Tuesday, 19 November 2013

BANANA PUFF again ^^




Hmmm...akhirnyaaa bisa pegang kamera lagiiii, setelah kemarin-kemarin udah menyibukkan diri didapur ...
Hari minggu kemarin maksain pulang ke Tempeh gara-gara abis dikabari umikku jatuh walopun sebenarnya badanku rasanya pegel-pegel abis begadang malamnya...alhamdulillah waktu aku pulang umik udah baikan. Daaaaan oleh-olehnya pisaaaaaanggg....pokoknya jangan bosen deh klo di sini bentar-bentar liat pisang hihiiii....
Hehey...jangan bosyen juga klo aku pasang foto pastry lagi...
Okay...resep masih sama dengan yang dulu yaitu pake resepnya bu Sisca tapi kali ini aku bermain-main dengan resep...hmmm pastry margarinnya klo resep aslinya 200gr kali ini aku hanya pake 150gr...sengaja...karena aku pengen tau bedanya hihiii...dan hasilnya tetep berlapis-lapis tapi lapisannya tidak "seheboh" dan "serapuh" klo pake 200gr pastry margarin. Hmm...bisa dibayangkan kan bedanya..? ato bisa diliat di fotoku yang lain disini ato disini ...
Untuk rasanya ga jauh beda...hanya kurang rapuh aza...
Udah ah...segitu aza critanya ya...yang pengen silahkan di coba dirumah masing2..hihiii ^^




PUDING ROTI "PISANG KISMIS"





Bikin puding roti ini dalam rangka menhabiskan roti tawar yang udh berhari-hari bubug di freezerku, hiihiii... adek tuh yang beli roti tawarkan, sisa 6 lembar udh ga mau lagi...ya udahlah di bikin puding roti aza secara udah lama juga ga bikin puding roti. Ada susu UHT jg di kulkas dan pisaaaaaang  yang aku bawa dari Tempeeeh hihiiii....>,<
Resepnya liat disini ya...
Karena puding nya udah abis...sooo ...silahkan dnikmati gambarnya yaa ^^




Tuesday, 12 November 2013

LBT#27 BISCOTTI









Biscotti adalah kukis nan kering, bentuknya lonjong yang sepintas mirip bolu kering karena bahannya boleh dibilang mirip, tetapi biasanya biscotti kaya dengan almon, karena teksturnya yg keras dan kering, ada kebiasaan sebelum memakannya, akan dicelupkan dahulu kedalam kopi.

Kenapa biskuit ini bertekstur keras, kononnya jaman dahulu kala Biscotti ini, untuk ransum tentara, dan untuk perbekalan perang karena kukis ini bisa bertahan lama, seperti hal nya Roti kompyang yang kita buat di PR sebelumnya.

Biscotti yang awalnya beken di Italia, diadaptasi juga dibanyak negara dengan nama yang berbeda, di Inggris, dengan nama, Rusk di Perancis dikenal dengan sebutan croquets de Carcassone, di Jerman dengan nama Zwieback , di Yunani adalah Biskota ( kalau di kita alat transportasi ya ) dan Paxemadia, di Israel Mandebrot dan Rusia adalah Sukhanki.

Aslinya Biscotti ini adalah kukis almon, seiring berkembangnya jaman Rasa Biscotti pun mulai variatif, bukan hanya almon , jenis kacang2 lain pun bisa dipakai, seperti hazelnut, pistahio, walnut dll, memang ciri khas Biscotti ini selalu ada penambahan kacang didalam resepnya, tetapi buah2an kering dan potongan coklat  bisa dicampurkan  juga kedalamnya, dan penggunaan tepung juga  bisa diganti  atau dicampur dengan tepung lainnya seperti whole wheat, cornmeal dll. (ijin copas bu host ya...lg males mo nyari2, hikz...)


Resepnya pake dari Sajian Sedap hanya aza aku sesuaikan dengan bahan-bahan yg ada di rumahku. Karena waktu ke TBK nyari almond ga ada jadi almond bubuknya aku ganti dengan oat yang aku haluskan dan aku tambah dengan kenari dan kismis...

