Thursday, 5 December 2013

MANGO BUTTER PIE




Probolinggo adalah kota kecil yang berada di daerah pantura Jawa Timur sebagai kota yang terkenal dengan sebutan Bayuangga. Jika temen-temen mo ke Bali dari arah Surabaya lewat darat maka Probolinggo adalah salah satu kota yang akan dilewati. Sebutan Probolinggo sebagai kota Bayuangga maksudnya adalah Bayu Anggur dan Mangga yang diartikan Probolinggo adalah kota Angin yang terkenal dengan buah anggur dan mangga. Sebenarnya ada banyak jenis mangga yang ada di Probolinggo tapi yang paling terkenal adalah Mangga Manalagi dan Mangga Arumanis. Disini hampir di setiap rumah ada pohon mangga terutama rumah-rumah di kampung (kecuali dirumahku ya, hiks...pernah nanem udh bertahun2 tp ga buah akhirnya dipotong)

Baru sadar nih klo udah bertahun-tahun tinggal di Probolinggo belom pernah sekalipun bikin kue pake mangga. Kali ini aku bikin Mango Butter Pie dari buku 100 Resep Cake & Kue nya Bu Sisca. Dan mangganya pake mangga Arumanis kiriman tetangga hehe...

MANGO BUTTER PIE

Bahan kulit :

300gr      Tepung terigu protein sedang
3sdm       Gula halus
1/2sdt      Garam
175gr       Mentega tawar
1btr         Telur
5sdm       Air es
1 buah mangga arumanis, potong dadu.

Isi :

3btr        Telur
100gr      Gula pasir
50gr        Tepung terigu protein sedang
1/6sdt      Vanilla bubuk
50gr        Mentega, lelehkan

Taburan:

50gr       Tepung terigu protein sedang
25gr        Mentega
20gr       Gula pasir

Hiasan : almond slice secukupnya


Cara membuat :

1. Kulit : campur tepung terigu, gula bubuk dan garam aduk rata. Masukkan mentega aduk dengan menggunakan 2 buah pisau atau pisau pastry hingga berbutir. Masukkan telur dan air es, aduk hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk. Istirahatkan selama 30 menit dan giling adonan setebal 0.5cm, cetak diloyang pie sambil dirapikan. Panggang sebentar dalam oven dengan suhu 175 derajat celcius selama 5 menit.

2. Isi : kocok telur bersama gula hingga mengembang, masukkan tepung terigu dan vanilla bubuk, aduk rata. Masukkan mentega leleh, aduk rata.

3. Taburan : campur tepung terigu, gula dan mentega hingga tercampur rata dan berbutir.

4. Penyelesaian : ambil kulit pie yang telah dipanggang sebentar, tata potongan mangga, tuangkan adonan isi. Tuang taburan diatasnya dan beri almond slice. Panggang hingga matang.









Mangga arum manis merupakan varietas mangga Probolinggo yang paling terkenal di antara mangga manalagi dan mangga golek yang juga banyak ditanam di Probolinggo. Disebut arum manis karena mangga ini harum dan manis dengan daging buah yang tebal dan halus (hampir tanpa serat) Buah mangga arum manis  umumnya berbunga pada bulan Juli-Agustus dan dipanen mulai September hingga November. Buah ini gampang dikenali karena bentuknya yang lonjong dan warnanya hijau kekuningan jika sudah matang.

Penasaran dengan rasanya ...? aiioo dicoba, mumpung masih banyak buah mangga di pasar ^_*

4 comments:

  1. heummm....always,menggoda iman nih kuenya mbk vivi hehe

    ReplyDelete
  2. mba kulit pie nya pake mentega tawar yah? apa beda hasilnya bila pakai marggarin biasa mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak lina...butter diganti margarin bisa bangeeet. kadang klo diresep tertulis butter dan aku lg ga punya butter ya aku ganti margarin mbak... ^^

      Delete