Wednesday, 11 December 2013

PISANG BOLEN KEJU





Hehehee...pisang lagi...jgn bosyen yaa ^^
Ga pernah bosen dengan kue yang pisang-pisangan, kali ini bikin Pisang Bolen Keju...pake resep dari Sajian Sedap klo resep aslinya pake coklat tapi yang aku bikin kali ini pake keju melted, kebetulan ada sisa keju melted. Rasanya enak tapi akan lebih enak lagi kalo margarinnya diganti butter, hehee...sebenarnya aku punya stok butter tapi sayang euy tinggal satu, huhuuuu


PISANG BOLEN KEJU

Bahan-bahan

Bahan A:
100 gram tepung terigu protein tinggi
1 sendok makan minyak goreng
75 gram margarin

Bahan B:
200 gram tepung terigu protein tinggi
30 gram gula tepung
80 ml air
75 gram margarin

1/2 Resep Bahan Dasar Olesan

Bahan Dasar Olesan (aduk Rata):
2 kuning telur
1 sendok makan air
1 sendok teh madu

Bahan Isi:
8 buah pisang raja, aku rebus
Keju melted secukupnya, potong kotak


Cara Pengolahan :
  1. Belah pisang menjadi 2. Isi dengan keju.Tutup lagi dengan pisang.
  2. Aduk rata bahan A. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
  3. Aduk bahan B sampai setengah elastis. Diamkan 15 menit.
  4. Bagi adonan A menjadi 15 bagian, bulatkan. Bagi adonan B 15 bagian, bulatkan.
  5. Giling adonan B memanjang. Letakkan adonan A di atas adonan B. Lipat seperti amplop.
  6. Giling tipis adonan memanjang, gulung kemudian tipiskan lagi. Ulangi sebanyak 2 kali. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan 15 menit.
  7. Giling adonan molen melebar. Letakkan pisang di tengah, kemudian bungkus dengan kulit. Rapikan. Oles dengan bahan olesan.
  8. Letakkan di loyang yang sudah dioles margarin. Oven 25 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. Keluarkan dari oven.
  9. Oles lagi dengan bahan olesan dan oven lagi 5 menit.







Untuk bikin kulitnya boleh juga pake cara kayak bikin kulit pastry, tapi aku lebih senneng pake cara seperti yang aku tulis diatas.

Ini enak banget, layak untuk dicoba... (Y)





11 comments:

  1. hallo mbak vivi salam kenal...
    suka banget sama blognya...
    saya bookmark deh resep yg ini...
    tfs ya...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak ayu...slm kenal juga ya ^^
      makasiiiiih udh main kesini...
      silahkan mbak :)

      Delete
  2. iih terlihat enyaaak... *bookmarked* ;)

    ReplyDelete
  3. ijin copas ya mbak vivi,lg nyari resep yg g pake korsvet.barang langka di daerah kecil ku..
    so simple ^^

    ReplyDelete
  4. mba Vivi, izin pasang resepnya di blog ku yah...

    makasih sebelumna...

    hayo dong dilihat hasil contekanku yah... hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Linaaaaa....silahkan mbakyuuuu ^^
      maap ya baru kebaca huhuuu... ><

      Delete
  5. mbak ijin copas ya...ternyata ada juga yg g pake shortening ,aku suka....tapi kok gak ada cara bikin pisang coklatnya mbk.....

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum Mba Vivi salam kenal, melakukan teknik gulung tipis , gulung tipis dapet juga ya mba kulit berlapis2 lapisnya,Terima kasih banyak

    ReplyDelete