Tuesday, 12 November 2013

LBT#27 BISCOTTI









Biscotti adalah kukis nan kering, bentuknya lonjong yang sepintas mirip bolu kering karena bahannya boleh dibilang mirip, tetapi biasanya biscotti kaya dengan almon, karena teksturnya yg keras dan kering, ada kebiasaan sebelum memakannya, akan dicelupkan dahulu kedalam kopi.

Kenapa biskuit ini bertekstur keras, kononnya jaman dahulu kala Biscotti ini, untuk ransum tentara, dan untuk perbekalan perang karena kukis ini bisa bertahan lama, seperti hal nya Roti kompyang yang kita buat di PR sebelumnya.

Biscotti yang awalnya beken di Italia, diadaptasi juga dibanyak negara dengan nama yang berbeda, di Inggris, dengan nama, Rusk di Perancis dikenal dengan sebutan croquets de Carcassone, di Jerman dengan nama Zwieback , di Yunani adalah Biskota ( kalau di kita alat transportasi ya ) dan Paxemadia, di Israel Mandebrot dan Rusia adalah Sukhanki.

Aslinya Biscotti ini adalah kukis almon, seiring berkembangnya jaman Rasa Biscotti pun mulai variatif, bukan hanya almon , jenis kacang2 lain pun bisa dipakai, seperti hazelnut, pistahio, walnut dll, memang ciri khas Biscotti ini selalu ada penambahan kacang didalam resepnya, tetapi buah2an kering dan potongan coklat  bisa dicampurkan  juga kedalamnya, dan penggunaan tepung juga  bisa diganti  atau dicampur dengan tepung lainnya seperti whole wheat, cornmeal dll. (ijin copas bu host ya...lg males mo nyari2, hikz...)


Resepnya pake dari Sajian Sedap hanya aza aku sesuaikan dengan bahan-bahan yg ada di rumahku. Karena waktu ke TBK nyari almond ga ada jadi almond bubuknya aku ganti dengan oat yang aku haluskan dan aku tambah dengan kenari dan kismis...

BISCOTTY

Bahan-bahan :

125 gram mentega tawar
200 gram gula tepung
2 butir telur
1 kuning telur
150 gram oatmeal (haluskan)
250 gram tepung terigu protein sedang
25 gram susu bubuk
2 sendok teh baking powder
100gr  kenari sangrai cincang
50gr kismis


Cara Pengolahan :
  1. Kocok mentega tawar dan gula tepung sampai lembut 2 menit. Tambahkan telur satu per satu sambil dikocok rata.
  2. Masukkan almond bubuk dan esens almond. Aduk rata. Tambahkan tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan dikocok rata.
  3. Masukkan dark cooking chocolate leleh dibeberapa tempat. Aduk pelan. Bagi 2 adonan. Gumpalkan dan bentuk lonjong.
  4. Letakkan diloyang yang dioles margarin.
  5. Oven 30 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. Angkat dan dinginkan.
  6. Iris-iris miring. Letakkan diloyang tanpa dioles. Oven lagi 20 menit dengan suhu 150 derajat Celsius sampai kering.




4 comments: