klik-klik

hanya iseng ^^

12:36:00















Bismillah...
Seminggu yang lalu kedatangan sodara-sodara dari Banyuwangi dan kemarin kedatangan sodara-sodara dari Tempeh.... jujur beberapa hari ini udah ga enak badan, pusing berat, badan pegel-pegel, meriang dan akhirnya hidung meler... berhubung mo ada sodara jadi semangat aja bawaanya.
Dan ini foto-foto iseng...karena maleeees banget mo bikin-bikin...
Heiiyaaa...sekarang libur sekolah yaa...hehee ga kemana-mana, rencana baru minggu depan jalan-jalannya hmm karena nunggu kkk libur, dan adeeek...ijin libur hihiii #terpaksa :P
Okay...selamat berlibur untuk temen-temen semua ^^

vi2 saiki iso masak...

DAGING BUMBU BALI

17:55:00




Bismillah...
Heeeyyy....kemarin dapat kabar kalo amah-amahku, sepupu-sepupuku dan ponakan-ponakanku mau berkunjung kerumah, ouh senangnyaaaa *_* tujuan utama mo sambang Umik yang abis sakit siihh karena pas liburan sekalian deh jalan-jalan... dari pagi grup BBM keluarga udah rame aja, update teruuuus ...jam berangkat dari Banyuwangi sampe sekarang udah tiba di Lumajang untuk rombongan pertama, rombongan kedua berangkat agak siangan karena harus ambil rapot dulu hihiii...
Daaan...karena pulangnya mo lewat utara hmm....mampir rumah dong pastinya yaaa. Kalopun ga mampir rumah aku mo ke Lumajang aja biar ketemuan dan seru-seruan disana. Dwoh ga bisa bayangin penuhnya rumah Tempeh hihiii...
Karena mo mampir rumah jadi aku masak-masak dooong...dari tadi pagi-pagi sekali udah heboh pergi ke pasar, yang biasanya hanya belanja di tukang sayur yang suka lewat ato ke Mak Suto (Mak Suto itu tukang sayur yang mangkal, jualannya lengkap banget booo...dari sayur mayur, ikan, telor sampe kue-kue ada...) Tujuan pertama ke pasar adalah beli daging di Umik Nurul tukang daging langganan. Oiya...untuk daging sapi aku ga pernah beli di tukang sayur, beginilah klo punya suami "blantik" sapi sering banget diingatkan klo beli daging sapi tuh harus yang begini dan begitu...aku manut aja sih secara aku ga paham banget tentang perdagingan hehee...nah Umik Nurul itu udah langganan, klo beli disitu selalu dapat daging yang bagus, dikasih harga diskon klo ga ya ditambah-tambah gitu deh. Kayak tadi pagi tuh, begitu liat aku blio langsung nanya "mbak vi mo beli daging apa dan masak apa ?" aku jawab beli daging (untuk soto & bumbu bali) dan iga. Hmm...beneran deh pas tak bayar blio bilang "mbak vi tak tambahi jeroan bisa buat campuran soto" tuh kaaaan, alhamdulillah rejeki ga kemana ya  hihiii ^^

Pas lagi asik-asik masak didapur eh msfitri masuk lewat pintu samping "nih nda dapet paket" ... Paket ? #kaget~ ... tertulis pengirim NINA pas tak buka Ya Allah alas poto lipaaaaaaat... hwaaaa.. #berbinaar,  langsung ambil hp trs klik di teras belakang, wa ke mbak Nina... aaiiiiihh senangnya *,* sekali lagi alhamdulillaaaah, rejeki ga kemana dan banyak banget rejeki hari ini. Rasanya udah ga sabar pengen segera ambil kamera trs poto-poto hihiii...#dasar!
Daging bumbu bali ini salah satu yang aku masak tadi siang, resepnya sama dengan yang ini... sssttttt iki critane nganyari alas poto hihiii ;)





Mbak Ninaaaa....suwun yooo...keyen bangeet #soloveit, jazakillah ...^^


** Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban
Maka nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan?
~Alhamdulillah... Alhamdulillah...~

ROTI

lagi-lagi ROTI ^^

04:56:00




Bismillah...
Jangan bosyen ya klo yang diliat disini lagi-lagi rerotian hiihii...
Sebenarnya roti ini udah bikin dari 2 hari yang lalu karena lagi muales pol jadi males aza mo buka-buka lapy. Resepnya nyontek di bonus tabloid Saji. Karena bikinnya pas hari mendung jadi luama buanget nunggu fermentasinya ckckckk... tapi gapapa seneng liat hasilnya hehee...empuk banget.
Langsung resep aza ya...

ROTI

Bahan :
400gr tepung terigu protein tinggi
200gr tepung terigu protein sedang
1bks ragi instan
100gr gula pasir
25gr susu bubuk
2 kuning telur
1 putih telur
275cc air es
75gr margarin
1sdt garam
1 kuning telur untuk olesan

Cara membuat :

1. Campur tepung terigu, ragi, susu bubuk dan gula. Aduk rata. Tambahkan telur, aduk rata. Tuang air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga kalis.

2. Masukkan margarin dan garam, uleni hingga elastis. Diamkan 30 menit hingga mengembang.

3. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 50gr. Diamkan 10 menit.

4. Giling adonan, taburkan meses kemudian gulung. Potong-potong tapi tidak putus dan bentuk lengkung. Letakkan diloyang yang sudah dioles margarin. Diamkan 75 menit ato sesuai suhu ruang hingga mengembang ringan.

5. Oles dengan kuning telur. Oven hingga matang dengan suhu 180 derajat celcius.







Oiya resep asli pake isian yang dioles dan kismis, hmm kali ini aku mo yang simpel aza...aku ganti meses *,~  meses coklat yang ada warnanya dikit-dikit, hihiii...

vi2 saiki iso masak...

AYAM BAKAR BUMBU KUNING

12:05:00



Kali ini masak Ayam Bakar Bumbu Kuning, masakan berbumbu yang sering aku bikin kayaknya ini deh karena semua suka, hmm yo ga sering-sering banget sih...masih lebih sering ayam kecap kayaknya hahaa soalnya ayam kecap gampang bangeeet :D ato ayam ungkep trs digoreng lebih sering lagi :D eh...ada lagi yang sering dibikin yaitu fillet ayam yang dipanir  dan nugget :D wes pokonya yang gampang-gampang aku seneng banget bikinnya :D udah gampang bikinnya trs orang rymah pada suka duh bahagia banget deh hihiii
Resepnya masih pake yang ini, tapi kali ini aku paha ayam...
Hmm...jadi inget kkk klo lagi masak ini, dia pasti doyan banget tapi seperti biasa di lepasin dulu bagian gosong-gosongnya :D

Udah dulu ya, mo nutup lapy... bentar lg adek datang karena lebih asyik main dan dengerin dia crita daripada duduk manis depan lapy ^^
Shelyyyyy...suwun yo piringe, suka banget <3>




ROTI

ROTI lagi ^^

11:16:00




Bener-bener ga pernah bosen dengan rerotian, dan ini udah beberapa hari yang lalu sih bikinnya hmm... dalam rangka menghabiskan coklat oles biar ga menuh-menuhi tempat. Dan bentuknya udah diluar rencana karena tadinya mo aku taroh di cup roti tapiiiii...dwoh! nyari cup rotinya ga ketemu hughh! dan barusan buka-buka lemari ...eh.ternyata ada dialam lemari hohooo...seketika ingat klo punya foto ini.

Ga pake resep ya...soalnya lupa resepnya dimana hikz...
Intinya resep apapun bisa dibentuk seperti ini...hanya adonan roti yang udah mengembang dikempiskan dan di tipiskan kurang lebih 1cm kemudian dioles coklat oles, gulung pelan-pelan sambil dirapatkan, selanjutnya adonan yang sudah tergulung dibelah menjadi 3 tapi tidak sampe putus ya ujung-ujungnya. Letakkan sedemikian rupa sehingga bagian coklatnya kliatan diloyang yang sudah dioles margarin kemudian diamkan antara 30-60 menit tergantung suhu ruangan pokoknya sampe mengembang ringan deh, trs oven hingga matang. hmm...bisa dibayangkan ga ya ?


 



Jadi ingat waktu beli kain bunga-bunga itu... kain bunga-bunga itu beli di Toko Risa, yang punya toko Risa itu mamanya temennya kkk di pondok. Yang ga bisa dilupakan adalaaaah...sekali-kalinya beli kain disuguhi teh anget buat kami bertiga, pokoknya kayak tamu gitu deh  hihiii...aaahhh jadi pengen belanja kain disana lagi hahaa ^^

vi2 saiki iso masak...

TAHU KERANG MASAK SANTAN

10:19:00




Bismillah... hari ke 16 bulan Desember, hmm ga terasa ya udh hampir di penghujung tahun 2014 perasaan baru kemarin aja ngganti WM dari 2013 ke 2014... begitu cepat waktu berlalu ^^

Sekaraaaang...ayo menemani vi2 yang lagi belajar memasak hihiii... kali ini bikin masakan yang dari kerang. Ceritanya lagi seneng-senengnya beli ikan karena hampir tiap sore ada tukang ikan yang lewat depat rumah dengan membawa ikan yang seger-seger daaaaan harganya murmer booo, saking murahnya sampe ga tega mo nawar hihii... kemarin sore beli tongkol yang seger banget gitu, kerang dan udang. Tongkolnya udah langsung tak masak kemarin sore buat makan malam. Dan hari ini masak kerang. Biasanya klo Umikku masak kerang tuh dioseng pake kecap dan cabe gitu klo ga ya di bumbu rujak. Sejak nikah jarang banget sih masak kerang2an karena pak suami ga begitu doyan tapi akhir-akhir ini sering bikin karena adek suka... gara-gara sering dikasih menu dengan lauk kerang kali ya di sekolahnya hihiii...
Kali ini aku mencoba yang beda, yang biasanya hanya dioseng ato bumbu rujak kayak Umik bikin kali ini bikin yang dikasih santan. Bikinnya cuma dikit sih...karenaaaa..."sekali lagi pak suami ga begitu doyan ^^

TAHU KERANG MASAK SANTAN

Bahan :
Kerang yang udah direbus kira-kira 150gr lah
Tahu 2 buah (uk. sedang), potong-potong dan goreng stengah mateng
Daun Salam 2lmbr
Jahe 2cm, geprek
Lengkuas 2cm, geprek
Tomat 1bh, potong-potong
Santan 250cc
Air 150cc
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :

3siung Bawang putih
6siung Bawang merah
2cm Kunyit
2bh Cabe merah, buang bijinya
Sedikit merica bubuk
Garam, Gula secukupnya

Cara membuat :
1. Panaskan minyak yang untuk menumis dalam wajan, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tambahkan lengkuas, jahe dan daun salam, aduk-aduk. masak hingga harum.

2. Tambahkan tahu dan kerang, aduk rata. Tambahkan air, aduk rata. Diamkan sebentar hingga kerang empuk dan bumbu meresap.

3. Kemudian tambahkan santan dan tomat. Biarkan mendidih. Tambahkan garam dan gula. Biarkan mendidih sekali lagi. Angkat, siap disajikan.
 

 


Berikut ini adalah kandungan gizi yang terdapat pada kerang beserta manfaatnya bagi kesehatan:

1. Kerang mengandung vitamin B12 yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung, menstabilkan suhu tubuh, menstabilkan pH dalam tubuh, menjinakkan zat kimia homosistein yang bisa merusak dinding pembuluh darah, dan mencegah kanker.
2. Asam lemak Omega-3 yang terkandung pada kerang dapat menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan daya kecerdasan otak.
3. Kerang kaya akan zat besi yang berguna bagi pembentukan komponen utama sel-sel darah merah dalam tubuh, menurunkan risiko darah rendah, dan mencegah anemia.
4. Selenium yang terkandung dalam kerang dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker dan lain-lain.
5. Kerang kaya sekali akan kandungan protein yang berperan penting dalam pembentukan enzim dalam tubuh, pembentukan sel organ dan otot, pembentukan hormon, memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh, mengatur metabolisme, membentuk sistem kekebalan tubuh, dan sebagai sumber energi.
6. Kalsium yang terkandung dalam kerang dapat mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan gigi.
7. Kandungan fosfor dalam kerang sangat berguna bagi pembentukan tulang dan gigi serta membantu memaksimalkan fungsi kerja vitamin.
8. Vitamin A, D, E, K yang terkandung pada kerang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, kulit, tulang, gigi, dan organ lainnya. (sumber : ROYCO)


Cukup banyak gizi dan manfaat kerang ya.. ^^ dan pesenkuuuu... bijaksanalah dalam mengkonsumsi makanan, apapun itu secukupnya aja jangan sampai berlebihan ya ;)
Ternyata enak juga lho dimasak pake santan, rasa kerangnya kerasa banget...semoga adek suka ya...
Ummu Ichsan ini masakanku hari ini...dirimu masak apa ...?? :D

JAJAN PASAR/KUE TRADISIONAL

RISOLES ISI AYAM

09:41:00



Risoles Isi Ayam, bikinnya udh beberapa hari yang lalu bareng sama bikin Pom-Pom Potato dan Nugget, maksud hati sekalian aza manirnya, hihiii.  Niat menghabiskan daging ayam sisa bikin Nugget, mo disimpan dikulkas daging ayamnya tanggung banget.

Resep kulitnya seperti yang disini tapi ga pake susu bubuk dan airnya aku ganti santan dengan jumlah yang sama. Santannya juga sisa bikin cake Kukus Santan hihiii :P
Untuk isiannya : daging ayam yang direbus kemudian disuwir-suwir dan dibumbui merica, bawang putih yang ditumis dengan daun bawang. So simple hihiii...

Lumayanlah...bisa untuk teman minum teh, cemilan dirumah ato bekal masfitri kekantor :D
Dan ini juga digoreng dalam rangka buat bekal si dia :D masih ada beberapa biji lagi dikulkas rencana mo buat suguhan  tamu yang mo berkunjung kerumah, ahhaayy senangnya mo ada tamu *,*




vi2 saiki iso masak...

BOTOK AMPELA ATI

19:14:00



Botok Ampela Ati... ini adalah masakan kemarin. Kalo ada yang nanya apakah aku penggemar ampela ati.. ? jawabnya "hanya suka ga sampe doyan...klo ada ya dimakan..." oleh karena itu dalam sebulan blom tentu sekali masak ampela ati. Dan karena aku juarang banget masak ampela ati AraTia juga ga doyan, secuilpun mereka ga mau. Jadi klo pas pengen masak  hanya cukup untuk berdua pak suami...
Botok ...sapa sih yang blom kenal botok dan ga doyan botok. Masakan yang biasa dibuat lauk, yang dibungkus daun, yang isinya dominan kelapa setengah tua yang dibumbui, sedangkan untuk campurannya bisa tempe, tahu, teri ato udang dan kemangi. Tapi bisa bervariasi juga sih tergantung selera aza.