BISCOTTY

Bahan-bahan :

125 gram mentega tawar
200 gram gula tepung
2 butir telur
1 kuning telur
150 gram oatmeal (haluskan)
250 gram tepung terigu protein sedang
25 gram susu bubuk
2 sendok teh baking powder
100gr  kenari sangrai cincang
50gr kismis


Cara Pengolahan :
  1. Kocok mentega tawar dan gula tepung sampai lembut 2 menit. Tambahkan telur satu per satu sambil dikocok rata.
  2. Masukkan almond bubuk dan esens almond. Aduk rata. Tambahkan tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan dikocok rata.
  3. Masukkan dark cooking chocolate leleh dibeberapa tempat. Aduk pelan. Bagi 2 adonan. Gumpalkan dan bentuk lonjong.
  4. Letakkan diloyang yang dioles margarin.
  5. Oven 30 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. Angkat dan dinginkan.
  6. Iris-iris miring. Letakkan diloyang tanpa dioles. Oven lagi 20 menit dengan suhu 150 derajat Celsius sampai kering.




Monday, 4 November 2013

KEMBANG GOYANG




Kriuk...kriuuuk renyah... Ini kue jadul banget....dulu sering ketemu kue ini klo pas lebaran tapi sekarang udah mulai jarang...sering ga ketemu malah. Di rumahku kue ini namanya Mata'ari (matahari) mungkin karena mirip bunga matahari ya jadi dikasih nama matahari. Terkenal juga dengan nama Kembang goyang ...mungkin karena cetakannya yang goyang-goyang, hehee
Tapi di sini (didaerah kampung) kue ini masih sering ditemui, terutama klo pas ada hajatan sebagai salah satu isi kue berkatan. Biasanya dibungkus plastik gitu bareng dengan temennya, yaitu rengginang dan rempeyek :D
Klo ada yang pengen dan mo nyoba bikin nih aku kasih resepnya...oiya kali ini aku tambah wijen di adonannya biar kaya rasa ^^

KEMBANG GOYANG

250gr      Tepung beras
1btr           Telur, kocok lepas
1/4sdt       Garam
50gr         Gula pasir
350cc      Santan
1sdm        Wijen
 Minyak goreng untuk menggoreng


Cara membuat :

Campur semua bahan, aduk hingga tercampur rata dan gula larut.
Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Celupkan cetakan kedalam minyak goreng hingga panas, kemudian celupkan cetakan ke dalam adonan (jgn sampai cetakan tertutup adonan semua supaya kue mudah dilepas). Masukkan cetakan yang sudah dicelup adonan  ke dalam wajan sambil di goyang-goyang hingga lepas. Goreng hingga matang.





CHOCO BALL





Beberapa hari yang lalu mbak Hikmah pesen lapsur 4...dan inilah kriwilannya lapsur itu hihiii...karena kebanyakan maka aku bikin bola-bola kayak gini. Klo aza yang pesen minta lapsurnya ga usah di rapiin pinggirnya pasti aku akan dengan senang hati meng"iya"kan karena udh bisa dipastikan kriwilannya itu disini ga ada yang maem, mo dikasih ke orang ...kok yo kebangeten dikasih kriwilan...dulu waktu masih ada embak...dia yang selalu semangat bawa pulang...
Bola-bola coklat ini cara bikinnya gampang banget...tinggal cakenya dihancurin trus ditambah SKM sampai bisa dipadatkan, ga perlu banyak2 SKM nya karena cakenya udh lembab. Setelah itu dibikin bulatan-bulatan (klo kecil2 lbh cantik deh, ini punyaku gede2 biar cepet selesai  maksudku, hihiii), setelah dibentuk bulatan semua, masukkan kulkas sebentar biar lbh padet. Terakhir celupin ke dcc yang udah dicairkan dan gulingkan di meses. Gampang kaaan....








Tuuuh...udah cantik kaaan...?? udh ga malu2in klo mo dibagi2, hihiii