SATE AGE

19:23:00






Sate age ini sebenarnya dibikin udah beberapa hari yang lalu...kenapa fotonya cuma satu karena waktu mo foto-foto temen-temennya Tia datang mo latihan nari Di Sin Sen....(tau ga...apa itu disinsen hihiii... :D) jadi ga kepikir mo ambil gambar banyak2 karena aku harus nemeni mereka latihan, kebangeten kan klo aku cuekin gitu aza walopun tanpa akupun mereka udah pasti latihan ....^^

Kembali ke sate age ya...sate age ini adalah salah satu lauk untuk berkatan acara selametan di Tempeh City^^ dan sekitarnya , seperti mantenan, sunatan dll entah kenapa aku pengeeen banget bikin...dan resepnya pake resep umikku (koki handal dirumahku)... dan ini adalah masakan dengan bumbu terlengkap yang pernah aku bikin.

SATE AGE

Bahan :

1/2kg     Daging sapi, potong-potong menurut selera
1btr        Telur
1btg       Sere, geprek
3lbr        Daun jeruk

Bumbu yang dihaluskan :

7btr       Bawang merah
4btr       Bawang putih
2cm       Kunyit
1cm       Lengkuas
1cm       Kencur
1cm       Jahe
1sdt       Ketumbar
1/4sdt    Jinten
4btr       Kemiri
Gula dan garam secukupnya (lebih disarankan pake gula jawa)

Cara membuat :

Campur bumbu halus dan telur, kocok rata dengan garpu. Masukkan daging, aduk rata sampai bumbu merata di dagingnya. Untuk proses pematangannya ada yang dengan cara di kukus (daging yang sudah tercapur rata dengan bumbu dibungkus daun pisang kemudian dikukus, berapa lama ? sampai daging bener2 empuk), ada juga yang daging direbus bareng bumbunya hingga daging empuk dan bumbu meresap tentunya dengan penambahan air terlebih dahulu ya. Klo yang aku bikin ini...karena aku ga mo ribet dan ga mo lama2 didapur jadiiii aku matengin pake pressure cooker:) tusuk daging yang sudah dipotong-potong kemudian masukkan ke dalam panci tekan bersama dengan bumbu yang sudah dicampur telur, sere dan daun jeruk tambahkan air secukupnya. Masak kurang lebih 15 menit. Jika air dalam panci masih ada masak lagi tanpa menggunakan panci tekan hingga air bener2 menyusut.

Dan rasanya pas banget, seperti yang sering aku makan, yeaaiiyy!! aku bisaaaa...!!!
Oiya...ada yang sebelum disajikan dibakar dulu ada juga yang ga, lebih mantap dibakar dulu sih tapi aku ga sempet mbakar, kesusu2 >,<) dan ada juga yang tanpa tusukan sate.

Klo biasanya masak yang simpel-simpel...sekali waktu boleh dooong masak yang agak ribet buat orang-orang tertjinta, hihiii  sekalian biar tau klo vi2 sekarang tuh bisa masak hahayy... :D

You Might Also Like

2 komentar

  1. saya tau mbak, "di sini senang" kan maksudnya, hehe... wah.. saya ngiler liat satenyaaa :q

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mbak ayu, hihiiii

      Silahkan dinikmati gambar satenya ya, tengkyuuu ^^

      Delete