Kali ini aku bikin botok ampela ati dan aku blom pernah bikin sebelumnya. Untuk resepnya pake yang ada dibuku resep jadul yang isinya resep masakan Umikku yang aku tulis waktu abis nikah DOELOE, pernah ikut ke Bekasi nemani aku di dapur rumah kontrakan huhuuu... jd ingat indah dan cupunya masa lalu... >,<

Untuk ukuran bumbunya pake "ilmu kira-kira" aza ya karena aku beli ampela atinya cuma 3 biji, hihiii...
Bumbu yag dihaluskan terdiri dari : bawang merah, bawang putih, kencur, lengkuas, ketumbar, garam dan gula. Bahan yang harus disiapkan adalah  kelapa setengah tua parut kasar, daun kemangi dan daun pisang untuk membungkus. Oiya jangan lupa cabe rawit utuh. Untuk cara membuatnya...campur semua bahan kemudian bungkus dengan daun pisang dan kukus hingga matang. Gitu aza sih... gampang kaan ^^





Daun pisangnya bawa dari Tempeh beberapa hari yang lalu, dikasih bulikku sisa bikin lemper katanya. Klo dari Tempeh tuh ada aza yang dicangking hihiii...ya dikasih-kasih gitu karena sodara-sodaraku pada tau klo aku seneng bebikinan hahaa...
Udah ah...mari kita menikmati botoknya...gambarnya botok ya hahaa...^^

DESSERT KUE SNACK

POM-POM POTATO

14:08:00





Alhamdulillah, akhirnya bisa disini lagi...bisa buka blog tuh sesuatu banget ^^ setelah beberapa hari kemarin ribut kesana kemari ngurus ini itu. eh...bukan beberapa hari ding...beberapa bulan lebih tepatnya. Mulai panas untuk pegang kamera dan foto-foto kue lagi. Yahh...7 bulan yang melelahkan, hampir 8 kayaknya deh hikz...

Sebenarnya dari kemarin udah pengen bikin-bikin aja tapi berhubung pusing nyari barang-barang pada kemana jadi males aja bawaannya. Bukan ilang tapi dirapiin dan terlalu rapi sampai aku bingung nyarinya. Kayak hari Sabtu kemarin tuh mo ke Lumajang jenguk Umik yang abis sakit rencana mo bikin marmer cake hari jumatnya. Ya Allah namanya nyari cetakan tulban kesana kemari sampai keringeten ga ketemu, maksud hati mo bikin yang simpel-simpel aja. Yang ketemu malah cetakan pie, yasudahlah bikin pie susu sajjaah...hufftt !!! berasa kayak abis pindah rumah >,<

Penasaran sama yang namanya Pom-Pom Potato, nanya sana-sini ternyata simpel banget bikinnya. Ini makanan anak-anak bangeeeeeet tapi buat yang dewasa juga oke lho...
Bikinnya kemarin langsung poto-poto dan sekarang udah ada disini lho....#lagisregep hahaa :D

Aku pake stok kentang yang udah ada dari sebulan yang lalu, ketika ku buka wadahnya hahh!! banyak yang busuk. Setelah ditimbang sisanya cuma tinggal 314gr, hmm cukuplah...
Resepnya : 300gr kentang (kukus kemudian haluskan), 2sdm susu bubuk fullcream, 50gr keju (potong dadu kecil), sedikit merica bubuk, telur kocok lepas dan tepung panir kasar secukupnya untuk memanir. Cara bikinnya gampang banget, campur kentang, susu bubuk, keju dan merica. Aduk rata. Bentuk sesuai selera kemudian panir. Diamkan kurang lebih satu jam dalam lemari es, kemudian goreng. Gampang kaaan ?

Rasa tidak mengecewakan. Oiya...klo kurang asin boleh ditambah garam tapi menurutku ini udah pas banget asinnya dari tambahan keju.





Kelamaan ga poto-poto kue jadi mati gaya kayak gini. Kayu juga tinggal itu-itunya...klo kayu kayaknya emang udah bener-bener ga ada, yang inipun klo ga aku umpetin bisa dipastikan ga ada juga.

Udah dulu ya...semoga aku ga males lagi... Aamiiin...
Eh colek-colek Ummu Ichsan dulu aahhh...hihiii yang lagi nyongkel2 es krim sama Ichsan huhuu :D

vi2 saiki iso masak...

SOTO DAGING

08:37:00




Horeeee...akhirnya aku bisa masak Soto Daging, hmm ...selama ini selalu minta tolong Umik untuk bikin bumbu soto nya. Nih yaaa...klo dirumahkuuuu...Umikku, Bude-bulikku klo bikin Soto Daging itu selalu pake bumbu jangkep, maksudnya semua bumbu masuk, itulah yang bikin aku males bikin bumbunya. Tapi klo kali ini nekat bikin sendiri rasanya daleeeeem banget, sampe ke hatiiiii hihiii :p
Ditambaaaah...masfitri dan adek doyan banget. Klo masfitri sih apa-apa doyan jadi udah basilah klo mo diomong-omong disini hihiii tapi kalo adek yang doyan itu baru cerita baru secara adek tuh pilih-pilih banget sama makanan, bahkan kue-kue yang aku bikin aza hanya sebagian kecil aza yang dia mau.
Ok...kembali ke soto ya, menurutku ini udah miriiiip banget dengan bikinan Umik, lebih tepatnya 11-12 lah haahaa...

SOTO DAGING

Bahan :
1/2kg     Daging sapi
2btg       Sere, geprek
3lbr        Daun jeruk
2tangkai daun bawang potong-potong

Bumbu yang dihaluskan :
7btr       Bawang merah
4btr       Bawang putih
3cm       Kunyit
2cm       Lengkuas
1cm       Kencur
2cm       Jahe
1 1/5sdt       Ketumbar
1/4sdt    Jinten
5btr       Kemiri goreng
1/2sdt    Merica bubuk
Garam secukupnya
2sdm     Minyak goreng untuk menumis

Pelengkap : bawang merah dan putih goreng, jeruk nipis, telur rebus, seledri

Cara membuat :

1. Rebus daging, potong-potong dan sisihkan air kaldunya kurang lebih 1000cc (merebus daging jgn terlalu empuk ya supaya ketika dipotong daging tidak hancur)

2. Tumis bumbu halus, daun jeruk dan sere hingga harum tambahkan daging yang sudah dipotong-potong. Aduk rata. Tuang air kaldu dan tambahkan garam, masak hingga bumbu meresap dan daging empuk. Terakhir masukan potongan daun bawang dan bawang putih goreng.

3. Sajikan soto dengan pelengkapnya.





Hujan-hujan gini jadi pengen masak soto lagi...hmmm ^^

LET'S GET BAKING TOGETHER

BIKA AMBON

08:20:00







Bismillah...
Rasanya udah berbulan-bulan ga menyentuh blog, emang iya siih udah berbulan-bulan hehee. Kenapa ? jawabnya lagi sibuk... hihiii jawaban yang klasik ituuu. Hmm...yang pasti emang bener-bener sibuk lah.
Dan kali mo ikutan setor untuk LBT setelah beberapa kali juga ga setor, sampai lupa ini setoran yang keberapa huhuuu... Tema bulan ini Bika Ambon. Sebenarnya ini udah yang ketiga kalinya aku Bika Ambon, yang pertama pake resep Bu Fatmah Bahalwan karena bikinnya malam-malam maka ga sempet ke poto karena penasaran banget sama seratnya begitu keluar dari oven langsung potong-potong hap! daaaaaan hasilnya sukses nyerat cantik. Yang berikutnya pake resep Chef Deddy Rustandi, hasilnya ga begitu cantik, ntah salah dimananya... yang pasti waktu istirahat adonan waktu itu aku kurangi... mungkin itu salah satu yang menyebabkan ga nyerat cantik.
Dan kali ini, yang ketiga kalinya pake resep Bu Fatmah lagi. Karena Oven blom berfungsi karena waktu itu blom ada tempat maka aku mencoba (nekat) pake cetakan kue lumpur dengan pertimbangan Kue Cara Bikang aza yang ga pake ragi ato Martabak Manis bisa nyerat cantik hanya dengan cetakan yang nangkring di atas kompor masak Bika Ambon yang udah beragi ga bisa. Bikin hanya separoh resep, secara klo seresep kutelnya 16 biji boooo^^
Hasilnya....suwer !! cantik banget... nyerat pol pokoe. Rasanya bahagia bangeeeeeet...walopun pada cetakan pertama agak gosong karena apinya terlalu gede kayaknya, tapi untuk cetakan selanjutnya udah ga gosong lagi...lha bikin cuma separoh resep hanya ada 2 kali cetakan hihiii... :p
Untuk resepnya silahkan gugling ya... Bika Ambon NCC tanpa modifikasi sedikitpun.





Catatan dari aku klo mo pake cetakan lumpur... *panaskan cetakan sampai bener-bener panas tapi dengan api yang kecil aza. *setelah adonan dituang biarkan cetakan terbuka tanpa tutup hingga seratnya sempurna, baru setelah serat keluar semua tutup sebentar untuk mematangkan bagian atasnya.

Okay, berani mencoba ??... Salam Bika Ambon ^^

ROTI

ROTI ISI PISANG

04:31:00



Ini adalah pisang yang aku critakan kemarin, akhirnya jadi isian roti hihiiii...
Critanya waktu acara "unjung-unjung" lebaran kemarin kami sekeluarga terdiri dari aku sekeluarga, abangku dan Rayyan (anaknya) dan Umik kerumah sodara. Oiya...biasanya lengkap ada Abi, Mamak dan Tacik istri abangku...tapi karena tacik abis lahiran jadi dia dirumah sama bayinya ditemani Abiku, dan Mamak...tau deh kenapa dia ga ikut, biasanya dia paling semangat ikut karena biarpun dia ga dapat angpow tapi selalu dapat pujian "si artis sinetron" hahaa PRUT!! :P
Perjalanan kami mulai dari kerumah sodara di Tempeh Tengah, disini banyak keluarga dari Mbah Kung ku (bapaknya Umik). Kemudian langsung ke Desa Dorogowok, Kedungmoro dan Kaliwungu... hmm yang hafal bener daerah Tempeh dan sekitarnya pasti udah ga asing lagi dengan nama desa-desa itu, disana mayoritas penduduknya adalah dari suku Madura dengan bahasa Madura Lumajangan hihiiii.... Apakah aku ada keturunan Madura ? jawabnya "Iyaaa...!!" Bapaknya Mbah Putriku (ibunya Umik) asli sanaaaaaa... hohooo, jadi jangan kaget klo disana banyak banget sodara ku. Namanya juga main kedesa dengan rumah yang halamannya luas-luas dengan tanaman pisang dan pepaya dimana-mana (dulu kyknya ada pohon jeruknya) dan sawah kebun yang masih luas jadiiii klo main kesana (hanya klo lebaran aja siih huhuuu ) pasti dibawain hasil kebun itu, pokoknya apa yang bisa dipetik saat itu ya itulah yang dibawain hihiiii...kadang bawa terong, kacang panjang, pepaya, pisang. Awalnya kami menolak karena kami mikirnya kayak pisang dll itu bisa dijual tapi mereka selalu "lebih baik dikasihkan sodara daripada dijual" huhuuu jadi terharu T,T
Okay...kali ini aku pulang bawa setundun pisang kayu yang udah tua banget. Yeshh!!
Sejatinya perjalanan akan kami lanjutkan ke Desa Pulo (masih sodaranya Mbah Putriku) dan ke Lumajang kerumah Bulikku tapi karena Ara, Tia dan Rayyan udah merengek minta pulang, yasudahlah "unjung-unjungnya" lanjut besok sajjah.







Pisang Kayu itu pisang yang harus diolah ato dimatengin dulu sebelum disantap, ga seperti pisang Raja, pisang Ambon ato pisang Barlin yang siap makan. Bentuknya kecil panjang dan rasanya manis. Bisa buat kolak, pisang goreng, isian kue (misal nogosari, roti, molen, bolen dll) tapi kalo aku lebih suka dikukus aja dalam keadaan pisang yang belum menguning jadi masih mengkel-mengkel gitu, hmm... beneran enak (Y).  Dulu Almarhum Mbahku sering bikin urap pisang kayu ini dari pisang yang kulitnya masih hijau, ga ada rasa sepet-sepetnya biarpun kulitnya masih ijo.
Sayangnya kemarin aku ga potoin pisangnya...bisa jadi didaerah lain namanya bukan pisang Kayu.







ROTI ISI PISANG

Bahan Biang:
300 gram tepung terigu protein tinggi
3 gram ragi instan
15 gram gula pasir
200 gram air es

Bahan:
150 gram tepung terigu protein sedang
6 gram ragi instan
30 gram susu bubuk
75 gram gula pasir
1 butir telur
1 kuning telur
50 ml air
75 gram margarin
1 sendok teh garam



Bahan Isi :
- Pisang yang sudah direbus dan meses secukupnya
- Sosis, keju cheddar, daun bawang iris halus, saos tomat/cabe secukupnya.

Bahan Olesan, Aduk Rata:
1 butir telur
25 ml susu cair

Cara membuat:
  1. Biang, campur tepung terigu, ragi instan, dan gula. Masukkan air sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Diamkan 1 jam di suhu ruang. Simpan 30 menit dalam lemari es.
  2. Campur tepung terigu, ragi instan, susu bubuk, gula, dan biang. Uleni rata.
  3. Masukkan telur, air, dan pasta pandan sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
  4. Timbang adonan masing-masing 40 gram. Diamkan 10 menit.
  5. Giling adonan. Beri isi, bentuk sesuai selera dan rapikan. Letakkan di loyang yang dioles tipis margarin. Diamkan 60 menit sampai mengembang.
  6. Oleskan bahan olesan, untuk yang isi sosis tambahkan atasnya dengan saos tomat/cabe, parutan keju, irisan daun bawang.  Oven dengan api bawah suhu 190 derajat Celcius 12 menit sampai matang.





