Saturday, 14 September 2013

KUE TAMBANG aka UNTIR-UNTIR





Kue Tambang atau Untir-untir...klo ditempatku namanya plintiran, hehee...^^
Akhirnya kesampaian juga bikin kue ini...ini adalah salah satu jajanan masa kecilku dulu. Dulu dijualnya dikilo gitu...sering ada klo pas lebaran dan rasanya itu lho alot "kletuk-kletuk" banget ...tapi ya karena ga ada lagi jadi yo enak ae wis...^^
Dulu juga sering beli di toko kue di Lumajang tempatnya di deket jembatan deket perempatan mo ke alun-alun, nah yang itu enak...empuk dan ada wijennya... tapi kayaknya sejak nikah udah ga pernah ketemu sama kue ini lagi, jadinya kangen banget dan pengen bikin...sekalian ngenalin ke anakku klo itu jajananku tempo doeloe, hihiii...
Rencana semula pengen ngejak Tia untuk bikin bareng, seru kan mlintir-mlintir adonan bareng dia tapi karena ada temennya main kesini ga jadi deh...

langsung resep aza ya...

KUE TAMBANG/UNTIR2/PLINTIRAN

Bahan :

200gr      Tepung terigu
50gr        Tepung sagu (tapioka juga boleh)
50gr         Gula halus
1btr         Telur
30gr         Margarin
1/2sdt      Baking powder
1/4sdt      Garam
1sdm       Wijen

2sdm       Air es
Vanili bubuk secukupnya
Minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuat :

1. Campur bahan kering dalam wadah, aduk rata. Tambah telur dan air, uleni hingga kalis.

2. Tipiskan adonan (kurang lebih 0,3cm), potong panjang-panjang (10-12cm) kyk mo bikin stick kemudian pertemukan ujungnya, untir sedemikian rupa. Terakhir rapatkan ujungnya.

3. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan api sedang hingga matang dan kering.








Iniiiiiii...beneran enaaak, kriuk-kriuk renyah rasa wijen...yang penasaran ayo dicoba dirumah, bikin bareng anak-anak pasti seru deh...kapan-kapan mo nyoba lagi tapi yang ada coklatnya, hmmm.. ^^

9 comments:

  1. rajin pisan mbakyuku ini yaa....
    Gambare tambah aduhaaaiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee...kebetulan lg rajin ki mbak :D

      makasih ya ^^

      Delete
  2. masya Allah...langsung jatuh cinta sama fotonya ^^

    jadi pengen bikin untir2 juga
    makasih resepnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bikin Um...pasti asyik tuh klo bikin bareng anak2 :)

      Makasih ya ^^

      Delete
  3. selalu mempesona Mbaak...ini jajanan kesukaan saya waktu kecil, Ibu dulu sering mbikin...renyah manis gurih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihiiii...wah ternyata jajanan waktu kecil kita sama ya Um..:) hanya saja dl ibuku ga pernah bikin, selalu beli ...
      makasih Um..^^

      Delete
  4. waaaawww....futunya makin keren keren...jadi betah neh...:-*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiiii...mbak dida kok iso tekan kene lho. Ayo balik ke asal...:D btw...tengkyu nggeh ^^

      Delete
  5. Mbak klo gak pake baking powder gmn? Ada pengaruhnya enggak mbk? Suwun nggih..

    ReplyDelete