Friday, 11 October 2013

LBT#26 KUE SATU








Kue Satu ato klo dirumahku disebut kue Satru terbuat dari tepung kacang hijau dengan rasa yang khas dan cenderung manis, didaerah tertentu kue Satu ini sangat populer terutama klo pas lebaran sebagai salah satu alternatif kue kering pengisi toples...sering makan tapi ga pernah bikin bahkan liat orang yang sedang bikin pun aku ga pernah. Sejak kakakku menikah tiap lebaran selalu ada kue satu ini, oleh-oleh dari mertua kakakku...konon ceritanya sih mertua kakakku ga bikin sendiri tapi beli di daerah Banyuwangi sana. jauh bangeeet, hikz...
Jujur...ini bukan kue favoritku...klo ada pilihan lain semacam rengginang, opak, kupingan maka aku tidak akan melirik kue satu, hihiiii...kenapa aku ga suka ? karena untuk ukuranku kue satu itu manis bangeeeet...
Cara membuat kue satu itu simpel banget ...sesimpel bahannya karena hanya menggunakan tepung kacang hijau, gula halus, sedikit vanilli bubuk dan air untuk melembabkan tepung nya biar bisa dicetak. Tapiiiii...bikin tepung kacang hijaunya yang tidak bisa dikatakan simpel....lebih tepatnya ribet bangeeet...
Awalnya aku bikin tepung kacang hijaunya pake kacang hijau kupas...disangrai kemudian di haluskan, daaan jadilah tepung kacang hijau...selanjutnya langsung bikin kue satunya. Campur semua bahan....waktu itu aku pake ilmu sesat...gulanya aku kurangi banyak trs aku tambah sedikit skm putih, maksud hati biar berasa susu dan ga terlalu manis. Hasilnyaaa.....alot banget dan tepung kacang hijaunya berasa kacang hijau mentah. Percobaan pertama dinyatakan gagal oleh yang punya dapur (aku)...percobaan berikutnya aku udah ga mau pake kacang hijau kupas lagi...kacang hijau yang berkulit aku rendam selama 1-2 jam kemudian disangrai...setalah itu mengupas kulit dengan cara ditekan-tekan dengan ulekan hingga terlepas kulitnya... yang ada kacang hijauku malah hancur karena ditekan-tekan pake ulekan...karena udah menjelang maghrib dan aku udah capek pula  kacang hijau yang hampir hancur itu aku rebus kebetulan ada sisa santan...jadilah kolak kacang hijau, hihiiiii
Dua hari kemudian nyoba lagi bikin tepung kacang hijau...kali ini kacang hijaunya aku rendem semalaman, besok paginya biji kacang hijau jadi gede-gede...tinggal di"usek-usek" dengan kedua telapak tangan kulit kacang hijau udah terkelupas. Pisahkan kulit dan biji kacang hijaunya, setelah itu tiriskan sampai bener-bener ga ada airnya. Kemuadian sangrai dan terakhir dihaluskan dengan cara di blender, harus sabar ya nge blendernya karena harus "blend ayak blend ayak" untuk menghasilkan tepung kacang hijau yang lembut. Ato kalo punya tenaga yang kuat boleh juga kok ditumbuk, hihiiii
Dari 150gr biji kacang hijau yang aku rendem tadi menghasilkan kurang lebih 120gr tepung kacang hijau...
Untuk kue satunya aku pake resep mbak Rika dengan perbandingan 2 : 1, maksudnya 2 bagian tepung dan 1 bagian gula halus. Tadinya mo pake resep ibunya temenku tapi karena pake ukuran cangkir aku jadi maleeees, udah males mikir pastinya...yang ada dipikiranku harus jadi kue satu tanpa pake ribet hihiii


KUE SATU / KUE SATRU

Bahan :

120gr     Tepung kacang hijau
60gr        Gula halus
1sdm      Air
Sedikit vanilli bubuk

Cara membuat :

Campur semua bahan, aduk hingga tercampur rata. Dalam keadaan lembab cetak adonan kue satu dengan menggunakan cetakan khusus kue satu (bisa juga pake cetakan coklat) sambil dipadatkan, kemudian keluarkan dari cetakan. Tata diloyang kue kering, oven dengan suhu 150 derajat celcius selama kurang lebih 15 menit.







Klo ingat prosesnya yang lumayan lama bahagia rasanya bisa bikin sendiri, menikmatinya sambil ngeteh itu sesuatu yang indah banget ^^

Salam LBT ....*)



2 comments:

  1. bagus mbak,,,,,,aku biin kemarin jadinya kayak batu,,,,,belum buat lagi,,,,,takut gak jadi lagi,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihii..lha itu jg hsl remidi lho mbak. Ayo bikin lg mbak ...^^

      Delete