Karena aku lagi pengen bikin-bikin tapi ga mau lama-lama didaapur jadi satu resep adonan aku jadikan 10 biji aja ...maksud hati biar cepet selesai, hwaah!! gede-gede bangeeeet hihiii. Dan yang 3 aku isi sosis. Klo rerotian kyk gini anak-anakku pada suka, apalagi isi pisang ada coklatnya dan sosis.
Eh ini resepnya dari Sajian Sedap, beneran empuk lho... (Y)
"Klo bisa bikin sendiri kenapa mesti beli..." #Ummu Ichsan ayo bermain didapur :D

CAKE

BANANA BREAD

19:57:00




Ada pisang raja 4 buah, udah mateng banget...baunya udah kemana-mana. Sengaja seeeh dibiarkan mateng kayak gitu karena pengen biikin Banana Bread lagi, hihiiii...
Kali ini pake resep dari DetikFood, ada tambahan bubuk spikuknya...hmmm...bisa dibayangkan rasanyaaa ^^
Dan ini yang kesekian kalinya bikin Banana Bread dari resep yang beda-beda pula, sengaja sih gonta-ganti resep biar tau aja rasanya yang beda-beda. hehee...
Oiya yang menyenangkan bikin kue ini adalah prosesnya yang tanpa mikser, tapi hati-hati ya... jangan terlalu kuat ngaduknya...






BANANA BREAD

Bahan :

300gr Pisang, haluskan (vi pk pisang raja 350gr)
60cc Minyak sayur (vi pk olive oil)
100gr Gula pasir (vi pk 80gr)
50gr Gula palem
1btr Telur
200gr Tepung terigu
1/2sdt Soda kue
1/2sdt Bumbu spikuk
1/2sdt Garam

Almond/kenari secukupnya buat taburan.

Cara membuat :

1. Ayak tepung terigu, soda kue, bumbu spikuk dan garam. Sisihkan

2. Dalam wadah lain campur pisang, olive oil, gula pasir, gula palem dan telur. Aduk rata.
Tambahkan bahan kering sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.

3. Tuang diloyang loaf,  taburi almond atau kenari. Kemudian oven dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.






Hmm...pisang dan bumbu spikuknya nyatu banget....wangi pol deh. Bagi yang males ngeluarin mikser kue ini bisa dicoba, hehee
Ssssttt...masih ada pisang lagi dikulkas, hihiiii...semoga masih bisa bikin sesuatu dari pisang-pisang itu  :D ^^




COOKIES

SUGAR CHEESE COOKIES

19:13:00




Masih blom terlambat kan untuk bermaaf-maafan.... ^^

"Selamat hari Raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin, Taqobballahu Minna Wa Minkum, semoga Alloh menerima amalan kita dan menyempurnakan ibadah kita "

Sejatinya ini adalah kukis untuk lebaran tapi karena pada doyan jadiiii sebelum lebaran udah abis-bis hihiiii...
Dan rencana bikinnya udah dari sebelum puasa :D dapat rekomendasi dari Shely yang katanya enak banget. Whuiiihh...langsung belanja bahan...butter dan keju, klo yang lain-lain udah ada. Dan kenapa baru bikin ? ya itulah aku...diawal semangat banget tapi seiring berjalannya waktu karena suatu hal ya ga kepegang hihiii...
Awalnya membayangkan adonan kukis digulung dengan terlebih dahulu di paruti keju yang berlimpah, hmm...ga bisa membayangkan gimana ngegulungnya, secara adonan kukis kan lembut banget...
Tapi setelah dibikin...hohohoo ga sesulit yang aku bayangkan dan cepet pula bikinnya seperti yang Shely bilang. Dan rasanya tidak mengecewakan,... percaya banget sama lidahmu Shel hahaa :D


SUGAR CHEESE COOKIES "KEJUMOO"

Bahan :

150gr Mentega
60gr Gula Halus
1btr Kuning telur
200gr Tepung terigu
50gr Maizena
200gr Kraft cheddar, parut (aku pake sekotak 180gr)
50gr Gula pasir
1btr Putih telur untuk olesan

Cara membuat :

1. Kocok mentega dan gula halus hingga putih, tambahkan kuning telur. Kocok rata. Msukkan tepung maizena, aduk rata.

2. Giling adonan setebal 1/2cm, bentuk persegi panjang lalu taburi seluruh permukaannya dengan keju parut, ratakan.

3. Gulung adonan, rapikan lalu potong setebal 1cm. Olesi setiap sisi kukis dengan putih telur, lalu gulingkan diatas gula pasir.

4. Susun di loyang lalu panggang hingga matang selama 20 menit dengan suhu 130 derajat celcius.








Yang masih pengen bikin-bikin kukis buat ngisi toples...kukis ini layak dicoba ... (Y)
Happy cookies ^^


JAJAN PASAR/KUE TRADISIONAL

BOLEN ISI KACANG HIJAU

21:11:00




Ada kacang hijau kupas sisa bikin isian bakpia untuk pr LBT beberapa waktu lalu, hmm ...udah lama banget yaaa ..untung ga kutuan tuh kacang ijonya, hihiiii...aku lupaaa, bener-bener lupa klo masih punya kacang ijo kupas itu. Bikin kue ini adalah coba-coba... klo enak ya ada disini dan sebaliknya klo ga enak ya cukuplah ada di dapurku aza xixii...^^

Sebenarnya aku bingung mo aku kasih judul apa ini...antara Bolen Isi Kacang Hijau atau Bakpia dengan Kulit Bolen hahaa... Kue ini terbuat dari adonan kulit bolen yang aku isi dengan kacang hijau mirip atau bahkan sama kayak isian bakpia. Karena bentuknya mirip Bolen maka aku putuskan judulnya Bolen Isi Kacang Hijau :D Mungkin kalo aku bentuk bulet-bulet udah bakpia banget penampakannya. Hmm...  terlintas bahwa nama itu ga penting dan rasa lah yang lebih utama tapi disini kan yang dilihat gambar dan judulnay bukan merasakan kuenya, itulah ,,,kenapa harus milih nama yang tepat hihiii :P

Untuk resepnya aku masih menggunakan resep kulit Bolen Pisang tapi di bahan B nya aku tambah susu bubuk.

BOLEN ISI KACANG HIJAU

Bahan-bahan

Bahan A:
100 gram tepung terigu protein tinggi
1 sendok makan minyak goreng
75 gram margarin

Bahan B:
200 gram tepung terigu protein tinggi
30 gram gula tepung
15 gram susu bubuk
80 ml air
75 gram margarin

1/2 Resep Bahan Dasar Olesan

Bahan Dasar Olesan (aduk Rata):
2 kuning telur
1 sendok makan air
1 sendok teh madu

Bahan Isi:
Bahan Isi :
125gr Kacang hijau kupas, rendam semalam, kukus, haluskan
40gr Gula halus
25gr Margarin
50gr Susu bubuk
Vanilla bubuk secukupnya
------------------------------------------------ campur semua bahan, aduk rata.


Cara Pengolahan :
  1. Bagi adonan isi menjadi 10 bagian, bentuk bulat atau lonjong.
  2. Aduk rata bahan A. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
  3. Aduk bahan B sampai setengah elastis. Diamkan 15 menit.
  4. Bagi adonan A menjadi 10 bagian, bulatkan. Bagi adonan B 10 bagian, bulatkan.
  5. Giling adonan B memanjang. Letakkan adonan A di atas adonan B. Lipat seperti amplop.
  6. Giling tipis adonan memanjang, gulung kemudian tipiskan lagi. Ulangi sebanyak 2 kali. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan 15 menit.
  7. Giling adonan molen melebar. Letakkan kacang hijau di tengah, kemudian bungkus dengan kulit. Rapikan. Oles dengan bahan olesan.
  8. Letakkan di loyang yang sudah dioles margarin. Oven 25 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. Keluarkan dari oven.
  9. Oles lagi dengan bahan olesan dan oven lagi 5 menit.




