-inguk" blog ...setaun yaaa dari 2013 sampe 2014 hihiiii. Selama itu kemana aza viviii... :D
Dan kali ini bawa-bawa pisang lagi, oleh-oleh dari main-main kesana-kemari :D hehee...klo  biasanya hanya bawa pisang tanduk, pisang kepok ato pisang raja kali bawa pisang ambon. Pisang model begini semua pada doyan disini blom terpikir untuk dibikin cake udah abis duluan. Ini aza udah wanti-wanti..."jangan di abiskan plis-plis, nda pengen bikin cake dr pisang ini... " :D
Yang perlu diketahui bahwa vivi tuh paling males klo blogwalking nyari resep, maunya tuh kalo mo bikin kue resepnya udah ada ato nanya temen-temen yang ada di hp, hihiiii... kali ini nanya mbak Dida, waktu itu klo ga salah pas perjalanan ke Malang. Mbak Dida bilang pernah bikin pake resep mbak Ricke, udh lamaaa banget klo ga salah taun 2010, huwik suwene!!... ok simpen dulu karena lagi dijalan, ga akan susah klo nyari resepnya mbak Ricke. 
Ketika pisang udah mulai menghitam kulitnya, baunya juga udh kemana-mana dan aku pun lagi nyantai langsung buka google dengan kata kunci Banana Bread Ricke "klik" weiww...nongol paling atas, hihiiii siplah...ga perlu2 kesana kemari dan langsung eksekusi...
Resepnya nyonto plek punya mbak Ricke...dan hasilnya uenak banget, beneran aku suka banget sama rasanya... padahal aku bikin hanya pake margarin, membayangkan klo pake butter pasti tambah mantap deh...
Kayaknya bakal bikin lagi nih...hmm.... ^^
Mbak Ricke tengkyu sooo mat :*