Thursday, 17 October 2013

KARIPAP PUSING



Beberapa malam yang lalu... tepatnya tanggal 2 September tiba-tiba mbak Yanah Rosyanah ngirimi aku Karipap Pusing lewat message fb. Sebenarnya waktu itu bukan kali pertama aku liat si Karipap Pusing itu hanya aza untuk membuatnya kok "awang2en" ya...kayaknya ribet banget tapi waktu mbak Yanah meyakinkan aku klo aku bisa membuatnya dan mbak Yanah juga menyemangati aku untuk segera bikin, mbak yanah juga kasih bocoran resepnya tentunya yang udah di modifikasi sama dia. Hmm...okay akan aku coba, tapi ntah kapan, hihiii... semakin lama kok aku semakin penasaran untuk segera membuatnya. Dan baru kemarin aku bisa mewujudkannya, itu pun bikin kulitnya udah hari Jumat yang lalu, karena waktu itu juga ngerotmar kok kayaknya ga selesai klo aku kerjakan hari itu juga, akhirnya adonan yang udah siap aku suruh ngadem di kulkas dulu, hehee...

KARIPAP PUSING

Bahan A :
100gr     Mentega putih
50gr       Margarin
300gr     Tepung terigu

Bahan B :
700gr     Tepung terigu
1sdt        Garam
50gr       Margarin
350cc     Air

Cara membuat :

1. Campur bahan A, uleni hingga kalis, bulatkan. Letakkan diwadah tertutup, sisihkan.

2. Campur bahan B, uleni hingga kalis, bulatkan. Diamkan kurang lebih 15 menit.

3. Tipiskan adonan B kemudian letakkan adonan A ditengah. Lipat adonan B hingga menutupi adonan A. Tipiskan adonan kemudian gulung (lakukan menggulung dan menipiskan hingga 2 kali seperti membuat kulit pastry). Terakhir gulung  dan rapatkan.

4. Potong-potong adonan yang sudah digulung tadi (kira2 setebal 1cm) kemudian tipiskan. Isi dengan isian kemudian rapatkan pinggirnya dengan cara di pilin (dicubit). Goreng karipap dengan api sedang hingga matang.



**Waktu bikin adonan A aku merasa adonannya terlalu mawur  maka aku tambahkan 25gr mentega putih karena waktu itu aku hanya bikin 1/4 resep.


**Prosesnya sama dengan membuat kulit pastry hanya saja adonan karipap tidak menggunakan pastry margarin/lemak lipat. Klo bisa bikin kulit pastry aku yakin bikin kulit karipap juga bisa ^^





Ternyata aku bisaaaa!!...gampang banget ternyata bikinnya dan sueneng pol liat hasilnya...
Aku bikin hanya 1/4 resep jadi 11 karipap, jumlah segitu lebih-lebih untuk kami bertiga.
Berani mencoba kan...?? pesenku adalaaaah...jgn dibayangkan cara bikinnya tp dipraktekkan....hihiiii

Maksud hati bikin step by step nya...namun apa daya ga ada yang bantuin...hikz"

29 comments:

  1. Cantik banget mba fifi.....blom kebayang cara gulung dan lipat nya, request step by step nya ya mba..... hehee

    ReplyDelete
  2. mbak isna...maksud hati tuh mo bikin sekalian step by stepnya, apa daya ga ada yang bantuin, hikz...
    makasih ya ^^

    ReplyDelete
  3. pernah dengar kue bernama karipap dari film Upin ipin saya sih mba... hehehe...
    setuju sama mba Isna, gak kebayang bisa jadi berlapis2 gitu gimana saranya ya mba? ^__*
    mungkin krena belum pernah bergulat dengan per-pastry-an.... hehehe...

    *ngomporin mba Vivi bikin tutorialnya ....^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener ini kuenya si upin ipin mbak...
      jgn dibayangkan tp dipraktekkan...
      ga ada yg bantu poto2 jd ga ada tutorial, maaaaaap ^^
      hihiiii...

      Delete
  4. wadohhhhh susahhhh kayaknya mbak,,,,hihihihi gak kebayang,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaaaahh...jgn dibayangkan kok mbak...
      ayo siapin bahannya trs bikin, pasti jadiiiii...!!

      Delete
  5. seperti membuat roti maryamkah mb vi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda mbak...karipap cara bikinnya sama dengan pastry...
      ayo bikin mbak...^^

      Delete
  6. Cakeeep banget...emang telaten dirimu Mbak...fotonya juga kereenn...suka deh...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan lg telaten mbak, hehe

      makasih ya ^^

      Delete
  7. Mbak vivi, bikin pastry aja aku belum pernah, jadi gimana dong cara bikin kulit karipap ini ...??? Padahal cantik bangeett mbak, hati ini jadi pingin bangeett buat nyobain ... cuma takutnya nih yang masih besar. please bantuin dooonngg ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bikin mbak Rita...tak bantuin, tp gmn caranya klo mo bantuin ?

      suwun mbak ...

      Delete
  8. pulango mbak, ntar ajarin aku ... hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak rita...aku sering pulang mbak tp sll kesusu2
      xmp tempeh sll diatas jam 10...abis ashar balik proling hihiii

      Delete
  9. Cantik sekali mbak Vi...aku mau bikin tapi mentega putih itu bisa diganti mentega tawar gak ya mbak. Di sini ada mentega putih tapi dijual kiloan...nggak ada mereknya dan pernah aku pake rasanya membal di lidah. mentega putih yg mbak Vi pake merk apakah??

    ReplyDelete
  10. Oh iya kelupaan, mbak Vi...ini gak ada resep isiannya ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh maaf mbak hesti br kebaca nih...
      aku blom pernah nyoba mbak mentega putih diganti mentega tawar...kyknya sih bisa aza ya. sama mbak disini mentega jg dijual kiloan dan di tbk sini adanya cm merk pusaka, merk lain ga pernah ketemu aku, hikz...
      untuk isinya...hrsnya isiannya kentang, wortel, daging ayam/sapi yg dibumbui kare krn berhubung disini ga yg suka klo rasa kare gitu dan kebetulan ada sisa isian pastel jadi aku isi ragut pastel hihiiii

      Delete
  11. mba vi.. keren banget itu pastelnya... nyontek ya.. hehe...

    ReplyDelete
  12. ajari aq step by stepnya via bbm ya say.....jgn lupa klo pulang ke Tempeh, bawain aq oleh2 karipap ini...huhuuuuy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wani piro say...??
      hohoooo...uhuuuyy...

      Delete
  13. mbak Fiiiiii,....aku mau dong karipannya,......

    ReplyDelete
  14. mbak..saya sdh coba, tapi sebagian hasilnya mencar saat digoreng...piye tho mbak carane supaya gak lepas...:'(

    ReplyDelete
  15. Mba vi aku juga sdh coba tapi banyak yg pecah waktu digoreng. Itu kenapa ya mb?

    ReplyDelete
  16. Mbak vivi... salam kenal.
    Beberapa hari yang lalu aku nyobain, tapi kurang ngeong. Hihi
    mau tanya juga :D
    - mbak ngulen bahan B nya apakah seperti mengulen roti?
    - Kemarin bahan A saya rapuh gitu, apa berarti ngulennya kurang kalis ya mba?
    - Berarti adonan A-nya mbak vivi = (1/4 x adonan A) + 25 g mentega ya?
    Makasih mbak resepnya, maaf nanyanya banyak, soale aku masih penasaran sama karipap ini.
    resepnya izin saya masukin ke blog ku boleh nggak mbak? Saya cantumin sumber&backlink, nggak dicopas kok mbak hehe :)
    makasih

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Salam kenal mb...sy coba buat kurang nmpak layer setelah digoreng...ap yg salah y mb...

    ReplyDelete
  19. Salam kenal mb...sy coba buat kurang nmpak layer setelah digoreng...ap yg salah y mb...

    ReplyDelete
  20. Looks hard.. A video for us yonkers... please

    ReplyDelete