Rasanyaaaa....enaaaak, antara kulit bolen dan bakpia hihiii. Eh aku mo crita dikit tentang rasa kue ini... sama-sama pake resep ini untuk kulitnya, hanya beda isi, pisang dan kacang hijau. Yang isi pisang tuh ketika mateng kulitnya jadi lembab dan basah gitu, dan untuk yang isi kacang hijau kulitnya lebih kres kalo digigit, ga kres banget sih tapi ga selembab yang isi pisang, lebih mirip bakpia, klo suatu hari nanti aku bikin dengan adonan kulit yang sama dengan ini dan di isi kacang hijau kemudian aku bentuk bulet maka akan aku kasih nama Bakpia Isi Kacang Hijau hihiii...:D tapi bakpia yang kotak juga ada kok ya @_@
Akhirnyaaa... apapun namanya coba-coba kali ini tidak mengecewakan...:D

JAJAN PASAR/KUE TRADISIONAL

KUE CARA ISI

21:11:00




Kue Cara Isi ini adalah kue yang udah lama buanget pengen aku bikin tapi baru sempet bikin, itupun karena  beberapa hari yang lalu bersih-bersih lemari yang isinya buku-buku... sambil pilih-pilih buku mana yang masih layak untuk disimpan dan mana yang harus dimusnahkan aza. Ketika asyik bakar-bakar itulah nemu buklet dari majalah Kartini edisi 2078, tau deh itu majalah Kartini taun berapa karena majalahnya udah ga ada, tinggal bonus masakannya itu :D dan udah nyaris jadi abu aza klo aza waktu itu aku ga teriak "kakaaaak...itu buku resep, pinggirin dong biar ga kebakar" waktu itu bakar-bakarnya bareng kakak-adek. Bagian bawahnya udah kebakar tapi ga parah, tulisan resep masih utuh.... kenapa perlu diselamatkan karena disitu terdapat beberapa resep kue-kue tempo dulu :D dan Cara Isi ini salah satunya...

KUE CARA ISI

Bahan :

130gr tepung terigu
3btr telur, kocok
400cc santan
2 siung bawang putih
1sdm margarin, cairkan
1sdt garam

Bahan isi :

200gr ayam cincang
1batang daun bawang, iris halus
6 siung bawang merah, iris halus
4 siung bawang putih, cincang
1 tangkai seledri, cincang
1 buah cabai merah besar, iris halus
1 sdt merica halus
1 sdt garam
1 sdt gula
1sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :

1. Isi : panaskan minyak, tumis bawang dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam cincang dan bahan-bahan lain. Masak hingga daging ayam matang. Angkat, sisihkan.

2. Campur semua bahan adonan, aduk hingga kalis.

3. Panaskan cetakan kue lumpur, oles dengan margarin. Tuang adonan 3/4 tinggi cetakan, panggang hingga setengah matang. Taburi bahan isi, panggang lagi sampai benar-benar matang. Angkat dan hidangkan.

Ada beberapa bahan yang aku rubah dari resep asli, seperti pemakaian santan yang diresep asli 350cc disini aku pake 400cc. Jugaaaa  untuk isiannya  udah aku sesuaikan dengan rasa ku ^^

Rasanya enak banget ;) rasa yang tidak membosankan dan layak untuk dicoba...




JAJAN PASAR/KUE TRADISIONAL

KUE LAPIS BERAS

15:29:00




Siapa sih yang ga kenal Kue Lapis, pecinta kue-kue tradisional pasti udah ga asing lagi dengan kue yang satu ini. Kue Lapis terbuat dari tepung beras, tepung kanji, gula, santan dan pewarna. Penambahan tepung kanji atau tepung tapioka pada adonan supaya adonan menjadi lebih lentur. Untuk rasa gurihnya berasal santan sebagai bahan cairnya. Untuk pewarnanya biasanya menggunakan pewarna alami seperti perasan air pandan atau air merang tapi tidak jarang pula menggunakan pewarna makanan. Diperlukan kesabaran untuk membuat setiap lapisannya karena dibutuhkan waktu untuk mengukus setiap lapisan-lapisannya. Kalau dulu Kue Lapis selalu tampil hanya dengan 2 warna, tapi belakangan penambahan pewarna makanan membuat Kue Lapis tampil berwarna-warni cantik. Oiya untuk perasa manisnya bisa dari gula jawa lho, Kue Lapis yang ditambah dengan gula jawa akan memberikan warna  coklat alami.

Ini adalah yang kedua kalinya aku bikin Kue Lapis, yang pertama menggunakan resep NCC dan yang ini pake resep Sajian Sedap. Kalo dulu pake warna hijau dari pandan suji, yang sekarang pake pewarna makanan pink...hohooo**


KUE LAPIS BERAS

Bahan-bahan :
1.100 ml santan dari 2 butir kelapa
3/4 sendok teh garam
3 lembar daun pandan
250 gram tepung beras
50 gram tepung sagu
250 gram gula pasir
Pewarna makanan secukupnya

Cara membuat :
  1. Rebus santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih. Saring. Biarkan hangat.
  2. Aduk rata tepung beras, tepung sagu, dan gula pasir. Tuang rebusan santan sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
  3. Tuang 150 ml adonan di loyang 16x16x7 cm. Kukus 10 menit dengan api sedang. Lakukan selapis demi selapis bergantian hingga adonan habis
  4. Terakhir kukus selama 30 menit.





Hmm...enak bangeeet, membayangkan klo pake pandan suji atau gula jawa pasti tambah enak deh. Tapi ini bikinnya udah lama banget, jadi sekarang hanya tinggal gambarnya hehee...
Mumpung lagi punya banyak kelapa nih, mo bikin apa lagi yaaa... ;--
Selamat berpuasa, Ramadhan hari ke 20 ^^

MUFFIN

MUFFIN TAPE

20:15:00




Ini hanya menghabiskan sisa tape, bisa buat takjil juga buat kami. Dan seperti hari-hari kemarin, bikin kue selalu dibantuin sama Adek. Setelah adonan udah siap giliran Adek yang beraksi, nyari dan milih cup sendiri. Yang dipilih  adalah cup yang gede, akhirnya seresep hanya jadi 3 biji, hihiiii ...yang nuang adonan ke cup juga Adek, hanya 3 biji tapi lamaaaa banget nuangnya, yasudahlah...nyantai aza ya deek sambil nunggu buka ^^
Resepnya dapet dari Sajian Sedap

MUFFIN TAPE

Bahan-bahan :
150 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sendok makan baking powder
1/4 sendok teh garam
50 gram gula pasir halus
25 gram margarin
1 butir telur, dikocok lepas
50 gram santan kental instan dan 25 ml air, larutkan
100 gram tape singkong, haluskan
25 gram meises cokelat


Cara membuat:
  1. Ayak tepung terigu dan baking powder. Tambahkan garam dan gula pasir halus. Aduk rata. Masukkan margarin. Aduk sampai berbutir. Sisihkan.
  2. Aduk rata telur, campuran santan, dan tape singkong.
  3. Tuang sedikit-sedikit ke campuran tepung terigu sambil diaduk rata. Tambahkan meises cokelat. Aduk rata.
  4. Tuang ke cetakan muffin pendek lebar yang dialas cup kertas.
  5. Oven 25 menit dengan api bawah suhu 190 derajat Celsius sampai matang.



