Monday, 9 September 2013

PIE GORENG NANGKA




Blusukan ke pastrad beberapa hari yang lalu ketemu sama penjual nangka, hmm lagi musim nangka nih. Beli hanya sepotong, karena males bersihkannya, hehee..
Pie goreng isi nangka....ini adalah salah satu kue yang dari dulu pengen aku coba bikin sayangnya tiap kali punya nangka banyak selalu lupa dan ketika nangkanya udah habis baru inget klo mo bikin pie nangka. Dan aku suka sekali sama buah nangka apalagi klo di olah bareng jajanan pasar, seperti apem, sarikaya ketan, serabi ... bahkan bikin jajanan yang paling simpel pun,.seperti pisang goreng dicampur nangka... waahhh rasanya bener-bener istimewa (Y) yang blom pernah bikin pisang goreng campur nangka...silahkan dicoba deh...jangan lupa kirimin aku ya...hahaa (D)
Okay....resepnya asli dari Sajian Sedap, tanpa modifikasi...

PAI GORENG NANGKA


Bahan Kulit:
200 gram tepung terigu protein sedang
25 gram tepung beras
25 gram pastry margarin
30 gram minyak goreng
50 gram gula tepung
1 butir telur
1/2 sendok teh baking powder
1/4 sendok teh garam
1 sendok makan air es
minyak untuk menggoreng
2 sendok makan gula tepung untuk taburan

Bahan Isi:
150 gram nangka, haluskan
100 gram nangka, potong kotak
25 gram gula pasir
50 ml air
1/2 sendok makan maizena


Cara membuat:
  1. Isi, aduk rata nangka yang dihaluskan dengan gula pasir, air, dan maizena. Masak sambil diaduk hingga meletup-letup. Tambahkan  nangka yang sudah dipotong-potong. Aduk rata.
  2. Kulit, campur tepung terigu, tepung beras, pastry margarin, minyak goreng, gula tepung, telur, baking powder, garam, dan air es. Aduk rata. Gumpalkan.
  3. Giling dengan gilingan mi. Mulailah dari ketebalan paling tebal. Setelah dua-tiga kali giling, kurangi ketabalannya satu nomor. Giling kembali. Begitu seterusnya  sampai ketebalan no 6.
  4. Potong 5x4 cm. Ambil selembar kulit. Beri isi. Tutup dengan selembar kulit lain. Rekatkan dengan air. Tekan dengan garpu sisi-sisinya.
  5. Goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga matang. 





Yeayy...pohon mintnya udah bisa dipetik, dan yang difoto itu daun pertama yang aku petik, sayangnya kliatan layu karena kena uap panas pienya.... Pohon mint yang ini bawa dari banyuwangi lebaran kemarin, ami ku yang nanemin, semoga subur makmur yaaa...karena udah 2 kali nanem sendiri berakhir dengan kekeringan, hikz...

Oiya...rasa pie nya enak bangeeeeetzz....tengkyu,,,tengkyu ya SaSe...^^

3 comments:

  1. Mbaaak...imuut banget pie nya...sampe mirip hiasan kain flanel...hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihiii...iya bener um, mirip banget sm hiasan kain flanel :D

      Delete
  2. Maaf mau tny mba vivi..pastry margarin itu mksdnya gmn??

    ReplyDelete