Alhamdulillah, biarpun cuma 3 biji itu lebih dari cukup buat kami bertiga ^^

vi2 saiki iso masak...

ROLADE AYAM

19:15:00




Klo pas ke acara nikahan pernah liat kan di salah satu serving dish ada rolade yang berjejer menggoda...? Pengeeeeen banget makan rolade yang kayak di acara nikahan itu, jadi kayak adek aza puasa-puasa banyak yang dipengen. Nyari-nyari resep yang pernah dikasih sama Bulikku ga ketemu, sampai semua catatan resep tak turunin tetep ga ketemu. Tapi agak-agak ingat seeeh karena waktu itu sempat bikin bareng untuk acara apa gitu...lupa deh. Waktu itu bikin banyak sih, tapi intinya sekilo daging itu rotinya sebungkus. Istilah sebungkus roti itu klo untukku yang hanya seorang calon pemula ini bisa meyesatkan lho karena yang namanya roti tawar itu sebungkusnya ada yang segede guling tapi untungnya aku tau pas bikinnya jadi tau tau ukuran sebungkus roti itu yang segede gimana hehee. Oiya...Bulikku klo bikin dikasih SKM lho, alasannya biar ga nambah gula lagi karena SKM nya udah manis..hmm masuk akal juga ya tapi yang aku bikin kali ini SKM aku ganti dengan susu bubuk dan aku tambah sedikit gula. Untuk sausnya aku nyontek di majalah Sedap Pemula.






ROLADE AYAM

Bahan :

250gr daging ayam tanpa kulit
2lbr roti tawar tanpa kulit
------------------------------------ haluskan dengan menggunakan food processor

1 siung bawang putih, cincang halus
25gr bawang bombay, cincang kasar
1sdm margarin
------------------------------------  tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum

1/2 sdm kecap inggris
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1/4sdt pala bubuk
1/2 sdt garam
1sdm susu bubuk
1 btr telur

1 atau 2 btr telur tambahkan sedikit garam untuk bikin kulit dadarnya
Sosis sapi secukupnya

Cara membuat :

1. Kocok telur, tambahkan sedikit garam. Buat dadar tipis, sisihkan.

2. Campur semua bahan dan bumbu-bumbu, aduk rata. Ambil selembar kulit dadar, ratakan adonan rolade merata di permukaan kulit dadar. Letakkan sosis di sisi yang akan digulung. Gulung dan rapatkan rolade. Kemudian bungkus dengan plastik ato daun pisang.

3. Kukus kurang lebih 30 menit. Ketika akan dihidangkan goreng dengan sedikit minyak goreng hingga sisi-sisinya berwarna kecoklatan.

** waktu aku bikin ini ...2 lembar kulit telur dadar aku jadikan satu memanjang (aku pake pan  diameter 24, hasilnya satu bulatan rolade yang gede dan gendut hihiii :D
** kalo dibungkus dengan plastik sebelum dikukus permukaan plastik ditusuk-tusuk dulu dengan jarum supaya ketika dikukus plastik tidak menggelembung.



SAUS ROLADE

Bahan :

1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 sdm margarin untuk menumis
2 sdm tepung terigu
500cc air kaldu
2 sdm kecap inggris
1/2sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica
gula secukupnya

Cara membuat :

1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan tepung terigu. Aduk rata.

2. Tuangkan kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga licin.

3. Tambahkan kecap inggris, kecap manis, garam, gula dan merica, aduk sampai meletup-letup

4. Sajikan rolade bersama saus nya





Rasanya tidak mengecewakan, bener deh...yang pengen kayak aku silahkan dicoba yaaa...dan aku kayaknya pengen bikin lagi karena Kakak yang bantuin ngetik ini udah merayuku untuk bikin lagi buat dia...:D

JAJAN PASAR/KUE TRADISIONAL

RISOLLES ISI RAGOUT AYAM

07:47:00




 Gara-gara beberapa hari yang lalu jalan-jalan ke tempat orang-orang jual menu buka dan takjil sama Adek....wiiiihhh Adek kayak lapar mata deh, apa-apa pengen dibeli dan mo dimaem pas buka katanya :D padahal sehari-hari dia itu adalah anak yang paling suka pilih-pilih makanan, efek puasa kali yaa... sampai liat krupuk precet aza dia kayak sampai ngiler-ngiler gitu hihiii... mo ketawa aza sih ngeliatnya. Dan kali ini dia minta belikan empek-empek, dia minta 2, yang lenjer satu dan kapal selam satu. Dengan ukuran masing-masing yang super jumbo gitu aku ga yakin dia bisa ngabisin dua-duanya tapi dia berusaha meyakinkan aku bahwa dia bisa menghabiskan semuanya, hihiii...okelah, kita liat aza waktu buka ntr ya deeek :D
Selanjutnya akuuu...hmm dari semua jajanan dari ujung ke ujung aku hanya tertarik sama risoles dan kue lapis beras warna hijau pandan dan hitam (dari air merang)... seleraku ndeso banget yaa :D
Yeayy!! tibalah saat berbuka... mari buka-buka apa yang tadi udah dibeli. Ada yang ga sabar sama empek-empeknya nih...beneran deh begitu denger adzan Adek langsung ngambil empek-empeknya itu :D sampai harus diingatkan untuk minum dulu hihiii... pertama liat dia makan hwiiih semangat sekali dan lama-lama mulai merengek "Yah, bantuin dong yah..." dan "Nda, ga pengen ngincipi tah ?" tuh kaaaan mulai nyerah deh, udah bisa ditebak dia ga mungkin bisa ngabisin segede ituuu...hahaa...

Oiya...tentang kue yang aku beli tadi...untuk kue lapisnya aku suka banget tapi tidak untuk risolesnya. Rasa riloselnya biasa sajjah, terlalu biasa untuk harga segitu... >,<
Karena kecewa itulah akhirnya bikin iniiiii.... :D
Resepnya ambil dari Sajian Sedap tapi udah aku sesuaikan dengan rasaku...

RISOLLES ISI RAGOUT AYAM


Bahan Kulit:
150 gram tepung terigu
350 ml susu cair
1 butir telur, dikocok lepas
1/4 sendok teh garam
1 sendok makan margarin, dilelehkan
minyak untuk menggoreng

Bahan Isi:
150 gram daging ayam, rebus, disuwir-suwir
2 sendok makan margarin untuk menumis
1/2 buah bawang bombay, dicincang halus
4 sendok makan tepung terigu protein sedang
350 ml susu cair
75 gram wortel, dipotong kotak kecil, direbus
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
1 1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok makan seledri, dicincang halus

Bahan Pencelup:
2 butir telur, dikocok lepas

Bahan Pelapis:
150 gram tepung panir orange


Cara membuat:
  1. Kocok lepas telur dan susu sampai rata. Tuang sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung terigu dan garam sambil diaduk rata.
  2. Tambahkan margarin leleh. Aduk rata. Buat dadar tipis di dalam wajan antilengket diameter 12 cm. Biarkan sampai matang
  3. Isi, panaskan margarin. Masukkan bawang bombay. Tumis sampai harum. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai bergumpal.
  4. Tuangkan kaldu sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin. Tambahkan ayam, wortel, garam, merica bubuk, pala bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Masukkan seledri. Aduk rata.
  5. Ambil selembar kulit. Beri isi. Lipat sisi kiri dan kanannya. Gulung.
  6. Gulingkan  di atas tepung panir. Celup ke dalam telur. Gulingkan lagi di atas tepung panir.
  7. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai kekuningan.





Yang ini enak banget hihiii...
Ssssttt...mumpung ada kakak jadi ada yang bantuin ngeblog :D masih ada beberapa foto lagi, terakhir pake laptop tanggal 4 yang entri Chicken drumstcik dan Muffin Tape blom sempet publis tiba-tiba tiba-tiba laptopnya ngambek itu, sejak itu udah ga bisa buka laptop hihiii tapi kayaknya juga harus pelan-pelan sih karena laptopnya gantian sama kakak -- "

COOKIES

NASTAR, CHOCOLATE CHIPS COOKIES, CERRY COOKIES

05:34:00

FoodBlogger udah pada kenal sama Mbak Susiasih Handayani kaaan...ternyata diam-diam dia bikin buku lhoo, huwaaa hebaaaat... (Y) dan yang lebih hebat lagi aku dapat kiriman buku dari dia plus with love dan tanda tanda tangan diaaaa, ga harus pake setor PR dulu ya mbakyuuuu hahaaa... sukses terus untukmu ya mbaaak, semoga menjadi berkah untukmu dan keluarga, juga bisa menjadi sumber inspirasi untuk kita semua... ^^ muakasih buanyak untuk bukunyaaaa... pernik-perniknyaaaa...muach muach...Gusti Allah sing mbales yo mbaaak ^^


Sejak dapat kiriman buku  Adek selalu buka-buka buku itu minta bikinin kue ini itu, ya sudah nyiapin bahan-bahan tapi kenapa nyari gula halus di SPM dan TBK susyeh banget...akhirnya kuputuskan untuk blender gula sendiri karena Adek udah mulai jenuh di rumah dan mulai nyari-nyari apa yang bisa dikerjakan, maklumlah yang biasanya seharian di sekolah bareng temen-temennya, lha sekarang selama liburan puasa hanya dirumah saja...

Yang dibikin adalah Nastar, Chocochips Cookies dan Cookies Bola Ceri, itu semua pilihan Adek karena dia suka banget dengan selai nanas, coklat juga daaaaan...ceri jugaaaaa... jadiiii semua kukis itu Adek bangeeeet hihiiiii :D
Oiya waktu bikin nastar nih...ketika bahan gula udah ditimbang, ditambah butter/margarin, kasih kuning telur juga udah...lanjut nimbang bahan kering...eeeh..maizenanya abis, toko yang deket rumah jelas tutup klo abis dhuhur jadinya bikin nastarnya dilanjutkan abis sholat tarawih, hihiiii karena tanggung banget, tokonya buka abis Ashar...dilanjutin abis Ashar udah ga mungkin karena udah nyiapin untuk buka. Yang lebih seru lagi Adek masih  tetep semangat biarpun dilanjutkan abis tarawih :D semua dia yang ngerjain aku hanya bikin adonannya, selai udah tak siapin 2 hari sebelumnya dan siangnya udah dibuletin...hihiiii
Hmm...klo Adek minta bikin sesuatu dia maunya dikerjakan abis dhuhur karena begitu selesai waktunya udah deket banget sama maghrib, dia seneng karena ga lama-lama nunggu waktu untuk berbuka :D








CHOCOLATE CHIPS COOKIES

Bahan :
275gr Tepung terigu protein rendah
40gr Tepung maizena
140gr Mentega
150gr Gula halus
3btr Kuning telur
100gr Chocochips
30gr Coklat bubuk
1sdt Pasta Coklat

Cara membuat :
1. Ayak tepung terigu dan coklat bubuk, sisihkan.

2. Kocok mentega, gula halus, pasta coklat dan kuning telur menggunakan mikser hingga lembut.

3. Tambahkan campuran tepung terigu dan chocochips. Aduk menggunakan spatula plastik hingga tercampur rata.

4. Siapkan loyang beroles margarin. Ambil 1sdm adonan, letakkan diatas loyang. Tekan dan rapikan bentuknya dengan sendok hingga bentuknya membulat.

5. Panggang adonan dalam oven dengan temperatur 150 derajat celcius selama 25 menit atau hingga kue kering dan matang. Angkat dan dinginkan.

6. Simpan kue dalam toples.











NASTAR

Bahan Kulit :

300 gr tepung terigu protein rendah
40 gr tepung maizena
120 gr margarin
120 gr mentega
60 gr gula halus
40 gr susu bubuk
2 btr kuning telur

Bahan Selai Nanas :

1 kg nanas, parut
200 gr gula pasir
4 cm kayu manis
5 buah cengkih
1/2 sdt garam halus
1 sdt air jeruk nipis

Bahan olesan, aduk rata :

5 kuning telur
1sdt gula halus
1 sdm susu tawar cair

Cara Membuat :

1. Selai nanas : Campur nanas, gula pasir, cengkih, kayu manis, garam, dan air jeruk nipis, masak sambil diaduk terus hingga berbentuk selai yang kering.

2. Kulit nastar : Kocok margarin, mentega, kuning telur, dan gula halus menggunakan mikser selama 2 menit.

3. Masukan bahan kering sambil diaduk dengan mengguanakan spatula hingga tercampur rata.

4. Ambil 1 sendok teh adonan kulit kemudian isi dengan selai nanas.

5. Susun adonan yang telah di bentuk diatas loyang yang beroles margarin. Olesi atasnya dengan bahan olesan.

6. Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 160 derajat celcius selama 25 menit atau hingga kue matang. Angkat, dinginkan.

7. Simpan kue dalam toples.








Yang ini ternyata resepnya sama dengan Nastar hanya isinya diganti ceri hijau, yang dibuku sih ada ceri merahnya berhubung aku hanya punya ceri hijau ya sudahlah pake yang hijau...klo Adek sih wes pokoe ceri...mbuh ijo po abang hihiiii... ^^
Untuk ceri nya usahakan sebelum diisikan ke adonan dikeringkan dulu dengan menggunakan tisu sampai bener-bener ga basah, karena klo masih basah kukis yang udah matang akan cepet menjamur.

Shely....koyo iku lho Shel kaine sing tk maksud...
Arik...dadine koyok ngono say lek ga dioles kutel... --"




Sampai aku nulis ini dari 3 kukis ini yang tersisa adalah chocochip cookis tinggal 4 biji, nastar tinggal 7 biji dan yang isi ceri udah tinggal toplesnya hahaaa... gara-gara laptop ngambek hampir 2 minggu jadi begini deh...hikz. Semoga ga ngambek-ngambek lagi, dari semalam udh bisa mindahin foto-foto dari kamera dan udh bisa edit-edit, yeayy!! Alhamdulillah...

Happy Ramadhan untuk semuanya...udah hari ke 19 kan sekarang, ayo semangat !! Semoga Ramadhan kali ini menjadi sebaik-baik Ramadhan untuk kita semua...
Ketjup sayang untuk Shely yang lagi ngebut bikin kuker, jaga kesehatan ya dear... ^^